√ FREELANCE Adalah: Pengertian, Syarat & Contoh Kerja Freelance

Freelance Adalah – Beberapa tahun lalu ada sebuah iklan produk dengan tagline “Kerja gak harus Ngantor”. Tagline tersebut sebetulnya dapat disematkan pada para pekerja freelance yang biasanya bekerja di rumah, cafe atau tempat tongkongan lainnya.

Pekerja freelance tak terikat kontrak dan tempat untuk menyelesaikan pekerjaan. Mereka dapat bekerja semaunya dimanapun kapanpun Asal pekerjaan tersebut beres sesuai deadline yang diberikan klien.

Jadi, apa sih sebetulnya freelance dan freelancer itu? Dalam artikel ini kita akan membahas pengertian freelance, syarat, cara kerja serta kelebihan dan kekurangan bekerja sebagai freelancer.

Pengertian Freelance

pengertian freelance
pixabay.com

Freelance adalah seseorang yang bekerja tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan klien atau orang yang memberikan pekerjaan tersebut. Kontrak kerja freelance biasanya hanya berisi proyek yang akan dikerjakan, biaya dan waktu pengerjaan,

Contohnya: klien meminta pekerja freelance untuk dibuatkan website. maka freelancer akan mengerjakan proyek sesuai permintaan, dan jika pekerjaan selesai, kontrak pun selesai.

Orang yang melakukan pekerjaan freelance (tenaga lepas) disebut dengan freelancER (pekerja lepas). Mereka dapat bekerja dimanapun dan kapanpun baik itu di rumah, cafe atau tempat lain Tanpa harus datang ke kantor, berpakaian formal, datang jam 7 pulang jam 4 dll.

Seorang freelancer adalah bos untuk dirinya sendiri. dia harus bisa mengatur waktu, resistensi dan sebagainya. karena meskipun mereka bebas, Ada deadline pekerjaan klien yang harus diselesaikan tepat waktu.

Freelancer terbagi kedalam 2 jenis, yakni freelancer Full time yakni seseorang yang seluruh pekerjaan dan penghasilannya dari kerja freelance dan freelancer part time yakni seseorang yang bekerja freelance sebagai sampingan untuk mengisi waktu kosong dan mendapat penghasilan tambahan.

 

Kesimpulan

  • Pengertian Freelance adalah seseorang yang bekerja tanpa ikatan jangka panjang.
  • Pengertian Freelancer adalah orang yang melakukan kerja freelance.

Contoh Kerja Freelance

apa itu freelance
pixabay.com

Kebanyakan pekerjaan freelance dilakukan secara online atau jarak jauh, tergantung kesepakatan antara klien dan freelancer.

Contoh pekerjaan freelance sangat banyak, utamanya berkaitan dengan IT dan teknologi. Berikut adalah beberapa contoh bidang yang biasa digeluti para pekerja lepas.

  • IT (website developer, android developer, web design, dekstop programmer, web maintenance dll)
  • ContentWriter untuk web, blog, website atau startUp
  • Copywriter
  • Ghostwriter 
  • Desain (logo, website, produk, dll)
  • Konsultan
  • Data Entry & Data Mining
  • Penerjemahan (bahasa Inggris, Jepang, Jerman, Tiongkok dll)
  • Elektronik dan Robotik
  • Bisnis & Digital Marketing

 

Cara Kerja Freelance

Ada beberapa perusahaan atau client yang lebih memilih untuk mempekerjakan pekerja lepas di bandingkan merekrut karyawan. biasanya mereka membuka lowongan baik itu via media sosial ataupun situs-situs semacam projects..co.id, sribulancer, fastwork ataupun fiverr.

Untuk menggunakan website-website tersebut kita bisa mendaftar sebagai client atau freelancer. nantinya client akan membuat job dengan mengisi judul, kategori pekerjaan, deskripsi pekerjaan dan juga gaji yang ditawarkan.

Setelah itu para freelancer akan melamar pada job tersebut dengan melampirkan portopolio mereka dsb. Client tinggal memilih siapa yang akan direkrut. Setelah client mendapatkan freelancer yang cocok, biasanya akan terjadi nego berupa detail pekerjaan, bidding harga dll.

Pihak website berperan sebagai pihak ketiga yang menjembatani client dan freelancer. Client akan membayarkan sejumlah uang yang disimpan dan baru akan dibayarkan pada freelancer setelah pekerjaan selesai dengan potongan tertentu.

Dengan cara seperti itu, semua pihak diuntungkan dan kecil kemungkinan terjadinya kasus penipuan ataupun kasu fee proyek kerjaan yang tidak dibayarkan. 

Syarat Menjadi Freelancer

freelance
pixabay.com

Semua orang boleh menjadi freelancer, hanya saja pertanyaannya apakah ada client nantinya yang mau mempekerjakan anda?

Menjadi seorang freelancer itu tidak mudah, apalagi ketika kita ada di tahap-tahap awal. seseorang yang ingin terjun dibidang ini harus mempunyai portopolio yang menarik bagi para client. Setidaknya kita harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:.

1. Mempunyai Keahlian & Pengalaman Tertentu

Freelancer bukanlah tempat untuk para ‘pengangguran’. Freelancer sukses adalah mereka yang punya keahlian dan pengalaman tertentu dalam suatu bidang. ketika mereka terjun ke dunia freelance keahlian mereka jelas dan teruji, tidak serta merta belajar dari 0.

2. Kemampuan Manajemen Waktu

Seorang freelancer adalah bos untuk dirinya sendiri, meskipun pekerjaan bebas, tetap saja ia harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik agar pekerjaan selesai sesuai tenggat waktu yang diberikan.

3. Mempunyai Komitmen & Profesionalitas Kerja

Para pekerja di bidang ini umumnya jarang bertatap muka langsung dengan client, kalaupun iya paling hanya di awal saja dan di beberapa momen tertentu.

Komitmen terhadap pekerjaan dan profesionalitas menjadi hal yang harus dimiliki freelancer. Jangan sampai kita abai terhadap job yang diberikan. Bagaimanapun client tidak mau tahu problem yang dihadapi pekerjanya. apakah itu masalah percintaan, keluarga dll. yang penting bagi mereka adalah pekerjaan beres sesuai dengan waktunya.

4. Fasilitas Pendukung

Salah satu kekurangan freelancer adalah minimnya fasilitas pendukung, mau tak mau kita harus mengeluarkan kocek sendiri untuk peralatan komputer, jaringan internet + cemilan cemilan kecil sebagai teman ketika mengerjakan sebuah proyek.

Kelebihan dan Kekurangan Freelance

pixabay.com

Ada kelebihan dan kekurangan tersendiri yang harus dipertimbangkan sebelum terjun ke ranah freelancer. Berikut beberapa diantaranya;

1. Pendapatan

Pendapatan seorang freelancer fluktuatif atau berubah ubah, bisa besar atau bisa juga kecil tergantung ketersediaan job dan juga mood kita mengambil dan mengerjakan suatu proyek.

2. Jam Kerja

Enaknya jadi freelancer kita tidak terikat dengan waktu, berbeda dengan pegawai kantoran yang harus berangkat pagi pulang ketika malam hampir tiba.

3. Waktu Luang

Dengan jam kerja longgar, kita dapat memanfaatkan waktu tersisa untuk bercengkrama bersama dengan keluarga, datang ke kajian ilmu atau mempelajari hal-hal lain yang bermanfaat.

4. Fasilitas

Kelebihan pekerja kantoran adalah mereka disediakan fasilitas untuk mendukung pekerjaannya. Ini tentu saja berbeda dengan freelancer yang harus keluar modal dari kantong sendiri.

5. Status Sosial

Menjadi seorang freelancer yang biasanya kerja di rumah kadang membuat orang lain/tetangga terutama generasi old salah paham. Bisa saja kita dikira pengangguran. bagi sebagian orang hal ini tentu saja tidak mengenakan dan terasa menjengkelkan.


Nah, itu tadi artikel singkat mengenai seluk beluk dunia per-freelancing an. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dari kami dan .. #WASSALAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *