15+ Contoh Kerjasama di Sekolah, Rumah & Lingkungan Masyarakat

By | Juli 15, 2020

Contoh Kerjasama – Pengertian kerjasama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama tidak terbatas pada tempat, ia bisa dilakukan di sekolah, rumah dan juga lingkungan masyarakat.

Kerjasama bermanfaat untuk membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat dilakukan, menumbuhkan semangat persatuan persaudaraan, memupuk rasa saling menghargai dalam hal bersikap dan juga berpendapat.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang contoh- contoh kerja sama, baik itu disekolah, rumah, lingkungan masyakarat beserta dengan penjelasan singkatnya.

Contoh Kerjasama di Sekolah

contoh kerjasama

sdncikokol2.blogspot.com

Sekolah sebagai tempat menimba ilmu tidak bisa lepas dari kegiatan kerjasama. Dengan adanya kerja sama dari berbagai pihak maka terbentuklah suasana sekolah yang nyaman, aman, dan harmonis. Berikut contoh kerjasama di sekolah yang bisa menjadi pelajaran.

 

1. Tugas Kelompok

Adanya tugas kelompok merupakan bentuk kerjasama antar murid untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

2. Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar adalah bentuk kerjasama antara guru dan murid supaya ilmu dari guru dapat diterima dan dipahami oleh murid.

3. Jadwal Piket

Terjadwalnya piket adalah bentuk kerja sama antar teman sekelas untuk menjaga kebersihan kelas.

4. Belajar Kelompok

Belajar kelompok adalah kerja sama antar murid untuk memahami materi-materi pembelajaran secara bersama-sama.

5. Ekstrakulikuler

Ekstrakulikuler adalah kerja sama antar siswa yang memiliki minat dan hobi yang sama di sekolah.

6. Taat Peraturan

Taatnya siswa pada peraturan sekolah adalah kerjasama antara siswa dengan pihak sekolah sebagai pembuat peraturan.

7. Kerja Bakti Sekolah

Kerja bakti sekolah adalah kerja sama antara seluruh siswa sekolah demi menjaga kebersihan serta keindahan sekolah.

8. Lomba Antar Sekolah

Lomba-lomba antar sekolah dalam berbagai bidang seperti cerdas cermat, pertandingan basket, pramuka, dll, merupakan bentuk kerja sama antar siswa terpilih untuk mengharumkan nama sekolah.

9. Pertukaran Pelajar dan Beasiswa

Program pertukaran adalah bentuk kerja sama antara 2 sekolah supaya murid yang terpilih dapat merasakan perbedaan budaya di dua sekolah tersebut.

Sementara program beasiswa adalah bentuk kerja sama antara sekolah dengan sponsor beasiswa supaya murid-murid sekolah dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa mengeluarkan biaya lagi.

10. Sikap Baik di Luar Sekolah

Bersikap baik dan sopan ketika di luar sekolah, merupakan bentuk kerja sama murid untuk menjaga nama baik sekolah. Ramah terhadap masyarakat sekitar lingkungan sekolah, tidak tawuran, berbuat gaduh dan mengganggu lingkungan di luar sekolah.

11. Pembayaran SPP

Pembayaran SPP tepat waktu adalah bentuk kerja sama antara orangtua murid, murid dan pihak sekolah.

Orangtua murid membayar SPP sesusai jumlah yang telah disepakati dari awal. Sementara murid, wajib menyampaikan amanat uang SPP dari orangtuanya kepada pihak sekolah tanpa dikurangi atau melebihi waktu yang ditentukan.

Pihak sekolah bertanggung jawab untuk mengelola uang SPP sebaik mungkin. Melakukan pembangunan infrastruktur sekolah, penambahan fasilitas, yang tujuannya membuat murid lebih baik dan nyaman saat belajar di sekolah.

Contoh Kerjasama di Rumah

liputan6.com

Kenyamanan dalam rumah tangga tidak bisa dibentuk oleh satu orang saja. Semua anggota keluarga harus bekerja sama sebaik mungkin setiap harinya. Berikut contohnya.

 

1. Bersikap Baik

Saling berbicara sopan, tidak bertengkar adalah bentuk kerja sama anggota keluarga untuk menciptakan suasana rumah tangga yang nyaman.

2. Melakukan Pekerjaan Rumah

Melakukan pekerjaan rumah sesuai kesepakatan adalah bentuk kerja sama anggota keluarga untuk memupuk rasa tanggung jawab dan kedisplinan.

3. Menjaga Kebersihan Rumah

Untuk mewujudkan kebersihan rumah diperlukan kerja sama semua anggota keluarga. Kebersihan rumah bisa dijaga dengan rutin menyapu dan mengepel rumah, tidak menumpuk cucian piring dan baju, membuang sampah pada tempatnya, tidak meletakkan barang-barang secara sembarangan, menjaga kebersihan taman, dll.

4. Penghematan Energi di Rumah

Anggota keluarga harus bekerja sama untuk melakukan penghematan energi di Rumah. Mulai dari mematikan lampu di pagi hari, mematikan peralatan elektronik ketika tidak dipakai, mematikan keran air setelah digunakan, tidak membuang-buang air, dll.

5. Waktu Khusus Keluarga

Adanya waktu khusus keluarga adalah bentuk kerjasama untuk mewujudkan keluarga yang harmonis dan memperkuat ikatan.

Dalam waktu khusus ini masing-masing anggota keluarga saling bercerita, saling mendengarkan, memberi solusi jika salah satu tertimpa masalah, merencanakan kegiatan akhir pekan bersama, bermain bersama, dan banyak hal lain yang bisa dilakukan.

6. Menjalankan Peran Masing-Masing Sebaik Mungkin

Kerja sama paling fundamental dalam keluarga adalah menjalankan peran masing-masing sebaik mungkin.

Ayah sebagai kepala keluarga bertanggung jawab mencari nafkah, memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Ibu sebagai penanggung jawab di rumah harus memastikan rumah dalam kondisi baik. Tersedianya makanan di meja makan, membantu pendidikan anak di rumah, memastikan kebersihan dan kerapian rumah.

Anak juga harus melakukan perannya sebaik mungkin. Belajar yang rajin di sekolah, tidak berbuat hal-hal yang merusak nama keluarga, patuh pada orangtua, membantu orangtua dengan senang hati.

Contoh Kerjasama di Lingkungan Masyarakat

tni-au.mi.id

Untuk memupuk rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar warga, diperlukan kerjasama yang terus menerus dalam berbagai kegiatan di lingkungan tempat kita tinggal. Beberapa bentuk kerja sama di lingkungan masyarakat adalah sebagai berikut.

 

1. Kerja Bakti

Bentuk kerja sama warga untuk membuat lingkungannya tetap bersih dan asri.

2. Siskamling

Keamanan adalah salah satu faktor penting dalam sebuah lingkungan. Oleh karena itu warga harus bahu membahu menjaga keamanan di lingkungannya. Salah satu cara adalah dengan rutin menjalankan siskamling.

3. Acara Rutin

Warga sebaiknya rutin berpartisipasi dalam Acara yang diselenggarakan lingkungannya, seperti pengajian, rapat, syukuran, dll. Hal ini akan mempererat hubungan antar warga dan menjalin kerukunan.

4. Membantu Warga yang Berduka

Jika ada warga yang meninggal, tetangga sekitar harus bekerja sama untuk membantu keluarga korban.

Ada warga yang menghubungi RT, ada yang mengurus ijin pemakaman, ada yang mencari tukang gali kubur, ada yang membantu menyiapkan kursi dan bendera di rumah duka, serta membantu keluarga korban dengan memberikan santunan ataupun sembako.

5. Mematuhi Peraturan

Mematuhi peraturan yang berlaku akan membuat lingkungan menjadi disiplin, aman dan nyaman. Ketika warga ada yang melanggar, hukuman atau denda harus diberikan sesuai kesepakatan. Sehingga bisa menjadi pelajaran bagi warga lain.


Demikian tulisan singkat berkenaan dengan contoh contoh kerjasama. Baik itu kerjasama disekolah, di rumah dan juga kerjasama di lingkungan masyarakat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress