8 Bunga Terlangka di Dunia

Bunga terlangka di dunia – Bunga memiliki berbagai varietas yang berbeda dan menampilkan bentuk, warna, aroma yang berbeda pula untuk kita nikmati, tapi beberapa bunga yang luar biasa sudah tidak bisa kita temui sekarang ini dan hanya bisa dinikmati di beberapa tempat pembudidayaan, bukan di alam, sebagai tempat aslinya, Berikut adalah beberapa nama bunga indah yang langka dan terancam punah di muka bumi.

1. Jade Vine

bunga-jade-vine

Bunga ini berasal dari daerah hutan hujan tropis di Filipina, ia adalah anggota dari kacang-kacangan dan terkait erat dengan kacang merah, tanaman ini tumbuh menggantung seperti gulungan dan dapat mencapai panjang 3 meter, bunga ini memiliki warna bervariasi dari hijau biru ke hijau mint, bunga ini dianggap spesies yang terancam punah karena perusakan habitat dan penurunan penyerbukan alami.

2. Yellow and Purple Lady Slippers

flowers.org.uk
flowers.org.uk

Bunga ini ditemukan di Eropa dan beberapa negara Asia, tapi seiring waktu jumlah mereka menurun dan dilindungi sebagian besar negara dari kepunahan, harganya pun sekarang menjadi sangat mahal bahkan untuk memotong tunggal, bunga ini terdiri dari struktur lembut dan melengkung yang biasanya berwarna kuning dan ungu.

3. Chocolate Cosmos

www.raingardenartsblog.com
www.raingardenartsblog.com

Bunga ini ditemukan di negara Mexico dan telah punah di alam liar sekitar 100 tahun yang lalu. hanya ada 1 batang bunga Chocolate Cosmos saat ini hasil dari kultivasi pada tahun 1902, bunga hasil proses kultivasi ini tidak dapat berkembang biak.

Bunga ini berwarna coklat, berdiameter sekitar 3-4 cm, sesuai dengan namanya, bunga ini dapat mengeluarkan aroma vanilla (seperti coklat) pada musim panas.

4. Middlemist Red

www.linkedin.com
www.linkedin.com

Ini mungkin adalah tanaman berbunga paling langka di dunia karena hanya ada 2 contoh dikenal. Satu dapat ditemukan di sebuah taman di Selandia Baru dan yang lainnya terletak di rumah kaca di Inggris.

5. Attenborough’s Pitcher Plant

sosbiodiversity.blogspot.com
sosbiodiversity.blogspot.com

Ini adalah tanaman bunga yang menarik yang ditemukan di hutan hujan di Filipina oleh ahli botani Stewart R. McPherson, Alastiar S. Robinson dan Volker B. Heinrich.

Dikenal sebagai Nepenthes attenboroughii, permata botanic langka ini merupakan salah satu spesies terbesar dari genus nya. Tanaman ini memiliki pitcher seperti bentuk yang memungkinkan untuk memikat dan mengkonsumsi mangsanya (kebanyakan serangga) tanpa kerumitan.

6. Black Bat Flower

www.snaplant.com
www.snaplant.com

Dikenal sebagai Tacca chantrieri dalam jargon ilmiah, bunga the black bat pertama kali ditemukan di daerah tropis Asia Tenggara termasuk negara Malaysia, Thailand dan China.

Seperti namanya, spesimen ini memiliki bentuk seperti kelelawar, bunga ini memiliki ‘kumis’ yang dapat tumbuh hingga hampir 28 inci. Bunga-bunga ini biasanya membutuhkan lebih banyak air dan kelembaban untuk bertahan hidup daripada bunga langka lainnya.

7. Koki’o

www.buzzkeys.com
www.buzzkeys.com

Ditemukan pada tahun 1860, di mana hanya tiga spesimen yang ditemukan waktu itu, dan pada tahun 1950, setelah bibit terakhir mati, bunga ini dianggap punah. Pada tahun 1970 satu-satunya yang selamat ditemukan, yang sayangnya hancur dalam kebakaran pada tahun 1978.

Untungnya salah satu dari cabang pohon yang tersisa dapat diselamatkan dan dicangkokkan ke 23 pohon yang ada di beberapa tempat di Hawaii . Kokai adalah pohon kecil yang tumbuh sampai tinggi sekitar 10-11 meter.

8. Parrot’s Beak

www.smartyindia.com
www.smartyindia.com

Dikenal dengan nya nama ilmiah Lotus berthelotii, bunga Parrot’s Beak ditemukan di Selandia Baru, bunga bisa tumbuh hingga enam inci panjang dan 3 kaki lebar. Bunga terdiri dari kelopak lembut dengan warna oranye, kuning dan merah yang mencerahkan di bawah sinar matahari.

Demikian beberapa nama bunga yang keberadaannya hampir punah di muka bumi, adapun beberapa bunga terlangka di dunia lainnya seperti rafflesia arnoldii yang keberadaannya harus kita lindungi dan jaga, terutama habitatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *