8+ Contoh MC Akad Nikah dan Susunan Acara Pernikahan Sederhana

By | Oktober 13, 2021

MC Akad Nikah – Dalam acara akad nikah akan ada MC atau Master of Ceremony yang memandu acara sehingga bisa berjalan dengan baik. Seorang MC atau pembawa acara harus percaya diri dan memiliki pemilihan kata-kata yang tepat saat memandu acara.

Pada beberapa acara pernikahan. MC biasanya sepaket dengan Wedding Organizer, jadi kita gak perlu lagi menyiapkan Mc untuk penyambutan. Namun, kadang juga ada yang tidak menyertakan paket tersebut.

Solusinya, ya cari orang yang terbiasa berbicara di depan umum untuk memandu acara pernikahan. Menjadi Mc pernikahan tidak serumit menjadi Mc acara gelaran lainnya karena biasanya teks berbentuk formal.

Jika kebetulan kamu ditugaskan menjadi Mc, kamu bisa menggunakan contoh teks naskah mc acara pernikahan Islami berikut ini sebagai bahan contekan untuk kamu hafal atau baca.

1. Pembukaan

mc akad nikah

galadiva.com

Pembukaan adalah awal permulaan acara, begitu semua sudah siap, Mc bisa langsung membuka acara. Pembukaan biasanya berisi salam, sambutan kepada tamu, dan pembacaan rangkaian acara.

Sebelum, memulai acara catat dan pastikan terlebih dahulu nama-nama yang nanti akad disebutkan, mulai dari nama kedua mempelai, sohibul hajat dan nama nama pengisi acara lainnya.

 

Contoh Teks Pembukaan:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil’alamin. Mari kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berjumpa dalam keadaan sehat walafiat di Gedung Serbaguna Ar Rahman. Hari ini kita akan menyaksikan bersatunya dua insan dalam sebuah akad nikah dengan mempelai, Abdul Malik Husain dan Husna Gazwah.

Tidak lupa mari kita ucapkan shalawat dan salam kepada Nabi kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan pengikut Nabi Muhammad SAW termasuk kita yang hadir di sini yang insyaallah istiqomah menjalankan risalah-Nya. Semoga kelak mendapatkan syafaat di yaumul akhir, Amin.

Hadirin yang berbahagia. Hari ini kita diundang oleh bapak Muhammad Asep Firadaus untuk menyaksikan akad nikah putra dan putri beliau yaitu Abdul dan Husna. Tidak lupa kita panjatkan doa restu untuk kedua mempelai agar mampu menjalani rumah tangga yang sakinah, Mawaddah, dan Warahmah.

Perkenankan saya, Deva Hafisah, yang bertugas sebagai pembawa acara hari ini untuk menyampaikan susunan acara akad nikah.

  • Acara yang pertama adalah pembukaan dari pembawa acara.
  • Kemudian akan dilanjutkan dengan acara kedua berupa sambutan penyerahan calon pengantin laki-laki.
  • Acara ketiga adalah sambutan penerimaan calon pengantin wanita.
  • Acara keempat merupakan simbolis penyerahan.
  • Acara kelima adalah pembacaan ayat suci Al Quran dari bapak Yusuf Ummar.
  • Acara keenam yaitu Khutbah Pernikahan.
  • Acara ketujuh adalah akad nikah.
  • Dan yang terakhir, yaitu kedelapan adalah pembacaan doa dan penutup. Itulah tadi rangkaian untuk acara akad nikah hari ini.

Untuk kelancaran jalannya acara tanpa ada halangan mari kita awali dengan membaca Basmallah bersama-sama. Bismillahirrahmanirrahim.

2. Sambutan Penyerahan Mempelai Pria

Sebelum memulai ijab kabul, akan ada sambutan dari pihak mempelai pria yang bisa diartikan sebagai penyerahan atau tutur kata ketika bertamu.

Sambutan ini biasanya dilakukan oleh sesepuh atau orang yang dituakan yang dibawa oleh rombongan pengantin pria.

Contoh Teks Mempersilahkan Perwakilan Dari Mempelai Pria:

Menginjak acara berikutnya yaitu sambutan penyerahan dari pihak mempelai pria untuk mengetahui tujuan kedatangan rombongan. Sambutan akan disampaikan oleh bapak Burhanudin Al Basir. Kepada bapak Burhanudin Al Basir, kami persilahkan.

3. Sambutan Penerimaan Mempelai Wanita

Setelah penyerahan dari mempelai pria, perwakilan dari mempelai wanita akan memberikan sambutan penerimaan. Yaitu untuk menyambut kedatangan rombongan dengan tujuan baik.

Sama seperti sambutan di awal, sambutan ini biasanya diwakili oleh orang yang dituakan atau yang ditunjuk oleh tuan rumah.

Contoh Teks MC Akad Nikah Mempersilahkan Perwakilan Mempelai Wanita:

Masya Allah, kami mengucapkan terima kasih atas niat baik dan tulus yang sudah disampaikan dengan jelas dari mempelai pria. Selanjutnya kita akan mendengarkan sambutan penerimaan dari mempelai wanita. Sambutan akan disampaikan oleh bapak Fikri Sulanjana.

Kepada bapak Fikri, kami persilahkan.

4. Simbolis Penyerahan

Alhamdulillahirabbil’alamin. Demikianlah sambutan penyerahan dan penerimaan dari mempelai pria dan wanita. Telah tersampaikan tujuan baik dengan niat dan tekad yang bulat. Berikutnya akan ada penyerahan seserahan sebagai tanda cinta dari mempelai pria kepada mempelai wanita.

Penyerahan akan diberikan oleh ibu Nanik yang merupakan ibu dari Abdul kepada ibu Rini yang merupakan ibu dari Husna. Kepada ibu Nanik dan ibu Rini, kami persilahkan. (tunggu sampai selesai)

Alhamdulillahirabbil’alamin. Telah terlaksana penyerahan secara simbolis dari mempelai pria. Kemudian dipersilahkan kepada rombongan untuk menyerahkan seserahan lainnya yang akan diterima oleh keluarga besar mempelai wanita.

5. Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an

Teks mc akad nikah islam berikutnya adalah mempersilahkan pembaca ayat suci Al Qur’an. Contoh teks mempersilahkan pembaca ayat suci Al Qur’an:

Memasuki rangkaian acara yang kedua yaitu pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh bapak Yusuf Ummar. Kepada bapak Yusuf Ummar kami persilahkan.

(MC menunggu hingga pembacaan ayat suci Al Qur’an selesai)

Demikian pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh bapak Yusuf Ummar. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Yusuf Ummar yang telah berkenan membacakan ayat Al Qur’an. Semoga pesan-pesan yang disampaikan memberikan banyak manfaat untuk kedua mempelai dan kita semua.

6. Khutbah Nikah

Naskah MC akad nikah selanjutnya yaitu khutbah pernikahan sebagai nasehat dan pengingat tentang berbagai hal penting dalam berumah tangga. Pemberi khutbah biasanya penghulu atau petugas dari KUA.

Contoh Teks Mempersilahkan Penyampai Khutbah:

Acara berikutnya, yaitu acara ketiga adalah penyampaian khutbah pernikahan. Dalam kesempatan ini khutbah pernikahan akan disampaikan oleh Ustadz Alwi. Semoga pesan-pesan beliau bisa bermanfaat untuk mempelai dan kita semua.

Kepada Ustadz Alwi, dipersilahkan.

(MC menunggu hingga penyampaian khutbah selesai)

Kami ucapkan terima kasih kepada Ustadz Alwi atas nasihat-nasihat dan waktunya.

7. Ijab Qabul

Acara berikutnya adalah puncak acara berupa ijab qabul. Contoh teks MC akad nikah ketika ijab qabul kurang lebih sebagai berikut.

Hadirin yang saya hormati, kita akan memasuki inti acara pada hari ini yaitu ijab qabul. Ijab qabul antara Husna putri dari bapak Muhammad dan ibu Rini. Dengan Abdul putra dari bapak Budi dan Ibu Nanik.

Ijab qabul akan dilaksanakan oleh bapak Deni Maryono S.Ag selaku penghulu. Kepada bapak Deni kami persilahkan untuk memulai acara.

MC menunggu hingga ijab qabul selesai. Pada rangkaian acara ini tidak hanya pengucapan ijab qabul saja tetapi terdapat tahap lain. Rangkaian acara setelah ijab qabul

  • Pembacaan Do’a akad nikah -> Pembacaan akad nikah atau ijab qabul ini biasanya dilakukan oleh penghulu. Doa berisi tentang permohonan agar Allah melimpahkan keberkahan dan kebaikan kepada kedua mempelai.
  • Penandatanganan Buku Nikah -> Buku nikah menjadi salah satu dokumen penting yang menyatakan pasangan tersebut sah secara hukum.
  • Serah terima mahar -> Serah terima mahar akan dilakukan secara simbolis dari suami ke istri. Biasanya berupa perangkat sholat.
  • Tukar cincin -> Momen yang ditunggu-tunggu oleh kedua mempelai. Akan tetapi tidak semua pasangan memiliki kesamaan untuk tahapan ini.
  • Nasehat Pernikahan -> Nasehat biasanya berisi tentang hak dan kewajiban dari suami dan istri termasuk apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

* Rangkaian acara tersebut tidak semua selalu sama. Acara mengikuti apa yang sudah dibuat oleh mempelai.

Demikian acara ijab qabul kedua mempelai, Abdul dan Husna yang berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun. Semoga keduanya diberkahi dengan pernikahan yang penuh keberkahan, sakinah, mawaddah, dan warahmah hingga maut memisahkan. Serta semoga Allah SWT menganugerahkan keturunan yang soleh dan solehah, berbakti kepada kedua orang tua dan negara. Amin.

8. Doa dan Penutup

Rangkaian acara terakhir adalah doa dan penutup. Contoh teks untuk pembacaan doa dan penutup:

Tamu undangan yang saya hormati, tibalah kita pada rangkaian acara yang terakhir yaitu doa dan penutup. Sebelum mengakhiri rangkaian acara hari ini, marilah kita panjatkan doa untuk kedua mempelai pengantin agar mampu membina rumah tangga dengan penuh berkah dari Allah SWT.

Doa akan dipimpin oleh Ustadz Alwi. Kepada Ustadz Alwi, kami persilahkan.

(MC menunggu hingga pembacaan doa selesai)

Alhamdulillahirabbil’alamin. Demikian tadi pembacaan doa oleh Ustadz Alwi. Kepada Ustadz Alwi kami ucapkan terima kasih.

Hadirin yang saya hormati. Kita telah sampai di akhir rangkaian acara akad nikah Abdul dan Husna pada hari ini dengan lancar. Mari kita ucapkan hamdalah sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT dan junjungannya Nabi Muhammad SAW.

Alhamdulillahirabbil’alamin

Kesempurnaan hanya milik Allah, segala kekurangan adalah milik hamba-Nya. Untuk itu saya, Arni, selaku pembawa acara pada hari ini mengucapkan maaf apabila ada kata-kata dan perilaku yang tidak berkenan. Saya ucapkan terima kasih, billahi taufiq wal hidayah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah tadi salah satu contoh teks untuk memandu akad nikah. Setiap pembawa acara tentu memiliki pemilihan kata dan gaya bahasa yang berbeda untuk memandu acara. Pembawa acara juga harus siap mengisi acara seperti ketika masih ada waktu tersisa atau ketika waktu hanya tersisa sedikit.

Setiap keluarga tentu memiliki rangkaian acara yang tidak sama sesuai kepercayaan dan adat masing-masing. Sebagai seorang MC atau pembawa acara harus siap untuk memandunya dengan baik. Siapkan teks MC akad nikah dengan baik untuk kelancaran dan keberhasilan memandu acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress