Apa Itu Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate

Apa Itu Bachelor Degree – Arti dari bachelor degree (bahasa Inggris)  adalah gelar sarjana yang bila kita samakan dengan gelar pendidikan di Indonesia setara dengan S1. untuk memperoleh bachelor degree seseorang harus mengikuti program undergraduate dengan beban studi 120 SKS.

Selain bachelor degree, ada beberapa istilah lain seperti Associate Degree, Postgraduate, Undergraduate dan sebagainya. Mari kita bahas satu persatu mengenai hal-hal tersebut.


Mengenal Sistem Pendidikan Luar Negeri


Setiap negara memiliki peraturan dan sistem pendidikan yang berbeda satu dengan lainnya. Sistem pendidikan Indonesia dengan jenjang yang dimulai dari Sekolah Dasar, SMP, SMA 12 Tahun, berbeda dengan sistem di Amerika Serikat, Negara-negara eropa bahkan Negara-negara Tetangga semisal Malaysia.

Di Amerika Serikat sendiri ada beberapa jenjang pendidikan yang dapat ditempuh untuk bisa mencapai tahapan tertinggi dalam gelar pendidikan.

Berikut adalah tabel Jenjang Pendidikan di USA dan Indonesia

bachelo degree

Ketika lulus dari High School siswa pendidikan di Amerika mendapatkan gelar Diploma, Hal ini berbeda dengan gelar diploma yang ada di Indonesia.

apa itu bachelor degree

Nah, ketika lulus siswa di USA dihadapkan pada 3 pilihan jenjang pendidikan, yaitu pendidikan untuk mendapatkan gelar Certificate, Associate atau Bachelor. di Indonesia ketika lulus siswa dapat melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar Diploma ataupun Sarjana.

(Diploma) – S1 – S2 – S3

Secara umum, jenjang pendidikan siswa-siswi di negara-negara barat, Utamanya di USA adalah seperti berikut ini.

Undergraduate – Graduate – Post Graduate

Arti dan penjelasan undergraduate, graduate, postgraduate, bachelor degree, master, associate degree kami tulis penjelasannya di bawah ini.

 


PROGRAM UNDERGRADUATE 


Setelah menyelesaikan pendidikannya dan mendapatkan gelar Diploma di level High School (Setara SMA) Siswa dapat langsung terjun ke dunia kerja, atau melanjutkan pendidikan di College atau University untuk mendapatkan certificate, Associate Degree ataupun Bachelor Degree.

Untuk mendapat Certificate ditempuh selama 1 tahun ,
Untuk mendapat Associate Degree ditempuh selama 2 tahun (60 SKS),
Untuk mendapat Bachelor Degree ditempuh selama 4 tahun (120 SKS),

Associate Degree adalah gelar yang didapatkan setelah siswa menempuh pendidikan melalui Community College ataupun Jenis College lainnya. pendidikan difokuskan pada pendidikan keterampilan di beberapa jenis Associate degree yang ada. seperti Associate of Science dll.

Setelah lulus program Community Colege tersebut lulusan akan mendapatkan gelar Associate Degree atau setara dengan D3, Walaupun masa pendidikan 1 tahun lebih sedikit.

Program ini biasanya diikuti oleh siswa karena kebutuhan keterampilan untuk langsung terjun ke dunia kerja ataupun digunakan sebagai persiapan melanjutkan program Bachelor. Bagi sebagian mahasiswa asing program ini digunakan sebagai adaptasi dengan sistem pendidikan setempat.

Setelah lulus, siswa dapat langsung bekerja ataupun melanjutkan studi untuk mendapatkan Bachelor Degree dengan sistem transfer, tentunya dengan persyaratan tertentu. Nantinya siswa yang sudah menempuh Associate’s Degree sudah berada di tingkat 3 dan tidak perlu mengulang masa pembelajaran dari awal. Hanya menempuh tambahan 2-3 tahun masa pendidikan lagi tergantung kebijakan dari pihak universitas. 

Nah, Kedua program ini dikategorikan sebagai program Undergraduate.

 


PROGRAM GRADUATE & POSTGRADUATE


Program graduate post graduate adalah program lanjutan dari undergraduate atau di Indonesia bisa disebut program Pasca Sarjana (S2).  di tingkat ini dipelajari program-program studi yang lebih spesifik dari studi sebelumnya.

Graduate adalah program untuk mendapatkan gelar magister / Master. Sedangkan
Postgraduate adalah program untuk mendapatkan gelar Doctor / Doktor (PhD).

Walaupun beberapa Universitas menerapkan istilah berbeda tentang penggolongan tersebut. Ada yang menggolongkan Gelar master termasuk program graduate dan ada juga yang menggolongkannya ke Postgraduate dll. Namun inti dari Keduanya adalah Sama.

Untuk mendapatkan gelas master umumnya membutuhkan waktu 1-2 tahun Setelah mendapat gelar bachelor (sarjana) . Sedangkan untuk mendapat gelar doktor umumnya membutuhkan waktu sekitar 3 tahun Setelah mendapat gelar magister (master).

 


KESIMPULAN


Sebagai siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri ataupun sedang mencari lowongan kerja kamu pasti bertemu dengan istilah-istilah berikut yang telah kami ringkas dari tulusan-tulisan diatas.. 

  1. Bachelor adalah sarjana (Muda)
  2. Degree adalah gelar 
  3. Associate Degree adalah gelar yang diberikan setelah siswa menempuh pendidikan 2 tahun selepas pendidikan High School SMA. (setara D3)
  4. Bachelor Degree (gelar sarjana) adalah gelar yang diperoleh oleh siswa setelah menyelesaikan masa studi 4 tahun setelah lulus dari high school (Setara S1)
  5. Undergraduate adalah program yang terdiri dari program Associate degree dan bachelor. 
  6. Graduate adalah Program lanjutan dari Bachelor dengan studi lebih spesifik (Setara S2) untuk mendapatkan gelar Magister (Master)
  7. Postgraduate adalah Program lanjutan dari Graduate untuk mendapat gelar Doctor (Setara S3)
  8. Master degree adalah Gelar yang didapatkan selepas lulus dari program Graduate atau S2
  9. College Adalah ..
  10. University Adalah

———-

Begitulah penjelasan singkat tentang arti diploma, associate degree, Bachelor Degree, undergraduate, postgraduate dan perbedaannya, yang telah dirangkum dari berbagai sumber bacaan. Mari saling bertulis komentar apabila terdapat kekeliruan dalam penulisan artikel ini.

4 Komentar

  1. Kelvin Ronaldo Balas

    Mantebsss…… Lanjutin kak nulis artikelnya. Apa lagi u/ artikel yg ginian. Jujur berasa bermanfaat……. 👌

  2. nanda Balas

    sangat sangatttt bermanfaat…………………………….. thanks so much

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *