Fakta Tentang Semut yang Menarik Untuk Disimak

semut mengangkat beban lucu
miriadnacom
miriadnacom

Fakta semut- Semut adalah serangga sosial yang artinya mereka hidup dalam koloni besar atau kelompok, koloni semut dapat terdiri dari jutaan semut tergantung pada spesiesnya.

Ada tiga jenis semut di dalam suatu koloni yaitu ratu, semut pekerja dan semut pejantan, semut ratu dan pejantan memiliki sayap sementara semut pekerja tidak memilikinya,sang ratu adalah satu-satunya semut yang dapat bertelur, sedangkan pejantan bertugas membuahi semut ratu dan hidupnya singkat, jumlah ratu dalam satu koloni semut berbeda tergantung pada spesiesnya.

Koloni semut disebut juga “superorganisme” karena mereka hidup dengan membentuk suatu kesatuan, koloni juga memiliki prajurit untuk melindungi ratu, membela koloni dari serangan, mengumpulkan atau membunuh makanan serta membangun membangun anthills atau gundukan.

Jika sekumpulan semut mengalahkan koloni semut lain, mereka akan mengambil semut dari koloni yang dikalahkan dan ketika telur tersebut menetas maka mereka akan di jadikan budak dalam koloni

Selain yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa fakta menarik lain tentang semut yang menarik untuk kamu ketahui, diantaranya;


FAKTA TENTANG SEMUT


howitworksdaily.com
howitworksdaily.com
  • Semut memiliki lebih dari 12.000 spesies di seluruh dunia. beberapa jenis semut yang kita kenal dan hidup disekitar kita antara lain semut hitam, semut besar, semut merah, semut api, dan semut rangrang. Ada juga jenis spesies lain seperti semut yang dikenal mematikan di dunia, semut Siafu di sekitar hutan Afrika Barat dan Kongo atau juga semut banteng yang gigitannya sangat menyakitkan dan menyebabkan shock.
  • Semut mampu mengangkat beban 20 kali lipat dari berat tubuhnya, semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

semut mengangkat beban lucu

  • Beberapa ratu semut dapat hidup selama bertahun-tahun dan memiliki jutaan bayi, ratu semut yang memiliki tugas untuk berproduksi ini sangat dihormati oleh rakyatnya, koloni semut mejaga dan melayani sang ratu dan memastikan ratu dan bayinya selamat dari ancaman musuh.Ketika ratu koloni semut mati maka koloni tersebut hanya bisa bertahan beberapa bulan saja, mereka tidak bisa mengangkat ratu baru dan semut lain tidak memiliki kemampuan untuk bereproduksi.
  • Semut dikenal tidak memiliki telinga. Semut “mendengar” dengan merasakan getaran di tanah melalui kaki mereka.
  • Ketika mencari makan, semut meninggalkan jejak feromon untuk menunjukan jalan menuju sumber makanan dan semut pekerja ketika mendapati ancaman dari musuh akan dari mensekresi feromon menjadi zat tanda bahaya dan disebar di udara untuk memanggil dan mengumpulkan.
miriadnacom
miriadnacom
  • Sebuah koloni raksasa semut Argentina melakukan invasi  6000 Km atau 3750 mil ke Eropa dan menjadi ancaman utama bagi hewan lokal dan tanaman. Meskipun mereka ada di kelompok kecil namun koloni semut Argentina telah bergabung dan membuat satu koloni super besar. (BBC)
ytimg.com
ytimg.com
  • Semut tidak memiliki paru-paru, mereka bernapas melalui lubang-lubang kecil di sekitar tubuh mereka. Misalnya,Ketika seekor semut tenggelam dalam air , ia mungkin terlihat seperti mati. Namun, jika air menguap dan ada cukup oksigen mengalir melalui lubang ini, semut secara ajaib dapat hidup kembali.
  • Sebuah penelitian menyimpulkan zat kimia yang dikeluarkan oleh makanan atau dari musuh semut akan menempel pada semut tersebut. ketika berpapasan dengan semut lainnya, semut tersebut akan saling ‘berciuman’.Dari proses inilah mereka memberi tahu semut lain keadaan lingkungan disekitarnya, apakah ada ancaman ataupun makanan.
  • Sebuah ratu semut tercatat dapat hidup selama 30 tahun di habitat aslinya di Idaho USA.

Demikian fakta tentang semut yang kami saring dari berbagai sumber, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *