20 Ciri Orang Dengan Tipe Kepribadian Melankolis

Tipe Kepribadian Melankolis – Melankolis adalah satu dari empat kepribadian yang ada dalam diri manusia. Seperti diketahui, karakter manusia terbagi menjadi 4 bagian, yaitu Sanguis, Koleris, Melankolis dan Pleghmatis. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Karakter melankolis tergolong kedalam jenis Introvert, mereka umumnya adalah pemikir dan tidak terlalu suka dengan keramaian. Tapi bukan berarti mereka anti keramaian. Menyendiri bagi mereka adalah hal yang mengasyikan, Dengan menyendiri, daya imajinasi dan seni mereka berkembang hingga menghasilkan pemikiran dan Karya – Karya Seni yang bercita rasa tinggi.


Ciri-Ciri Tipe Kepribadian Melankolis 


pixabay.com

Nah, kali ini kita akan mengupas tuntas tentang ciri- ciri kepribadian Melankolis si Sempurna. Berikut rincian dan juga penjelasan singkatnya yang kami rangkum dari buku (Best Seller) “Personality Plus” karya Florenca Littauer:

1. Puas Dibelakang Layar
Pada umumnya, mereka kurang senang bila menjadi pusat perhatian. Bila diibaratkan sebuah film, orang melankolis akan lebih senang bertindak sebagai sutradara atau penulis skenario film daripada bertindak sebagai artis yang banyak disanjung dan dikenal orang.

2. Perfeksionis
Orang dengan tipe ini akan berpikiran bahwa segala sesuatu yang dilakukan harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Tidak dilakukan dengan asal-asalan walaupun itu kadang hanya sesuatu yang remeh. Seperti menyusun buku, merapikan baju dan sebagainya.

3. Suka Beranalisis dan Penuh Pikiran
Orang melankolis  akan melakukan analisis secara mendalam ketika mendapatkan suatu tugas atau pekerjaan, dia akan merinci tahapan dari awal bagaimana pekerjaan itu dilakukan beserta resiko-resiko yang mungkin akan menghadang di depannya.

4. Sensitif dan Peka
Mereka gampang tersentuh dan memiliki perasaan yang lebih peka terhadap orang lain, mereka adalah teman yang baik untuk diajak curhat ataupun ngobrol karena mereka pasti mendengarkan apa yang akan kamu bicarakan.

5. Rela Berkorban
Ia kadang lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri. Ia merasa harus memperlakukan orang lain sebagaimana ia ingin diperlakukan orang. Mereka sangat baik untuk dijadikan teman ataupun pasangan hidup, karena mereka akan menjadi orang yang setia dan sangat siap berkorban demi orang-orang yang dicintainya.

6. Nyaman Bekerja Sendiri
Dengan bekerja sendiri berarti mereka dapat menetapkan aturan dan standar tersendiri. Standar mereka tinggi terhadap sesuatu dan ini mereka anggap belum tentu dimiliki orang lain. Satu hal lain, Orang melankolis umumnya memiliki bakat seni.  

7. Suka  Kesunyian
Seperti yang dituliskan sebelumnya. Orang bertipe ini suka dengan kesunyian. Orang-orang melankolis merasa kesunyian adalah teman ketika dia merasa galau, sedih ataupun sedang berpikir.

8. Gampang Baper
Karena citra diri mereka rendah dan memandang sesuatu dari sisi negatif, setiap omongan yang keluar dari mulut orang lain. Terutama yang bernada hinaan, cacian atau bahkan celetukan guyon. Akan membuat mentalnya ‘down’. Mereka akan terus memikirkan kejadian tersebut dan kadang menjadi murung.

9. Pesimistis
Ia adalah orang yang pesimis, merasa dirinya tidak mampu melakukan suatu pekerjaan. Padahal dirinya mempunyai potensi tinggi dan berbakat melebihi yang lainnya.

10. Citra Diri Rendah
Kelemahan lain orang melankolis adalah kepercayaan dirinya yang kecil, mereka kadang malu dan minder bila bergaul dengan orang yang lebih keren ataupun memiliki kelebihan lain dari dirinya.

11. Melihat Sesuatu Dari Sisi Negatif
Ketika misalnya ada agenda liburan yang diselenggarakan sekolahmu. Orang-orang bertipe kepribadian Sanguis akan membayangkan segala keindahan yang akan didapatkan di tempat liburan tersebut.

Namun, bagi orang-orang ini. Hal yang terbayang mungkin adalah hal-hal negatif seperti Bagaimana kalau di perjalanan nanti ini itu?, Apakah bla bla bla? dan sebagainya.

12. Mudah Merasa Tertekan
Orang melankolis bekerja dengan tertib dan berorientasi jadwal, ketika mendapati situasi yang berubah-ubah, Mereka akan merasa tertekan dan mudah stress. Pada dasarnya, orang tipe ini bekerja dengan lambat.  Karena mereka selalu berhati-hati dalam bekerja dan mempunyai sifat perfeksionis terhadap sesuatu.

13. Memiliki Standar Tinggi dan Tak Mudah Disenangkan
Mereka adalah orang yang cita rasa tinggi. Baik dalam hal seni ataupun lainnya. Ia tidak gampang memuji orang dan disenangkan. Apa yang menurut orang bagus atau baik. Belum tentu untuknya.


Baca Juga : Ini Dia! 6 Kebiasaan Orang-Orang Suku Jawa


14. Menyukai Data, Diagram, Grafik
Karena mereka adalah orang-orang analis. Mereka lebih menyukai hal-hal berbau data bai itu dalam bentuk diagram, grafik, bagan dan lain sebagainya.

15. Pendendam
Ia adalah pendendam jangka panjang dan sulit melupakan suatu kejadian yang membuatnya marah, malu atau kecewa di masa lalu. Walaupun dia mungkin sudah memaafkan orang-orang yang terlibat dalam kejadian tersebut.

16. Tidak Mau Disebut Salah
Sebelum mereka berbicara (ide). dia akan memikirkan dulu apa yang akan dibicarakan sampai menganggapnya sempurna untuk diucapkan. Ketika dirinya disebut salah, Maka kadang dia kurang menerimanya, karena apa yang diucapkan telah ia pikirkan secara baik-baik dan matang.

17. Menunda Pekerjaan Sampai Waktu Dirasa Sempurna
Nah, yang terakhir. Orang-orang dengan karakter Melankolis biasanya suka menunda pekerjaan. Mereka  menunggu waktu yang dirasa tepat. Agar pekerjaan bisa dilakukan maksimal dan tidak asal-asalan. Selain itu, orang melankolis adalah orang yang bersemangat ketika melihat ‘tujuan’.

 


Ciri-Ciri Kepribadian Melankolis Lain Menurut Florence Littauer


tipe kepribadian melankolis
deviantart.net

Secara Lengkap Florence Littauer dalam bukunya “Personality Plus” Menyebitkan secara lengkap tentang ciri-ciri orang dengan tipe kepribadian Melankolis. Baik ditinjau dari lingkungan pekerjaan, keluarga ataupun teman.

a. Kepribadian Melankolis Sempurna

Introvert – Pemikir – Pesimis

b. Kekuatan Emosi Melankolis Sempurna

– Mendalam dan penuh pikiran,
– Analitis,
– Serius dan tekun,
– Cenderung jenius,
– Berbakat dan kreatif,
– Artistik, Seni atau musikal,
– Filosofis dan puitis,
– Perasa terhadap orang lain,
– Suka berkorban,
– Menghargai keindahan,
– Penuh kesadaran,
– Idealis.

c. Melankolis Sempurna Sebagai Orang Tua
– Menetapkan standar tinggi,
– Ingin segalanya dilakukan dengan benar,
– Merapikan barang anak-anak,
– Mendorong intelegensi dan bakat.
– Menjaga rumah selalu rapi,-
– Mengorbankan keinginan sendiri untuk yang lain,

d. Melankolis Sempurna di Lingkungan Pekerjaan
– Punya Standar Tinggi,
– Berorientasi jadwal,
– Gigih dan cermat,
– Perfeksionis,
– Rinci
– Ekonomis,- Tertib dan terorganisir,
– Teratur dan rapi,
– Melihat masalah,
– Perlu menyelesaikan apa yang dimulai,
– Mendapat pemecahan kreatif,
– Suka diagram, grafik, bagan, daftar.

e. Melankolis Sempurna Sebagai Teman
– Hati-hati dalam berteman,
– Menghindari perhatian,
– Setia dan berbakti,
– Puas tinggal di latar belakang,
– Gampang Terharu 
– Mudah Merasa Kasihan
– Mau mendengarkan keluhan,
– Bisa memecahkan masalah orang lain,
– Sangat memperhatikan orang lain,
– Mencari teman hidup ideal.


 Cara Mengatasi Sifat Negatif Melankolis


Tipe kepribadian ini memiliki beberapa sifat negatif dan juga positif. Diantara beberapa positif tersebut ada juga sifat-sifat yang dapat menjadi ‘boomerang’  untuk dirinya sendiri, seperti sikap perfeksionis dan analis. 

…………………..
………………….. (Update later) 


Perbandingan Kepribadian Melankolis Dengan Sanguis, Koleris dan Pleghmatis


Dalam video ini, kita akan lebih memahami bagaimana perbandingan dari 4 tipe kepribadian, Melankolis yang Sempurna, Sanguis yang Populer, Pleghmatis yang Damai dan Koleris yang Pemimpin dalam kehidupan sehari-hari.

Mengetahui Tipe Kepribadian diri sendiri dan kepribadian orang lain penting dalam kehidupan, Dengan mengetahui kepribadian diri sendiri, kamu akan tahu kelemahan dan kelebihan dalam dirimu. Begitupun juga ketika kamu memahami kepribadian orang lain.

Sekian dan Wassalam ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *