Tutorial Singkat Cara Nyari Trafik Pinterest Lewat Viraltag

Viraltag – Banyak sekali jenis media sosial yang kita kenal selama ini. Dan yang paling semua orang tahu tentu saja adalah facebook, twitter dan Instagram. Rasanya di Indonesia ketiga media sosial tersebut menjadi pasar pengguna medsos terbesar di Indonesia. Selain jejaring video youtube tentunya.

Nah. Ada satu jenis media sosial lain yang sebagian dari kamu mungkin belum mengenalnya, yakni. Pinterest. Media sosial satu ini menjadi medsos terpopuler di beberapa negara. Bahkan di Amerika Serikat sendiri terdapat 100 juta user aktif setiap bulannya So, kemudian apa sih itu pinterest?

Pinterest adalah salah satu medsos jenis virtual pinboard dimana kamu bisa mengupload gambar atau foto yang dimasukan kedalam kategori- kategori “BOARD” yang bisa kamu namai.
Secara sederhana, fungsinya serupa dengan album foto di fb.

Seperti halnya media sosial. Di pinterst juga kamu dapat mengikuti dan diikuti oleh akun lain. juga melakukan re-pin (re-tweet) foto- foto yang kamu sukai dan dimasukan ke board yang telah kamu buat.

Bagi para Publisher, pinterest digunakan juga untuk mendatangkan traffik bagi website mereka. Dan salah satu tools yang digunakan untuk me-manage akun pinterst adalah dengan viraltag


MENGENAL VIRALTAG


Viraltag adalah situs website yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi dan menjadwalkan waktu posting gambar yang akan mereka bagikan ke media sosial. Baik itu twitter, facebook, Tulblr, LinkedIn dan tentu saja pinterest sendiri.

Saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara mendaftar di viraltag. Karena cara yang digunakan sama seperti halnya cara mendaftar di akun medsos lainnya.

Namun, yang harus diketahui ketika mendaftar adalah kamu bisa mendaftar dengan premium atau mencoba free trial dari viraltag selama 14 hari.

Berikut adalah tampilan awal dari viraltag setelah kamu mendaftar dan login .


FITUR- FITUR DI VIRALTAG


Terdapat beberapa fitur di viral tag yang dapat kamu manfaatkan. Beberapa diantaranya terletak disebelah kanan vertikal dan dibagian atas secara horizontal. Mari kita mulai penjelasan dari fitur yang terletak di sebelah kanan.

1. Menambah Posting

Dibagian ini kamu dapat menambahkan postingan yang akan kamu jadwalkan untuk diterbitkan di media sosial. Dalam hal ini saya melakukan penjadwalan untuk posting di pinterest. 

Pada bagian combo box ‘Choose’ dipergunakan untuk menempatkan di board pinterest mana file akan disimpan. ‘ Kemudian tulis deskripsi tentang gambar yang akan dimuat beserta dengan source url atau alamat website atau link media sosial.

Dalam fitur ini kamu dapat mengupload gambar langsung dari file yang terdapat di laptop atau gadgetmu. atau bisa mencarinya di facebook, google ataupun beberapa source lainnya yang tertera disamping sebelah kanan.

Selanjutnya setelah di klik bagian ‘Schedule’. Kamu dapat memilih tanggal dimana tersebut akan diposting secara otomatis. Pada proses penjadwalan gambar secara masal akan muncul juga tampilan pilihan interval atau berapa jarak antara penjadwalan posting dari gambar satu ke gambar lainnya.

Ketika proses schedule telah selesai. Maka gambar- gambar yang kamu posting sebelumnya akan muncul dihalaman dashboard web beserta dengan jadwal gambar terupload otomatis. 

Gambar- gambar tersebut akan hilang. Jika sudah terposting di social media yang telah kita pilih sebelumnya.

2. Explore

Fitur ini menyediakan gambar- gambar yang akan menjadi inspirasi kamu. Terdapat beragam jenis board yang meyediakan konten gambar. Baik itu food, travel, DIY, quotes, sports dan lain sebagainya.

Kamu dapat mengambil gambar-gambar popular tersebut untuk selanjutnya di jadwalkan kedalam postingan akun media sosialmu. Dalam hal ini saya menggunakan pinterest.

3. Circle & Reports

Fitur yang ketiga adalah ‘cirle’. Ini memungkinkan kamu berkolaborasi dengan orang yang memiliki fitur serupa denganmu.

Kemudian dibagian seperti yang tertera pada gambar adalah. Fitur ke-4. Yakni reports. yang digunakan untuk melihat data pengunjung yang masuk atau melihat gambar- gambar yang kita upload.

Pada bagian lain. Kamu dapat mengaitkan akun ini dengan google analytic untuk melihat dan mengolah data secara lengkap.

4. Account

Di bagian paling bawah sebelah kanan ‘Account’. Kamu dapat melakukan pengaturan atau integrasi viraltag dengan beberapa media sosial. Baik itu facebook, twitter, pinterest dan lain sebagainya.

Selain fitur-fitur yang telah dijelaskan secara singkat diatas ada beberapa fitur lain yang dapat kamu eksplorasi dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.


AKSES VIRALTAG


google images

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kamu dapat menggunakan viraltag secara premium atau menggunakan free trial selama 14 hari. 

Untuk premium. Kalo tak salah kamu harus merogoh kocek sebesar $24 untuk mendapat akses ke berbagai maca fitur yang tersedia di website ini.

ATAU. untuk kamu para blogger yang ingin menggunakan fitur ini dengan dana terbatas. Kamu bisa menggunakan layanan gratis 6 bulan pertama. Syaratnya adalah kamu menuliskan riview tentang viraltag di website pribadimu. Tentu saja website dengan top level domain alias bukan blog gratisan seperti blogspot atau wordpress non tld.

Pada bulan ke-7 setelah layanan ini. kamu cukup membayar $9 saja untuk menikmati layanan yang tersedia di viraltag.

Nah, selanjutnya setelah menuliskan riview tentang viraltag. Kontak contact support (CS) mereka baik melalui live chat yang ada di pojok kiri bawah ataupun dengan mengirim surel.

Setelah riview yang dilakukan oleh pihak viraltag. Bila websitemu memenuhi kriteria seperti yang mereka inginkan. Maka layanan 6 bulan akan kamu terima setelah mendapatkan persetujuan dari Viraltag Support.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *