10+ Contoh Perabot Kantor dan Fungsinya & Gambar Furniture

Perabot Kantor adalah benda atau barang yang terbuat dari besi dan kayu ataupun bahan lainnya yang digunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha atau administrasi.

Perabot kantor atau furniture kantor (Office Furniture) memiliki sifat tahan lama dan dapat digunakan dalam waktu yang panjang, contohnya seperti kursi, lemari dan meja.

Selain untuk kegiatan administrasi, alat yang disebutkan diatas berfungsi juga sebagai bagian desain tata ruang kantor.

Dengan furnitur-furnitur yang dikombinasikan dengan pencahayaan, warna cat, dekorasi dsb. Maka akan menciptakan suasana kerja yang nyaman, baik bagi para karyawan ataupun para costumer yang datang.

 

Pengertian Perabot Kantor Menurut Para Ahli

  • Menurut Drs. The Liang Gie Perabot kantor merupakan jenis perbekalan tata usaha yang terbuat dari kayu atau metal yang mempunyai susunan (misalnya pintu-pintu atau laci-laci) dan diam di tempat.
  • Menurut CHR. Jimmy L. Gaol Furnitur kantor adalah Sarana prasarana yang menunjuang kegiatan administrasi dalam suatu kantor seperti meja, kursi, lemari dan sebagainya. Perabot kantor adalah sarana kantor yang tidak habis dipakai dan dapat digunakan berulang-ulang dalam jangka waktu panjang. Perabot kantor biasanya terbuat dari bahan kayu, besi dan bahan lainnya yang tahan lama. 

CONTOH PERABOT KANTOR

Berikut ini adalah beberapa contoh furniture atau perabot kantor.

Daftar Perabot Kantor

  • Meja Staff
  • Meja Resepsionis
  • Meja Direksi
  • Meja Samping
  • Meja Rapat
  • Kursi Direktur
  • Kursi Hadap
  • Kursi Lipat
  • Kursi Tunggu
  • Lemari Kantor
  • Filling Cabinet
  • Rotary Filling dll

 

1. MEJA KERJA

Meja kerja mempunyai ukuran yang disesuaikan dengan kedudukan dana jabatan orang dalam perusahaan. Semakin tinggi jabatan maka semakin besar pula meja kerjanya.

Meja kerja dibuat dengan hitungan ketinggian atau sudut tertentu agar nyaman ketika digunakan. Pada umumnya, meja kerja memiliki tinggi kurang lebih 0,75 Meter dengan jarak antara mata pengguna dengan permukaan meja kurang lebih 32 cm.

Di perkantoran, terdapat beberapa jenis meja dengan peruntukan yang berbeda pula. Setiap meja terkadang mempunya ibentuk dan karakter tersendiri, diantaranya adalah.

A. Meja Staff atau Meja Tulis

perabot kantor
via handayat.com

Meja staf adalah meja yang digunakan oleh para karyawan untuk kegiatan pekerjaan, mulai dari mengetik, editing, membuat laporan, mengelola data dan sebagainya.

Adapun, meja staff disebut juga meja tulis, ia sering dipakai, terutama oleh karyawan yang biasa mengurusi bagian administrasi ataupun tata usaha.

Untuk bentuk meja staff, ada yang berdiri sendiri dan ada juga yang menyambung dengan meja lain, biasanya nanti dipisahkan oleh sekat pembatas antar mejanya.

B. Meja Resepsionis

mozaikfurniture.com

Fungsi meja resepsionis adalah untuk menerima tamu atau memberikan layanan informasi pada tamu/costumer yang datang ke perusahaan, baik untuk menyampaikan keluhan, mencari informasi atau melakukan transaksi.

Umumnya, meja resepsionis diletakan pada bagian depan kantor atau pintu masuk. Setiap perusahaan pasti mempunyai resepsionis yang bertugas untuk menerima, menyambut dan melayani kebutuhan tamu.

C. Meja Direksi

jualfurnitures.com

Meja Direksi adalah meja yang digunakan oleh pimpinan perusahaan, mulai dari Presiden Direktur atau Direktur utama sampai direktur-direktur lain yang membawahi bagiannya masing-masing.

Desain dan ukuran meja direksi berbeda dengan meja staff. Selain karena kebutuhan kerja para direktur, meja direksi juga di desain untuk melambangkan kekuatan dan ketegasan.

D. Meja Samping

Meja Samping biasanya digunakan oleh sekretaris pimpinan. Seperti diketahui setiap pimpinan mempunyai seorang Sekretaris yang harus selalu siap membantu pimpinannya.

Tugas sekretaris utamanya adalah untuk membantu membuatkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan pimpinan, mengatur dan mencatat hasil rapat, memastikan persedian perlengkapan kantor dsb.

E. Meja Rapat

furniture kantor
via bukalapak.com

Meja rapat adalah meja yang digunakan untuk kegiatan rapat perusahaan. Umumnya, meja ini mempunyai ukuran besar dengan bentuk persegi panjang, huruf U ataupun melingkar. Namun, ukuran meja rapat disesuaikan dengan ruangan dan jumlah peserta rapat

Meja rapat dalam aturan penggunaanya di kantor biasanya digunakan oleh direksi, staff perusahaan atau delegasi para klien perusahaan untuk pembahasan proyek, evaluasi kerja ataupun hal lainnya.

 

2. KURSI KERJA

decora.co.id

Kursi adalah alat yang digunakan untuk duduk dan menopang badan manusia, ia mempunyai 4 kaki dengan tinggi 0,46 m dan terbuat dari kayu atau besi.

Kursi kantor memiliki desain beragam, disesuaikan dengan budget dan pilihan masing-masing perusahaan. Di perkantoran, umumnya menggunakan kursi yang bisa berputar. 

Ini untuk memudahkan pergerakan mereka ketika menggunakan meja yang cukup luas. Selain itu, menggunakan kursi berputar dirasa lebih nyaman dan gampang ketika harus berkomunikasi dengan staff lain di sekitar meja kerja.

Contoh Perabot Kantor Kursi

  • Kursi Direktur
  • Kursi Manager
  • Kursi Sekertaris
  • Kursi Hadap
  • Kursi Lipat
  • Kursi Tunggu

Kursi direktur dan manager biasanya terbuat dari bahan yang lebih nyaman dan kokoh ketika digunakan. Sedangkan kursi sekretaris, staff atau karyawan menggunakan kursi putar sederhana, kursi hadap ataupun kursi lipat.

Sedangkan kursi tunggu adalah kursi yang biasa digunakan untuk para tamu menunggu. Bentuknya saling tersambung satu sama lain. Ini sering kita lihat di rumah sakit, puskesmas atau pusat pelayanan lainnya.

 

3. LEMARI KANTOR

rakgudangmurah.com

Lemari adalah furniture kantor yang digunakan untuk menyimpan berkas-berkas atau dokumen yang telah tersusun dalam map atau peralatan kantor Ordner.

Dengan lemari, selain terlihat rapi, file juga gampang dicari dan ditemukan jikalau dibutuhkan sewaktu-waktu ketika kita sedang bekerja sehari-hari.

Furniture lemari perkantoran terdiri dari 3 jenis lemari.

  • Lemari Swing Door -> Lemari yang dibuka tutup layakknya pintu rumah
  • Lemari Sliding Door -> Lemari yang dibuka tutup dengan cara digeser
  • Lemari Brankas (Cash-box) -> Untuk menyimpan uang, cek atau surat berharga lainnya.

 

4. FILLING CABINET

dimanaja.com

Filling Cabinet adalah lemari khusus yang dibuat dari bahan logam. Alat ini berbentuk tegak seperti lemari dan mempunyai kunci juga laci-laci untuk membuka dan menutup.

Perabot kantor satu ini fungsinya untuk menyimpan map-map dokumen perusahaan agar terlihat lebih rapi, tertata dan gampang dicari jika perlukan.

Selain itu, Filling cabinet menjaga dokumen agar tetap utuh, tidak lembap, tidak termakan rayap atau serangga. Dokumen akan tersimpan aman, terlebih untuk dokumen yang sifatnya penting dan digunakan dalam jangka panjang.

 

5. ROTARY FILLING

via rumahpopuler.com

Rotary Filling System adalah tempat penyimpanan arsip yang bisa diputar. Menggunakan furniture ini memudahkan ketika kita ingin mencari file. Ukurannya juga flexible dan lebih menghemat tempat.

Bagaimanapun, penyimpanan file di lemari kadang menyusahkan. Dan dalam jangka waktu panjang file-file tersebut akan bertambah banyak, jika terus menambah lemari arsip, ruangan pun akan penuh dengan furniture dan terasa sesak.

Menggunakan Rotary Filling bermanfaat untuk ruang kantor dengan space terbatas. Alih-alih menambah furniture untuk arsip. Lebih baik menggunakan alat ini, terutama untuk penyimpanan berbasis jangka pendek atau sementara.


Nah, itu tadi artikel singkat tentang contoh perabot kantor, jenis jenis dan contoh furniture lengkap yang biasanya ada di sebuah kantor atau perusahaan. Selain perabot kantor ada juga peralatan-peralatan kantor lain yang dapat menunjang kinerja dan memudahkan karyawan ketika bekerja.

Sekarang kamu jadi tahu kan apa saja itu contoh dari perabotan kantor. Semoga artikel ini bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. #Wassalam. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.