PENGERTIAN MARKETING: Fungsi, Tujuan, Konsep & Tugas Marketing

Pengertian Marketing adalah suatu sistem untuk melakukan kegiatan pemasaran secara keseluruhan mulai dari merencanakan produk, penetapan harga, promosi hingga merancang strategi pendistribusian produk untuk memuaskan para konsumen.

Marketing juga akan melakukan analisis pasar dan juga mengidentifikasi kebutuhan konsumen agar memudahkan sales saat terjun langsung dalam melakukan pemasaran produk.

Singkatnya, marketing memiliki peranan penting yang dibutuhkan perusahaan untuk melakukan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan.

Pengertian Marketing

olympics30.com

Dalam suatu perusahaan, marketing memerankan tugas penting. Sebab, jika tidak ada marketing, barang tidak terjual. Artinya, tidak ada pemasukan yang mengakibatkan perusahaan jatuh bangkrut.

Marketing adalah suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memasarkan produk, baik barang maupun jasa, dengan berbagai cara agar produk tersebut disukai dan digunakan oleh khalayak luas.

Menurut pendapat beberapa ahli, marketing dapat diartikan sebagai berikut:

  • Menurut Charles F. Philips Ph.D dan Delbert J. Duncan Ph.D, marketing adalah segala kegiatan menyampaikan barang-barang ke tangan konsumen dan konsumen industri. Pengertian tersebut tertuang dalam buku yang berjudul Marketing Principles and Methods.
  • Menurut Paul D. Converse and Fred M. Jones (1958), produksi diartikan sebagai pekerjaan yang tugasnya menciptakan barang. Sedangkan marketing ialah pekerjaan memindahkan barang-barang tersebut ke tangan konsumen.
  • Menurut Philip Kotler, marketing adalah proses di mana sekelompok orang atau seseorang bisa memenuhi need and want melalui proses penciptaan, penawaran, serta pertukaran barang dan jasa.
  • Menurut Mynard and Beckman, marketing adalah setiap usaha yang meliputi proses penyaluran jasa dan barang serta sektor produksi ke sektor konsumsi.
  • Menurut Paul D. Convers Harvey W. Huege dan Robert V. Mitchell, marketing adalah kegiatan membeli dan menjual, termasuk di dalamnya kegiatan menyalurkan barang dan jasa antara produsen dan konsumen.
  • Menurut William J. Shultz (1991) dalam buku Outlines of Marketing, marketing atau distribusi ialah usaha berupa kegiatan yang bertugas menyalurkan barang serta jasa dari produsen ke konsuman.
  • Menurut Rayburn B. Tousley, Ph. D., Eugene Clark, Ph.D., danFred E. Clark, Ph. E, marketing terdiri dari usaha yang memengaruhi pemindahan pemilikan barang dan jasa termasuk distribusinya.

Fungsi Marketing

satukabar.com

Sesuai dengan pengertian di atas, fungsi marketing adalah sebagai berikut.

1. Fungsi Pertukaran

Dalam hal ini, fungsi pertukaran adalah pembelian produk yang dilakukan oleh konsumen dan menukar uangnya dengan produk yang diinginkan.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Distribusi fisik pada produk dikerjakan melalui kegiatan mengangkut dan menyimpan produk. Distribusi fisik melalui berbagai proses, mulai dari pengambilan, klasifikasi, penyimpanan, packing, hingga pengiriman ke lokasi terdekat dengan konsumen.

Produk yang berasal dari produsen akan memenuhi kebutuhan konsumen dan disalurkan melalui darat, laut, atau udara.

Lalu, penyimpanan produk dilakukan dengan cara mengendapkan dan menjaga pasokan produk supaya tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan.

3. Fungsi Perantara

Adanya marketing akan menjembatani antara konsumen dengan produsen. Fungsi perantara ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pencarian informasi, pembiayaan, klasifikasi produk dan lain-lain.

Tujuan Marketing

bizportdoes.com

Tujuan dari dibentuknya strategi tim marketing adalah agar:

  • Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan pemasaran yang meliputi: penjelasan mengenai produk, pengiklanan, komunikasi kepada konsumen, dan pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen;
  • Konsumen potensial dapat mengetahui secara detail produk yang dihasilkan sebuah perusahaan dan produsen pun dapat menyediakan semua permintaan konsumen atas produk yang dihasilkan;
  • Mengenal dan memahami tipe konsumen yang sedang dihadapi dengan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya;
  • Mengetahui, memperbanyak, serta memperdalam informasi perubahan pasar dan kompetitor yang ada di lapangan.
  • Menciptakan hubungan dan jaringan kerja yang lebih luas dengan organisasi-organisasi lain;
  • Meningkatkan keuntungan dengan usaha yang efisien dan efektif;
  • Mendapatkan kenaikan penjualan serta profit bagi perusahaan;
  • Memperoleh pelanggan baru serta tetap menjaga kesetiaan pelanggan lama;
  • Menjaga kestabilan penjualan saat pasar tengah lesu;
  • Memberikan pengarahan serta menjelaskan keunggulan barang atau produk yang dijual dibanding barang lain; dan
  • Membentuk citra serta opini masyarakat, terutama di mata pelanggan sesuai dengan yang diinginkan.

Tugas Marketing

pojokbisnis.com

Dalam menjalankan fungsi marketing, tim marketing memiliki tugas-tugas pokok yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menganalisis dan Menentukan Target Pasar
  • Analisis Produk
  • Menetapkan Harga
  • Merancang Strategi Promosi
  • Memastikan Kepuasan Pelanggan.

Tugas seorang marketing biasanya berfokus pada hal-hal non-teknis, seperti misalnya masalah analisis dan strategi. Adapun untuk masalah teknis itu adalah bagian dari Sales untuk memastikan apa yang dirumuskan oleh ‘marketing’ berjalan dengan lancar. 

Konsep Marketing

ucedc.com

Konsep marketing adalah suatu falsafah dalam sebuah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsep merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan agar tetap beroperasional.

Adapun konsep marketing adalah sebagai berikut.

1. Produksi

Adalah proses mengubah bahan baku menjadi bahan jadi atau menambah nilai guna suatu produk. Tim marketing suatu perusahaan harus melakukan riset untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati oleh pasar.

2. Produk

Produk adalah sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada khalayak. Produk dapat dibedakan dalam 3 kategori, yaitu barang, jasa, dan gagasan/ ide.

Menghasilkan produk yang berkualitas tinggi menjadi hal yang penting. Tanpa adanya produk berkualitas maka proses marketing akan sangat sulit dilakukan.

3. Pemasaran

Ialah semua aktivitas yang dilakukan seseorang atau organisasi dalam upaya memenuhi permintaan pasar.

Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu pasar. Dengan kata lain, kepuasan konsumen menjadi sesuatu yang sangat penting dalam proses pemasaran.

4. Penjualan

Semua aktivitas produksi dan pemasaran pada akhirnya akan bermuara pada angka penjualan produk. Semakin besar angka penjualan maka idealnya keuntungan perusahaan juga akan semakin besar.

Strategi Marketing

hubspot.com

Strategi marketing merupakan sekumpulan rancangan dan juga rencana yang sengaja dibuat oleh perusahaan demi tercapainya kegiatan marketing yang efektif dan efisien sehingga perusahaan dapat lebih mudah mencapai tujuannya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dicoba sebagai strategi marketing.

1. Berdasarkan Target Pasar

Dalam perencanaan dan pembuatan suatu produk, sudah sepantasnya sebuah perusahaan mengetahui target pasarnya. Dalam aspek ini, jenisnya terbagi menjadi beberapa macam.

  • Business to Business (B2B) Marketing, yaitu teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang menargetkan perusahaan lain, biasanya dengan produk yang memajukan bisnis.
  • Business to Consumer (B2C) Marketing, yakni teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang menargetkan konsumen pada umumnya.
  • Consumer to Consumer (C2C) Marketing, yakni teknik atau sistem pemasaran yang dikerjakan oleh sesama konsumen kepada konsumen lainnya.
  • Business to Government (B2G) Marketing, yaitu teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada instansi pemerintah, biasanya dilakukan dengan lebih eksklusif.

2. Berdasarkan Teknik Pemasaran

Agar bisa goal, setiap tim marketing perlu menerapkan beberapa teknik. Teknik-teknik tersebut antara lain:

  • Word of Mouth (WOM), yakni teknik pemasaran dengan menggunakan komunikasi lisan dan informasi yang lewat dari orang ke orang;
  • Guerrilla Marketing, yaitu teknik pemasaran gerilya yang tidak konvensional, berpotensi interaktif, dan ditempatkan di tempat-tempat yang tidak terduga;
  • Affiliate Marketing, yaitu teknik pemasaran, di mana bisnis memberikan imbalan kepada satu afiliasi atau lebih ketika mereka berhasil membawa pelanggan ke bisnis tersebut, dan
  • Database Marketing, yakni teknik pemasaran langsung memanfaatkan database pelanggan potensial untuk menciptakan komunikasi pribadi yang berfungsi mempromosikan barang atau jasa.

3. Berdasarkan Alat yang Digunakan

Jika tak ingin salah langkah, beberapa alat di bawah ini patut dicoba.

  • Telemarketing, yakni metode pemasaran langsung, di mana seorang penjual mengumpulkan sejumlah calon konsumen untuk membeli produk atau jasa, dengan menggunakan telepon.
  • Digital Marketing, yakni teknik pemasaran yang menggunakan segala bentuk saluran periklanan digital untuk menjangkau konsumen, baik televisi, internet, media sosial maupun website.
  • Direct Mail Marketing, yaitu pemasaran langsung dalam bentuk iklan brosur, iklan jalanan distribusi katalog, dan surat promosi.

Perbedaan Marketing dan Sales

cirebonradio.com

Sales dan marketing memiliki fokus yang sangat berbeda, walaupun keduanya sama-sama merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target revenue. Perbedaan-perbedaan itu di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Definisi Marketing dan Sales

Marketing adalah kegiatan implementasi strategi yang dijalankan oleh sistem. Sementara, sales adalah bagian dari suatu perusahaan yang kegiatannya adalah menjual, memastikan produk, aset, dan jasa terjual dengan harga yang sesuai perencanaan perusahaan, tetapi juga diterima oleh konsumen.

2. Proses Kerja yang Tidak Sama

Proses kerja dari tim marketing adalah menyiapkan tools dan konsep yang akan membuat customer mencari barang dan produk yang sudah disiapkan.

Tim marketing lebih memfokuskan mengatur strategi agar barang yang dijual laku di pasaran, yang dilakukan dengan berbagai promo yang bisa mendongkrak penjualan. Tim marketing juga yang melakukan analisa pasar.

Sementara, tim sales bekerja langsung menghadapi konsumen. Sales melakukan pendekatan kepada calon customer dengan bertemu langsung atau melalui telepon.

3. Ruang Lingkup Pekerjaan

Dilihat dari ruang lingkup pekerjaannya, tim marketing melakukan market researchpublic relations, dan customer satisfaction. Sementara itu, ruang lingkup pekerjaan tim sales adalah meyakinkan (calon) customer untuk terus merasakan kebutuhan akan produk yang dijualnya.

Pekerjaan tim sales cenderung bersifat short term, sementara tim marketing tentu lebih long-term karena harus menjaga hubungan dan membina relasi yang harmonis dengan para partner bisnis serta vendor yang terkait pemasaran produk.

4. Prioritas dan Fungsi

Jika dilihat dari segi prioritas kerja, tim marketing memiliki prioritas menjangkau customer serta membangun relasi yang baik dengan para customer sampai bisa menjadi pelanggan setia.

Fungsi tim sales adalah mengakomodasi target customer sambil membantu memenuhi kebutuhan mereka dengan produk yang ditawarkan.

5. Aktivitas Kerja dan Goal

Yang dimaksud goal di sini adalah target. Contoh di bawah ini adalah salah satu yang bisa dilihat perbedaan marketing dan sales dari segi aktivitas dan goal.

Sebagai contoh, dalam sebuah startup, tim sales  bertugas menghubungi langsung calon klien hingga menemukan kesepakatan kerja.

Sedangkan, tim marketing sebelumnya sudah memastikan dahulu produk atau jasa yang ditawarkan sudah terjamin kualitasnya sehingga bisa ‘dibawa’ oleh tim sales.


Demikian artikel singkat mengenai marketing, mulai dari pengertian marketing, fungsi dan juga tugas marketing serta perbedaannya dengan sales. Semoga bermanfaat ..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *