√ Pengertian MICROSOFT Excel: Sejarah, Rumus & Fungsi Ms Excel

By | Februari 1, 2020

Pengertian Microsoft Excel – Microsoft excel atau ms. Excel adalah salah satu bagian dari office 365 besutan perusahaan raksasa teknologi Microsoft Corporation yang berbasis di Redmond, Washington, Amerika Serikat.

Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah data dalam bentuk teks dan angka. Biasanya program ini banyak digunakan dalam lingkup sekolah, kampus, perusahaan dan perkantoran sebagai pengolah administrasi entah itu berhubungan dengan pencatatan data pegawai, barang, gaji dll.

Excel adalah salah satu program yang wajib dipelajari sebagai bagian dari softskill, terlebih untuk kamu para pelajar yang mengidamkan untuk bekerja di kantoran atau perusahaan.

Pengertian Microsoft Excel

pengertian microsoft excel

xda-developers.com

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dapat mengelola data secara otomatis melalui operasi penghitungan dasar (+-:x), penggunaan rumus-rumus dan fungsi yang hasilnya dapat ditampilkan dalam bentuk angka, tabel ataupun grafik.

Dalam pengertian lain. Microsoft excel adalah aplikasi spreadsheet (lembar kerja) yang terdiri dari sel-sel berupa kolom dan baris untuk menempatkan data sehingga nantinya data tersebut mudah diolah melalui eksekusi perintah-perintah yang telah disediakan. seperti sum, average, vlookup dll.

Program ms excel juga biasa digunakan sebagai pencatatan data-data dalam bentuk teks, seperti misalnya data pegawai, barang dan sebagainya.

Fungsi Microsoft Excel

searchenginejournal

Kendati dikenal secara umum sebagai program pengolah angka, ternyata Excel memiliki fungsi yang sangat beragam. Hal ini bisa Anda ketahui lewat beberapa penjelasan singkat berikut ini.

1. Fungsi Kompatibilitas

Salah satu fungsi dari penggunaan Excel adalah untuk penghitungan kompatibilitas. Sayangnya, fungsi yang satu ini hanya bisa didapat pada pengguna Excel 2010 atau versi terbarunya. Fungsi kompatibilitas memberikan hasil yang lebih akurat.

Untuk fungsi yang satu ini, terdapat pilihan rumus yang bisa digunakan oleh para pengguna, seperti BETADIST, BETAINV, BINOMDIST, CHIDIST, CHIINV, CHITEST, CONCATENATE, COVAR, CRITIBINOM, EXPONDIST, FDIST, FINV, FLOOR, FORECAST, FTEST, GAMMADIST, HYPEGEOMDIST, dan lain-lain.

2. Penghitungan Database

Kendati digunakan untuk menampilkan data berupa angka di sebuah tabel, rupanya Excel juga menjadi salah satu program yang akrab di kalangan para programmer. Pasalnya, Excel juga kerap digunakan untuk penghitungan database.

Seperti yang telah diketahui, penghitungan database memerlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi agar program yang akan dijalankan nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Tidak heran jika Excel juga dapat digunakan untuk menjalankan sejumlah perhitungan, seperti DAVERAGE, DCOUNT, DCOUNTA, DGET, DMAX, DMIN, DPRODUCT, DSTDEV, DSUM, DVAR, dan DVARP.

3. Membantu Penghitungan Waktu dan Tanggal

Berbeda lagi bagi Anda yang saat ini bekerja di bidang yang berkaitan dengan tanggal dan waktu. Penggunaan tanggal dan waktu dalam sejumlah program atau proyek tertentu memiliki andil yang besar.

Hal ini pun juga melibatkan data berupa angka yang harus dimasukkan secara hati-hati dan sesuai dengan data. Salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya kesalahan adalah dengan memanfaatkan Excel.

Berikut sejumlah rumus yang bisa dijalankan menggunakan Excel untuk keperluan menghitung waktu dan tanggal: DATE, DATEDIF, DATEVALUE, DAY, DAYS, DAYS360, EDATE, EOMONTH, HOUR, ISOWEEKNUM, MINUTE, MONTH, NETWORKDAYS, dan lain-lain.

4. Membantu Para Engineer

Penggunaan program Excel sendiri ternyata juga tidak asing lagi di kalangan para teknisi atau pun engineer. Para kalangan pekerja ini juga kerap bersenggolan dengan data berupa angka-angka untuk menjalankan suatu program mau pun mesin.

Tidak heran jika Excel juga menjadi salah satu program yang paling banyak digunakan. Selain dapat digunakan pada komputer dengan sistem Windows, Linux mau pun DOS, program satu ini juga menjadi program paling efektif dan efisien.

Bahkan, Excel dapat menjalankan sejumlah perintah yang sangat sering dipilih oleh para engineer, seperti BESSELI, BESSEIJ, BESSELK, BESSELY, BIN2DEC, BIN2HEX, BIN2OCT, BITAND, OCT2BIN, OCT2DEC, OCT2HEX, dan lain-lain.

5. Program Termudah untuk Penghitungan Finansial

Selain MS Word, Excel juga menjadi salah satu program yang banyak digunakan. Bahkan, para penyedia lapangan kerja kerap mencari pekerja yang memiliki kemampuan untuk menjalankan Excel.

Hal ini rupanya berkaitan dengan salah satu fungsi Excel yang dapat digunakan untuk membantu penghitungan finansial. Tidak heran jika selama ini para akuntan lebih sering menggunakan Excel dalam mengolah data keuangan.

Beberapa rumus yang bisa digunakan untuk mempercepat penghitungan finansial dengan program Excel, antara lain ACCRINT, ACCRINTM, AMORDEGRC, AMORLINK, COUPDAYSBS, COPUDAYS, COUPNUM, NPER, NOMINAL, dan lain-lain.

Manfaat Microsoft Excel

microsoft excel

google images

Dengan menggunakan excel pekerjaan menjadi lebih mudah, efektif dan efisien, Selain dari itu berikut adalah manfaat kehadiran aplikasi ini bagi para penggunannya.

1. Menampilkan Grafik

Salah satu manfaat penggunaan Excel adalah untuk menampilkan grafik. Anda hanya perlu memasukkan data pada tabel yang tersedia. Biasanya, fitur satu ini digunakan untuk menampilkan data statistik.

Anda juga tidak perlu lagi menghitung secara manual untuk mengetahui apakah data tersebut mengalami perubahan sesuai dengan perintah yang diminta.

2. Menampilkan Data dengan Lebih Rapi

Kerap kali Anda dibuat pusing dan bingung saat harus memabca data berupa angka-angka. Sekarang tidak perlu lagi karena dengan Excel, data berupa angka tersebut dapat ditampilkan dengan lebih rapid an terorganisir.

Bahkan, pengguna dapat menentukan tampilan akhir dari data angka tersebut. Baik melalui sebuah grafik, diagram atau pun hasil akhir dari rumus tertentu.

3. Membantu Para Programmer

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Excel juga menjadi program pilihan para pekerja di bidang lain. Khususnya para programmer yang harus bergulat untuk memasukkan rumus dan data berupa angka.

Dengan memasukkan rumus dan data angka pada Excel, para programmer dapat merekam atau pun mengubah setiap data dengan lebih mudah. Hal ini pun dirasa lebih efisien dan efektif untuk menciptakan program atau aplikasi yang sempurna.

Sejarah Microsoft Excel

pengertian microsoft excel

techcrunch.com

Pada tahun 1982, Microsoft menciptakan suatu program lembar penjabaran yang dikenal dengan Multiplan. Program ini sangat populer dalam sistem CP/M, tetapi biasa saja dalam sistem MS DOS sebab di sana telah ada saingannya, yaitu Lotus 1-2-3.

Pada tahun 1985, Excel versi pertamanya diluncurkan untuk Macintosh. Dua tahun kemudian, menyusul peluncuran Excel versi Windows. Dengan keunggulan yang dimilikinya, Microsoft meluncurkan versi baru dari Excel setiap dua tahun sekali, dan Microsoft Excel 2007 adalah versi teranyar untuk Windows.

Dibandingkan dengan program-program pendahulunya, Excel memiliki lebih banyak keunggulan. Di antara keunggulan tersebut adalah selnya disusun dalam kolom dan baris. Tidak berhenti hanya di situ, tiap sel juga mengandung formula atau data dengan referensi relatif atas sel lainnya.

Artinya, Excel menggunakan konsep perhitungan cerdas yang hanya memperbarui nilai sel yang berkaitan saja.

Sejak tahun 1993, Excel sudah mempunyai bahasa pemrograman Ketajaman Dasar untuk Mengaplikasi. Bahasa pemrograman inilah yang berperan menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalamnya serta fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh user.


Demikian artikel singkat mengenai ms excel, mulai dari apa itu definisi pengertian microsoft excel, fungsi, manfaat dan sejarah salah satu program office 365 ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress