Arti Barakallah Fii Umrik dan Jawabannya, Terlengkap!!

Barakallah Fii Umrik – Arti dari Barakallah fii umrik adalah semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu, Ucapan ini biasanya digunakan ketika mendapati seseorang sedang milad, atau dalam pergaulan kita disebut dengan ulang tahun. Alangkah baiknya mulai sekarang kita mengucapkan barakallah fii umrik daripada mengucapkan selamat ulang tahun ataupun happy birthday.

Adapun untuk jawaban Barakallah fii umrik sendiri adalah salah satunya dengan mengucapkan Wa fiika barakallah yang artinya Semoga Allah juga memberkahimu.

Kata-kata lain seperti Ayafakillah, akhi, ukhti akhir-akhir ini sering kita dengan dalam percakapan sebagian orang terutama orang-orang dalam pergaulan Islam. kata-kata tersebut ada yang merupakan do’a terhadap seseorang ataupun kata-kata dari bahasa Arab yang biasa digunakan digunakan di kehidupan sehari-hari.

Mungkin kita sering mendengar kata-kata semacam  Ukhti, akhi, akhwan, ikhwan dalam film-film Indonesia yang dalam beberapa tahun ini banyak mengangkat tema kehidupan Islami. Dan tidak dapat dipungkiri kehadiran film-film tersebut turut mengenalkan kata atau kalimat-kalimat ‘Islami’ tersebut di lingkungan pergaulan masyarakat umum.


Arti Dari Barakallah Fii Umrik, Syafakillah dll


barakallah fii umrik
danbuah.com

1. Assalamu’alaikum
Sebagai seorang muslim ketika bertemu dengan sesama Muslim sebaiknya memang saling mengucapkan salam, karena dalam setiap salam tersebut banyak mengandung do’a. Ketika mendapat salam tersebut, kemudian kita akan membalasnya dengan kalimat Wa’alaikum Salam atau juga dapat ditambahkan dengan Warrahmatullahi wa barakatuh.

2. Ukhti
Arti kata ukhti adalah saudariku, digunakan untuk panggilan seseorang kepada seorang perempuan (tunggal).

3. Akhwat
Arti dari akhwat adalah sama seperti ukhti, Hanya saja kata akhwat digunakan kepada perempuan dalam bentuk jamak (lebih dari 1).

4. Akhi
Arti dari kata akhi adalah saudaraku. digunakan untuk panggilan seseorang kepada seorang laki-laki (tunggal).

5. Ikhwan
Arti dari Ikhwan sama seperti akhi. Hanya saja Ikhwan digunakan untuk panggilan kepada laki-laki dalam bentuk jamak (lebih dari 1).

6. Syafakillah dan Syafakallah
Arti dari syafakillah dan arti dari syafakallah adalah semoga Allah menyembuhkanmu. Kata ini digunakan ketika kita bertemu atau mendapati seseorang dalam keadaan sakit. Perbedaan antara Syafakillah dan Syafakallah terletak pada penggunaannya. Syafakillah untuk perempuan, sedangkan Syafakallah untuk laki-laki.

7. Barakallahu
Arti dari Barakallah atau Barakallahu adalah Semoga mendapat berkah dari Allah.

8. Syukran
Arti dari syukran/syukron adalah Terima kasih, kata ini digunakan untuk menunjukan rasa terima kasih kita terhadap pertolongan atau kebaikan orang lain. dan Jawaban dari Syukran adalah Afwan yang artinya adalah Sama-sama. kata syukran biasa juga ditambahkan menjadi Syukran Katsiira yang artinya terima kasih banyak.

9. Jazaakumullah Khairan Katsiran
Untuk menunjukan rasa terima kasih terhadap seseorang kita dianjurkan juga untuk mengucapkan kalimat Jazaakumullah Khairan Katsiran yang memiliki arti semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan banyak.

Kalimat ini lebih baik untuk digunakan, karena selain menunjukan rasa terima kasih. Ucapan ini juga mengandung do’a.

10. …..

11. …..

Demikianlah artikel tentang Arti Barakallah fii Umrik, Syafakillah,  Ukhti, Akhi dan lain sebagainnya. Semoga bermanfaat 🙂

Wallahu A’lam

2 comments

  1. Dwi Topo Pamuji Reply

    Terimakasih atas penjelasannya semoga ini bermanfaat bagi kita
    #Wallahu Alam bissawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *