15+ Contoh Alamat Email Saya dan Profesional yang Benar

By | Oktober 9, 2021

Contoh Alamat Email – Alamat email adalah sebuah nama unik untuk mengidentifikasi akun email. Ia digunakan untuk menerima dan mengirim pesan via Internet.

Dalam dunia nyata, alamat email seperti alamat rumah. Dimana ketika misalnya kita berkirim barang via pos, maka alamat pengirim dan penerima harus jelas agar paket dapat sampai ke tujuan dengan tepat, tanpa salah rumah.

Sedangkan, pengertian email (electronic mail) atau surat elektronik sendiri adalah sarana untuk pengiriman pesan melalui perangkat teknologi komputer atau smartphone melalui Jaringan Internet. Untuk pengertian lebih jelasnya bisa baca disini Pengertian email.

Untuk membuat alamat email saya pribadi atau profesional kita bisa menggunakan beberapa layanan. Yang paling populer dan gratis tentu saja adalah Gmail. Selain itu ada juga beberapa layanan lain misalnya Outlook, Yahoo, Aol, , YAndex, Icloud, Zoho dll.

Di artikel ini, kita akan membahas apa itu alamat email disertai dengan daftar contoh alamat email, baik untuk penggunaan pribadi ataupun kepentingan bisnis.

Contoh Alamat Email Saya atau Pribadi

contoh alamat email

pixabay.com

Tidak banyak aturan khusus dalam penulisan email. Kita bebas menggunakan nama apapun selama nama tersebut belum ada yang memakai dan tidak menyalahi aturan penulisan alamat email.

Misalnya tidak boleh ada spasi atau menggunakan karakter tertentu yang dilarang. Seperti misalnya tanda =, -. &, -. <>, + dan sebagainya. Yang dibolehkan hanya hurus (a-z), angka (0-9) dan titik.

Selain itu nama alamat email harus jelas agar mudah diingat dan terlihat profesional. Jangan menggunakan nama-nama alay, karena selain kadang susah dihapal, juga dirasa tidak pantas, apalagi jika email digunakan untuk berkirim pesan pesan atau melamar kerja dll.

A. Contoh Alamat Email Pribadi Misalnya

Kata sebelum tanda @ bisa dirubah sesuai dengan keinginan kita sesuai dengan aturan. Sedangkan kata @gmail.com merujuk pada penyedia layanan email dan ini tidak bisa diganti, kecuali kita costum sendiri menggunakan layanan berbayar.

Jika misalnya menggunakan layanan Yahoo, maka kalimat setelah @ menjadi. [email protected]. Begitupun ketika menggunakan provider lain.

 

B. Contoh Alamat Email Profesional

Nama alamat email profesional umumnya digunakan untuk kepentingan bisnis atau organisasi. Dengan penamaan profesional artinya kita menjaga kredibilitas dan kepercayaan dari para costumer.

Para pengguna alamat email profesional biasanya menggunakan alamat email domain costum. Dengan seperti itu nama bisnis kita bisa ditempatkan pada bagian setelah @, misalnya [email protected]

Untuk menggunakan alamat email costum kami tidak jelaskan disini. Hanya saja jika mau menggunakan layanan gratisan, gunakan saja Gmail. Selama penulisan nama profesional, kamu pun pasti terlihat profesional.

Contoh Alamat Email Perusahaan Profesional

 

Contoh Alamat Email Pribadi Profesional

 

Tips Membuat Alamat Email

pixabay.com

1. Gunakan Penamaan Email yang Bagus

Seperti dibahas sebelumnya, disarankan untuk membuat nama email sejelas mungkin. Setidaknya ada nama depan atau lebih baik mencantumkan nama lengkap kita.

Ini berguna agar kita lebih mudah dikenali dan tidak terkesan bercanda. Bayangkan jika nama email kita [email protected] atau misal [email protected]

Jika kamu menggunakan email seperti itu untuk melamar kerja, sudah barang tentu lamaran kamu langsung ditolak. Atau ketika mengirim tugas sekolah ke guru, kamu pasti ditegur karena terkesan bercanda.

Selain itu, jangan gunakan nama yang terlalu panjang atau susah dilapalkan seperti misal [email protected] Nama seperti itu akan susah diingat diri sendiri dan juga orang lain.

2. Gunakan Layanan Email Terpercaya

Banyak sekali layanan email yang ada di dunia internet. Gunakanlah layanan yang sudah terbukti keamanannya. Menggunakan layanan email abal-abal membahayakan data kita karena rentan terjadinya peretasan.

Layanan penyedia email yang paling banyak di gunakan di Indonesia adalah Gmail karena penggunaan, tampilan interface, cara daftar sangat mudah atau user friendly.

Untuk masalah keamanan, pastinya mereka sangat handal melindungi data-data para penggunanya. Meskipun begitu, kita harus tetap hati-hati ketika berkirim data atau dokumen penting.

Karena bagaimana pun di dunia ini tidak ada sistem yang 100 persen aman. Semua pasti memiliki celah yang dapat dimanfaatkan oleh para cracker.

3. Gunakan Password yang Kuat

Kebanyakan orang, terutama emak-emak yang membuat emai membuat password yang gampang ditebak, seperti misalnya urutan angka, tanggal lahir atau kata yang disamakan dengan alamat email.

Gunakanlah password yang rumit yang berbeda dengan akun lain. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil juga angka ataupun karakter. Ini akan membuat email sulit dibobol terutama oleh aplikasi-aplikasi generate password yang banyak digunakan oleh hacker.

4. Gunakan Email Pemulihan

Sama seperti namanya, email pemulihan digunakan untuk memulihkan akun email kita ketika tidak bisa diakses. Baik itu karena lupa password atau karena hal lainnya.

Untuk membuat email pemulihan, artinya kamu membutuhkan 2 email yang berbeda. Kamu bisa menggunakan email kamu yang lain atau menggunakan email keluarga lain. Tentunya keluarga yang benar benar dekat ya, semisal anak, adik dsj.

Ketika membuat email, terlebih informasi didalamnya sangat penting. Seperti pengiriman dokumen perusahaan, data-data karyawan, data penjualan dan informasi penting lainnya. Disarankan untuk menggunakan fitur-fitur keamanan yang disediakan.

Di gmail, misalnya ada fitur 2 step verification. Dimana ketika ingin menggunakan email harus terhubung dulu ke nomor handphone. Jadi jika ada tangan yang ingin mengakses email kita, mereka akan sedikit kerepotan.

Fungsi Email

Alamat email adalah alamat unik surat elektronik untuk menunjukan bahwa alamat tersebut adalah benar milik anda. Alamat email mempunyai beragam fungsi, diantaranya:

1. Daftar Akun Medsos

Alamat email banyak digunakan untuk mengakses akun akun social media seperti misalnya facebook, instagram ataupun youtube. Meskipun sekarang bisa menggunakan no hp. Masuk pada perangkat medsos melalui akun email dinilai lebih aman.

Ini dikarenakan, email tidak mungkin hilang, berbeda dengan nomor handphone yang sewaktu-waktu bisa hilang, entah karena dicuri, rusak ataupun habis masa aktifnya.

2. Pendaftaran Berbagai Layanan

Sudah seperti wajib, setiap layanan baik itu di sektor pemerintahan atau swasta, mengharuskan mengisikan alamat email dalam formulirnya selain juga nomor handphone. Dengan email pemberitahuan hal-hal penting berkaitan layanan mudah disampaikan.

Selain itu, penggunaan email dirasa lebih formal dan sopan dibandingkan menggunakan handphone. Terlebih pada berita-berita yang memiliki teks pemberitahuan yang cukup panjang.

Email menjadi alamat wajib atau kadang optional dalam pengisian formulir perbankan, situs jual beli e-commerce, layanan digital dan lain sebagainya.

3. Sarana Berkomunikasi dll

Memang, ada whatsapp, line, messenger dll yang biasa kita gunakan untuk percakapan sehari-hari dengan teman. Begitupun email. Ia menjadi layanan bertukar pesan, terlebih pada hal-hal bersifat formal.


Demikian artikel singkat tentang kumpulan alamat email untuk kepentingan pribadi, organisasi dan kepentingan bisnis yang terbaik dan bagus.

Sekali lagi, tidak ada aturan baku dalam penulisan email. Hanya saja kita harus membuat seprofessional mungkin untuk menjaga integritas kita dimata orang lain ketika saling berkirim pesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress