Contoh Biografi Diri Sendiri Lengkap, Singkat, Jelas dan Padat

Biografi merupakan tulisan tentang perjalanan hidup atau riwayat hidup seseorang yang dapat ditulis dalam beberapa baris kalimat saja atau sampai menjadi sebuah buku.

Umumnya biografi menceritakan kehidupan seseorang mulai dari kelahiran sampai keadaannya sekarang ini. Biografi ditulis oleh orang lain yang artinya harus menggunakan sudut pandang orang ketiga, berbeda dengan penulisan otobiografi yang menggunakan sudut pandang orang pertama,

Sebagai contoh:

Saya adalah seorang pelukis (Sudut pandang orang pertama).
Dian Sumaryo adalah seorang pelukis (Sudut pandang orang ketiga).

Tujuan penulisan biografi adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain tentang seseorang, baik itu berupa kehidupan pribadinya, cita-cita, perjuangan atau kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupannya.


Cara Menulis Biografi Diri Sendiri


Berikut ini adalah struktur atau kerangka dalam penyusunan baik itu biografi diri sendiri ataupun otobiografi diri sendiri.

1. Latar Belakang Keluarga

Disini kamu bisa menceritakan tentang:

› Nama lengkapmu, nama panggilan atau arti dari nama mu.
› Tempat dan tanggal lahir mu.
› Anak keberapa dan kamu juga bisa bercerita singkat tentang adik-kakak/saudaramu.
› Orangtua dan latar belakangnya.

2. Latar Belakang Pendidikan

› Bisa diisi dengan riwayat pendidikan yang pernah dilalui beserta nama sekolahnya, bisa juga ditambah dengan tahunnya

3. Latar Belakang Prestasi

› Kamu dapat menulis tentang prestasi apa saja yang berhasil diperoleh selama ini serta kisah singkatnya.

4. Latar Belakang Pekerjaan (Bila Ada)

Bila masih pelajar kamu bisa mengabaikan poin ini dan poin berikutnya. Bila sudah bekerja, kamu bisa menuliskan pekerjaanmu, di perusahaan mana dan di bagian apa.

5. Karya- karya yang pernah dihasilkan (Bila Ada)

Berisi karya-karya yang pernah dihasilkan.

6. Penutup

Bila menulis Biografi, Jangan lupa, untuk menulis berdasarkan sudut pandang orang ketiga yaa .., Satu lagi, kerangka ini hanya salah satu acuan saja, jadi sifatnya tidak baku atau tidak wajib seperti ini


Contoh Biografi Diri Sendiri


Nah, Berikut adalah -contoh – contoh biografi diri sendiri dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga

Contoh Biografi Diri Sendiri 1

Namanya adalah Dewi Anggraeni, Lahir di Tasikmalaya, 30 Desember 1995, ia adalah anak ketiga dari lima bersaudara, buah dari pasangan Kamaruddin dan Siti Zubaidah. Dewi adalah panggilan akrabnya, ia terlahir di keluarga yang sangat sederhana, Ayahnya seorang Guru honorer di sebuah madrasah tsanawiyah, sedangkan Ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik sepatu tak jauh dari rumahnya, sejak kecil dia selalu di nasehati oleh ayahnya untuk selalu rajin beribadah, jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, ia memulai pendidikan di SDN 1 Ciawi, Tasikmalaya, kemudian setelah lulus dia melanjutkan pendidikannya di SMPN 1 Tasikmalaya di tahun 200x. Disinilah dia menemukan bakat dan cita-citanya, yakni menjadi seorang penulis, ketika menginjak di kelas 3 SMP tersebut, dia mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah se-Kabupaten Tasikmalaya , dan puisnya yang berjudul “ Senja di Barat Ciawi” menjadi juara ke 3 dalam perlombaan tersebut. Ini membuat semangatnya semakin menggebu-gebu, dia semakin giat dalam berlatih menulis, terutama cerpen bertemakan remaja, beberapa kali ia sempat mengirimkan naskahnya ke berbagai media lokal maupun Nasional, walaupun sampai lulus SMP tulisannya belum pernah sekalipun dimuat .

Selepas lulus SMP dia mengikuti pamannya ke kota Bandung dan kemudian sekolah di SMAN xx Bandung. Kemampuannya dalam bidang kepenulisan semakin berkembang, terlebih setelah ia bergabung dengan beberapa komunitas penulis dan mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang ada di kota Kembang.

Akhirnya setelah menginjak tahun ke dua dia Bandung, cerpen pertamanya yang berjudul “Maman Si Klepto” dimuat di majalah xxxx edisi 102. Di sekolah juga dia ditunjuk menjadi pemimpin redaksi majalah dinding sekolah dan juga menjabat sebagai sekretaris dewan keamanan Masjid sekolah.

Saat ini dia masih duduk di kelas XII SMA jurusan Bahasa, setelah lulus nanti dia berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *