10+ Macam Macam Obeng dan Fungsinya Lengkap

Macam Macam Obeng – Obeng adalah perkakas yang umum dimiliki banyak orang, fungsi utama alat ini adalah untuk mengencangkan atau melonggarkan baut.

Obeng digunakan untuk berbagai macam perkakas, baik pertukangan, elektronik, otomotif ataupun aksesoris-aksesoris.

Obeng pun dapat dibeli dengan mudah, baik itu di toko-toko offline ataupun toko online semacam tokopedia, bukalapak, lazada dan sebagainya.

Macam Macam Obeng

Obeng terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah obeng berdasarkan mata sekrup dan juga obeng multibaut. Berikut ini adalah beberapa macam-macam obeng disertai gambar obeng dan juga penjelasan singkatnya.

1. Obeng Pipih atau Obeng Minus

macam macam obeng
bukalapak.com

Sesuai namanya, obeng ini berbentuk pipih. Obeng ini berfungsi untuk mengencangkan baut yang ujung kepalanya berbentuk minus. Kadang-kadang, obeng ini juga dipakai untuk mengungkit atau mencongkel sesuatu.

2. Obeng Kembang atau Obeng Plus atau Obeng Silang

pngimage.net

Obeng Kembang memiliki bentuk mata sekrup seperti tanda plus atau tanda silang. Obeng jenis ini juga disebut obeng kembang dan memiliki fungsi untuk mengencangkan baut yang memiliki kepala berbentuk serupa.

Obeng kembang memiliki banyak ukuran. Sebelum Anda membeli obeng ini, pastikan dahulu ukuran obeng dengan bautnya sesuai agar dapat digunakan.

3. Obeng Ratchet

gambar obeng
webike.id

Obeng Rachet adalah jenis obeng yang mirip dengan pistol. Mata sekrup yang dimiliki oleh obeng ini cukup bervariasi, seperti mata baut berbentuk pipih, silang, dan sok.

Kelebihan obeng ratchet adalah pengaturan serta pemasangan mata sekrup secara satu arah cukup mudah untuk dilakukan. Sedangkan, kekurangan obeng jenis ini adalah bagian penyetelannya cepat aus.

4. Obeng Fleksibel

amac-org.com

Obeng fleksibel berbentuk seperti pulpen dan memiliki mata sekrup yang dapat dibolak-balik. Mata sekrup di salah satu sisi berbentuk pipih dan sisi lainnya berbentuk silang.

Kelebihan obeng fleksibel adalah bentuknya yang sederhana, sehingga Anda dapat membawanya ke mana-mana dengan mudah. Selain itu, dengan mata sekrup yang dapat dibolak-balik, Anda hanya perlu menggunakan satu obeng untuk dua baut yang berbeda.

Namun, obeng fleksibel lemah pada bagian penjepitnya yang mudah aus. Hal ini membuat mata sekrupnya sering kali lepas tanpa sengaja.

5. Obeng Elektrik

shopee.co.id

Obeng jenis ini memiliki bentuk seperti pistol, mirip dengan obeng ratchet. Akan tetapi, obeng elektrik memiliki baterai sehingga dapat memutar baut dengan otomatis. Baterai obeng ini dapat diisi ulang seperti baterai telepon genggam pada umumnya.

Obeng elektrik memiliki dua mata sekrup yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Bentuk mata sekrupnya adalah pipih dan silang.

Obeng ini sangat efisien, karena cara penggunaannya sangat mudah dan Anda tak perlu mengeluarkan tenaga saat sedang memakainya. Anda hanya perlu menekan tombol power untuk mengoperasikan obeng elektrik.

6. Obeng Gagang Stabil

bukalapak.com

Bentuk obeng gagang stabil menyerupai huruf T dengan tiga jenis mata sekrup, yakni pipih, silang, dan sok. Obeng gagang stabil memudahkan penggunanya karena memiliki pegangan yang kokoh dan stabil.

Obeng gagang stabil tidak memiliki masalah mata sekrup yang mudah lepas seperti obeng fleksibel. Akan tetapi, pegangan obeng ini mudah pecah jika digunakan terlalu keras.

Gagang obeng jenis ini terbuat dari bahan plastik dan badannya dari besi lapis chrome vanadium. 

7. Obeng Bermagnet

blanja.com

Obeng bermagnet memiliki magnet yang berfungsi untuk menarik sekrup yang jauh atau terjatuh. Obeng bermagnet memiliki dua bentuk, yang panjang dan pendek.

Obeng magnet yang berbentuk panjang biasanya memiliki gagang karet bertekstur sehingga tidak mudah lepas dari tangan. Sedangkan, obeng bermagnet berbadan kecil biasanya digunakan untuk meraih objek yang tidak dapat dijangkau oleh tangan.

8. Obeng Aksesori

olx.co.id

Obeng aksesori adalah perkakas yang dibuat untuk memutar sekrup pada peralatan aksesori, seperti telepon genggam, jam tangan, atau kaca mata. Obeng jenis ini memiliki banyak mata sekrup dengan berbagai bentuk, seperti bentuk minus dan silang.

Gagang obeng aksesori terbuat dari plastik, sehingga mudah retak jika digunakan pada objek yang keras.

9. Obeng Tespen

obeng tespen
jeqakomputer.blogspot.com

Obeng tespen sering digunakan dalam proses perbaikan listrik. Obeng tespen memiliki ujung yang berbentuk seperti obeng minus. Akan tetapi, obeng tespen memiliki fungsi tambahan yakni dapat menyala jika disentuhkan pada benda yang beraliran listrik.

10. Obeng Sok

monotaro.id

Obeng ini memiliki ujung sekrup berbentuk bulat atau persegi. Biasanya, obeng ini digunakan untuk membuka baut keras yang berbentuk bulat pada blok mesin atau kolter.

Sejarah Obeng

pxhere.com

Mungkin, Anda menduga bahwa obeng adalah perkakas yang sudah lama digunakan sejak zaman dahulu. Namun, obeng adalah perkakas yang baru populer setelah revolusi industri berlangsung.

Pada zaman revolusi industri berlangsung, pembuatan sekrup mulai dilakukan besar-besaran, sehingga obeng pun mulai dibuat secara massal dengan kualitas yang lebih baik. Asal mula pembuatan obeng memang tidak jauh dari kisah pembuatan sekrup.

Sekrup sendiri memiliki sejarah yang lebih tua daripada obeng. Sekrup pada awalnya terbuka dan kayu dan berbentuk panjang. Orang-orang dulu menggunakan sekrup kayu ini sebagai alat pengepres anggur dan minyak zaitun.

Obeng kayu ini dapat digunakan tanpa adanya obeng. Oleh karena itu, pembuatan perkakas obeng termasuk lambat dibandingkan sekrup yang sudah ada sejak lama.

Sekitar tahun 1776, Wyatt bersaudara dari Inggris menemukan mesin yang mampu membuat sekrup kayu. Selanjutnya, tahun 1797, Henry Maudslay menemukan bubut untuk membuat sekrup secara massal dengan kualitas yang lebih baik.

Seiring dengan perkembangan zaman, industri pembuatan sekrup menjadi lebih efisien sehingga sekitar tahun 1900-an, obeng mulai menjadi perkakas yang populer.

Akhir abad 15, sebenarnya sudah ada referensi untuk perkakas obeng, namun dengan bentuk yang masih sangat sederhana. Obeng berbentuk seperti slot panjang untuk memasang sekrup sederhana yang disebut slotted screw saat itu.

Obeng makin berkembang dengan adanya bentuk kepala sekrup yang semakin beragam. Namun, masih sedikit obeng yang diproduksi secara besar. Perkembangan industri mobil-lah yang menyebabkan industri pembuatan obeng semakin berkembang.

Industri otomotif yang semakin modern membutuhkan banyak sekrup dengan berbagai jenis. Sekitar tahun 1930, Henry Philips menjawab tantangan dari industri otomotif dengan menemukan pelbagai bentuk sekrup berkualitas tinggi dan lebih beragam.

Naiknya permintaan sekrup membuat permintaan obeng menjadi turut berkembang. Selanjutnya, penemuan obeng listrik diinisiasi oleh Black dan Decker tahun 1923. Obeng listrik pertama ini masih memiliki kabel yang mesti tersambung dengan stop kontak.

Walaupun sebenarnya obeng listrik nirkabel sudah dibuat tak lama setelahnya, namun kemampuannya masih kalah jauh dibandingkan dengan obeng listrik yang lama.

Berkat perkembangan teknologi baterai sehingga harganya lebih murah dengan kualitas yang lebih baik, obeng nirkabel menjadi lebih sempurna. Bahkan sekarang, obeng nirkabel menjadi model obeng yang sangat umum digunakan banyak orang. Semakin hari, obeng tua sudah mulai ditinggalkan karena adanya obeng listrik yang lebih efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *