Dosa Kecil dan Contoh – Contohnya

Pengertian Dosa Kecil – Secara sederhana, dosa kecil adalah dosa yang tidak tergolong kategori dosa besar dalam Islam seperti syirik, membunuh, mabuk, zinah, sombong, durhaka pada orang tua dan lain sebagainya.

Dosa kecil tidak mendapatkan penekanan ancaman dari Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat, berbeda dengan dosa besar yang telah jelas Allah SWT mengancamnya dalam Al-Quran bahkan disertai dengan hukuman yang amat berat.

www.abiummi.com
www.abiummi.com

Dosa dibagi ke dalam dua golongan, yakni, dosa kecil (ash-shaghaa-ir) dan dosa besar
(al-kabaa-ir), tapi, 
dengan penggolongan ini bukan berarti kita dapat meremehkan dosa-dosa yang dianggap kecil, seperti zina mata, zina hati, berkata kotor dan sebagainya, karena dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam menjelaskan;

www.muslim.or.id
www.muslim.or.id

Ayat diatas menjelaskan tentang dosa secara umum, namun, dijelaskan juga dalam hadits lain dengan lebih spesifik tentang perintah untuk menjaga hati dari dosa kecil;

“Berhati-hatilah dengan dosa kecil, sebab dosa-dosa itu berkumpul pada diri seseorang sehingga menghancurkanya” (HR. Ahmad).

Contoh – Contoh Dosa Kecil

Setiap amal manusia sekecil apapun itu pasti akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT, dosa-dosa yang kita anggap remeh di dunia bisa saja menjadi penghalang kita masuk surga bila tak segera kita sadari dan taubati.

Untuk mendapat sedikit gambaran tentang dosa kecil, Mari kita simak video dari pengasuh LPD Al-Bahjah
(Buya Yahya) berikut ini.

Kita mungkin menganggap remeh dan biasa ketika kita meminjam pulpen orang lain kemudian kita tidak mengembalikan ke tempat asalnya, ketika pulang dari masjid kemudian menginjak sandal orang lain dan mengotorinya, ketika melihat perempuan di jalanan dengan aurat terbuka, menghambur-hamburkan air ketika mandi, mengambil sesuatu dengan tangan kiri dan lain-lain.

Sebab – Sebab Dosa Kecil Menjadi Besar

1.Dilakukan dengan Terus Menerus

Melakukan dosa kecil terus menerus dan bertekad untuk mengulanginya, akan menjadikan dosa kecil dihukumi sebagaimana dosa besar.

www.muslim.or.id
www.muslim.or.id

2. Menganggap Remeh Dosa Kecil Tersebut

Jika seorang hamba menggangap dosa kecil sebuah kewajaran dan remeh maka itu bisa menjadi dosa besar, karena di sisi Allah bila seseorang menganggap besar sebuah dosa maka dosa itu kecil di sisi Allah, begitupun sebaliknya, seorang yang menganggap remeh sebuah dosa itu besar di sisi Allah. orang yang takut pada Allah akan menjauhi dan menakuti dosa tak peduli sekecil apapun itu.

Al-Ghazali rahimahullah berkata,

“Diantara sebab dosa kecil menjadi besar adalah seorang hamba menganggap remeh dosa tersebut dan tidak bersedih karena dosa (yang pernah dia lakukan).”  (Al-Arba’in fii Ushuulid Diin, hal. 226)

3. Memamerkan Dosa dan Merasa Senang Melakukannya.

hadits-tentang-dosa-kecil

Kadang ada juga orang yang merasa bangga dengan aib nya dan merasa senang ketika melakukan perbuatan tersebut, kemudian menceritakan dosa-dosanya nya ke khalayak ramai tanpa perasaan malu sedikitpun, Sifat seperti ini harus kita hilangkan dalam diri kita bila masih melakukannya.

4. Dilakukan Orang Alim yang Menjadi Panutan

Orang alim biasanya akan menjadi contoh bagi setiap orang, apabila orang yang menjadi panutan tersebut meremehkan dosa-dosa kecil, maka dikhawatirkan itu akan di contoh oleh pengikutnya sehingga hal yang sebetulnya dosa kemudian dianggap biasa.

Al-Ghazali rahimahullah berkata,

”Jika dosa kecil muncul dari seorang ulama yang diteladani (amalnya), maka hal itu adalah perkara yang besar, karena akan kekal setelah kematiannya.” (Al-Arba’in fi Ushuulid Diin, hal. 226).

Kemudian ada juga sebuah hadits riwayat Muslim

dosa-kecil-dalam-islam

Demikian tulisan singkat tentang dosa kecil, semoga dapat bermanfaat dan memberi kebaikan untuk kita semua.

Aamiin .

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *