Negara Maju dan Negara Berkembang (11 Ciri Ciri & 50 Contohnya)

Negara Maju dan Berkembang – Atas dasar kriteria tertentu yang dimiliki oleh masing-masing negara, negara di dunia diklasifikasikan menjadi dua kategori utama, yaitu negara maju dan negara berkembang.

Sekali kita mendengar bahwa negara tertentu masuk dalam kategori negara maju maka kita bisa membayangkan bagaimana makmurnya penduduk yang tinggal di negara itu. Dan sekali saja kita tahu bahwa negara tertentu dikategorikan dalam negara berkembang, maka kita bisa memprediksikan bagaimana keadaan masyarakatnya.

Saat ini, negara yang menjadi kiblat negara maju di dunia adalah Amerika Serikat dan beberapa negara di benua Eropa. Sedangkan negara berkembang mayoritas berada di Benua Afrika. Berikut uraian perbedaan negara maju dan negara berkembang sekaligus contoh negaranya. Simak ya!


1. PENGERTIAN NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG


negara maju
siswa.top

Pengertian Negara Maju

Secara definisi, negara maju adalah negara yang memiliki standar hidup yang tinggi dengan indikasi perekonomian yang sudah merata dan teknologi yang tinggi.

Beda dengan negara berkembang yang income perkapitanya rendah, indeks perkembangan manusianya berada di bawah standar normal dan memiliki banyak progress di segala bidang

Secara lebih spesifik, negara maju memiliki Pendapatan nasional bruto yang tinggi. Angka pertumbuhan penduduk yang rendah setiap tahunnya yaitu hanya sekitar 0,4%. Angka kematian bayi hanya berkisar 8 orang per 1000 penduduk.

Fakta ini di dukung oleh majunya ilmu kedokteran di masing-masing negara maju. Di negara maju, penduduknya memiliki angka harapan hidup yang tinggi yaitu mencapai 79 tahun dimana dependensi anak hanya mencapai 20%.

Mayoritas penduduk di negara maju memiliki kemampuan baca tulis yang tinggi. Penduduk sadar betul akan pentingnyaa pendidikan dan mayoritas masyarakat melanjutkan studi ke luar negeri. Majunya pembangunan sosial di negara maju tidak lepas dari adanya peran pemerintah dalam menyediakan jaminan sosial yang berguna untuk memproteksi masyarakat dari risiko kehilangan pekerjaan,

Misalnya jaminan atas hamil, kecelakaan kerha, sakit, cacat, dan juga jaminan masa tua. Di negara maju, hampir 50% pendapatan nasional bruto yang diperoleh negara dialokasikan untuk memberikan layanan sosial dan juga layanan kesehatan.

Bentuk kota negara maju dirancang dengan pola metropolis galaktika, metropolis bintang, metropolis cincin, menyebar, dan juga memusat. Pola tata kota ini betul-betul diperhatikan oleh pemerintah setempat untuk meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan hidup masyarakatnya.


Pengertian Negara Berkembang

Dalam definisi ilmu sosial, negara berkembang adalah negara dengan pendapatan rata-rata (income perkapita) yang relative rendah, indeks perkembangan manusia tercatat dibawah standar normal global, dan infrastruktur yang masih relative berkembang.

Darisini bisa kita bayangkan bahwa di negara berkembang, pembangunan masih belum maksimal, dan pendapatan penduduk, sector swasta dan juga pemerintahan tergolong rendah.

Pembangunan sosial masih terbelakang yang ditandai dengan rendahnya standar sumber daya manusia, seperti angka harapan hidup yang rendah (banyaknya kematian pada kisaran usia 50 tahun), tingginya angka kematian anak(177/1000 penduduk), dan dibarengi dengan tingginya angka pertumbuhan penduduk dan jumlah penduduk yang besar.

Tingginya angka Migrasi internal dan juga kurangnya masyarakat yang mengikuti program KB adalah penyebab terjadinya ledakan penduduk dan juga tingginya angka pertumbuhan penduduk. Selain alasan itu, kurangnya kapasitas tim medis dan juga minimnya fasilitas kedokteran yang ada menjadi faktor pendukung realita tersebut.

Tidak hanya itu, daya saing negara berkembang di pasar Internasional masih sangat rendah. Baik dari sector swasta maupun pemerintahan memiliki tabungan yang minim dan tingginya utang kepada pihak luar negeri. Finansial pemerintah maupun swasta bergantung pada pinjaman asing, investasi swasta dari luar dan juga bantuan dari negara lain.

Negara berkembang secara sengaja membatasi pengeluaran untuk sector sosial sebab dana dialokasikan ke sector lain yang dirasa lebih urgent. Bahkan negara tertentu tidak menyediakan jaminan sosial bagi penduduk yang cacat, hamil, pengangguran, sakit, dan mati.

 

 

 


2. CIRI-CIRI NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG


estudarfora.org.br

Ciri Ciri Negara Maju

Singkatnya, ciri-ciri negara berkembang dan karakteristik negara berkembang adalah sebagai berikut:

  1. Pendapatan yang rendah
  2. Standar kehidupan yang masih rendah
  3. Rendahnya produktivitas masyarakat
  4. Angka pertumbuhan penduduk yang tinggi
  5. Angka ketergantungan dan pengangguran tinggi
  6. Mayoritas penduduk bergantung pada sector produk primer dan pertanian
  7. Lemah dalam aspek hubungan internasional
  8. Minimnya modal yang digunakan untuk pembangunan
  9. Ketersediaan Llahan kerja dan tenaga kerja yang tidak seimbang
  10. Penerapan teknologi yang tidak cocok dengan situasi dan kondisi di negara setempat, dll.


Ciri-Ciri Negara Berkembang

Karakteristik negara maju yang menjadi patokan untuk mengukur maju tidaknya sebuah negara adalah:

  1. Penduduk memiliki standar kehidupan yang tinggi dalam berbagai bidang
  2. Angka kelahiran rendah, begitupun angka kematian
  3. Angka usia harapan hidup tinggi mencapai 80 tahun
  4. Yang berkaitan dengan industry, persebaran penduduk terpusat di kota
  5. Mayoritas penduduk “melek” huruf
  6. Kegiatan ekonomi penduduk mayoritas pada sector jasa dan industry

 


3. CONTOH NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG


contoh negara berkembangid.wikipedia

Contoh Negara Maju

  • Contoh Negara Maju di Benua Amerika
    Hanya ada dua negara yaitu Kanada dan Amerika Serikat

  • Contoh Negara Maju di Benua Asia
    Singapura, Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, Israel, Taiwan
  • Contoh Negara Maju di Benua Australia dan Oceania
    Australia dan Selandia Baru
  • Contoh Negara Maju di Benua Eropa
    Austria, Denmark, Estonia, Belgia, Perancis, Republik Cheko, Yunani, Irlandia, Luxemburg, Italia, Belanda, Portugal, Rusia, Swedia, Spanyol, Monaco, Malta, Norwegia, Slovenia, Siprus, Vatikan, dan masih banyak lagi.

 

 


Contoh Negara Berkembang

  • Contoh Negara Berkembang di Benua Eropa
    Azerbeijan, Bulgaria, Belarus, Georgia, Kroasia, Kosovo, Lithuania, Makedonia,Ukraina, Moldova, Romania, Serbia, Turki, dll

  • Negara Berkembang di Benua Afrika
    Mesir, Djibouti, Libya, Maroko, Sudan, Mauritania, Angola, Tunisia, Sudan Selatan, Cape Verde, Kamerun, Burundi, Komoro, Republik Afrika Tengah, Ethiopia, Gabon, Ghana, Gambia, dll.
  • Negara Berkembang di Benua Amerika
    Argentina, Barbados, Belize, Chili, Brazil, Dominika, Costa Rica, Ekuador, El Salvador, Honduras, Jamaika, Panama, Paraguay, Meksiko, Uruguay, Ekuador, Venezuela, dll.
  • Negara Berkembang di Benua Asia
    Bhutan, Kazakstan, Mongolia, Armenia, Afghanistan, Bangladesh, Brunei, Kamboja, China, India, Korea Utara, Indonesia, Myanmar, Nepal, Papua Nugini, Palestina, dll.
  • Benua Australia dan Oceania
    Federasi Mikronesia, Nauru, Samoa, Solomon, Tonga, Tuvalu, Kepulauan Marshal, Vanuatu.

Jika dikomparasikan, jumlah negara maju dan negara berkembang di dunia ini terpaut jauh. Meski begitu, bukan tidak mungkin negara yang saat ini masuk dalam kategori negara berkembang lain waktu akan tercatat dalam kategori negara maju sebab usaha maksimal yang dilakukan di segala bidang.

Bukan tidak mungkin Indonesia akan dapat menyamai capaian dari negara SIngapura yang saat ini menjadi Negara maju di Asia Tenggara satu-satunya dari beberapa negara yang tergabung dalam ASEAN.

Demikian tulisan singkat mengenai Ciri Ciri Negara Maju dan Berkembang beserta dengan karakteristik dan juga Contoh Negara Berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *