Ini Dia! Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak Atau Sendiri

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris – Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang memiliki penutur terbanyak di dunia, selain bahasa Spanyol dan juga Bahasa Mandarin. Kemampuan menguasai bahasa Inggris sangat dibutuhkan apalagi untuk kamu yang misalnya, ingin kuliah di luar negeri ataupun bekerja di perusahaan-perusahaan yang bonafit .

Bila kamu ingin belajar menguasai bahasa Inggris, kamu harus belajar pula menghargai “proses”, nggak ada yang instan di dunia ini, semua membutuhkan tahapan-tahapan yang harus dilalui dengan semangat pantang menyerah.

Bila menemukan buku ataupun iklan lain yang menawarkan jago bahasa Inggris dalam 1 hari dan sebagainya, biasakanlah untuk mulai tidak mempercayai hal tersebut, karena belajar bahasa Inggris membutuhkan latihan yang terus menerus, apalagi ketika belajar tentang speaking yang tentu saja membutuhkan praktek lebih banyak.


Perlukan Mempelajari Grammar


grammar-bahasa-inggris

Mungkin kamu pernah mendengar ungkapan seperti “Ah..ngapain belajar grammar, itu gak penting ” atau ada juga yang berbicara kebalikannya “Grammar adalah pondasi Bahasa … bla bla bla  .. ” dll.

Terus yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah.. Sebetulnya penting gak sih belajar grammar itu? ..

Dalam belajar bahasa Inggris ada dua sisi keilmuan, yang pertama adalah writing dan kedua adalah speaking. singkatnya, orang yang jago dalam berbicara bahasa Inggris belum tentu dia jago menulis dalam bahasa Inggris. Walaupun tentu saja banyak orang yang fasih dalam kedua-duanya.

Sekedar saran saja, ketika kamu ingin mengasah keahlian dalam berbicara bahasa Inggris fokuslah dengan pelajaran speaking.. Maksudnya, asahlah keberanianmu dalam berbicara, jangan terlalu memusingkan grammar. jangan dulu ada pemikiran seperti.

“Aduh ini ngomongnya harus past tense atau simple tense ya?” 

Hal tersebut tentu saja akan menghambat keberanian seseorang untuk berbicara.

Nah, bila nanti sudah berani dan lumayan lancar berbicara bahasa Inggris, barulah sedikit demi sedikit belajar grammar, utamanya grammar for speaking

Lain lagi bila kamu ingin fokus dalam bidang kepenulisan, grammar dan vocabulary merupakan dasar utama untuk jago dalam menulis bahasa Inggris. mau nggak mau ya.. kamu harus berhubungan dengan grammar yang kadang lumayan memusingkan.


Kenali Dirimu Terlebih Dahulu


mengenali-diri-sendiri-inggris

Dalam proses belajar, antara satu orang dengan yang lainnya kadang berbeda dalam hal penangkapan materi, ada orang yang lebih cepat menangkap pelajaran dari suara atau pun bentuk, ada orang yang suka menghapal ada juga yang benci menghapal, ada orang yang suka belajar otodidak, pun ada juga orang yang lebih suka belajar bila ada yang membimbing.

Nah, dalam proses ini kamu harus mengenali diri kamu sendiri, cara yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok dengan diri kamu, mungkin ada orang yang jago bahasa Inggris karena dia sering baca manga berbahasa Inggris, mendengarkan audio dan lain sebagainya.

Belajarlah dengan efektif, pilih dan fokuslah pada speaking atau writing terlebih dahulu. jangan terlalu menggebu untuk mengejar keduanya.

Setelah itu, bila kamu ingin belajar bahasa Inggris secara otodidika, carilah materi-materi gratisan baik dalam bentuk ebook ataupun video, atau bila kamu memiliki uang cukup, kamu dapat membeli beberapa “mp3 online” yang mengajarkan bahasa Inggris secara terstruktur dan sistematis.

*pengennya sih nyebut merk .. soalnya ada yang recommended banget.. hehe


Langkah-Langkah Belajar Bahasa Inggris 


1. Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris

Memperbanyak kosakata merupakan cara terbaik untuk mempermudah kamu ketika mempelajari sebuah bahasa, pelajarilah kata-kata yang sering digunakan dalam bahasa Inggris, terutama kata kerja dan kata sifat.

Kamu bisa mencatatkan kata-kata tersebut dalam buku kecil dan menghapalnya ketika jam istirahat atau waktu luang.

Hapalkan kata-tersebut minimal 5-10 kata sehari atau sesuaikan dengan kemampuan kamu. Carilah cara-cara yang menyenangkan ketika menghapal agar tidak membosankan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghapal kosakata Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan: 

A. Belajar Kosakata Lewat Listening (Mendengar)

Salah satu cara belajar cepat bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan, baik itu musik ataupun audio dari sebuah film.
Carilah musik-musik yang easy listening dan kamu sukai seperti Maher Zain, Mocca dan sebagainya. pelajari cara mereka mengucapkan kata demi katanya dan juga pahami makna dari liriknya.

Catat kosakata-kosakata penting dalam lirik tersebut dan cari di buku kamus/kamus online bila kamu tidak tahu artinya, begitupun ketika menonton film, apalagi yang diputar via gadget, kamu bisa mengulang adegan-adegan pembicaan penting dan kemudian mencatatnya.

Dengan metode listening, selain kamu mengasah keahlian dalam mendengar, mendengarkan dan juga memperkaya kosakata bahasa itu sendiri.

B. Reading (Membaca) Artikel Bahasa Inggris

Bacalah artikel-artikel berbahasa Inggris untuk memperkaya kosakata mu, carilah topik yang sesuai dengan keseharianmu, misal kamu suka Islam, kamu dapat mencari artikel-artikel yang berhubungan dengan Islam.

Atau bila menyukai sepakbola, ya.. carilah artikel atau berita tentang sepakbola di situs luar negeri, kemudian baca semampunya dan tandai kata yang tidak dimengerti, lalu.. tinggal tanyakan saja ke mr. google translate.

Cara lain adalah, kamu bisa mengunjungi situs-situs berita yang menyediakan dua bahasa (dwibahasa), salah satunya adalah BBC DWIBAHASA.


2. Membuat Sebuah Cerita dan Mulai ‘Berbicara Sendiri’.


Setelah menguasai kosakata-kosakata dasar mulailah merangkainya dalam bentuk kalimat/cerita dan mulailah untuk mengucapkan itu berulang-ulang baik didalam kamar ataupun didepan cermin bila kamu masih malu didepan keramaian atau orang lain.

Mulai dengan menceritakan tentang diri kamu, keluargamu, kotamu ataupun tentang pengalaman-pengalaman di kesehariannmu.

a. Contoh kalimat perkenalan dalam bahasa Inggris

Assalamu’alaikum .
Good morning/afternoon/evening  Everyone.

I would like to introduce myself, My name is Susi Susanti, you can call me Susan, I come from Bogor, West Java, i was born in Bogor, on May 11th, 1995……….


3. Mulailah Mencari Teman atau Komunitas Bahasa Inggris


Kamu dapat bergabung dengan komunitas-komunitas belajar bahasa Inggris yang ada dikota mu atau setidaknya mencari teman yang mempunyai keinginan sama dalam belajar bahasa Inggris.

Dengan seperti itu kamu dapat berlatih percakapan bahasa Inggris, namun lebih disarankan untuk bergabung atau membuat komunitas sendiri, dengan orang-orang yang lebih jago dari kamu.

Selain mereka dapat mengajarikan lebih banyak tentang bahasa Inggris, dia juga mungkin dapat membenarkan kesalahan yang kamu lakukan ketika berbicara dan ini tentunya menjadi poin plus tersendiri.


4. Belajar Pengucapan Bahasa Inggris


Pernah mendengar kalimat “what am i going to do” yang dinyanyikan oleh kang sule?

Dengarkan pengucapan kalimat tersebut yang keliatan logat Indonesia banget, lalu bandingkan dengan native atau Bule yang ngomong kalimat tersebut. tentunya pasti berbeda.

Pengucapan dalam bahasa inggris berbeda dengan bahasa Indonesia, ketika mengucapkan huruf “C” saja harus ada letupan dari mulut, begitupun beberapa huruf lainnya.

Untuk kamu yang pengen jago ngomong bahasa Inggris seperti bule asli, pelajarilah pengucapan ini karena penting untuk memamahi apa yang native Inggris bicarakan. apalagi bila mereka ngomongnya cepat.


Demikian lah artikel singkat tentang Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris, kamu mungkin kurang setuju dengan beberapa poin yang disebutkan diatas. Untuk itu bila ada tambahan mohon kiranya disampaikan dalam kolom komentar di bawah artikel ini.

Terima Kasih dan Semoga bermanfaat untuk para pembaca website salamadian.com sekalian 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *