13 Stadion Terbesar di Eropa dan Asia

Olahraga sepak bola adalah cabang olahraga terpopuler di dunia, di daratan Eropa maupun di benua lainnya, sepakbola menjadi lahan bisnis yang menggiurkan para investor berkecimpung di dalamnya.

Perkembangan sepakbola ini pula lah yang juga ikut mendorong pembangungan-pembangunan stadion sepakbola untuk homebase tim.


Stadion Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapasitas


Berikut adalah beberapa stadion yang memiliki kapasitas tempat duduk terbesar di dunia:

1. Stadion Rungrado Mayday Stadium

www.kaskus.com
www.kaskus.com

Stadion terbesar di dunia ternyata bukan terletak di Eropa yang menjadi kiblat sepakbola dunia. melainkan di Asia, tepatnya di negara Korea Utara. Stadion tersebut bernama Rungrado MayDay Stadium.

Dibuka sejak tahun 1989, stadion ini menjadi salah satu ikon kebanggaan dan menjadi markas Timnas Korea Utara.

Fasilitas yang ada di stadion terbesar ini diantaranya trek lari, kolam renang, sauna, kamar-kamar untuk para atlete serta memiliki 80 pintu, 10 lift, restoran dan ruang rekreasi. Fasilitas yang tidak terlalu mewah dan modern sebetulnya.

Stadion ini memiliki nama lain yaitu Stadion Kim Jong il, orang nomor satu di negara tertutup tersebut.


2. Stadion Camp Nou


camp-nou-mrwallpapercom

Awalnya stadion ini akan diberi nama ‘Estadi del FC Barcelona”, namun stadion ini secara populer di kenal dengan nama “Camp Nou (Stadion Baru)” setelah dilakukan pemilihan suara pada musim 2000/2001 oleh anggota klub. Dari 29.102 suara, 19.861 suara yang diterima memilih nama Camp nou daripada Estadi del FC Barcelona.

Stadion camp nou adalah stadion terbesar di Eropa dan di buka pada tahun 1957, dan di anugerahi status stadion bintang lima oleh UEFA pada musim 1998/1999.

Barcelona akan merenovasi stadion Camp Nou pada 2018 untuk meningkatkan kapasitas stadion menjadi 105 ribu tempat duduk, nantinya camp nou juga akan memiliki atap yang megah  dan memiliki tertutup bagian atasnya. tidak seperti sekarang yang hanya tertutup di bagian VIP nya saja.


3. FNB Stadium atau Soccer City Stadium


www.stadiummanagement.co.za
www.stadiummanagement.co.za

Desain stadion soccer city dipilih dari beberapa rancangan bangunan stadion yang dilombakan, Fitur paling menarik dari stadion ini adalah desainnya yang berbentuk Calabash.

Stadion ini dikenang sebagai tempat dimana Nelson Mandela melakukan pidato pertama dan dihadiri sekitar 100 ribu orang setelah ia dibebaskan dari penjara apertheid

Jangan lupa juga, stadion terbesar dan termegah di benua Afrika ini juga adalah tempat di gelarnya pembukaan dan penutupan serta laga Final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, beberapa tahun lalu.


4. Stadion Wembley


Wembley StatdiumStadion Wembley di bangun di sebelah stadion wembley lama yang telah diruntuhkan 4 tahun sebelumnya. Pembangunan stadion wembley sendiri menghabiskan dana sekita 15 triliun rupia atau 798 juta poundstrling.

Keunikan stadion ini adalah busur yang melintang di atas bangunan stadion dengan ketinggian 436 m dan diameter 215 m untuk menjaga kestabilan sliding roof bagian selatan dan utara.

Ada juga patung legenda spepakbola Inggris, Bobby Moore di depan pintu masuk yang diresmikan 11 Mei 2007 , yang memimpin Tim Nasional Inggris ketika menjuarai piala dunia 1966.


5. Stadion Gelora Bung Karno


bola.net
bola.net

Awalnya dibangun untuk menyambut Asian Games 1962, dana pembangunan stadion kebanggaan Rakyat Indonesia ini berasal dari kredit lunak Uni Soviet sebesar 12.5 juta Dollar AS,.

Nama stadion soekarno pernah di ganti menjadi stadion Utama Senayan melalui Keppres No. 4/1984 pada masa orde baru, untuk menghapus segala hal berbau Soekarno (de-Soekarnoisasi) pada masa itu, namun nama Soekarno dikembalikan lagi setelah Reformasi 1998.

Stadion Gelora bung Karno pada 23 Februari 1985 menggelar pertandingan final divisi utama Perserikatan antara Persib Bandung melawan PSMS Medan yang dihadiri oleh 150.000 penonton.

Jumlah tersebut menjadi rekok penonton terbanyak di Indonesia dan tercatat dalam buku ASEAN Football Club di tahun 1987 sebagai pertandingan klub Amatir dengan jumlah penonton terbanyak di dunia.


6. Stadion Bukit Jalil


9-bukit-jalil-national-stadium-malaysiaStadion bukit jalil menggantikan Shah alam stadium dan merdeka stadium sebagai kandang Timnas sepakbola Malaysia.

Di tahun 2007,  stadion ini digunakan untuk pertandingan Piala Asia bersama stadion laiinya di Indonesia, Vietnam dan Thailand.

Rencananya disekitar stadion ini akan di bangun kompleks olahraga yang lengkan, apartement dan pusat perbelanjaan agar area ini selalu aktif dikunjungi masyarakat.


7. Signal Iduna Park


Stadion signal iduna park telah mengalami 3 kali renovasi, yaitu tahun 1992,1996 dan 2004 dan menjadi stadion terbesar di Jerman.

Kapasitas stadion di kota bir dan baja ini sebetulnya adalah 81.264 orang, namun karena FIFA melarang adanya tiket berdiri bagi penonton di stadion, maka otomatis kapasitas stadion ini berkurang menjadi 67.000 orang saja.


8. Stade De France


stade-de-france-2

Dalam bahasa Indonesia Stade De France artinya Stadion Nasional Prancis. stadion ini adalah salah satu stadion yang sengaja di bangun untuk pergelaran piala dunia 1998 Prancis.

Pembangunan stadion Stade de France menghabiskan dana Rp 5,48 triliun atau sekitar 365 juta euro. dan ini tak sia-sia sebab pada ajang 4 tahunan tersebut Prancis keluar sebagai kampiun setelah di partai final mengandaskan Brasil dengan
skor 3 – 0.


9. Santiago Bernabéu Stadium


santiago-bernabeu-wallpaperfoldercomMarkas klub Real Madrid ini mulai dibangun pada tahun 1944 sampai 1947. Stadion kedua terbesar di Spanyol ini memiliki semua fasilitas terbaik dari mulai bantalan tempat duduk sampai atap stadion yang semuanya lengkap.

Nama stadion ini diambil dari nama salah satu legenda sepak bola Real Madrid “Santiago Bernabeu”.

Stadion Santigo Bernabeu menjadi tempat penyelenggaraan final liga Champions sebanyak empat kali, 1957, 1969, 1980 dan 2010, Bernabeu menjadi tuan rumah final Euro 1964 dan final piala dunia 1982.


10. Luzhniki Stadium


2091156668_5ea8934192_bBanyak yang menyebut kalau stadion Gelora Bung Karno (GBK) adalah kembaran dari stadion Luzhniki karena kemiripan 2 stadion beda benua tersebut.

Stadion ini menggunakan rumput buatan sejak 2002 karena dirasa lebih sesuai dengan cuaca Moskwa yang sangat dingin. namuk ketika menjadi tuan rumah perhelatan final liga Champions 2008 yang mempertemukan Machester United Vs Chelsea, pemerintah memutuskan untuk menggunakan rumput alami pada stadion, walaupun setelah itu mereka kembali mengganti dengan rumput buatan.


11. Shah Alam Stadium


Proses pembangunan stadion Shah Alam dimulai di awal Januari tahun 1990 dan baru resmi diperkenalkan di 16 Juli 1994.

Stadion Shah Alam dimulai pada awal Januari 1990 dan struktur pembangunannya dirancang oleh arsitek kenamaan Negeri Jiran, Hijjaz Kasturi. Stadion ini resmi diperkenalkan untuk umum pada 16 Juli 1994.


12. Azadi Stadium


Stadion azadi memiliki arti stadion kebebasan dan di beri nama setelah revolusi Iran, stadion yang tidak memiliki atap stadion ini pernah memecahkan rekor pertandingan dengan penonton terbanyak untuk kategori kualifikasi piala dunia di 1990an. Saat itu pertandingan Timnas Iran melawan Australia di hadiri oleh 130.000 pasang mata di dalam stadion.


13. Atatürk Olympic Stadium


Liverpudlian pasti tak akan pernah melupakan apa yang terjadi di stadion ini pada Final liga Champions 2005, secara dramatis Liverpool berhasil mengandaskan AC Milan yang mendominasi pertandingan dalam babak adu pinalti.

Stadion Ataturk Olympic merupakan stadion kategori bintang empat UEFA dan lokasinya berada jauh dari pusat kota Turki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *