5+ Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard Asus, Acer, Lenovo dll

By | Oktober 11, 2021

Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard – Bagi sebagian orang mematikan laptop menjadi pekerjaan yang menjemukan. Apalagi jika laptop error hingga menyebabkan hang ataupun lemot.

Terkadang kita malah langsung pencet tombol power saja atau mencabut charger laptop (jika tanpa baterai), hal ini tentu saja bisa berakibat pada kerusakan hardware jika dilakukan berulang.

Ada beberapa cara untuk melakukan shutdown laptop merk apapun, entah itu Asus, Acer, Lenovo semua memiliki sistem yang sama selama menggunakan Sistem Operasi yang sama juga.

Nah, berikut ini adalah cara-cara mematikan laptop menggunakan keyboard dan juga cara lainnya. Cara cukup mudah, anda hanya perlu membiasakannya saja. Cekidot.

1. Menggunakan CTRL + ALT + DELETE

cara mematikan laptop dengan keyboard

via wikihow.com

Tahan secara bersamaan tombol Ctrl, Alt dan Delete (del) untuk masuk pada halaman pilihan. Cara ini biasanya banyak dilakukan ketika laptop hang ataupun error.

Jika kondisi laptop hang parah atau lambat, kamu harus menunggu beberapa saat sampai halaman tersebut muncul.

Setelah halaman seperti yang terlihat pada gambar muncul. Arahkan kursor ke bagian pojok kanan bawah (yang ada tanda tombol power) Kemudian klik sampai nanti menemukan pilihan untuk melakukan Shutdown pada laptop.

Langkah-Langkahnya

  • Tekan tombol CTRL + ALT + DELETE Secara bersamaan
  • Gerakan kursor menuju bagian kanan bawah (Ikon Tombol Power)
  • Pilih tulisan Shutdown

2. Menggunakan ALT + F4

ruangmuda.com

Sebelum menggunakan tombol tersebut pastikan semua program telah tertutup dan telah tersimpan. Ketika menekan tombol ALT + F4 biasanya aplikasi-aplikasi yang terbuka akan ditutup paksa.

Setelah semua aplikasi tertutup silahkan klik kembali ALT + 4, dan pada menu yang ada pilih shutdown, sleep ataupun restart sesuai dengan kebutuhan.

Langkah Langkahnya

  • Pastikan semua program/aplikasi telah tertutup
  • Tekan tombol ALT dan F4 bersamaan
  • Pilih menu Shutdown

3. Menggunakan WIN + X

bangdidav via teknologi.id

Tombol win atau windows adalah tombol yang umumnya terletak di bagian pojok kiri bawah berdekatan dengan CTRL/ALT. Tombol win ditandai dengan 4 gambar kotak menyerupai jendela (lihat gambar).

Ketika kamu mengklik tombol WIN + X akan ada beberapa menu pilihan. Cari yang ada tulisan Shutdown pada menu tersebut untuk mematikan perangkat laptop.

  • Tekan tombol Windows dan X bersamaan
  • Cari menu “Shutdown or sign out”
  • Pilih dan tekan menu Shutdown untuk mematikan laptop

5. Menggunakan Kode CMD

cara mematikan laptop hang

salamadian.com

Dengan menggunakan kode shutdown -f -s -t 100 ini pada menu “RUN” atau “CMD”, maka laptop akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang kita berikan.

  • Tekan tombol Windows + R atau masuk ke RUN/CMD
  • Masukan kode shutdown -f -s -t 100
  • Angka 100 adalah jumlah detik jarak anda ingin mematikan laptop secara otomatis
  • Anda bisa mengganti angka tersebut sesuai keinginan.
  • Jika misal ingin mematikan laptop 1 jam dari sekarang. Ganti angka 100 dengan 3600 (1 jam = 3600 detik)
  • Jika ingin membatalkan tekan tombol Windows + R kemudian Ketik shutdown -a

Setelah anda mengetikan perintah. Jika berhasil akan muncul notifikasi di bagian taskbar lengkap dengan waktu kapan laptop akan mati otomatis.

Anda juga bisa masuk ke menu CMD (command prompt). Dengan mengetikan kode yang sama laptop akan melakukan shutdown secara otomatis.

5. Menutup Layar Laptop

pixabay.com

Cara paling sederhana untuk mematikan laptop adalah dengan menutup layarnya langsung. Ketika layar tertutup maka otomatis laptop akan shutdown sendiri.

Namun, pada settingan defaultnya. Ketika menutup layar maka laptop akan mengaktifkan mode Sleep. Kita harus rubah dulu setelannya agar laptop bisa langsung shutdown begitu layar di tutup. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Klik gambar baterai di taskbar
  • Klik pada bagian bawah ikon baterai “More Power Options”
  • Pilih “Choose What Closing the Lid Does”
  • Pada Menu “When I Close The Lid” ganti menjadi Shutdown

Dengan seperti itu, maka sistem akan mati secara otomatis begitu laptop ditutup. Sebelum itu pastikan dulu program atau aplikasi yang terbuka sudah tertutup dan tersimpan. Jangan sampai kamu kehilangan data yang belum di save.

 

CARA MEMATIKAN LAPTOP YANG HANG

Ketika laptop sedang hang atau error biasanya kinerja laptop menjadi lambat dan cursor mouse tidak dapat digunakan. Ketika hal ini terjadi, kamu bisa mematikan Laptop atau Melakukan Restart komputer.

Cara yang paling gampang adalah dengan mengetikan tombol CTRL + ALT + DELETE secara bersamaan, kemudian masuk ke menu TASK MANAGER.

Di menu tersebut, Matikan Aplikasi aplikasi yang sedang berjalan atau menyebabkan Hang. Dengan meletakan kursor di aplikasi kemudian tekan tombol END TASK di bagian bawahnya. Biasanya setelah beberapa aplikasi dimatikan kinerja laptop menjadi lancar kembali.

Namun, jika kamu ingin mematikan laptop secara langsung. Maka kamu bisa menggunakan salah satu dari 5 cara pada penjelasan diatas.

CARA MERAWAT LAPTOP YANG BENAR

Umumnya laptop bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Laptop bisa berfungsi dengan baik lebih dari 5 tahun selama kita merawat dan tidak memakainya dengan jorok.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat laptop agar laptop yang kita miliki tidak gampang rusak. Kalau rusak kan mahal juga biaya buat benerin nya, sayang kan? 🙂

1. Matikan Laptop Dengan Benar

Salah satu cara merawat laptop adalah tidak sembarang ketika mematikannya. Karena bagaimanapun laptop terdiri dari komponen hardware yang memiliki aliran listrik.

Kita tidak boleh langsung menekan tombol power atau mencabut charger (ketika tanpa baterai), karena itu akan memberikan efek kejut pada perangkat yang ada.

Pada kasus terparah, komponen motherboard akan rusak sehingga kita harus menggantinya secara keseluruhan. Dan tentu saja biayanya tidak murah

2. Gunakan Tas yang Tepat

Laptop adalah perangkat flexible yang gampang dibawa kemana-mana. Gunakan tas yang memang menjadi peruntukan laptop, tas tertentu biasanya memiliki slot dan busa untuk menopang laptop agar tidak mudah tergoncang.

Jika menggunakan tas biasa, usahakan laptop di lapisi dengan benda-benda lunak seperti misalnya kain tebal atau bubble wrap untuk meminimalisir guncangan ketika kita berjalan atau berkendara.

3. Perhatikan Tempat Penyimpanan

Hal pertama adalah jangan terlalu lama menyimpan laptop di area yang terkena paparan matahari atau jangan menaruh laptop pada tumpukan benda keras.

Selain itu, jangan menaruh laptop dekat dengan air, baik di gelas ataupun botol karena terkadang kita tidak sengaja menyenggol air sehingga tumpah dan menyebabkan keyboard tidak rusak total atau tidak berfungsi sebagian.

 


Demikian artikel singkat mengenai cara mematikan laptop acer asus lenovo atau merk apapun menggunakan keyboard atau aplikasi bawaan dari windows baik itu 7, 10 atau versi lainnya.

Selain dengan cara tersebut. Tentu saja banyak cara lain yang tidak disebutkan dalam tutorial ini karena keterbatasan waktu dan kepadatan tulisan.

Mematikan dan menghidupkan laptop adalah bagian rutinitas kita sebagai para pengguna teknologi. Jangan sampai kita sembarangan hingga malah membuat laptop menjadi hang atau rusak. Terima kasih telah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress