5+ Contoh Teks Pembawa Berita & Teks Reporter Berita Terbaru

By | Juni 23, 2021

Teks Pembawa Berita – Teks pembawa berita adalah teks yang biasanya disampaikan oleh seorang reporter berisi informasi terbaru, aktual, terkini yang dibacakan saat melakukan siaran televisi.

Teks berita ini biasanya dibacakan oleh seorang pembawa berita ketika berada dalam studio televisi ataupun reporter yang melaporkan langsung kejadian di lapangan.

Adapun teks reporter berita lapangan biasanya melaporkan keadaan ril dilapangan, dengan dilengkapi sorotan kamera secara langsung untuk menggambarkan situasi di lokasi kejadian dan juga wawancara dari warga sekitar.

Contoh teks berita dapat kita pelajari langsung dalam siaran siaran berita di televisi nasional seperti Liputan6, seputar Indonesia, Kabar pagi tv one, atau Kompas update di kompas Tv.

Nah, dalam artikel ini kita akan memberikan beberapa contoh tentang teks berita terbaru, teks ini kami saring langsung dari siaran-siaran berita di televisi Nasional seperti yang telah disebutkan diatas.

Teks Pembawa Berita Banjir

teks naskah berita

viva.co.id

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak 3 hari terakhir mengakibatkan sejumlah wilayah di Ibukota terendam banjir, diantaranya Perumahan Bumi Jaya, Kemang, Jakarta selatan dengan ketinggian air mencapai satu meter sampai satu meter. Anggota tim SAR gabungan telah mengevakuasi warga terutama lansia dari rumah terdampak banjir.

Banjir juga merendam wilayah Grogol, Jakarta barat, hingga Rabu siang beberapa lokasi di Cipinang melayu memiliki ketinggian air lebih dari 60 centimeter

Langkah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merespon banjir yang terjadi 2 hari terakhir di Jakarta yaitu mengutamakan evakuasi warga yang menjadi korban banjir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut banjir Jakarta diperparah dengan air kiriman dari hulu, namun pihaknya telah menyiagakan sejumlah pintu air agar banjir tidak merendam kawasan utama di Ibukota.

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG mengingatkan masyarakat harus tetap waspada terhidap peningkatan curah hujan wilayah Jabodetabek.

 

Teks Pembawa Berita Kebakaran

Saudara .. ratusan kios di pasar darurat yang didirikan oleh pemerintah kabupaten Garut di kawasan alun alun Leles, kabupaten Garut Jawa barat kini terbakar, api dengan cepat menjalar karena bangunan didominasi dari material kayu

Sekitar 400 kios dipasar darurat Leles, Garut, Jawa barat terbakar sejak minggu malam, sejumlah mobil pemadam kebakaran milik pemerintah kabupaten Garut diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api

Pasar ini diketahui merupakan pasar darurat yang didirikan oleh pemerintah kabupaten garut tahun 2017 yang lalu sebagai tempat sementara untuk menggantikan pasar Leles yang sedang di revitalisasi, namun hingga kini pasar Leles belum selesai diperbaiki dan sempat mangkrak

Hingga pukul 3 pagi petugas pemadam masih berupaya untuk memadamkan api dibantu oleh warga sekitar.

 

Teks Pembawa Berita Gempa

Pemirsa .. gempa berkekuatan magnitodu 6,1 di Maluku tengah siang tadi terjadi pada pukul 13 lewat 43 waktu Indonesia timur menimbulkan dampak longsoran bawah laut dan terjadinya kenaikan permukaan air laut.

Detik detik saat permukaan air laut di pantai Japutah hingga pantai Apiahu naik terekam dari video yang tersebar di Internet, saat ini warga disekitar pantai sudah mengungsi ke daerah perbukitan menjauhi pantai

BMKG melalui akun resminya di twitter juga sudah memperingatkan potensi tsunami atau naiknya permukaan air laut akibat adanya longsor bawah laut sebagai dampak gempa magnitudo 6,1

Naiknya permukaan air laut membuat panik para nelayan di sekitar pantai Japutih dan Apiahu maluku tengah, mereka berupaya menyelamatkan perahu dan kapal namun naiknya iar lait berlangsung cepat sehingga sebagaiana nelayan tidak bisa mengikat perahunya ke tambatan.

BMKG mengeluarkan peringatan potensi tsunami dan juga gempa susulan, BMKG meminta warga disekitar pantai untuk segera menjauhi pantai dan menuju daerah yang tinggi.

Sebagian warga tampak berada di perbukitan dan hutan sekitar pantai, mereka cukup sigap dengan peringatan BMKG.

 

Teks Pembawa Berita Pendidikan

Saudara .. Anak anak SD di desa Mekar Jaya, Kabupaten Muara enim jika pasca turun hujan harus berjuang lebih keras dalam menuntut ilmu, mereka harus berjalan kaki tanpa menggunakan sepatu dalam kondisi lumpur dan becek dengan jarak tempuh mencapai 5 km untuk belajar di sekolah dan menggapai cita cita mereka.

Selain akses jalan yang rusak, kondisi sekolah juga sangat mengkhawatirkan. minimnya pelajar di wilayah desa tersebut ditambah bangunan kelas dalam kondisi rusak, membuat sejumlah siswa sekolah dasar negeri 12 ini terpaksa digabung dengan siswa kelas lain.

Hingga kini, sarana dan prasarana sangat minim, seperti kelas yang rusak dan perpustakaan yang kurang buku, selain itu sekolah ini hanya mempunyai tenaga pengajar 8 orang.

Menurut pihak sekolah, mereka sudah sering melaporkan kondisi sekolahnya ke dinas pendidikan kabupaten empat lawang, namun sampai saat ini belum ada perhatian sedikitpun dari pemerintah setempat.

 

Teks Reporter di Lapangan (Banjir)

Selamat siang anda menyaksikan liputan 6 terkini saya Nur Siti Andini melaporkan
langsung dari komplek Binawarga, Rawajati, Jakarta selatan

Saya dapat melaporkan bahwa di daerah ini ada ratusan rumah warga yang sudah terendam bajir 3 hingga 5 meter, saat ini air sudah mulai menutupi pintu rumah warga bahkan hampir menyentuh atap rumah warga

Banjir diperkiran mulai memasuki area perumahan ini sejak subuh pagi tadi dan ini merupakan banjir kiriman dari bendung katulapma yang membuat debit air Ciliwung meluas dan tentunya berimbas sampai ke tempat ini.

Dari informasi yang kami dapatkan ada sekitar 800 warga ditempat ini yang terkena dampak dari banjir dan tadi sudah disediakan perahu karet untuk mengevakuasi dan juga untu mobilisasi warga, beberapa warga sudah mulai mengungsi ke puskesmas dan juga posko banjir.

Namun ada juga beberapa warga yang memilih untuk tetap tinggal di rumah mereka masing masing, sebagian besar dari mereka tinggal di lantai 2 rumah mereka.

Selain itu, disekitar perumahan ini juga disediakan dokter-dokter yang berjaga agar warga khususnya lansia dan balita dapat menjalani perawatan dan juga tetap terjaga kesehatannya.

Di area posko pengungsian banjir, juga dibuka dapur umum yang dibukan secara swadaya oleh masyarakat, khususnya warga komplek Binawarga.

Demikian liputan 6 terkini. selamat melanjutkan aktivitas, kami segera kembali untuk melaporkan situasi terkini banjir Jakarta di Liputan sore nanti.


Demikian artikel singkat tentang teks pembawa berita tentang pendidikan, kebakaran, bencana alam banjir, teks naskah berita gempa dan juga naskah teks berita reporter di lapangan.

Cara termudah untuk belajar membuat teks berita adalah menontonnya langsung di acara news televisi yang umumnya tayang di waktu pagi, siang dan malam.

Atau kamu juga bisa menyaksikan cuplikan sekilas info melalui youtube. Ini tentu lebih memudahkan, karena teks bisa dipercepat, diperlambat ataupun didengarkan berulang ulang sambil kamu menyalinnya kedalam tulisan untuk latihan. Sekian tulisan ini, Semoga artikel ini bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress