Arti Ungkapan Kambing Hitam, Kuda Hitam dan Contoh Kalimatnya #11

By | April 6, 2017

Arti Ungkapan Kambing Hitam adalah orang atau sesuatu yang dipersalahkan atas suatu kejadian padahal dirinya tidak terbukti bersalah. Dalam makna lain, Arti Kambing Hitam adalah orang yang dijadikan tumpuan kesalahan atas suatu peristiwa.

Subjek dalam kambing hitam itu tidak hanya merujuk pada manusia, namun bisa juga pada benda ataupun yang lainnya. Ungkapan ini sering digunakan dalam sebuah peristiwa atau kejadian yang kebenarannya belum terungkap seluruhnya.

So, makna kambing hitam bukan kambing yang berwarna hitam yaa!. Meskipun dalam makna yang sebenarnya itu benar. Namun dalam makna kiasan atau konotasi, arti kambing hitam adalah seperti yang dijelaskan diatas.


Contoh Kalimat Ungkapan Kambing Hitam


arti ungkapan kambing hitam

connectnigeria.com


Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Kambing Hitam.

  1. Nurdianto jadi Kambing Hitam atas peristiwa … yang terjadi kemarin.
  2. Kita harus fokus menyelesaikan masalah ini dan jangan mencari- cari Kambing Hitam!.
  3. Pelatih Persija Jakarta dijadikan Kambing Hitam atas kegagalan timnya meraih gelar juara pada perhelatan Liga Indonesia tahun lalu.
  4. Warga meyakini bahwa pak Sekdes sebetulnya tak bersalah dalam kasus korupsi dana desa. Dia hanya dijadikan Kambing Hitam pihak- pihak yang bersekongkol dengan Lurah Hermanto.
  5. Pemerintah diminta untuk tidak mencari Kambing Hitam atas polemik yang terjadi di Kementrian Hukum dan HAM.
  6. Pelemahan kurs rupiah terus terjadi sejak pekan lalu. Rupiah hamping menyentuh angka Rp. 13.900 per dolar AS. Bank Indonesia (BI), mengkambinghitamkan pengaruh global atas kejadian ini.
  7. Guru jadi Kambing Hitam dan murid jadi korban atas polemik Full Day School yang digagas oleh pemerintah.
  8. Saddil Ramdani dijadikan Kambing Hitam atas kekalahan Timnas U-19 Indonesia dari Thailand pada ajang Piala AFF U-19, Agustus lalu. Ini dikarenakan tingkahnya yang menyikut pemain timnas Thailand pada akhir babak pertama, sehingga menyebabkan pasukan Garuda bermain dengan 10 pemain.

 



ARTI UNGKAPAN KUDA HITAM


arti ungkapan kuda hitam

uefa.com

Arti Ungkapan Kuda Hitam adalah tidak diperhitungkan. Dalam arti yang lebih panjang. Kuda Hitam artinya adalah seseorang atau sekelompok orang dalam suatu kompetisi yang kemampuannya tidak diperhitungkan dan tidak dijagokan dapat memenangkan pertandingani. Namun ia mempunyai potensi kekuatan besar untuk tampil mengejutkan.

Makna istilah kuda hitam biasanya merujuk pada hal- hal yang berhubungan dengan kompetisi. Utamanya dalam bidang olahraga, seperti sepakbola, voli, balapan dan sebagainya. Selain itu ungkapan ini juga sering digunakan dalam bidang lain seperti halnya dalam bidang politik.

 


Contoh Kalimat Ungkapan Kuda Hitam


Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan ungkapan Kuda Hitam;

  1. Sejumlah tokoh disebut-sebut akan maju dalam Pilkada Kota …. tahun depan. Salah satunya adalah Dr. Risman Sayuti yang bakal menjadi Kuda Hitam dalam perebutan kursi Walikota tersebut.
  2. Tim Kuda Hitam Persegres Gresik berhasil mengalahkan Arema Indonesia dengan skor 1-0 di stadion Kanjuruhan, Kemarin sore.
  3. Dani Pedrosa menjadi Kuda Hitam dalam perebutan Gelar Juara MotoGP tahun 2018 ini.

Demikian artikel singkat mengenai arti ungkapan Kambing hitam dan juga arti ungkapan kuda hitam yang disertai dengan contoh kalimatnya. Artikel ini akan mengalami pembaharuan dalam jumlah kata ataupun penambahan- penambaha contoh lain dari dua ungkapan tersebut.

Terima Kasih, Tetap Semangat Belajar dan Berkarya …. #WASSALAM

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress