PENGERTIAN KOMPUTER : Fungsi, Komponen, Sejarah & Gambar Komputer

Pengertian Komputer – Komputer berasal dari kata Computare yang artinya menghitung. Secara bahasa komputer didefinisikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.

Secara umum, Komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang mengubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu. 

Komputer terdiri dari 3 elemen yakni : Hardware (perangkat keras) seperti Processor, Harddisk, RAM, CPU, Motherboard. Software (perangkat lunak) seperti aplikasi- aplikasi dan juga Sistem Operasi yang akan bekerja sesuai perintah yang diberikan oleh Brainware (pengguna).

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

  • Komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data angka, suara dan gambar. (KBBI)
  • Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. (Robert H Blissmer)
  • Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. (V.C Hamacher)

Kesimpulan

  • Pengertian Komputer adalah peralatan elektronik yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, suara ataupun video.


Fungsi Komputer

fungsi komputer
pixabay.com

Dalam prinsipnya komputer memiliki 4 fungsi dasar, diantaranya

  • Data Processing (Pengolahan Data)
  • Data Storage (Penyimpanan Data)
  • Data Movement (Pemindahan Data)
  • Control (Pengendalian)

1. Data Processing 

Komputer digunakan untuk pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output berupa suatu Informasi. Data yang diolah umumnya data berupa dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.


2. Data Storage

Komputer berfungsi untuk pengamanan dan pemakaian kembali data. komputer dapat melakukan fungsi penyimpanan dan pengambilan data. Misalnya ketika menggunakan Ms. Word kita dapat melakukan penyimpanan (save) data tersebut ke dalam hardisk dan juga dapat mengambil kembali data tersebut (open).


3. Data Movement 

Komputer juga dapat melakukan pemindahan data dari satu kemputer ke komputer lain atau alat- alat output lain.

4. Control

…….

Komponen Komputer

komponen komponen komputer
pixabay.com

Komputer terdiri dari serangkaian komponen yang dikelompokkan menjadi tiga macam unit. Yaitu unit pemasukan (Input), unit pemrosesan (Process), dan unit pengeluaran (Output).

1. Komponen INPUT

Komponen input adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai pintu masuk tugas- tugas yang akan diberikan pada komputer. Contohnya adalah:

  • Keyboard. Keyboard merupakan komponen yang berfungsi memberikan masukan berupa data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Pada keyboard terdapat huruf A-Z, angka 0 hingga 9, dan perintah-perintah lainnya.
  • Mouse.  penghubung  antara layar monitor dengan pengguna atau user. Dalam pengoperasiannya, mouse terlihat sebagai pointer di layar monitor.
  • Trackpad. Fungsinya sama dengan mouse, hanya berbeda pada bentuknya saja.
  • Pen. Hanya ada ketika layar yang digunakan merupakan layar sentuh. Fungsinya seperti mouse. Untuk memberi perintah cukup menekankan ujung pen pada layar.
  • Microphone.Komponen yang memberikan masukan dalam bentuk suara
  • Scanner. Untuk memindai gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer menjadi file digital,


2. Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang fungsinya memproses perintah yang diberikan oleh user untuk kemudia ditampilkan pada komponen output.

  • Prosesor. Komponen utama untuk pemrosesan data
  • Motherboard. Komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Seperti huubungan antara komponen INPUT, PROSES, dan OUTPUT. 
  • Hard Disk. Untuk menyimpan semua intrpretasi yang diperlukan oleh komputer yang sifatnya permanen. Seperti dan sistem operasi komputer.
  • Memori (RAM). untuk menyimpan segala aktivitas komputer untuk sementara.

 

3. Komponen Output

Adalah komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah di proses sebelumnya. 

  • Monitor.Komponen yang menampilkan proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.
  • Printer. Untuk mencetak data kedalam bentuk hard copy.
  • Speaker. Untuk memberikan output berupa audio kepada pengguna.

Sejarah Komputer

komputer jadul
pixabay.com

Sejarah komputer berkaitan erat dengan perhitungan aritmatika. Jadi pada jaman dahulu, fungsi komputer adalah sebagai alat bantu hitung manusia.

Seorang pakar matematika yang bernama Charles Babbage asal Inggris merupakan orang pertama di dunia yang berani berkirim surat pada para ahli di kerajaan Inggris untuk mengembangkan alat hitung mekanik yakni komputer.

Pemikiran tersebut dia tuangkan secara tersurat di dalam surat yang berjudul Catatan Tentang Penggunaan Mesin pada Penghitungan Astronomi dan Tabel Matematika. Surat tersebut dia kirimkan pada tangga 14 Juni 1822.

Ide Charles tersebut dilatarbelakangi oleh persoalan seringnya orang-orang pada masa itu melakukan kesalahan hitung meskipun telah menggunakan tabel matematika. Sehingga dia ingin mengembangkan mesin hitung secara mekanik yang terinspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.

Sejak Charles terus berupaya mengembangkan mesin komputer agar dapat di program oleh manusia, namun tidak selesai. Kemudian mesin itu dilanjutkan oleh anaknya. Salah satu bagian dari mesin differensial yang dirakit oleh putranya kini dapat dilihat di Museum Sains London.

Selain putranya yang turut merakit, ide tersebut dikembangkan oleh berbagai pihak sampai menjadi komputer canggih yang kita kenal saat ini.


Perkembangan Komputer

pixabay.com

Perkembangan komputer terbagi menjadi lima kelompok angkatan. Tiap kelompok angkatan ditentukan oleh komponen utama komputer. Setiap kelompok angkatan menghasilkan komputer yang ukurannya lebih kecil, simpel, harga terjangkau, dan tahan banting.

Sebab diiringi dengan penemuan-penemuan komponen elektronik baru  yang membuat wujud komputer semakin ringkas.

Komputer saat ini dapat memproses gambar, suara, teks, dan bentuk non-numerik data lainnya. Hal penting dari komputer, yaitu semua proses gambar, suara, teks dan lain sebagainya merupakan wujud lain dari perhitungan numerik dasar.

Sedangkan yang diolah oleh mesin komputer adalah angka-angka saja, yaitu angka 1 dan angka 0. Angka tersebut membentuk kombinasi kode (disebut kode biner) yang mewakili listrik aktif dan nonaktif. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan komputer dari masa ke masa, mari simak uraiannya dibawah ini.

 

Komputer Kelompok Angkatan Pertama

Komputer kelompok angkatan pertama ini berkembang dari tahun 1940 hingga 1959. Komputer kelompok angkatan pertama bernama ENIAC. Kepanjangannya Electronic Numerical Integrator and Computer yang dikembangkan oleh angkatan darat Amerika Serikat untuk kepentingan menghitung tabel tembakan senjata di Laboratorium Persenjataan.

ENIAC dirancang dan dikembangkan oleh dua orang professor asal Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. Yaitu Prof. John Presper Eckert dan John W. Mauchly. Selanjutnya mesin tersebut diluncurkan pada 15 Februari 1946.

ENIAC menggunakan 17.468 tabung vakum, 7.200 diode Kristal, 1.500 pemancar, 70 ribu  resistor, 10.000 kapasitor, dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan  tangan.

Tabung vakum menghasilkan panas yang berlebih, sehingga kurang efesien dan efektif. Bisa dibayangkan bagaimana panasnya berada di dekat ENIAC ya? Selain itu juga membutuhkan jumlah asupan listrik yang sangat besar untuk pengoperasiannya.

Beratnya 27 ton dan ukurannya  2,4 m x 0,9 m x 30 m. Luas ruangan yang dipakai oleh ENIAC sekitar 167 m2 dan daya listrik yang dipakai sebesar 160kW. Luar biasa besar bukan? Bandingkan dengan mesin komputer atau bahkan laptop yang banyak beredar seperti sekarang ini.

Tentu sangat jauh sekali ukurannya. Kemampuan ENIAC saat itu hanya terbatas pada memecahkan satu masalah dalam satu waktu dan menggunakan bahasa yang hanya bisa dimengerti oleh mesin komputer.

Input dimasukan dengan cara membuat lubang-lubang pada kartu (punched cards) diatas pita kertas. Hasilnya berupa print out.


Komputer Kelompok Angkatan Kedua

Kelompok angkatan kedua berkembang pada era 1959 sampai 1965. Dimana pada masa tersebut muncul transistor sebagai pengganti komponen tabung vakum pada komputer kelompok angkatan pertama.

Transistor adalah alat semikonduktor yang berperan sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Ukuran transistor lebih kecil dan panas yang dihasilkan lebih sedikit daripada tabung vakum. Sehingga, transistor mampu membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Bahasa pemrograman pada era ini semakin berkembang. Bahasa mesin dari kartu berlubang beralih ke bahasa simbol. Programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata bukan lagi dengan symbol titik-titik hitam.

Beberapa bahasa pemrogramaman yang berkembang saat itu ada “Common Business- Oriented Translator” (CBOL) dan “Formula Translator” atau FORTRAN.  Perubahan ini membuat kerja komputer menjadi lebih baik lagi dari angkatan sebelumnya.

 

Komputer Kelompok Angkatan Ketiga

Komputer kelompok angkatan ketiga terjadi pada tahun 1965 hingga 1971. Ditandai dengan ditemukan dan digunakannya Integrated Circuit (IC) sebagai ganti transistor oleh insinyur listrik asal Texas yang bernama Jack Kilby. Transistor pada masa ini dikembangkan dan dibuat menjadi lebih kecil sehingga bisa  dipasang bersama dengan komponen lainnya pada IC.  

Sehingga satu IC terdiri dari beberapa transistor, kapasitor, dan resistor. Temuan Jack membuat komputer bekerja lebih efisien dan lebih cepat lagi dari komputer kelompok angkatan sebelumnya. Selain itu sistem operasi juga mulai ditemukan dan dikembangkan pada masa tersebut.

Sehingga komputer bisa melakukan beberapa tugas dalam waktu bersamanaan. Komputer pada masa tersebut juga komputer pertama yang mampu berhubungan dengan hardware lainnya seperti keyboard.  Contoh komputer kelompok angkatan ketiga anatara lain IBM/30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108 dan GE 600.


Komputer Kelompok Angkatan Keempat

Inovasi selanjutnya setelah ditemukannya IC yaitu hadirnya produk Large Scale Integration atau LSI. Jadi LSI merupakan gabungan atau penyatuan beribu-ribu IC pada satu kepingan yang disebut dengan CHIP. Adanya pemadatan beribu IC ke dalam CHIP membuat ukuran komputer semakin mengecil dan semakin sering digunakan oleh masyarakat umum. Bukan hanya untuk urusan bisnis saja, namun berkembang untuk bidang pendidikan, dan lain sebagainya.

Perkembangan komputer kelompok angkatan keempat tidak lepas dari perusahaan Intel. Karena, perusahaan tersebut yang membuat CHIP pertama yang diluncurkan pada 1971. Hal ini menjadi tahap awal perkembangan mesin utama komputer yang dulunya sebesar satu ruangan menjadi segenggam tangan.

Pengguna komputer pada kelompok angkatan mulai berkembang luas. Tidak hanya kaum elit dan pebisnis saja, melainkan masyarakat umum sudah banyak memiliki komputer. Hangga akhirnya muncul jaringan komputer untuk kelompok bisnis yang awalnya bertujuan agar semakin cepat tukar menukar informasi antar kelompok bisnis. Maka lahirlah internet. Perkembangan besar lainnya yang ditemukan pada kelompok angkatan ini adalah muculnya komputer jinjing atau laptop yang bisa dibawa kemanapun Anda pergi. Semua jenis laptop dan komputer saat ini menjadi produk komputer kelompok angkatan keempat.

 

Komputer Kelompok Angkatan Kelima

Komputer kelompok angkatan kelima merupakan komputer yang memiliki teknologi seperti kecerdasan buatan. Saat ini tengah diteliti dan dikembangkan terus-menerus. Negara yang paling getol meneliti dan memikirkan kecerdasan buatan adalah Jepang. Bahkan mereka memiliki laboratorium dan lembaga khusus untuk menciptakan komputer kelompok angkatan kelima.

Kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh komputer kelompok angkatan kelima yaitu kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia dengan masukan visual, merespon kata yang kita ucapkan dan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada di sekitarnya.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *