7 Manfaat Bangun di Pagi Hari Paling Menakjubkan

alarm-bangun-pagiBeberapa studi menghubungkan orang-orang yang sering bangun pagi dengan kesuksesan, meskipun itu tidak mutlak, bangun pagi memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun pikiran, sehingga ketika menjalankan aktivitas keseharian, semangat dan konsentrasi bisa lebih maksimal dan apa yang kita inginkan dapat cepat tercapai.

Seorang penulis, Thomas Corley melakukan penelitian tentang keseharian orang miskin dan orang kaya, dan salah satu hasil penelitiannya beliau menemukan fakta bahwa 44% orang suksesĀ  bangun 3 jam sebelum memulai jam kerja, artinya bila mereka memulai aktivitas kerja mereka jam 7 pagi, jam 4 pagi mereka sudah menyibukan diri dengan segala kegiatan pribadinya.

Tujuannya adalah agar mereka memiliki waktu untuk menenangkan diri dan menyiapkan segala kebutuhan sebelum memulai pekerjaan mereka.

Beberapa manfaat dari bangun pagi antara lain:

1. Membentuk Sikap Positif dan Ketenangan

tersenyum

Ketika bangun lebih pagi, tubuh kita akan lebih fresh dan memiliki lebih banyak waktu sebelum melakukan aktivitas keseharian, kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk membuat hati kita bahagia, baik itu dengan menonton hiburan di televisi ataupun menyiram tanaman, ketika hati bahagia sikap positive pun akan tumbuh dan bangun pagi membuat kita lebih tenang dan tidak tergesa-gesa dalam mengawali aktivitas di pagi hari.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

fokus
Dengan tidur lebih awal dan bangun di pagi hari, membuat konsentrasi dan fokus kita lebih terjaga, bayangkan bila anda tidur larut malam kemudian bangun beberapa menit sebelum masuk ke kantor ataupun sekolah, ketika memulai kegiatan, anda pasti membutuhkan banyak waktu untuk dapat sampai ketingkat konsentrasi dan fokus yang sempurna.

3. Memacu Karakter atau Pola Hidup Sehat

bayi tidur
Tidur yang cukup setidaknya 7-8 jam merupakan cara terbaik untuk membuang racun-racun didalam tubuh kita, ketika anda tidur dan bangun di waktu yang teratur, membuat kinerja organ tubuh kita lebih maksimal.

4. Mengurangi Obesitas dan Penyakit

obesitas
Ada baiknya anda pergi keluar rumah di pagi hari untuk menghirup udara segar, ataupun berolah raga, minimal berjalan-jalan di sekitar komplek atau lingkungan anda, dengan seperti itu proses pembakaran kalori dalam tubuh akan berjalan dan udara segar yang masuk ke dalam paru-paru akan menyehatkan organ-organ tubuh dari racun-racun yang berbahaya.

5. Waktu Untuk Memotivasi Diri

motivasi diri
Sebagian orang biasanya meluangkan beberapa menit untuk merencanakan apa yang akan dilakukannya sepanjang hari itu, kemudian memotivasi dirinya dengan berbagai macam cara agar apa yang ingin diinginkannya dihari itu dapat tercapai.

6. Meningkatkan Produktivitas

kerja di kantor
Memulai pekerjaan dengan tugas-tugasnya lebih awal akan lebih nyaman dan membuat kita melakukan pekerjaan dengan tidak tergesa-gesa dan akan menyelesaikan pekerjaan lebih awal, ketika orang lain di sore hari masih sibuk dengan tugas-tugasnya anda bisa melakukan hal-hal lain untuk sekedar memanjakan tubuh dan pikiran anda.

Bangun Pagi, Banyak Rejeki ..

Bila anda seorang Muslim, memang kewajiban anda seharusnya untuk bangun di pagi hari karena ada shalat wajib yang harus ditunaikan, yaitu shalat subuh, apalagi jika melakukan shalat berjamaah di masjid, anda bisa melakukan sedikit obrolan ringan dengan para jamaah atau melakukan amalan-amalan ibadah di pagi hari.

Rejeki bukan hanya berbicara tentang uang, namun juga hal-hal yang menyangkut segala nikmat yang telah kita dapatkan, seperti kesehatan dan nikmat-nikmat lainnya, dengan bangun pagi dan shalat berjamaah di pagi hari membuat kita menjadi pemenang di hari itu, menjadi pemenang atas setan yang terus membisiki kita untuk lelap dan terus terlelap ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *