Arti Ungkapan Rendah Hati dan Contoh Kalimatnya #14

Arti ungkapan rendah hati adalah tidak sombong atau tidak angkuh. Dalam pengertian lain, arti rendah hati adalah orang yang memiliki sifat baik hati, suka menolong dan juga peduli terhadap sesamanya.

Ungkapan rendah hati biasanya merujuk pada sifat seseorang. rendah hati berlawanan dengan idiom besar kepala yang memiliki arti angkuh dan sombong.

Beberapa ciri dari orang yang memiliki sifat rendah hati diantaranya adalah dia mau melayani keluhan orang lain, memandang setiap orang itu sama, mau mendengar dan menerima kritikan, suka mengalah, lemah lembut dan terkadang mengutamakan kepentingan orang lain dibandingkan kepentingan pribadinya sendiri.

Nah, rendah hati adalah sifat yang harus kita miliki dan tanamkan dalam diri kita. Bersikap baiklah terhadap sesama, tanpa peduli apa agama, suku, ras, bahasa ataupun warna kulitnya.

Contoh Kalimat Ungkapan Rendah Hati

idntimes.com

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan ungkapan rendah hati.

  1. Aisyah adalah orang yang sangat rendah hati. Dia tak segan menolong temannya yang sedang ditimpa kesusahan.
  2. Lionel Messi adalah pesepakbola yang rendah hati. tak heran banyak orang yang menyukai pemain asal Argentina tersebut.
  3. Utami adalah orang paling pintar di kelas, tapi ia sangat rendah hati,embantu teman- temannya yang kesulitan memahami pelajaran.
  4. Nenek selalu menasehatiku agar aku selalu bersikap rendah hati. Baik itu di lingkungan rumah ataupun sekolah.
  5. Meskipun Desti anak seorang pejabat dia tetap rendah hati. Setiap pagi dia pergi ke sekolah menggunakan angkutan umum. Dia juga mau berteman dengan siapapun tak peduli apakah orang tersebut miskin ataupun kaya. Semua teman di kelas menyukainya.


Arti Ungkapan Dengan Kata Rendah Lainnya


1. Rendah Diri

Arti dari rendah diri adalah minder atau perasaan yang ditimbulkan dari hasil imajinasinya sehingga merasa dirinya rendah dihadapan orang lain. Orang yang memiliki sifat rendah diri biasanya kurang percaya diri dan menganggap hal- hal negatif ada pada dirinya sehingga membuatnya minder.

2. Rendah Budi

Rendah budi menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI memiliki arti kehinaan atau kenistaan.


Demikian artikel singkat mengenai arti ungkapan rendah diri beserta dengan contoh kalimatnya yang dibahas secara singkat. Sekian dan semoga bermanfaat untuk rekan- rekan pembelajar sekalin. Semoga Sukses Selalu #TETAPSEMANGATBELAJAR

– WASSALAM –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *