15+ Fungsi dan Manfaat Internet Bagi Pelajar, Pendidikan & Umum

Manfaat Internet – Pengertian Internet adalah jaringan-jaringan komputer yang terhubung satu dengan lainnya menggunakan standar sistem global TCP/IP (transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang menjadi protocol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna dari seluruh penjuru dunia.

Hampir semua orang di daerah perkotaan memiliki akses ke jaringan internet, dari mulai anak-anak sampai dewasa, walaupun kadang mereka hanya menggunakannya untuk aktivitas senggang dan tidak dapat memaksimalkan fungsi dan manfaat menggunakan internet sebenarnya.

Dengan internet semua dapat terhubung tanpa terkendala jarak. manfaat yang akan didapatkan pun beragam. Semua tergantung penggunaanya. Apakah kamu akan menggunakan internet tersebut untuk kegiatan positif atau hanya buang-buang waktu saja.

 


Fungsi dan Manfaat Internet


manfaat internet
pixabay.com

Sebelum menjabarkan fungsi dan manfaat internet dengan rinci. Di Sub-bab ini kami tuliskan beberapa manfaat internet bagi pelajar, pendidikan dan juga umum secara singkat.

Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Pendidikan

Nah berikut ini adalah beberapa manfaat atau juga kegunaan internet untuk pelajar dan juga dunia pendidikan:

  1. Sumber Informasi Segala Jenis Ilmu Pengetahuan.
  2. Pelatihan dan Pembelajaran Online.
  3. Pengumuman Online
  4. Membaca Buku Digital atau Akses Perpustakaan Online
  5. Sarana Berbagi Ilmu
  6. Ruang Tanya Jawab
  7. Publikasi Karya
  8. Memperluas Pengetahuan dan Pergaulan
  9. Membantu Penguasaan Bahasa Asing
  10. Mendukung Pembelajaran Mandiri / Otodidak

Manfaat Internet Secara Umum

Selain bagi pelajar dan dunia pendidikan. Ada juga manfaat internet di bidang ekonomi, bisnis, pertanian yang dirangkum menjadi beberapa bagian berikut ini:

  1. Media Untuk Berkomunikasi dan Berosialisasi
  2. Media Pertukaran Data
  3. Sarana Hiburan
  4. Sarana Untuk Mendapatkan Uang
  5. Sarana Untuk Menyalurkan Hobi.
  6. Efektifitas dan Efisiensi Pekerjaan
  7. Media Promosi
  8. Tempat Untuk Mengeluarkan Pendapat
  9. Mencari Ide
  10. Membangun dan Memperluas Bisnis
  11. Belanja Online atau Transaksi Online
  12. Menambah Wawasan

 


Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Pendidikan


internet
pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa bahasan rincian Manfaat Internet berdasarkan uraian singkat yang telah dituliskan di poin sebelumnya.

 

  1. Sumber Informasi
    Untuk memperluas pengetahuan atau meningkatkan pemahaman tentang suatu ilmu. Siswa dapat mengakses berbagai informasi tambahan dari apa yang telah diterangkan oleh pengajar di kelas.
    Terdapat jutaan website yang memiliki berbagai data dalam bentuk gambar, video dan teks dari berbagai jenis disiplin ilmu, yang dapat memudahkan kita untuk mencari informasi-informasi yang dibutuhkan.

  2. Pelatihan dan Pembelajaran Online
    Pembelajaran online membantu pelajar dan pengajar berinteraksi tanpa terkendala jarak dan waktu. siswa dapat mengakses dan mendapatkan informasi kapanpun dan dimanapun selama dia terhubung dengan internet dan juga sistem yang disediakan.
     
  3. Membuat Siswa dan Guru Menjadi Melek Teknologi
    Teknologi menjadi hal  penting dimasa kini. Pelajar dan pengajar dituntut untuk menguasai teknologi yang kedepannya tentu saja akan semakin bervariasi dan berkembang. Bagi pelajar, penguasaan teknologi juga bermanfaat ketika mereka sudah berada di lingkungan sekolah.
     

    Ketika mereka lulus dan bekerja, pelajar minimal harus menguasai dasar dari teknologi komputer dan juga program-programnya seperti microsoft word, excel dll. Hal ini berguna untuk memudahkan mereka, apabila ditugaskan menggunakan alat-alat tersebut. 

  4. Sarana Pembelajaran Mandiri Siswa
    Dengan menggunakan internet kita juga dapat mengikuti pembelajaran-pembelajaran di luar pendidikan formal yang disediakan di sekolah, di masa kini banyak sekali tutorial-tutorial baik dalam bentuk video maupun teks yang menyediakan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan.
     
  5. Pengumuman Secara Online
    Untuk melihat hasil dari sebuah kelulusan ataupun pengumuman lainnya, dengan memanfaatkan internet, para siswa tidak harus lagi bergerumul di depan papan pengumuman atau mading hanya untuk melihat data nilai ataupun kelulusan dalam suatu tugas.
     
  6. Membaca Buku Digital atau Akses Perpustakaan Online
    Dijaman sekarang sumber informasi dalam bentuk buka, bukan hanya tersedia dalam bentuk fisik saja. Namun juga terdapat dalam bentuk digital. Seperti misalnya E-book.
    Dengan pemanfaatan internet kita dapat mengakses file-file tersebut baik dari website-website ataupun perpustakaan-perpustakaan online. 
  7. Tempat Berbagi Ilmu
    Ketika kita mendapatkan sebuah ilmu. Salah satu cara untuk membuat ilmu tersebut menguap begitu saja dari otak kita, ya, dengan membagikannya kepada orang lain. Kamu dapat menulis apa yang telah kamu pelajari ke dalam sebuah blog gratisan.
     

    Atau membuat sebuah video tutorial yang dapat kamu upload di situs berbagi video, seperti youtube dsb. Selain itu kamu juga dapat bergabung dengan komunitas-komunitas online sesuai dengan minatmu. Selain berbagi ilmu atau mendapat ilmu baru. Kamu juga tentunya akan mendapat teman-teman baru. Meskipun sebatas di dunia maya. 

  8. Ruang Tanya Jawab
    Kadang ada sesuatu hal yang dipahami dalam pelajaran di kelas. Selain kamu dapat bertanya kepada guru yang bersangkutan dan juga teman. Kamu juga dapat menanyakan hal-hal tentang pelajaran sekolah di situs-situs yang menyediakan layanan seperti itu. Semisal yahoo answer. Brainly dll.
     
  9. Publikasi Karya
    Apabila kamu memiliki karya, baik itu dalam bentuk digital ataupun fisik. Kamu dapat mengunggahnya di internet agar karyamu terkenal, bermanfaat untuk orang banyak dan juga mungkin untuk mendapatkan uang.
    Seperti halnya game flappy bird yang dipublikasikan di internet dan kemudian booming. Setelah itu tentu saja pundi-pundi uang melimpah ke kantong pembuat game tersebut.

Manfaat Internet Secara Umum dan Penjelasannya


internet

Selain bagi dunia pendidikan dan pelajar, internet juga memiliki kegunaan secara umum. ( Selain 9  poin diatas bisa saja juga dikategorikan menjadi manfaat internet secara umum).

  1. Media Komunikasi dan Sosialisasi
    Dengan media sosial yang menghubungkan miliaran orang di seluruh dunia, kamu dapat menambah teman dari negara manapun dari benua apapun.
    Kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan kerabat atau sanak saudaramu yang ada diluar negeri sana. baik melalui komunikasi teks seperti email. Audio (suara) ataupun lewat video.

  2. Media Pertukaran Data
    Dahulu, orang memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain menggunakan disket. Kemudian berkembang seiring dengan diciptakannya flashdisk.
    Nah, sekarang, pertukaran data-data tersebut bisa kamu lakukan langsung dengan perantara internet.Kamu dapat memindahkan data dengan cepat melalui berbagai cara seperti menggunakan perantara google drive dan sebagaiinya.

  3. Sarana Hiburan
    Mayoritas orang di Indonesia ataupun luar. Tentu saja banyak menggunakan internet sebagai media hiburan. baik itu untuk mengisi waktu suntuk ataupun menghabiskan kesehariannya.
    Berbagai media hiburan tersedia di website-website yang harus terhubung menggunakan internet. Baik itu hiburan dalam bentuk teks, gambar ataupun video.

  4. Sarana Untuk Mendapatkan Uang
    Bagi sebagian orang internet merupakan lahan untuk mendulang uang, tak perlu menjadi seorang ahli IT terlebih dahulu untuk menjadi orang yang sukses di internet, cukup mengetahui apa yang ingin anda jalankan dan pengetahuan dasar tentang internet.

    Bila dilakukan dengan ulet dan sungguh-sungguh bukan mustahil uang ratusan juta akan mengalir ke kas anda baik itu dengan berjualan online di medsos, ngeblog, affiliate, menjual jasa sampai membuat startup bisnis seperti kaskus, tokopedia dll.

  5. Sarana Menyalurkan Hobi
    Salah satu fungsi internet adalah sebagai sarana untuk menyalurkan hobi. Contohnya bila kamu hobi untuk nulis. Kamu bisa menyalurkan hobimu itu dengan menulis di blog ataupun menulis di situs situs jurnalisme warga (Citizen journalism) semacam kompasiana.com dan lain sebagaiinya.

  6. Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pekerjaan
    Dengan membuat sistem yang terhubung dengan internet. Kamu dapat melakukan pekerjaan dengan mudah dan cepat bila dibandingkan dengan cara-cara konvensional. Apalagi untuk kamu yang mempunyai jadwal keseharian yang padat.

  7. Media Promosi
    Bila memiliki suatu kegiatan atau acara, cara yang tepat untuk mengajak orang tahu dan datang ke kegiatan yang anda buat adalah mempromosikannya melalui medsos, dengan seperti itu anda tidak lagi harus membuat, mencetak dan menempelkan brosur kegiatan di tiang-tiang listrik, selain efektif cara ini juga dapat menekan ongkos uang promosi dari kegiatan anda.

  8. Sarana Mengeluarkan Pendapat
    Jaman sekarang bukan lagi jaman penjajahan dimana tidak ada kebebasan untuk menyuarakan pendapat kita, siapapun kita bebas mengekspresikan diri, mengkritik pemerintahan, menyampaikan keluh kesah tentang suatu kejadian tentunya dengan kaidah-kaidah yang sesuai.

    Karena di jaman sekarang kadang banyak sekali orang yang kebablasan mengeluarkan pendapatnya sehingga tak jarang harus terjerat dengan UU ITE hanya karena menghina di media sosial.

  9. Tempat Mencari Ide
    Bila memiliki profesi yang berhubungan dengan kreatifitas, kadang kita stuck dan kehabisan ide untuk membuat suatu pekerjaan, dengan mengunjungi situs website yang memiliki korelasi dengan pekerjaan anda atau membuka-buka video di youtube, ide kadang datang dari apa yang kita lihat atau tonton selanjutnya kita bisa kembangkan ide tersebut menjadi sebuah karya yang menakjubkan.

  10. Membangun dan/atau Memperluas Bisnis
    Bisnis terbagi menjadi dua kategori, yakni bisnis online dan juga bisnis offline. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun untuk kamu yang ingin memperluas jaringan konsumen.

    Internet tentu saja menjadi hal yang patut kamu kuasai.Dengan berpromosi di media sosial ataupun membuat Website produkmu. Bila dikelola dengan baik itu akan mendatangkan penghasilan yang berlipat-lipat dari penghasilanmu sebelumnya.


Sekian artikel pengertian internet, kegunaan internet, fungsi serta Manfaat Internet. Masih banyak kegunaan internet lainnya yang tidak dapat dituliskan secara rinci dalam tulisan ini. yang pasti internet akan berdampak positif bila penggunanya menggunakannya untuk kegiatan positif. Pun sebaliknya.

Sekian, Tetap Semangat dan Wassalam ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *