Arti JABODETABEK : Singkatan dan Kepanjangannya Adalah

Arti Jabodetabek adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Istilah ini biasanya merujuk pada kota Jakarta beserta wilayah-wilayah penyangga atau wilayah yang berbatasan dengan Jakarta.

DKI Jakarta adalah Ibukota negara yang memiliki banyak gedung, perusahaan, lembaga negara, lembaga swasta, kampus dan lain sebagainya. Ia berdiri sebagai salah satu pusat ekonomi yang ada di Indonesia.

Adapun, sebagian dari orang-orang yang bekerja di Jakarta tidak sepenuhnya tinggal di Jakarta, mereka kebanyakan tinggal di daerah-daerah yang berbatasan dengan Jakarta, seperti misalnya Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Arti Jabodetabek

arti jabodetabek
urdi.org

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa Jabodetabek adalah singkatan dari JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG, BEKASI. wilayah jabodetabek meliputi 3 provinsi yakni Jawa barat, DKI Jakarta dan Banten.

Kota Jakarta sendiri ada di Provinsi Jakarta, Tangerang di provinsi Banten, sedangkan Bekasi, Bogor dan Depok ada di provinsi Jawa Barat.

Jabodetabek adalah sebuah wilayah metropolitan yang tidak dapat dipisahkan. Ini dikarenakan mobilitas warga di wilayah tersebut sangat cepat, apalagi di jam-jam berangkat dan pulang kerja.

Adapun, sebelum dikenal istilah Jabotabek, sebelumnya dikenal istilah Jabotabek (tanpa Depok). karena Depok memisahkan diri dari Bogor akhirnya ditambahkanlah depok pada akronim tersebut menjadi nama Jabodetak.

Dalam akronim lain ada nama JABODETABEKPUNJUR yang artinya adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Puncak dan Cianjur. Meskipun kota Cianjur tidak berbatasan langsung dengan Jakarta, namun pada hari-hari libur tertentu biasanya banyak warga Jabodetabek yang berlibur ke wilayah Puncak-Cianjur.

Arti Luar Jabodetabek

Arti luar Jabodetabek adalah wilayah yang bukan termasuk wilayah Jabodetabek. Artinya kota-kota Selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi adalah Wilayah luar jabodetabek.

Jadi, jika ada yang bertanya pada anda apakah kota Sukabumi, Karawang, Tasikmalaya, Bandung, Palembang apakah termasuk Jabodetabek? Jawabannya tentu saja bukan. Wilayah tersebut adalah bagian dari wilayah luar Jabodetabek.

Jabodetabek Adalah Wilayah Fungsional

Jabodetabek adalah wilayah yang termasuk wilayah fungsional karena pusat kegiatannya saling berkaitan, berhubungan dan saling berketergantungan.

Wilayah-wilayah jabodetabek memiliki perbedaan, baik secara geografi ataupun budaya. Namun secara fungsional ada dalam satu lingkup yang sama. 

Hubungan yang terjadi antar wilayah Jabodetabek menyebabkan adanya arus komunikasi dan transportasi yang terhubung antar wilayahnya. Hal ini secara langsung dan tidak langsung memantik perputaran ekonomi dalam berbagai bidang perekonomian.

Categories

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.