10 Contoh Autobiografi Diri Sendiri, Terlengkap!

Contoh Autobiografi – Sebelum lebih jauh membahas contoh autobiografi, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu, apa itu pengertian autobiografi serta apa perbedaan antara autobiografi dengan biografi, untuk meminimalisi kesalahan ketika kamu akan menuliskan satu diantara dua pembahasan tersebut.

Secara singkat Pengertian Autobiografi adalah tulisan yang didalamnya berisi tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil sampai keadaannya sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Autobiografi berisi lika-liku kehidupan seseorang melewati masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan hingga bisa mencapai keadaanya di masa kini. Penulisan Autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama (Aku, saya) berbeda dengan penulisan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ke 3.


PERBEDAAN PENULISAN AUTOBIOGRAFI DAN BIOGRAFI


Ada beberapa perbedaan antara biografi dan autobiografi yang harus diketahui, terutama dalam hal penulisannya. yang harus diingat adalah ..

Autobiografi merupakan kisah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri atau ‘seolah-olah’ ditulis orang itu sendiri (sudut pandang pihak pertama). Sedangkan Biografi adalah kisah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain atau ‘seolah-olah’ ditulis orang lain (menggunakan sudut pandang ketiga).

Contoh Penulisan AUTOBIOGRAFI

Aku adalah Indah Fatmawati, lahir di Bengkulu, 19 Desember 1996, sejak kecil aku tinggal di kota Bandung bersama Kakek dan Nenekku (Autobiografi)

Contoh penulisan BIOGRAFI 

Dia adalah Indah Fatmawati, lahir di Bengkulu, 19 Desember 1996, sejak kecil ia tinggal di kota Bandung bersama kakek dan neneknya (Biografi)


TUJUAN PENULISAN AUTOBIOGRAFI


Adapun beberapa tujuan yang harus diketahui dari penulisan autobiografi adalah sebagai berikut ini:

1. Mengenalkan diri kita secara lebih detail kepada orang lain.

2. Bahan pencitraan seseorang.

3. Memberikan gambaran, pelajaran serta kisah-kisah inspiratif bagaimana seseorang dapat sukses’ dalam bidang yang sedang digeluti sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik ataupun bidang lainnya.

 


CARA MENULIS AUTOBIOGRAFI


1. Ingat dan Catat Peristiwa – Peristiwa Penting

Tulis apapun yang kamu ingat tentang peristiwa-peristiwa penting dalam hidupmu dan kapan itu terjadi secara detail, bisa tentang kelahiranmu, keluarga sampai orang-orang yang berhubungan langsung dengan anda di waktu kecil.

Kemudian dilanjutkan dengan kejadian-kejadian di masa remaja anda baik itu ketika menempuh pendidikan, karir, hubungan dan juga kejadian-kejadian besar lainnya.

2. Tuliskan Karakter Tokoh

Tuliskan orang-orang beserta karakter yang akan dimasukan kedalam autobiografi mu, bagaimana karakter orang terdekat yang mempengaruhi kehidupanmu

3. Membuat Kerangka Karangan

Disini anda dapat membuat kerangka dasar dalam pembuatan tulisan autobiografi, hal-hal yang telah dicatat dalam poin 1 dan 2 disusun secara rapi agar dapat menghasilkan cerita yang sistematis (berurutan) dari kecil sampai keadaan sekarang.

Untuk membuat autobiografi yang baik, kamu harus dapat membangun tulisan dengan ketegangan, konflik, klimaks dan pemecahan dan tentunya kejadian atau kisah-kisah menakjubkan agar pembaca betah berlama-lama dengan tulisan anda.

4. Memulai Menulis

Tulislah autobiografimu sesuai dengan kepribadian mu, apakah akan menuliskannya dengan gaya humoris, serius, bersemangat ataupun dramatis. Satu hal yang paling penting adalah menulislah dengan jujur, karena autobiografi bukanlah karangan fiksi. Autobiografi ditulis harus berdasarkan pengalaman nyata si penulis, dan biasanya di dukung dengan detail kejadian beserta data-data yang jelas.

5. Tips Membuat Autobiografi Singkat Untuk Tugas Sekolah

Untuk membuat otobiografi/autobiografi tugas dari sekolah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Autobiografi untuk tugas sekolah yang biasanya singkat cukup diawali dengan perkenalan tentang dirimu, mulai dari tanggal lahir, keluarga ataupun keadaan masa kecil.

Kemudian dilanjutkan dengan Momen, kisah atau pengalaman yang tak terlupakan yang terjadi selama masa hidupmu selama ini. Setelah itu kemudian bisa dilanjutkan dengan bagian penutup yang berisi keadaan kamu sekarang atau cita-citamu dimasa yang akan datang.

Nah, itu tentu saja hanya pedoman dasar saja. Silahkan kamu berkreasi membuat autobiography sesuka hati dan tulislah semenarik mungkin.


CONTOH AUTOBIOGRAFI


Contoh Autobiografi Diri Sendiri 1

Namaku Dewi Anggini, lahir di Majalengka, 12 Desember 1997. Aku adalah anak kedua dari lima bersaudara, buah dari pasangan Dimas Koswara dan Nyimas Ratuwangi. Dewi adalah panggilan akrabku, Aku terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahku seorang pegawai negeri sipil di lingkungan Pemda. Sedangkan Ibuku adalah seorang guru di sebuah madrasah tsanawiyah tak jauh dari rumah. Sejak kecil Ayah selalu menasehatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, aku mulai bersekolah di SDN 1 Pasawahan, Majalengka, kemudian setelah lulus melanjutkan pedidikan di SMPN 4 Majalengka di tahun 2009. Selepas lulus SMP di tahun 2012. Aku pindah ke kota Bandung dan tinggal bersama Tanteku di sekitaran daerah Buah Batu dan melanjutkan pendidikan di salah satu SMA yang tak jauh dari sana.

Ketika menginjak tahun kedua di SMA, aku mengikuti perlombaan menulis cerpen antar SMA se-kota Bandung, dan ketika itu puisiku yang berjudul “Senja di Timur Cikapundung” menjadi juara 2 dalam perlombaan tersebut. Aku sangat gembira, hari itu menjadi hari yang tak akan pernah kulupakan dalam hidupku.

Momen pada saat namaku disebut oleh juri diatas panggung adalah momen yang tak terlupakan, apalagi ketika aku berjejer diatas panggung, disalami, diberi sebuah piagam penghargaan dan piala oleh pak Walikota Bandung, Ridwan Kamil. ‘

Setelah peristiwa itu, semangatku dalam menulis semakin menggebu-gebu, aku berharap suatu hari nanti aku dapat menjadi penulis yang terkenal yang karya-karyanya selalu ditunggu-tunggu dan dapat menginspirasi orang lain.

Saat ini aku masih duduk di kelas XI SMA jurusan Bahasa,Selepas lulus SMA nanti, aku berencana melanjutkan kuliah di Jurusan Sastra Indonesia Universitas Padjajaran.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri 2

Aku lahir di Papua 12 Januari 1997, Namu saat ini aku tinggal di kota Jakarta dan menjadi salah satu siswa di kelas X, SMA Negeri 21 Jakarta Jurusan IPS.

Aku memiliki hobi-hobi yang berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan dan juga berolahraga, terutama olahraga jogging. Bagiku tumbuhan dan kesehatan adala dua hal penting yang berkaitan antara satu dengan lainnya.

Semasa kecil aku pernah tinggal di dekat sungai Ciliwung, setiap musim hujan rumahku pasti kebanjiran oleh luapan sungai tersebut. Aku bersama keluargaku kemudian mengungsi ketempat pengungsian sementara sampai banjir mereda. Hal itu terus saja terulang dari tahun ketahunnya seperti tanpa ada pemecahan.

Menginjak tahun pertama di SMA, aku mulai sadar bahwa permasalahan banjir sebetulnya bukan sekedar tanggung jawab pemerintah saja. Masyarakat juga harus ikut bertanggung jawab mengatasi masalah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke sungai.

Sejak saat itu, kemudian aku mulai bergabung dengan Komunitas Peduli Lingkungan. Komunitas ini bergerak setiap minggunya untuk mensosialisasikan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir dan juga pola-pola hidup sehat. Tak lupa juga kadang kami mengadakan bakti sosial di setiap kelurahan yang dikunjungi.

Kini aku merasa lebih bermanfaat bagi orang lain. Dengan berbagi ternyata membuat orang menjadi lebih tahu dan kita menjadi tahu lebih.

Saat ini aku tinggal bersama ayahku yang bekerja di salah satu perusahaan Negeri di wilayah Jakarta Pusat. Selain aktif di komunitas peduli lingkungan, aku juga aktif di komunitas Goowes Jakarta dan juga Komunitas parkour Batavia.

Sekian tulisan tentang Contoh Autobiografi yang dapat kami tuliskan, untuk contoh selanjutnya akan diperbaharui secara kala.  Trim’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *