5 Langkah Cara Berhemat Uang Untuk Masa Depan Anda

pexels-photo-164592-largeCara Berhemat Uang – Kadang meyimpan uang menjadi hal yang sulit dilakukan, berbagai hal kerap menggoda kita untuk mengeluarkan uang melebihi apa yang telah direncanakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat uang anda dan menggunakan tabungan anda untuk mengejar tujuan di masa depan.

Tentukan tujuan anda, ingin membeli rumah, ingin punya mobil baru ataupun lainnya, tanam impian anda dalam pikiran, dengan demikian anda akan lebih bersemangat dalam menghemat uang dan memilih untuk menyimpannya.

6 Cara Berhemat Uang Agar Tidak Boros

1. Rekam pengeluaran Anda

man-people-space-desk-large-1

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menghemat uang adalah untuk mengetahui seberapa banyak uang yang anda habiskan selama satu bulan, anda harus mencatatat setiap pengeluaran. Itu berarti setiap kopi, setiap koran dan setiap makanan ringan yang anda beli untuk selama satu bulan akan terdokumentasi atau tercatat.
Setelah Anda memiliki data tentang pengeluaran, anda dapat mengetahui jumlah uang yang telah anda keluarkan dan kemudian analisis mana pengeluaran yang memang menjadi kebutuhan dan mana uang yang dikeluarkan berdasarkan keinginan semata.

2. Membuat Anggaran

Pie chart on a stock chart with a budget
Pie chart on a stock chart with a budget

Setelah melakukan pencatatan data pengeluaran selama satu bulan tadi anda dapat mengatur anggaran untuk merencanakan pengeluaran anda di bulan berikutnya. batasi dan sisihkan uang anda untuk menabung dan juga untuk dana-dana tak terduga.

3. Rencana Untuk Menabung

house-money-capitalism-fortune-12619-large

Setelah mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan selama satu bulan, dari total pendapatan yang anda miliki, cobalah untuk menyisihkan 10-15 persen dari penghasilan bersih anda, cari dan coretlah pengeluar-pengeluaran kurang penting, seperti dana untuk hiburan atau dana untuk makan di luar dan prioritaskan untuk menabung kan uang tersebut.

4. Tentukan Prioritas Anda

building-joy-planning-plans-large

Orang yang berbeda memiliki prioritas yang berbeda ketika datang untuk menyelamatkan uang, sehingga masuk akal untuk memutuskan mana penghematan tujuan yang paling penting bagi Anda. Bagian dari proses ini adalah memutuskan berapa lama Anda bisa menunggu untuk menabung untuk tujuan dan seberapa banyak Anda ingin menempatkan setiap bulan untuk membantu Anda mencapai itu. Ketika Anda melakukan ini untuk semua tujuan Anda, agar mereka berdasarkan prioritas dan menyisihkan uang sesuai dalam anggaran bulanan Anda.

Ingat bahwa pengaturan prioritas berarti membuat pilihan. Jika Anda ingin fokus pada menabung untuk pensiun, beberapa tujuan lain mungkin harus mengambil kursi belakang saat Anda pastikan Anda memukul target utama Anda.

5. Menggunakan Tabungan yang Berbeda

money-card-business-credit-card-50987-large

Buatlah beberapa akun tabungan di beberapa bank berbeda, tujuannya adalah untuk membagi pendapatan dan pengeluaran anda, satu untuk menyimpan uang secara jangka panjang dan satu lagi untuk jangka pendek.

Contohnya, anda membuat akun tabungan di bank A dan B, di bank A, anda hanya menggunakan tabungan tersebut untuk menyimpan uang dan kalau bisa anda tidak mengambil fasilitas kartu ATM yang diberikan, tabungan di bank B hanya diisi oleh tabungan dengan dana kecil untuk pengambilan uang.

Singkatnya, ketika kita memegang ATM dengan jumlah dana banyak, maka kemungkinan gaya hidup kita akan boros, jadi, jika anda ingin hidup hemat, jauhkanlah diri anda dari kartu ATM ataupun kartu kredit.

Demikian beberapa tips singkat tentang cara menghemat uang, dengan menerapkan pola hidup hemat, kita dapat merencanakan kehidupan di masa depan, ketika kita sabar dan melakukan langkah penghematan secara teratur, lama-kelamaan kita akan memiliki kebiasaan untuk menjalani pola hidup hemat.

1 Comment

  1. Cara Jadi Kaya Reply

    Persiapan sebelum pensiun memang sangat penting. Nice info, thanks untuk artikelnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *