Pengertian Narkoba, Narkotika, Psikotropika, Zat Adiktif dan Contohnya

Pengertian Narkoba – Kita pasti sering mendengar istilah narkoba, ganja, heroin, putaw, sabu-sabu, psikotropika, marijuana, narkotika ataupun zat adiktif di media massa ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

Namun tahukan kamu apa sih sebetulnya pengertian narkoba itu? trus apakah narkoba dan narkotika itu adalah istilah yang sama? Apakah ganja, sabu termasuk kedalam jenis narkotika, psikotropika ataupun zat berbahaya?

Dalam artikel singkat ini kita akan membahas apa itu pengertian dari narkoba, narkotika, psikotropika dan juga zat adiktif. 

Pengertian Narkoba

metrojateng.com

Narkoba adalah kependekan dari Narkotika dan obat-obatan berbahaya. Dalam istilah lain Narkoba disebut juga dengan Napza yang merupakan kependekan dari Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif.

Istilah narkoba umumnya digunakan oleh para penegak hukum seperti BNN dan Polisi. Sedangkan istilah Napza umumnya digunakan oleh para praktisi kesehatan.

Narkoba mengacu pada senyawa-senyawa yang pada umumnya mempunyai resiko candu bagi penggunanya. Narkoba sendiri sebetulnya adalah kelompok senyawa psikotropika yang biasa digunakan untuk keperluan medis, seperti pembiusan atau obat-obatan khusus untuk penyakit tertentu.

Namun banyak orang yang menyalahgunakan penggunaan tersebut dengan tujuan tertentu, sehingga penggunaannya tidak tepat sasaran dan malah menyelisihi hukum.

Pengertian Narkotika

Narkotika adalah bagian dari narkoba. Bila diibaratkan semua jenis narkotika adalah narkoba, namun tidak semua narkoba berjenis narkotika.

Menurut Undang-Undang atau UU No 35 tahun 2009 Narkotika adalah zat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman. baik sintetis maupun non sintetis yang dapat mengakibatkan perubahan atau penurunan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan juga dapat menimbulkan ketergantungan.

Contoh narkotika diantaranya: tanaman ganja, opium, kokain, morfin, ekgonina dll tersemasuk turunan-turunannya, ekstasi, shabu dsj

Pengertian Psikotropika

Sesuai UU No. 5 tahun 1997, pengertian psikotropika adalah zat baik itu alamiah maupun sintetis non narkotika yang memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf-saraf pusat yang kemudian dapat menyebabkan perubahan perilaku dan aktivitas mental

Contoh psikotropika adalah valium, amfetamine, magadon, sedatin, Rohypnol dll

Pengertian Bahan atau Zat Adiktif

Bahan adiktik adalah bahan alamiah, baik itu sintetis ataupun semi sintetis yang dapat menggangu sistem saraf pusat.

Contoh zat adiktif : alkohol yang mengandung ethanom, karbon, zat pelarut, lem/perekat, ether dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *