Fakta Tentang Bobotoh Persib Bandung

gambar bobotoh viking persib kartun
www.twimg.com

Bobotoh adalah sebutan untuk pendukung tim Persib Bandung dan tersebar di berbagai sudut kota di Jawa Barat dan juga luar Jawa Barat bahkan luar negeri.

Banyak yang mengartikan bahwa bobotoh adalah nama salah satu komunitas suporter Persib Bandung, padahal nama bobotoh sebetulnya berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah pendukung, bobotoh ini memiliki beberapa komunitas suporter di Bandung seperti Viking Persib Club yang merupakan basis fans terbesar Persib sampai saat ini.

Singkatnya, Viking tentu adalah bobotoh Persib, sedangkan bobotoh belum tentu Viking, karena di Bandung sendiri ada yang namanya The Bomberman dan kelompok-kelompok suporter lainnya.


FAKTA TENTANG BOBOTOH

Bobotoh Viking Persib Club

Bobotoh terbesar yang dimiliki Persib adalah Viking Persib Fans Club yang berdiri pada 17 Juli 1993, ketua Viking Persib Club dari awal berdiri adalah Heru Joko dan tidak tergantikan sampai sekarang.Nama viking sendiri diambil dari salah satu suku di kawasan Skandinavia, Eropa Utara yang dikenal memiliki karakter militan, solid, berani dan gigih.

logo bobotoh persib
tribbunbobotoh.blogspot.co.id

Bobotoh The Bomberman

The Bomber yang menjadi komunitas bobotoh kedua terbesar Persib, biasanya the Bomber memenuhi tribun stadion sebelah selatan, namun kemudian mereka bergabung ke dalam Viking dan mengubah nama menjadi Viking The Bomberman. dan di Bandung sendiri banyak komunitas-komunitas suporter Persib lain selain viking dan the Bomberman.viking the bomber persib bandung

Sejarah Perseteruan Viking Jakmania

Permusuhan Viking Persib dan The Jakmania meruncing dalam edisi kuis siapa berani di Indosiar, kuis yang menguji kemampuan dan wawasan berpikir tersebut mengundang Viking, Pasoepati, Aremania, Asosiasi Suporter Indonesia dan Jakmania.

Gesekan terjadi antara jakmania dan viking yang saat itu memenangkan permainan dan membawa uang tunai 10 juta rupiah, saat itu ada insiden pemukulan dan mobil yang ditumpangi suporter Persib dihentikan oleh rombongan Jakmania saat akan pulang menuju kota Kembang.

the jakmania persija viking persib bandung bersatu
sidomi.com

 

Rekor Penont0n Terbanyak Liga Indonesia 

Bobotoh memecahkan rekor penonton terbanyak dalam pertandingan final kompetisi Divisi Utama di era perserikatan.Saat itu bobotoh memadati GBK dengan 150.000 suporter dalam laga Persib Bandung Vs PSMS medan, bobotoh sampai meluber ke pinggiran lapang.Walaupun pada laga tersebut Persib kalah lewat adu pinalti 4-3 dari PSMS, namun tak terjadi kericuhan sedikit pun dengan suporter lawan.

bobotoh persib jadul final perserikatan
twiscy.com

Viking dan Bonek

Persahabatan Viking dan Suporter Surabaya Bonek mania di mulai di tahun 2003 sebelum gelaran Play-off liga Indonesia di Solo, saat itu klub diizinkan bertanding dengan syarat ada ikrar suporter untuk bersatu. Kedua suporter semakin dekat ketika bonek menemani viking dalam pertandingan Persib Vs Perseden Denpasar.

viking bonek bersatu
pranamaung.com

Panglima Viking Ayi Beutik

Bobotoh khususnya Viking kehilangan panglima terbesarnya sekaligus salah satu orang yang menggagas berdirinya Viking Persib Club, Ayi Beutik. Sosok yang nyentrik yang biasanya memandu penonton di tribun Timur ini meninggal dunia di Agustus 2014 lalu karena kecelakaan.

Radio Bobotoh FM

Radio yang didirikan oleh bobotoh yakni bobotoh FM, disebut sebagai radio pertama di Asia Tenggara yang mewadahi suporter sepakbola.Diluncurkan pada 16 Juni 2011, radio ini langsung populer dan tenar di kalangan bobotoh dan menjadi media informasi antara bobotoh, elite bobotoh dan juga klub Persib Bandung.


Bobotoh menjadi salah satu komunitas suporter terbesar dan terfanatik yang ada di Indonesia saat ini selain juga Bonek mania, Jakmania dan Aremania,

Persib menjadi sebuah kebanggaan bagi warga sunda secara khususnya, di jaman dahulu di daerah-daerah sunda, ketika masyarakat yang mempunyai televisi masih terhitung jari. Ketika Persib bermain semua warga berkumpul di depan televisi salah satu warga, menonton Persib bersama-sama meskipun tidak datang di stadion.

Di tahun 2016 ini, jumlah bobotoh yang datang ke stadion berkali-kali lipat dari jumlah bobotoh yang datang ke stadion sebelum tahun 2005.

 

1 Comment

  1. Pingback: 17 Karakter, Sifat dan Kebiasaan Orang Sunda | Salamadian.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *