PENGERTIAN OLAHRAGA: Manfaat, Tujuan & Macam Macam Olahraga

Pengertian Olahraga – Olahraga merupakan suatu hal yang umum dan sering dilakukan sehari-hari. Aktivitas fisik ini bahkan kerap kali dikaitkan dengan kesehatan. Tak hanya berguna untuk kesehatan fisik, olahraga juga disebut dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

Namun, apakah Anda tahu pengertian olahraga yang sesungguhnya? Apa tujuan dan manfaatnya untuk Anda? Dan apa saja macam-macam cabang olahraga yang ada saat ini? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

Pengertian Olahraga

pengertian olahraga
pixabay.com

Secara harfiah, kata olahraga mengandung kata dasar olah dan raga. Olah adalah suatu proses kegiatan, sedangkan raga adalah badah atau tubuh. Jadi, olahraga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan menggerakan seluruh atau sebagian tubuh baik untuk kesehatan maupun hiburan.

Olahraga juga sering diartikan sebagai suatu aktivitas yang melibatkan pengerahan tenaga fisik dan pikiran untuk melatih tubuh manusia baik secara jasmani maupun rohani.

Di atas merupakan pengertian olahraga secara umum. Selain itu, beberapa ahli juga mengemukakan pendapat mereka mengenai apa itu pengertian olahraga.

Menurut Hans Tandra, olahraga merupakan gerakan tubuh yang teratur dan sesuai irama dengan tujuan untuk memperbaiki kebugaran tubuh. Ia juga berpendapat bahwa aktivitas ini berguna meningkatkan imunitas tubuh supaya terjaga kesehatannya.

Sementara itu, menurut Cholik Mutoir, olahraga adalah suatu kegiatan fisik yang dikerjakan secara sistematik dalam rangka membantu perkembangan potensi jasmaniah dan rohaniah.

Tujuan Olahraga

pixabay.com

Olahraga dapat dilakukan untuk berbagai tujuan. Tetapi pada umumnya orang-orang melakukan olahraga dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan.

Selain itu, olahraga juga dapat dilakukan untuk sekadar hobi, mencari keringat, membentuk tubuh, mengisi waktu luang, menurunkan berat badan, dan mencapai prestasi. Bahkan ada juga yang melakukannya untuk karir.

Jika dikelompokkan, tujuan olahraga dapat dibagi menjadi empat yaitu olahraga untuk pendidikan, olahraga untuk rekreasi, olahraga untuk prestasi, dan olahraga untuk rehabilitasi.

Terkait dengan tujuannya untuk pendidikan, olahraga dimasukkan ke dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah dengan istilah pendidikan jasmani. Tujuan olahraga di sekolah ini untuk mendorong siswa mengembangkan keterampilan motorik, sikap sportivitas, dan meningkatkan kemampuan fisik.

Sementara itu, olahraga untuk rekreasi memiliki tujuan bersenang-senang. Olahraga untuk prestasi dilakukan dalam kejuaraan tertentu. Sedangkan olahraga untuk rehabilitasi dilakukan dalam rangka memperbaiki keadaan tubuh seseorang yang pernah sakit.

Manfaat Olahraga

pixabay.com

Selain dilakukan untuk tujuan tertentu, olahraga juga mempunyai banyak manfaat bagi seseorang yang melakukannya. Dalam hal kesehatan, olahraga secara rutin dapat membantu menjauhkan Anda dari beragam penyakit. Hal ini terjadi karena olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga juga dapat merangsang pertumbuhan ideal dan membuat tubuh Anda menjadi lebih tegap. Gerakan fisik dalam olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah.

Saat aliran darah lancar, tubuh Anda pun dapat terjaga dari asupan nutrisi dan oksigen sehingga tetap sehat. Lancarnya aliran darah juga membuat konsentrasi Anda semakin baik.

Bukan hanya itu saja, olahraga juga bermanfaat meningkatkan daya pikir dan kinerja otak sebagai pengendali gerak sadar.

Selain itu, porang yang berolahraga secara teratur lebih terbiasa bergerak dan mengekspresikan dirinya sehingga bisa lebih percaya diri. Bagi sebagian orang, olahraga juga bisa menjadi aktivitas yang dapat membantu mengurangi stres.

Macam-macam Cabang Olahraga

Saat ini, ada cukup banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Beberapa di antara jenis olahraga tersebut bahkan mempunyai cabang-cabang tersendiri dan sering dipertandingkan dalam berbagai acara seperti Sea Games, Asian Games, dan olimpiade.

Mengacu pada berbagai kejuaraan tersebut, berikut ini macam-macam cabang olahraga yang perlu Anda ketahui.

1. Cabang Olahraga Akuatik

pixabay.com

Olahraga akuatik adalah segala jenis olahraga yang aktivitasnya berhubungan dengan air. Berikut ini beberapa olahraga yang termasuk dalam cabang akuatik.

a. Renang

Renang merupakan salah satu olahraga cabang akuatik yang paling populer dan dikenal luas. Jenis olahraga ini banyak disarankan untuk mereka yang ingin menambah tinggi badan. Anda juga bisa melakukan olahraga ini untuk membantu menurunkan berat badan.

b. Renang Indah

Berbeda dengan renang biasa, renang indah menambahkan tari dan senam dalam aktivitasnya. Olahraga ini kerap diperlombakan di ajang Olimpiade dengan kategori tunggal, duet, trio, dan beregu.

c. Polo Air

Polo air memadukan beberapa jenis olahraga seperti sepak bola, renang, gulat, dan bola basket. Aturan permainan untuk olahraga ini sangat mirip dengan sepak bola. Bedanya olahraga ini dilakukan di dalam air.

d. Loncat Indah

Jenis olahraga akuatik ini memadukan gerakan melompat di udara, akrobatik, dan meloncat ke dalam air. Dalam perlombaan, ada lima nomor kategori untuk loncat indah yaitu papan 1 meter, 3 meter, sinkronisasi 3 meter, sinkronisasi 10 meter, dan menara 10 meter.

e. Arung Jeram

Dikenal juga dengan sebutan rafting, arung jeram termasuk olahraga akuatik yang ekstrem. Dibutuhkan perlengkapan khusus untuk melakukan olahraga ini secara aman. Bagi pecinta olahraga ekstrem, arung jeram bisa menjadi sarana melepas stres dan memacu adrenalin.

2. Cabang Olahraga Panahan

pixabay.com

Panahan telah menjadi salah satu cabang olahraga terukur yang paling favorit di Indonesia saat ini. Olahraga ini membutuhkan kesabaran, konsentrasi, keuletan, dan ketahanan supaya target bisa dibidik dengan baik.

Dalam perlombaan panahan, ada beberapa nomor yang sering dipertandingkan yaitu jarak jauh (50 meter), menengah (30 meter), dan pendek (12 meter).

Untuk jarak jauh dan menangah, Anda harus menembakkan enam anak panah ke target panahan dari jarak yang sudah ditentukan.  Sedangkan untuk pertandingan jarak pendek, anda hanya perlu menembakkan tiga anak panah saja.

Olahraga panahan memiliki beberapa teknik seperti teknik dasar posisi (stance), penempatan ekor anak panah (nocking), mengaitkan jari pada tali (hooking and gripping), dan mindset.

3. Cabang Olahraga Bulu Tangkis

pixabay.com

Di Indonesia cabang olahraga ini cukup populer. Sering juga disebut badminton, cabang olahraga raket ini dimainkan oleh dua orang pada nomor tunggal atau dua pasangan pada nomor ganda.

Ada lima partai yang umumnya dimainkan dalam bulu tangkis yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Pertandingan bulu tangkis bertujuan mendaratkan kok ke bidang permainan lawan. Kok ini harus melewati net terlebih dahulu sebelum jatuh di bidang permainan lawan.

Pemain atau pasangan pemain dinyatakan menang apabila memenangkan dua set permainan. Jika hasil set pertama dan kedua dimenangkan oleh pemain yang berbeda, akan ditambahkan set ketiga untuk menentukan pemenangnya.

Perlu diketahui bahwa induk organisasi bulu tangkis di dunia adalah BWF atau Badminton World Federation. Sementara di Indonesia, induk organisasi bulu tangkis adalah PBSI atau Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia.

4. Cabang Olahraga Sepak Bola

pixabay.com

Sepak bola merupakan salah satu olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim sepak bola berisi 11 orang dengan satu orang bertugas sebagai penjaga gawang.

Memasuki abad ke-21, sepak bola sudah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Oleh karena itu, sepak bola disebut sebagai olahraga yang paling populer di dunia.

Dalam pertandingan sepak bola, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola. Penjaga gawang diperbolehkan menyentuh bola baik dengan tangan maupun lengan hanya saat ia berada di dalam daerah gawangnya saja.

Tim yang berhasil mencetak gol lebih banyak pada akhir permainan akan dinyatakan sebagai pemenang. Jika sampai waktu berakhir skor kedua tim masih sama, akan diberikan perpanjangan waktu.

Apabila skor tetap imbang maka akan dilanjutkan dengan adu penalti. Namun, hal ini bisa jadi tergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan itu sendiri.

5. Cabang Olahraga Bola Basket

pixabay.com

Bola basket merupakan jenis cabang olahraga yang dilakukan secara kelompok. Setiap tim bola basket terdiri dari lima orang. Mereka harus bekerja sama untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke ring lawan.

Tim yang berhasil mencetak poin lebih banyak pada ring lawan akan menjadi pemenangnya. Cabang olahraga ini umumnya dimainkan di ruang tertutup dengan lapangan yang relatif kecil jika dibandingkan dengan sepak bola.

6. Cabang Olahraga Bola Voli

pixabay.com

Bola voli adalah olahraga permainan yang dilakukan oleh dua tim. Kedua tim ini masing-masing terdiri dari enam orang yang saling berlawanan. Dalam perkembangannya, ada juga variasi permainan bola voli pantai yang dimainkan oleh dua pasangan.

Cabang olahraga ini dilakukan dengan memakai tangan dengan tujuan memukul bola supaya melewati jaring atau net. Tim bola voli akan mendapatkan poin jika berhasil menjatuhkan bola tersebut di area permainan lawan.

Bola voli merupakan cabang olahraga di bawah naungan FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasionalnya. Sementara itu, di Indonesia olahraga ini dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

7. Cabang Olahraga Atletik

pixabay.com

Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang bergengsi seperti Olimpiade dan Asian Games. Atletik sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok.

Secara garis besar, cabang olahraga ini bisa dikelompokkan menjadi lempar, lompat, jalan, dan lari. Berikut ini beberapa nomor yang diperlombakan pada cabang olahraga atletik.

a. Tolak Peluru

Tolak peluru merupakan jenis olahraga lempar dalam atletik. Olahraga ini menggunakan bola dengan beragam berat sebagai medianya.

Seorang atlet tolak peluru harus menguasai teknik-teknik yang benar seperti teknik memegang peluru, meletakkan peluru pada bahu, dan menolak peluru.

b. Lempar Lembing

Lempar lembing merupakan jenis olahraga atletik yang ketentuan permainannya diatur oleh IAAF (International Association of Athletics Federations). Panjang lembing yang digunakan atlet pria adalah 2,6-2,7 meter, sedangkan wanita adalah 2,2-2,3 meter.

Selain tolak peluru dan lempar lembing, baik lempar martil maupun lempar cakram juga termasuk dalam olahraga atletik.

c. Lompat Tinggi

Dalam olahraga ini, seorang atlet harus melakukan lompatan setinggi-tingginya melewati mistar. Capaian lompat tinggi umumnya diukur sesuai ketepatan saat Anda mendarat. Ada beberapa gaya dalam lompat tinggi seperti gaya gunting, guling sisi, dan straddle.

d. Lompat Jauh

Cabang olahraga atletik ini terdiri dari gerakan melompat, melayang, dan mendarat sejauh-jauhnya. Lompat jauh juga memiliki beberapa gaya seperti gaya berjalan di udara, jongkok, dan menggantung.

Anda juga bisa menemukan olahraga atletik jenis lompat lainnya seperti lompat galah dan lompat jangkit.

e. Lari

Lari merupakan cabang olahraga atletik yang terdiri dari beberapa nomor pertandingan seperti lari jarak jauh, menengah, pendek, maraton, dan estafet. Setiap nomor tersebut mempunyai aturan yang berbeda-beda. Selain itu, teknik yang digunakan pun tidak sama.

Misalnya, untuk lari maraton setiap atlet baik putra maupun putri harus menempuh jarak 42.195 m. Sementara lari jarak pendek mempertandingkan beberapa nomor antara lain 100 m, 200 m, dan 400 m baik untuk putra maupun putri.

f.  Jalan

Cabang olahraga atletik jenis jalan terdiri dari dua macam yaitu jalan santai dan jalan cepat. Jalan cepat biasanya dilakukan di jalan raya yang sudah ditutup aksesnya. Jarak lintasan jalan cepat untuk putra adalah 20 km dan 50 km, sedangkan wanita adalah 10 km dan 20 km.

8. Cabang Olahraga Tenis Meja

pixabay.com

Tenis meja atau kerap disebut pingpong merupakan jenis olahraga yang dimainkan oleh dua orang untuk permainan tunggal atau dua pasangan pada permainan ganda. Permainan tenis meja menggunakan alat yang disebut bet.

Bat adalah sebuah raket kecil terbuat dari papan kayu dan dilapisi bahan karet di luarnya. Selain bat, dibutuhkan juga sebuah bola pingpong dan lapangan berbentu meja dengan net di bagian tengahnya.

Induk olahraga tenis meja di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation), sedangkan di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia).

9. Cabang Olahraga Tenis

Olahraga ini juga dimainkan oleh dua pemain pada nomor tunggal dan dua pasangan pada nomor ganda. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola tenis yang terbuat dari karet. Olahraga ini umumnya dilakukan di lapangan terbuka.

Pada dasarnya, tenis lapangan dan tenis meja mempunyai konsep yang hampir sama. Pemain harus memukul bola menggunakan raket supaya melalui net dan masuk ke area permainan lawan.

10. Cabang Olahraga Tinju

pxhere.com

Tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang memadukan latihan fisik dan seni bela diri. Cabang olahraga ini mempertandingkan dua peserta dengan kelas dan berat yang sama. Kedua peserta ini kemudian bertanding satu sama lain menggunakan tinju mereka dalam rangkaian ronde.

Dalam olahraga tinju, ronde ini berarti interval satu atau tiga menit. Supaya menang, seorang atlet tinju harus menghindari pukulan lawan sambil berusaha mendaratkan pukulan ke arah lawannya.

Demi keamanan selama pertandingan, petinju harus dilengkapi dengan sarung tinju dan pelingdung gigi saat bertanding. Setiap pukulan yang mendarat ke lawan mempunyai penilaian sendiri sesuai ketentuan. Pemain dengan skor tertinggi pada akhir pertandingan dinyatakan sebagai pemenang.

11. Cabang Olahraga Berkuda

pixabay.com

Berkuda merupakan cabang olahraga yang menuntut keterampilan, stamina yang kuat, kebugaran fisik, konsentrasi, dan penerapan teknik-teknik berkuda. Di Indonesia, ada beberapa nomor berkuda yang dipertandingkan antara lain polo berkuda, equestrian, dan gymkhana berkuda.

Dalam olahraga ini, Anda harus bekerja sama dengan kuda pacuan supaya bisa melalui setiap rintangan yang ada. Tidak bisa dipungkiri jika keberhasilan olahraga ini ada pada Anda dan juga performa kuda yang ditunggangi.

12. Cabang Olahraga Catur

pixabay.com

Catur merupakan cabang olahraga yang tidak membutuhkan banyak gerak dan keringat. Akan tetapi, olahraga ini cukup memeras otak. Anda harus berpikir keras untuk mengalahkan lawan dengan langkah yang tepat.

Permainan ini dilakukan oleh dua orang. Dalam sebuah pertandingan, para pemain biasanya diberi waktu tertentu untuk mengalahkan satu sama lain.

13. Cabang Olahraga Senam

pixabay.com

Senam merupakan olahraga yang menggabungkan kelenturan, kecepatan, gerakan fisik yang serasi, serta kekuatan pada berbagai bagian tubuh. Ada beberapa nomor yang biasanya diperlombakan pada cabang ini seperti senam lantai, balok keseimbangan, dan palang tak seimbang.

Seperti beberapa olahraga lainnya, Anda juga bisa mencobanya bukan sebagai bentuk pertandingan. Keuntungan olahraga ini adalah Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Selain itu, tersedia banyak gerakan yang bermanfaat untuk kebugaran seluruh bagian tubuh Anda.

14.  Cabang Olahraga Dayung

Cabang olahraga yang satu ini membutuhkan ketangkasan dalam menggerakkan perahu dengan cara didayung atau dikayuh di atas air sungai, danau, ataupun laut. Selain itu, olahraga dayung juga membutuhkan keahlian berperahu serta stamina yang prima.

Ada dua teknik kayuhan yang dikenal dalam olahraga ini yaitu dayung mundur dan dayung maju. Jika Anda ingin perahu bergerak ke depan, gunakan teknik dayung maju. Begitu pun sebaliknya. Apabila Anda ingin perahu tersebut bergerak mundur, gunakan teknik dayung mundur.

Selain untuk bergerak mundur, teknik dayug mundur ini juga digunakan untuk menghentikan perahu yang sedang bergerak maju.

Sedangkan untuk membelokkan perahu ke kanan, tangan kiri harus mendayung maju dan tangan kanan mendayung mundur. Lakukan sebaliknya jika ingin membelok ke kiri.

15.  Cabang Olahraga Bersepeda

shopify.com

Olahraga yang satu ini cukup populer untuk tujuan rekreasi. Anda bisa menantang diri untuk bersepeda di daerah yang mempunyai medan landai, menanjak, dan menurun. Tentunya dibutuhkan keberanian untuk menaklukkan tantangan, apalagi jika Anda bersepeda di alam bebas.

Dalam hal pertandingan olahraga, balap sepeda menjadi salah satu cabang yang sering diperlombakan. Cabang bersepeda ini terdiri dari beberapa jenis atau kelas. Misalnya dalam ajang Olimpiade, cabang bersepeda terdiri dari empat kelas yaitu road, track, mountain biking, dan BMX.

16. Cabang Olahraga Anggar

kidzu.co

Olahraga anggar merupakan jenis yang menonjolkan ketangkasan. Dalam hal ini, Anda memerlukan ketangkasan gerak dan keterampilan dalam menggunakan senjata.

Olahraga ini menggabungkan beberapa teknik seperti menangkis, memotong, dan menusuk. Lapangan permainan anggar sendiri berbentuk empat persegi panjang dengan luas 14×15 meter.

Setiap pemain dilengkapi dengan kostum khusus dan kabel yang dihubungkan dengan sistem penilaian elektronik. Dengan ini dapat dengan mudah terdeteksi siapa yang terkena tusukan.

17.  Cabang Olahraga Angkat Besi

pixabay.com

Dalam pertandingan angkat besi, para pemain bersaing untuk mengangkat beban berat yang disebut barbel. Olahraga ini membutuhkan kombinasi dari fleksibilitas, kekuatan, teknik, mental, kekuatan fisik, konsentrasi, dan kedisiplinan.

Ada dua jenis angkatan yang kerap dilombakan dalam olahraga angkat besi yaitu angkatan clean and jerk serta snatch.

Jenis angkatan clean and jerk tidak menggunakan jeda. Artinya atlet harus mengangkat beban dari lantai tanpa boleh menekuk lutut terlebih dahulu. Sementara jenis angkatan snatch dilakukan dalam dua tahap dengan jeda di antaranya.

18.  Cabang Olahraga Judo

pixabay.com

Judo merupakan suatu jenis olahraga mempertahankan diri. Dibutuhkan kekuatan dan keseimbangan untuk melakukan olahraga ini. Pemain yang mampu memegang dan melempar lawannya akan keluar sebagai pemenang.

Olahraga ini membutuhkan keahlian dan stamina yang baik. Judo juga dinyatakan aman untuk dilakukan karena tidak mengandung teknik yuyitsu yang berbahaya.

Itulah macam-macam cabang olahraga yang sering dimainkan dan diperlombakan di dunia dan Indonesia. Selain beberapa yang sudah disebutkan di atas, ada juga cabang olahraga lain seperti menembak, taekwondo, gulat, bota langan, dan golf.

Terakhir, semoga penjelasan singkat mengenai olahraga, manfaat, tujuan, dan macam-macamnya di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *