Apa Itu Pil PCC? Apakah Sama dengan Narkoba Jenis ‘Zombie’ Flakka?

pil pcc
netralnews.com

Pil PCC adalah sejenis pilyang memiliki kandungan bahan aktif generik paracetamol, caffeine dan juga corisoprodol. Ketiga zat aktif tersebut memiliki cara kerja masing masing yang berbeda namun tetap memiliki keterkaitan satu sama lain.

Sejatinya, obat jenis ini digunakan untuk penghilang rasa sakit, melemaskan otot dan juga untuk obat jantung yang tidak boleh untuk dikonsumsi sembarangan tanpa resep atau izin dari dokter.

Namun beberapa pihak tak bertanggung jawab mencari keuntungan dengan memproduksi dan mengedarkan pil tersebut ketengah – tengah masyarakat. Hingga akhirnya beberapa pengguna dari kalangan remaja harus tewas akibat dari efek benda berbentuk pil tersebut.


Apakah PCC Tergolong Jenis Narkotika?

Menurut BNN Pil PCC tidak tergolong kedalam jenis narkotika manapun. Dan obat ini berbeda dengan Narkoba jenis Flakka  meskipun beberapa orang menilai efek dari kedua jenis barang tersebut sama.

Sementara itu dipihak lain, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menyatakan bahwa PCC tidak termasuk kedalam jenis obat yang terdaftar di BPOM.


Kasus penyalahgunaan pil PCC yang sempat menghebohkan Indonesia di waktu lalu setelah puluhan pelajar di Kendari, Sulawesi Tenggara kejang- kejang dan berhalusinasi setelah menelan pil ini. siswa- siswa tersebut kemudian dirawat di Rumah sakit jiwa Kendari, RS Bhayangkara dan beberapa Puskesmas dan RS di sekitarnya.

Bahkan salah seorang korban nekat terjun kelaut setelah kehilangan kesadaran karena efek pil PCC yang ditelan setelah dicekoki oleh rekan- rekannya.

Kejadian ini pun menyita perhatian dari berbagai kalangan karena pengguna  pil ini mayoritas adalah kalangan remaja atau pelajar.

Pihak Kepolisian pun bergerak cepat, beberapa pabrik atau gudang tempat pembuatan dan penyimpanan PCC pun digerebek di Purwekerto, Cimahi dan Surabaya.  Ratusan ribu PCC berhasil diamankan pihak kepolisian berikut dengan tersangka para pelaku pembuat dan pengedar barang berbahaya tersebut.

 

 

1 Komentar

  1. Pingback: 15+ Jenis Jenis Narkoba Terpopuler: Pengertian, Gambar dan Efeknya (LENGKAP) | Salamadian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *