Contoh Biografi Diri Sendiri yang Benar (Singkat, Panjang, Lengkap)

contoh biografi diri sendiri

Contoh Biografi Diri Sendiri – Biografi merupakan tulisan tentang perjalanan hidup atau riwayat hidup seseorang yang dapat ditulis dalam beberapa baris kalimat saja atau sampai menjadi sebuah buku.

Umumnya biografi menceritakan kehidupan seseorang mulai dari kelahiran sampai keadaannya sekarang ini.

Biografi ditulis oleh orang lain yang artinya dalam penulisannya harus menggunakan sudut pandang orang ketiga, berbeda dengan penulisan otobiografi/autobiografi yang ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama.

Contoh sudut pandang orang pertama dan orang ketiga adalah sebagai berikut:

» Saya adalah seorang pelukis (Sudut pandang orang pertama).
» Dian Sumaryo adalah seorang pelukis (Sudut pandang orang ketiga).

Tujuan penulisan biografi adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain tentang seseorang. Baik itu berupa kehidupan pribadinya, cita-cita, perjuangan atau kejadian atau peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupannya.

Nah, untuk penulisan biografi diri sendiri atau pribadi biasanya diperuntukan untuk mengenalkan diri kita kepada orang lain, entah itu untuk urusan melamar pekerjaan ataupun mengenalkan diri kamu ke khalayak ramai lewat internet. contohnya wikipedia atau bio di sosmed.

Karena biografi pribadi bersifat pengenalan diri kamu, ya sebetulnya kamu bebas saja mau menulis apapun sesuka hati. Tapi buatlah tulisan tersebut seolah-olah ditulis oleh orang lain atau berdasarkan sudut pandang orang lain.

Lebih baik lagi apabila biografi tersebut dapat menginspirasi orang lain dan penulisannya lebih ditekankan pada kisah-kisah penting bukan cerita basa-basi. Tonjolkan sisi menarik yang ada pada diri kamu. Bisa berupa kelebihan yang dimiliki, peristiwa inspiratif ataupun prestasi di masa lalu ataupun terbaru.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam cara membuat biografi diri sendiri yang menarik. agar tulisan biografi seseorang tersebut terlihat lebih terstruktur dan sistematis.


Kerangka Penulisan Biografi Diri Sendiri


contoh biografi diri sendiri

Berikut ini adalah struktur atau kerangka dalam penyusunan baik itu kumpulan biografi diri sendiri ataupun otobiografi/autobiografi diri sendiri.

1. Pengenalan Tokoh/Diri Sendiri

Dibagian awal, kenalkan diri kamu terlebih dahulu. Terutama tentu saja nama lengkapmu dan tempat kelahiranmu. Setelah itu kemudian bisa dilanjutkan menceritakan tentang keluargamu. Seperti menceritakan tentang saudara kandungmu ataupun latar belakang orang tuamu secara singkat.

Kemudian bisa juga dilanjutkan dengan riwayat pendidikan yang pernah dilalui beserta nama sekolahnya. Bisa juga ditambah dengan tahunnya serta pengalaman penting ketika menempuh pendidikan tersebut.

Contoh pengenalan adalah sebagai berikut: Namanya adalah Nur Fitriani, dia lahir di Malang, 19 Oktober 2000. Dia adalah anak kedua dari dua bersaudara. Kakaknya seorang perempuan bernama Hilman Marawi, seorang penyanyi nasyid terkenal di daerah Jawa Timur. Kedua orang tuanya berprofesi sebagai guru dan telah mengabdi dalam bidang pendidikan sejak mereka masih remaja …… dll

2. Peristiwa dan Kejadian Penting

Kejadian yang Mengubah Hidup/Memotivasi

Dalam tulisan ini kamu bisa bercerita tentang pengalaman-pengalaman dalam kehidupanmu yang kemudian mengubah hidup seperti keadaan sekarang ini.

Contohnya: Semasa kecil dia pernah hidup di jalanan, setiap hari Risman bersama ayahnya yang seorang pemulung tidur di bawah jembatan , karena rumahnya digusur oleh pemerintah kota Jakarta saat itu. Namun itu tidak pernah membuat semangat belajarnya turun. Justru karena itulah Risman semakin giat belajar dan termotivasi meraih cita-citanya menjadi seorang dokter ….. dst

Prestasi

Kamu bisa menulis tentang prestasi-prestasi apa saja yang berhasil diperoleh selama ini serta kisah singkatnya. atau 

Contohnya: Perempuan berdarah Medan ini pernah menjuarai kejuaraan pencak silat junior antar Kabupaten se-Jawa Timur ketika berumur 14 tahun … dll

Pekerjaan, Pengalaman, Karir (Bila Ada)

Bila masih pelajar kamu bisa mengabaikan poin ini dan poin berikutnya. Bila sudah bekerja, kamu bisa menuliskan pekerjaanmu, di perusahaan mana dan di bagian apa. ataupun juga cerita bagaimana awal sampai akhir kamu merintis karir. Baik itu dalam bidang wiraswasta, kepenulisan ataupun bidang bisnis.

Contohnya: Ia pernah bekerja di perusahaan Telkom sebagai adminstrator di divisi IT perusahaan tersebut … dll

3. Penutup

Disini kamu bisa menambahkan intisari dari tulisan biografi ataupun harapan dan mimpimu di masa depan atau juga kalimat ‘menghentak’ lainnya.

Bila menulis Biografi. Jangan lupa, untuk menulis berdasarkan sudut pandang orang ketiga yaa .., Satu lagi, kerangka ini hanya salah satu acuan saja. Jadi sifatnya tidak baku atau tidak wajib dalam penggunaannya.


Contoh Biografi Diri Sendiri


Contoh Biografi Diri Sendiri 1

Namanya adalah Dewi Anggraeni, Lahir di Tasikmalaya, 30 Desember 1997, ia adalah anak ketiga dari lima bersaudara, buah dari pasangan Kamaruddin dan Siti Zubaidah. Dewi adalah panggilan akrabnya, ia terlahir di keluarga yang sangat sederhana, Ayahnya seorang Guru honorer di sebuah madrasah tsanawiyah, sedangkan Ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik sepatu tak jauh dari rumahnya. Sejak kecil dia selalu di nasehati oleh ayahnya untuk selalu rajin beribadah, jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, ia memulai pendidikan di SDN 1 Ciawi, Tasikmalaya, kemudian setelah lulus dia melanjutkan pendidikannya di SMPN 1 Tasikmalaya di tahun 2009. Selepas lulus dari SMP di tahun 2012, dia mengikuti Pamannya tinggal di kota Bandung dan melanjutkan pendidikannya di SMA xx Kota Bandung.

Ketika menginjak kelas X SMA tersebut, dia mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah se-Kota Bandung , dan puisinya yang berjudul “ Senja di Barat Cikapundung” menjadi juara ke 3 dalam perlombaan tersebut. Tentu saja ini membuat hatinya senang dan semakin bersemangat dalam menulis, terutama puisi-puisi bertemakan lingkungan. Baginya lingkungan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan karena lingkungan yang bersih dan asri dapat membuat jiwa manusia kuat dan sehat.

Selain itu ia juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, Dewi bergabung dengan organisasi Pramuka dan juga pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini dia masih duduk di kelas XII SMA jurusan Bahasa, setelah lulus nanti gadis berkulit hitam manis ini berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Contoh Biografi Diri Sendiri/Pribadi II

Nuraeni tinggal di kota Bandung dan menjadi salah satu siswi kelas XI, SMA Negeri 76 Bandung Jurusan IPA. Ia lahir di Ambon pada tanggal 10 Januari 1999.

Selain memiliki ketertarikan dalam bidang yang berhubungan dengan tumbuh-tumbuhan ia juga memiliki hobi berolahraga, terutama jogging. Baginya tumbuhan dan kesehatan penting dan saling berkaitan satu sama lainnya.

Semasa kecil dia pernah tinggal di dekat kali Ciliwung dan setiap musim hujan rumahnya selalu kebanjiran dan kemudian mengungsi ke tempat penampungan. Kejadian tersebut terus terulang dari tahun ke tahunnya. Hal tersebut kemudian membuatnya berpikir, bahwa datangnya banjir tersebut bukan semata karena faktor alam saja. Namun juga karena faktor manusia yang sering membuang sampah sembarangan ke sungai, pemukiman liar di bantaran sungai dan juga kurangnya resapan air.

Itulah yang membuat hatinya tergerak untuk ikut menyadarkan masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan. Dia pun kemudian bergabung dengan komunitas peduli lingkungan di kota Jakarta. setiap akhir pekan gadis berkulit hitam manis ini ikut melakukan penyuluhan dan bakti sosial. Untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan.

Saat ini Nuraeni tinggal bersama ayahnya yang berprofesi sebagai pegawai swasta di perumahan Puri Makmur no 103 Kemang. Selain aktif di komunitas peduli lingkungan, ia juga aktif di komunitas sepeda Batavia, komunitas tanaman hias dan juga komunitas parkour Jakarta Selatan.

Contoh Biografi Diri Sendiri III

Muhammad Mulkan Fauzi atau biasa dipanggil Mulkan oleh orang-orang disekitarnya memiliki hobi membaca buku dan bermain futsal. Ia lahir di kota Semarang pada tanggal 30 Oktober 1997 dari pasangan Rahmat Kartoso dan Linda Kusumaningtyas. Mulkan memiliki seorang kakak bernama Lusi Apriani yang sudah menikah dan kini tinggal bersama suaminya di Solo. Ia juga memiliki sepasang adik kembar perempuan bernama Sifa dan Isfi yang baru berusia 5 tahun.

Ia pertama kali masuk sekolah di tahun 2003 – 2009 di SDN Budi Mulya. Kemudian setelah lulus melanjutkannya ke SMPN 4 Karang Naga dari tahun 2010-2013. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN Tarakan 12 Semarang. di SMA ini dia mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan juga aktif dalam organisasi OSIS. Bahkan ia pun sempat menjabat sebagai wakil ketua OSIS di sekolahnya.

Pemuda berwajah tampan ini adalah anggota tim futsal SMAN 12 Tarakan dan beberapa kali menjuarai kejuaraan futsal baik itu kejuaraan antar sekolah maupun umum. Diantaranya: Juara III Piala Walikota Semarang 2015, juara III futsal Hardiknas Cup 2015, juara pertama Kilimanjaro Cup 2016 dan lain sebagainya.

Dia memiliki cita-cita dalam beberapa tahun mendatang dapat bergabung dengan Tim Nasional futsal Indonesia dan membawa harum nama Bangsa di Asia dan Dunia. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini juga memiliki cita-cita untuk memberangkatkan Haji kedua orang tuanya yang sudah merawatnya sejak kecil di kemudian hari.

Contoh Biografi Diri Sendiri/Pribadi Singkat

Nur Hasanah adalah gadis keturunan Sunda dan Padang, nama Nur memiliki arti cahaya sendangkan Hasanah artinya adalah kebaikan. dia lahir di Bogor, 18 April 1995. Dari pasangan Ihsan Kamil dan Kamidia Ajeng Pratiwi.

Gadis berkerudung ini memiliki motto “Man Jadda Wajada” dalam hidupnya, yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Maka dari itu sekarang pun ia sangat bersungguh-sungguh dalam belajar untuk mengejar cita-citanya menjadi seorang Desainer pakaian muslim.

Sejak kecil Nur terbiasa hidup dilingkungan pesantren, ketika SD dia ikut mondok di Pesantren milik pamannya beberapa kilometer dari rumahnya. Kemudian ketika SMP dia mondok di pesantren xxxxxx di Jawa Tengah. Setelah lulus dia pulang lagi ke rumahnya dan sekolah di MAN 2 Kota Bogor.

Tahun 2015 lalu, dia berhasil menjuarai lomba kaligrafi antar MAN se-Jawa barat dan pernah juga masuk 12 besar atau finalis lomba rancang busana Muslim 2015 yang di selenggarakan oleh majalah Muslimah.

Saat ini dia tinggal di jalan Katamso no 12. bersama orang tua dan sepasang adik kembarnya yang masih duduk di kelas II Sekolah Dasar.


Contoh Biografi Singkat  (.JPG)

contoh foto biografi sendiri
ahmadjurnaidi.wordpress.com
biografi tokoh
images.slideplayer.info

Itulah beberapa contoh Biografi Diri Sendiri atau pribadi yang lengkap dan menarik, sekian dan Terima Kasih 

3 comments

  1. riri Reply

    kerja di lion yaaa…dulu saya pernah kerja di lion juga kak, tapi skrg sudah resign 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *