Contoh Biografi Singkat Diri Sendiri dan Tokoh (Lengkap, Singkat dan Terbaru)

biografi tokoh

Contoh Biografi Singkat – Menulis biografi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menyampaikan cerita tentang kehidupan seseorang lewat media tulisan. Biografi biasanya berisi tentang sejarah kehidupan orang lain. Bila penulis menuliskan tentang sejarah hidupnya sendiri, maka tulisan tersebut disebut autobiografi.

Secara umum, biografi dapat ditampilkan dalam dua gaya utama, gaya formal dan gaya santai atau non formal. Biografi juga dapat berisi banyak hal mulai dari informasi mengenai data pribadi orang yang diangkat dalam biografi, kehidupan orang tersebut, bahkan hingga pengalaman atau kejadian-kejadian yang pernah dialami oleh orang tersebut.


Cara dan Langkah Menulis Biografi


contoh biografi diri sendiri singkat
www.solusiide.com

Untuk menghasilkan biografi yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penulis biografi. Hal-hal yang sebaiknya diperhatikan ketika menulis biografi antara lain adalah:

  1. Informasi yang anda tampilkan dalam biografi haruslah bersifat apa adanya dan sesuai fakta. Hindari memasukkan hal-hal yang tidak benar-benar terjadi dalam biografi yang anda tulis. Karena itulah penting bagi anda untuk melakukan riset mengenai sosok yang akan anda tulis biografinya.
  2. Menulis biografi juga menuntut anda untuk menampilkan informasi dengan objektivitas yang baik. Usahakan untuk tidak terlalu menggunakan gaya yang berlebihan ketika menyajikan informasi dalam biografi.
  3. Perhatikan judul. Pilihlah judul yang tepat untuk Contoh Biografi Singkat yang anda tulis.
  4. Perhatikan juga tujuan anda menulis biografi. Biografi bisa disajikan sebagai bentuk inspirasi atau dijadikan media agar pembaca lebih mengenal sosok yang diangkat dalam biografi.
  5. Perhatikan struktur kalimat, gaya bahasa, penggunaan tanda baca, pemilihan kata, dan aspek tata bahasa lainnya.
  6. Gunakan sudut pandang pihak ketiga baik itu ketika menuliskan contoh biografi diri sendiri ataupun biografi orang lain, Perlu diketahui perbedaan antara penulisan biografi dan penulisan autobiografi/otobiografi salah satunya ada di sudut pandang penulisan. Penulisan autobiografi sendiri biasanya menggunakan sudut pandang pihak pertama atau “Aku”.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu akan dapat menulis suatu contoh biografi diri sendiri ataupun orang lain dengan baik.

Riset memang merupakan bagian terpenting dalam kegiatan menulis biografi. Selain melakukan riset mengenai kehidupan orang yang akan anda angkat dalam biografi, anda juga sebaiknya melakukan riset mengenai bagaimana biografi sebaiknya ditulis. Berikut adalah contoh biografi singkat yang bisa anda jadikan referensi ketika menulis biografi.


Contoh Biografi Singkat


Contoh Biografi Singkat Chairil Anwar

Chairil Anwar merupakan tokoh yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dan merupakan salah satu penyair terbaik yang pernah dimiliki oleh bangsa ini. Beliau adalah penyair Angkatan ’45 yang karya-karyanya sudah diterbitkan secara luas saat ini. Chairil Anwar lahir di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 26 Juli 1922. Beliau dibesarkan dalam sebuah keluarga yang boleh dikatakan kurang harmonis. Kedua orang tuanya bercerai ketika Chairil Anwar masih kecil lalu ayahnya kemudian menikah lagi. Setelah perceraian itu dan setelah lulus SMA, beliau mengikuti ibunya pindah ke Jakarta. Ketika masa kecilnya di Medan, beliau memiliki hubungan yang sangat dekat dengan neneknya. Kedekatan ini memberikan begitu banyak pengaruh pada kehidupan Chairil Anwar. Meski beliau jarang berduka semasa hidupnya, salah satu hal paling menyedihkan yang beliau alami adalah ketika neneknya meninggal dunia. Kejadian ini dituangkan Chairil dalam bentuk sajak.

Sejak kecil, Chairil Anwar dikenal sebagai anak yang bandel. Salah satu teman dekat beliau, Sjamsul Ridwan, pernah menuangkan cerita tentang masa kecil Chairil Anwar dalam bentuk tulisan. Menurut Sjamsul, salah satu karakter Chairil ketika masa kanak-kanak adalah sifat tidak mau merasa kalah. Menurutnya, Chairil pantang merasa kalah dalam perlombaan atau dalam hal mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Keinginanya yang kuat untuk mendapatkan sesuatu itulah yang menyebabkan Chairil memiliki jiwa yang meledak-ledak. Menurut Sjamsul lagi, watak Chairil yang seperti inilah yang menyebabkan beliau tidak pernah diam dan selalu aktif.

Rekannya yang lain, Jassin, juga memiliki kenangan sendiri mengenai masa kecil Chairil. “Kami pernah bersama-sama bermain bulu tangkis,” ujar Jassin. “Chairil waktu itu kalah. Namun dia tidak mau mengakui kekalahannya. Dia mengajak untuk bertanding terus sampai akhirnya aku yang kalah. Semua itu dia lakukan karena waktu itu kami bertanding di hadapan para gadis.”

Wanita adalah dunia bagi Chairil Anwar setelah buku-buku. Beberapa nama tercatat sebagai gadis yang pernah dikejar-kejar oleh Chairil Anwar antara lain Sri Ayati, Ida, Mirat, Gadis Rasyid, dan Roosmeini. Semua nama itu bahkan pernah dimasukkan ke dalam puisi-puisi yang ditulis oleh Chairil Anwar. Meski cukup banyak wanita yang pernah singgah di hatinya, Chairil akhirnya menikahi seorang gadis Karawang bernama Hapsah.

Pernikahan Chairil Anwar dengan Hapsah tidak berumur panjang. Karena gaya hidupnya yang tak kunjung berubah serta dihimpit oleh masalah kesulitan ekonomi, Hapsah meminta cerai pada Chairil. Ketika anaknya baru berusia 7 bulan, Chairil sudah menjadi duda. Tak lama kemudian, pada tanggal 28 April 1949 pukul 15:15 WIB, Chairil menghembuskan napas terakhirnya. Ada beberapa versi mengenai sakit yang diderita oleh Chairil. Yang pasti, Chairil mengidap sipilis dan TBC kronis.

Usia Chairil memang tak panjang. Hanya 27 tahun. Namun usianya yang pendek itu meninggalkan begitu banyak hal berharga bagi dunia sastra Indonesia. Chairil Anwar bahkan menjadi contoh terbaik dalam hal sikap yang acuh tak acuh dan tidak pernah bersungguh-sungguh dalam menggeluti dunia seni, khususnya seni sastra. Sikap inilah yang pada akhirnya menyebabkan anak Chairil Anwar, Evawani Chairil Anwar, yang juga merupakan seorang notaris di kawasan Bekasi, menyampaikan permintaan maaf ketika acara mengenang wafatnya Chairil Anwar yang diadakan pada tahun 1999. “Saya meminta maaf karena saat ini saya hidup di dunia yang bertentangan dengan dunia yang digeluti oleh Chairil Anwar,” ujar Evawani.

Salah satu puisi Chairil Anwar yang paling terkenal adalah sebuah puisi berjudul “Aku”. Selain puisi “Aku”, banyak lagi puisi serta sajak lain dari Chairil Anwar yang kini telah dibaca jutaan masyarakat Indonesia.

Catatan Mengenai Contoh Biografi Singkat Chairil Anwar:

Seperti yang anda lihat pada contoh biografi di atas, keterangan pribadi mengenai sosok yang diangkat dalam biografi, yang dalam hal ini adalah Chairil Anwar, ditampilkan dengan apa adanya dan berdasar pada fakta yang benar-benar ada. Selain itu, pada contoh biografi di atas anda juga bisa melihat adanya kutipan-kutipan dari orang-orang terdekat Chairil Anwar seperti teman beliau dan anak beliau.


Contoh Biografi Singkat Diri Sendiri


Contoh Biografi Singkat Diri Sendiri I

Irfan Maulana Ibrahim lahir di Bandung, 19 Oktober 1999. Buah dari pasangan Radjiman Katamso dan Elva L Kusumaningsih. sejak kecil dia dan kedua adiknya terbiasa hidup sederhana walaupun Ibunya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil dan Ayahnya bekerja di salah satu perusahaan IT terkenal di kota Bandung. “hidup sederhana adalah kunci kebahagiaan.” begitulah moto hidup keluarga mereka.

Pemuda bertubuh tinggi kurus ini menyukai badminton ketika berusia 7 tahun, selepas menonton salah satu pertandingan Taufik Hidayat di televisi,  ketika itu juga Ayahnya membelikannya sepasang raket dan membuatkannya lapangan badminton kecil di halaman depan rumahnya. Keseharian Irfan setelah itu tak lepas dari raket dan badminton selain juga belajar tentunya.

Menginjak kelas 4 sekolah dasar, Irfan mewakili sekolahnya dalam sebuah turnamen bulu tangkis antar sekolah dasar se kota-Bandung, ketika itu dia hanya mampu mencapai babak 8 besar dan tak mampu menembus semifinal, hal ini sempat membuatnya kecewa, Namun tak membuatnya patah semangat untuk menjadi pemain bulutangkis terkenal di dunia.

Beberapa minggu setelah itu, Ayahnya mendaftarkan Irfan ke sekolah bulutangkis “Taruna”. Di tempat inilah karir Irfan melesat, beberapa kejuaraan bulutangkis tingkat junior berhasil dia menangkan, diantaranya Hardiknas Badminton Junior Cup 2011, Cibalayung Cup 2011, Kejuaraan Bandung Badminton 2012 dll.

Saat ini Irfan merupakan salah satu siswa di SMA Negeri 3 Bandung, dia memiliki cita-cita suatu hari nanti dapat masuk program pelatnas bulutangkis di Cipayung dan dapat mengikuti dan memenangi berbagai kejuaraan bulutangkis dunia.


Contoh Biografi Singkat (.Jpg)

  1. Contoh Biografi Singkat Ki Hajar Dewantara .Jpg

contoh biografi singkat ki hajar

slidesharecdn.com

2. Contoh Biografi Singkat Pangeran Diponegoro .Jpg

contoh-biografi-singkat-pangeran


Selain isi biografi, anda juga perlu memperhatikan gaya bahasa serta struktur kalimat yang anda gunakan ketika menulis biografi. Pastikan anda menggunakan tata bahasa yang baik dan benar ketika menulis biografi, apalagi bila biografi tersebut ditulis dalam gaya formal.

Untuk membantu anda dalam menulis Contoh Biografi Singkat, selain melakukan riset mengenai tokoh yang akan anda tulis biografinya, ada baiknya anda mencari contoh-contoh biografi yang bisa anda gunakan sebagai acuan atau referensi dalam menulis biografi. Saat ini anda bisa menemukan contoh biografi singkat dengan mudah lewat internet. Terakhir, pastikan biografi yang anda tulis menarik untuk dibaca. Meskipun menggunakan gaya formal dan tata bahasa bergaya resmi, anda tetap harus bisa mengolah tulisan anda sehingga pembaca biografi yang anda tulis merasa tertarik untuk membaca biografi tersebut.

Sekian Contoh Biografi Singkat beserta struktur dan cara penulisannya yang benar. Kunjungi Artikel lain kami di www.Salamadian.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *