11 Sifat, Karakter dan Kebiasaan Orang Maluku

Kebiasaan Orang Maluku – Indonesia memang kaya akan budaya di masing daerah. Dan masing-masing daerah memiliki tradisi dan kebiasaan yang khas. Orang Maluku, misalnya, memiliki beberapa kebiasaan menarik yang dapat dilihat dari karakter mereka. Kamu yang memiliki sahabat dekat dari Maluku pastinya mengenal beberapa kebiasaannya dan sifat berikut ini.


Sifat dan Karakter Orang Maluku


Berikut adalah beberapa sifat, karakter dan kebiasaan orang Maluku:

1. Senyumannya Meluluhkan Hati

karakter-sifat-kebiasaan-orang-maluku

Salah satu kebiasaan yang sekaligus menjadi ciri khas orang Maluku adalah mereka sungguh murah senyum, Meskipun tampang mereka dianggap sangar. Senyuman mereka sungguh manis dan tulus.

Kamu yang memiliki sahabat dari Maluku pasti mengetahui akan hal ini.


2. Badan Orang Maluku Itu Atletis


maluku-tari-sapu-lidi

Orang Maluku umumnya memiliki rambut ikal, kulit yang gelap, kerangka tulang besar dan kuat, serta memiliki postur tubuh yang tegap dan atletis bila dibandingkan dengan suku-suku lainnya di Indonesia.

Mungkin karena mereka berasal dari kepulauan dimana aktivitas fisik berlayar dan berenang menjadi kegiatan utama kaum pria disana, selain itu, Maluku juga merupakan provinsi yang luas lautannya lebih tinggi daripada daratan.


3. Kalau Ngomong Suaranya Nyaring Banget


cewek-ngeselin3Pernah mendengar orang Maluku yang sedang mengobrol? Benar sekali, saat mengobrol atau berkomunikasi, suara mereka sungguh lantang dan bahkan cenderung seperti sedang berteriak-teriak. Padahal, mereka hanya mengobrol biasa, alias sedang tidak berteriak-teriak.

Suara mereka memang lantang sehingga sering disamakan dengan volume orang yang sedang marah. Padahal, tidak sedikitpun mengandung amarah.


4. Tak Kenal Takut


su1hxzc2mdeuanbnOrang Maluku terkenal berani baik saat sendiri apalagi ketika bergerombol, ketika mereka merasa diri mereka berada di jalur yang benar, mereka akan memperjuangkan kebenaran itu, walaupun mungkin nyawa taruhannya.

5. Mudah dan Terlalu Sayang dengan Orang Lain

Orang Maluku memiliki idealisme tinggi, terlebih soal kasih sayang dan kekeluargaan. Meski berbeda daerah, mereka cenderung mudah dan akan terlalu sayang kepada orang lain yang dianggapnya dekat, baik dalam hubungan pertemanan, ‘persaudaraan’, ataupun hubungan percintaan.


6. Menahan Marah


infospesialnet

Setelah diamati dengan seksama, orang Maluku kerap memberikan ultimatum sebanyak 2x kepada orang yang dianggap salah sebelum melampiaskan amarah. Hal ini berlaku untuk semua kalangan usia, baik kalangan orang tua terhadap orang yang lebih muda, maupun sesama kalangan anak muda.

Ketika ada seseorang melakukan kesalahan terhadap orang Maluku, merkea akan mudah memaafkan, atau hanya merespon

” Oh, tidak apa-apa, tidak masalah atau jangan diulangi lagi ya.”

Namun jika kesalahan terulang kembali, mereka akan mengingatkan si pembuat kesalahan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dan, apabila kesalahan terulang hingga ketiga kalinya, bisa saja akan terjadi suatu keributan.


7. Sikap Solidaritas Tinggi


cienciabrasilbl

Orang Maluku memiliki rasa solidaritas tinggi terhadap sesama orang Maluku. Mereka akan membantu rekan, sahabat, teman, atau saudara sesama orang Maluku yang sedang mengalami kesusahan. Inilah salah satu keuntungan berteman dengan orang Maluku.


8. Gemar Melontarkan Kata-Kata Humor


Orang Maluku mudah sekali membuat orang lain tertawa karena mereka gemar melucu. Apalagi soal cerita mob, dijamin orang yang mendengarkan mereka akan kembali fresh. Tidak ada satupun orang Maluku yang melewatkan hari mereka tanpa tertawa. Mereka akan mudah tertawa meskipun hal yang didengar/ dilihatnya kurang jenaka.


9. Jago Nyanyi


glen-fredly_20150612_090150

Entah kebetulan atau apa, setiap saya berteman dengan orang maluku pasti mereka memiliki suara yang bagus dan jago dalam bernyanyi.

Orang timur suaranya memang bagus-bagus, dan saya percaya itu, hanya saja kadang bakat seni mereka tidak dibarengi dengan teknik sehingga jarang muncul di berbagai lomba pencarian bakat di tanah air.
Baca Juga : Ini Dia Tempat Grosir Tas Wanita Murah Online

 

Suatu potensi yang sayang sebetulnya bila tidak dimaksimalkan oleh pemerintah setempat.

Ada beberapa lagu yang masih saya ingat ketika jaman kuliah dulu, lagu ini sering dinyanyikan orang-orang Maluku yang sering nongkrong di balkon kosan saya, liriknya seperti ini

bilang beta pung rindu, bilang beta pung sayang. biar beta tapisah jauh .. bla bla bla.

Saya lupa judul lagunya, namun ketika mendengar lagu ini, pikiran saya sering bernostalgia ke jaman-jaman waktu masih muda 🙂


10. Gemar Masak


Entah anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua, hampir semua orang Maluku jago dan hobi memasak. Memang tidak banyak orang yang tahu bahwa sebagian besar orang Maluku hobi dan jago memasak.

Bagi mereka, memasak itu bukan tradisi, melainkan keahlian yang istimewa dan wajib dimiliki mereka. Jika ada orang Maluku yang tidak pandai memasak, ia akan mendapat ‘pujian’ dari sesama orang Maluku. Nah, khusus perempuan asli Maluku.

Mereka harus bisa memasak dengan baik karena salah satu ujian untuk menjadi salah satu persyaratan menjadi istri atau menantu yang ideal yaitu dari kelihaiannya dalam memasak. Keahlian memasak yang baik akan menjadi nilai plus tersendiri bagi perempuan asli Maluku. Menariknya lagi, calon suami atau calon mertua tak segan untuk menantang adu skill memasak.



Indonesia memang hebat, memiliki banyak suku dan juga tradisi berbeda dari Sabang Sampai Merauke, setiap suku memiliki sifat, karakteristik serta kebiasaaan berbeda satu sama lainnya.

Namun, mereka saling melengkapi dalam kehidupn bermasyarakat di negeri yang kita cintai ini.

6 comments

  1. turiscantik Reply

    setuju sama point nomor satu karena ngak perempuan , ngak laki memang senyum mereka tuh menurut saya manis!

  2. Imam Dermawan Reply

    Orang maluku suaranya kalo nyanyi suara emas……macam Glend, kalo di sumatera orang batak yg jago nyanyi dan main alat musik minimal gitar..

  3. fanny fristhika nila Reply

    kalo yg tentang nyanyi suaranya bgs, itu beneeer ^o^.. aku ada beberapa temen dari maluku, dan semuanya jago nyanyiii ;).. paling suka deh kalo udah denger suara mereka pas ada pertunjukan kantor.. tapi pas ditanya kenapa ga mau ikut kompetisi bakat gitu, jawabannya, malu 😀

  4. siti marsiyah Reply

    yaaaach berarti aq gak laku donk di maluku,, aq kan gak lihai masak…. 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *