14 Alat Musik Sunda Tradisional Jawa Barat (WikiSunda)

alat musik sunda tradisional jawa barat jentreng tarawangsa sumedang

Alat Musik Sunda – Di Daerah sunda terdapat beberapa alat musik tradisional Jawa Barat yang dimainkan untuk keperluan formal maupun Informal. Dari mulai acara di hajatan sampai acara pemerintahan.

Di masa kini. Alat-alat musik tersebut, beberapa diantarnya masih bisa bertahan, karena kadang seniman-seniman sunda menggabungkannya dengan alat musik modern sebagai pengiring lagu daerah, pop, dangdut bahkan musik rock.

Di jaman dahulu beberapa diantara alat musik sunda digunakan sebagai pengiring dalam upacara-upacara persembahan pada dewa-dewa atas hasil pagi atau sebagainya dan juga sebagai penghibur diri ketika menunggu padi di sawah atau sarana melepas lelah di sore hari.


Daftar Alat Musik Sunda Jawa Barat


alat musik sunda tradisional jawa barat jentreng tarawangsa sumedang
www.mediaindonesia.com

Berikut adalah beberapa alat musik sunda yang sebagian mungkin sudah kamu kenal beserta penjelasannya dan cara memainkannya, kami sertakan juga tautan video ke youtube.com. Untuk memberikan gambaran suara dari alat musik yang telah di jelaskan.


1. Alat Musik Karinding


alat musik sunda tradisional jawa barat karinding
Alat Musik Karinding || rumahseni2.net

Alat musik ini mulai populer di kalangan anak muda sunda sejak tahun 2008, setelah alat ini dikenalkan oleh anak-anak metal UjungBerung rebels. Terutama dengan kelompok musik Karinding attack nya

Alat musik sunda yang dibuat dari batang pohon kawung (aren) atau bambu dan dimainkan dengan cara dibetrik ujung jari dan di simpan di mulut.

Karinding telah digunakan di daerah sunda sejak abad 15 terutama di daerah Tasikmalaya. Alat musik ini dapat dimainkan secara solo atau berkelompok (2-5 orang). Karinding masuk dalam keluarga alat musik harpa mulut dan masih satu jenis dengan alat musik génggong dari bali dan kuriding dari Kalimantan Selatan.

Meskipun belum teruji secara ilmiah, Masyarakat sunda baheula percaya bahwa suara yang dihasilkan alat musik tradisional sunda ini dapat mengusir hama di sawah, karena mengeluarkan suara low decible atau ultrasonik.

Contoh suara dan cara memainkan Alat Musik Karinding.

Video ini adalah contoh suara dari karinding yang dipadukan dengan alat musik bambu lainnya, hasil kolaborasi grup Karinding Attack dan Peterpan.


2. Alat Musik Kecapi 


alat musik sunda tradisional jawa barat kecapi kacapi
Alat Musik Kecapi || ragamseni.com

Alat musik tradisional sunda ini dimainkan dengan cara dipetik dan biasanya ditemani alunan suling sunda untuk mengiringi kawih sunda ataupun tembang cianjuran.

Kecapi  biasanya dibuat dari kayu kenanga sedangkan senar kecapi terbuat dari kawat baja, jaman dahulu senar kecapi terbuat dari campuran logam emas dan tembaga sehingga suara yang di hasilkan lebih nyaring.

Alunan dari kecapi suling akan membuat orang terutama orang sunda yang berada di perantauan, mengalihkan imajinasi nya ke kampung halaman mereka. Dengan sawah yang terhampar, pepohonan yang hijau, gunung serta orang yang beraktivitas disekitarnya.

Contoh suara dan cara memainkan alat musik kecapi dan suling sunda.

 


3. Alat Musik – Suling Sunda


Alat Musik Suling || rudyarra.com
Alat Musik Suling || rudyarra.com

Alat musik suling merupakan jenis alat instrument karawitan sunda yang dimainkan dengan cara ditiup. Suling sunda ada yang memiliki lubang 4 dan 6 dan memiliki suara yang khas.

Suling sunda terbuat dari bambu tamiang (bambu lemang)  yang memiliki bentuk tipis dan berdiameter kecil. Ukuran suling menentukan tinggi rendahnya suara, untuk lagu-lagu tembang, suling yang digunakan berkisar sekitar 60-65 cm (suaranya lebih rendah),

Ukuran ini lebih panjang dari  suling yang digunakan untuk  pengiring kawih atau degung dengan panjang 50-59 cm.


4. Alat Musik Tradisional Angklung


alat musik sunda tradisional jawa barat angklung
Alat Musik Angklung || weekendnotes.com

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa barat yang dimainkan dengan cara digoyangkan.

Jenis bambu yang biasa digunakan untuk membuat angklung adalah awi wulung (bambu hitam) dan awi temen (bambu putih).

Setiap laras atau nada dihasilkan dihasilkan dari bunyi tabung bambu yang berbentuk wilahan (bilah) setiap ruas bambu mulai ukuran besar hingga kecil.

 

» Baca Juga : Permainan Tradisional Jawa Barat dan Cara Memainkannya

 

Tokoh angklung yang terkenal di sunda adalah Udjo Ngalagena, pendiri saung angklung Udjo di Bandung yang telah mengembangkan teknik permainan angklung berdasarkan laras-laras salendro, pelog dan madenda sejak tahun 1966.

Contoh suara dan cara memainkan Alat Musik Tradisional Angklung .


5. Alat Musik Tradisional Calung


alat musik sunda tradisional jawa barat calung
Alat Musik Calung || nembangsunda.blogspot.com

Calung merupakan alat musik sunda yang hampir sama dengan angklung. Cara memainkan alat musik calung adalah dengan memukul batang dari ruas-ruas yang disusun berdasarkan titi laras atau tangga nada pentatonik (da-mi-na-ti-la).

Salah satu maestro calung sunda adalah mbah Darso (Alm) yang telah mempopulerkan angklung dengan karya-karyanya. Sehingga alat musik tradisional sunda ini lebih dikenal di masyarakat.

Contoh suara dan cara memainkan alat musik Jawa Barat Calung.

 

 


6. Alat Musik Tradisional Celempung


alat musik tradisional sunda jawa barat celempung
Celempung || alampedia.blogspot.co.id

Celempung memanfaatkan gelombang resonansi yang ada di dalam ruas batang bambu, alat musik ini sendiri terbuat dari hinis bambu.

Alat pemukul celempung terbuat dari bahan kayu atau bambu yang ujungnya telah diberi kain atau benda tipis lainnya agar menghasilkan bunyi nyaring. Cara memainkan alat musik ini ada dua. Pertama dengan dipukul atau dengan mengatus sendiri besar kecilnya udara yang keluar dari badan celempung dengan tangan.

Penjelasan Contoh suara dan cara memainkan alat musik Celempung dapat kamu lihat di video poin ke 4 (Angklung).


7. Alat Musik Petik Jentréng


alat musik sunda tradisional jawa barat jentreng
Alat Musik Jentreng || jabarprov.go.id

Bentuk alat musik sunda jentréng hampir mirip dengan kecapi, namun ukurannya lebih kecil dan hanya memiliki tujuh buah dawai (senar). Jentréng terbuat dari kayu nangka atau kayu kembang (kenanga) dan dimainkan dengan cara di petik dan di toel (disentuh).

Alat musik jentréng biasa di mainkan dengan alat musik tarawangsa dan menghasilkan kesenian tradisional khas Kabupaten Sumedang, Jentréng Tarawangsa.


8. Alat Musik Gesek Tarawangsa


alat musik sunda tradisional jawa barat tarawangsa
Tarawangsa || music2211.blogspot.co.id

Alat musik sunda tarawangsa merupakan alat musik kayu yang dimainkan dengan cara digesek dan dipetik bersamaan, terdiri dari bagian tangkai dan bagian penggesek. Dawainya mempunyai dua senar, senar paling dekat dimainkan dengan di petik dengan cara digesek dan senar satunya dimainkan dengan cara dipetik.

Tarawangsa yang terbuat dari jenis kayu dadap, jengkol, kemiri dan kenangan ini di jaman dahulu dimainkan saat perayaan panen untuk persembangan pada Dewa penguasa padi (Dewi sri) dengan dipimpin oleh sesepuh adat.

Ketika musik dari alat musik sunda jentréng dan tarawangsa di mainkan. Para penari yang terdiri dari lelaki ataupun perempuan akan menari dengan gaya tak beraturan atau tanpa pola tertentu.

Karena gerakannya inilah sebagian orang menganggap bahwa penari telah dimasuki oleh roh lain dan tak menyadari apa yang dilakukannya.

Contoh suara dan cara memainkan Slat Musik tradisional Sunda Jentreng dan Tarawangsa.

 


9. Alat Musik Bambu Arumba (Alunan Rumpun Bambu)


alat musik sunda tradisional jawa barat arumba
Alat Musik Arumba || indonesia.travel

Alunan Rumpun bambu (Arumba) merupakan ensemble musik gabungan dari berbagai alat musik yang terbuat dari bambu, Arumba dikenal sekitar tahun 1960an di daerah Jawa Barat.

Alat musik Arumba biasanya terdiri dari alat musik angklung, calung dipadukan dengan gambang dan bass lodong.

Arumba dapat dijadikan sebagai alat musik instrumental atau dapat pula digunakan untuk mengiringi nyanyian baik lagu daerah ataupun lagu pop dan dangdut.

Contoh permainan Alat Musik Tradisional Sunda Jawa barat, Arumba.


10. Alat Musik Gesek Rebab


alat musik sunda rebab
Alat Musik Rebab || comotilmu.com

Bahan yang di gunakan untuk membuat rebab adalah tembaga, namun pada perkembangannya bagian yang memanjang pada rebab di buat dari bahan kayu nangka. Sedangkan bagian tubuhnya terbuat dari kayu yang berongga yang ditutupi kulit, usus atau kemih lembu yang dikeringkan.

Cara memainkan alat musik ini sama seperti biola, yaitu  dengan cara digesek. Selain itu, rebab memiliki dua sampai tiga senar yang terbuat dari logam.

Rebab termasuk dalam rangkaian perangkat gamelah yang biasa dipakai untuk mengiringi pertunjukan wayang, celempungan, kliningan atau pengiring tembang cianjuran. Rebab memiliki fungsi sebagai penuntun arah lagu dan masuk ke Indonesia melalui jalur – jalur perdagangan Islam.


11. Tarompét Sunda


Tarompét Sunda biasanya digunakan untuk mengiringi pertunjukan-pertunjukan kesenian tradisional sunda. Seperti (ibing) penca ataupun juga kesenian lain semisal, sisingaan, adu domba, kuda rénggong, sampyong, sulap dan lain sebagainya.

Alat musik tarompet sunda biasanya digunakan berbarengan dengan kendang pencak. Paduan keduanya menghasilkan musik yang semarak, ramai dan juga sedikit ‘mistis’.


12. Jengglong


alat musik
Jengglong | artculture567

Jengglong merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang masih satu keluarga dengan saron, bonang, kendang sunda dan juga goong. Jengglong memiliki 5 tangga nada dasar pentatonis. Jengglong digunakan sebagai pengiring atau pembuat nada dasar dari sebuah lagu, terutama Degung.


13. Degung


alat musik tradisional jawa barat
Perangkat Degung | sekarenggal.weebly.com

Secara pengertian, degung memiliki 2 arti. Pertama degung bisa diartikan sebagai kumpulan perangkat gamelan degung atau perangkat-perangkat yang biasa digunakan dalam musik degung, seperti, kendang, gambang, suling sunda, goong, panerus, bonang dan lain sebagainya. Kedua, degung didefinisikan sebagai bagian nama laras dari laras salendro. 


14. Kesenian Musik Sunda : Tutunggulan


jawa barat
pesonamalasari.co.id

Permainan ini menggunakan alat musik halu (alu), lisung (lesung),  dan niru (tampi). ketika dibunyikan dengan berbagai pola tertentu akan menghasilkan suara “tung”, “trok”, “prek”, “dung” dan juga trok. 

Dengan kekompakan dan pengaturan gerakan dari pemainnya. Ini akan menghasilkan suara yang enak untuk didengar, apalagi bila dipadukan dengan lagu atau kawih khusus khas tutunggulan.

 

 


Tak semua Alat Musik Tradisional Sunda berasal dari Jawa Barat. kebanyakan alat musik tersebut adalah hasil dari pengembangan dari alat musik luar seperti rebab di bawa oleh para pedagang luar ataupun kecapi yang asalnya berasal dari China.

Namun, sebagai anak bangsa (terutama sunda), kita harus melestarikan budaya dari leluhur kita. Alat musik tradisional Jawa Barat yang ketenarannya di beberapa kota sudah hampir pudar harus kita kenalkan kembali ke anak cucu kita.

 

3 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *