FAXIMILE Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Gambar

By | September 23, 2021

Faximile Adalah adalah alat yang dapat digunakan untuk mengirim atau menerima pesan dalam bentuk dokumen melalui kabel telepon analog atau pada perkembangannya bisa melalui jaringan internet.

Faxsimile atau faksimili atau fax seperti gabungan antara telepon, scanner, printer dan mesin fotocopy dalam satu mesin.

Ketika pengirim mengirim sebuah dokumen, maka penerima akan menerima dokumen yang sama persis. Maka dari itu, mesin ini disebut telecopier atau mesin fotokopi jarak jauh.

Jadi, Berbeda dengan email, whatsapp, line, messenger dsb yang mengirimkan data dalam bentuk file atau softcopy. Faksimile adalah alat pengiriman dokumen dalam bentuk fisik atau hardcopy.

Jadi, apa itu faximile? Mari kita bahas dalam contoh sederhana. Ketika misalnya kamu ingin mengirim salinan Dokumen “Kartu Keluarga” dari Bandung ke Jakarta. yang bisa kamu lakukan adalah:

  1. Mengirimnya Melalui Jasa Kurir
  2. Menscan dokumen, kemudian mengirimnya lewat email, kemudian nanti penerima akan mencetaknya di mesin printer
  3. Jika menggunakan mesin fax, kamu tinggal memasukan dokumen ke mesin fax, kemudian dokumen terkirim dan akan Tercetak otomatis dalam bentuk Kertas di mesin fax penerima. Mirip seperti mesin fotokopi, hanya saja ini penggunaanya secara jarak jauh.

Fungsi Faximile

simomot.com

Fungsi utama mesin faximile adalah untuk mengirim dan menerima pesan berupa dokumen. Terlebih dokumen tersebut adalah dokumen rahasia ataupun dokumen penting.

Mengirim dokumen dengan mesin fax dirasa lebih aman karena sulit untuk diretas dibandingkan menggunakan Email, apalagi jika mengirim menggunakan jasa kurir seperti misalnya Pos, JNE, JNT dsb yang waktunya lebih lama dan rentan hilang.

Mesin fax digunakan pada perusahaan, instansi dan lembaga. Terutama lembaga pertahanan dan perbankan. Ini dikarenakan data mereka sangat sensitif dan berbahaya jika dikirim melalui jaringan internet.

Selain mengirim dan menerima dokuman. Fungsi faksimile adalah untuk melakukan panggilan telepon, scanning dokumen ataupun melakukan fotokopi.

Ketika mengirim pesan penting, pengirim fax biasanya terhubung melalui panggilan telepon untuk memastikan data telah terkirim dan dibaca oleh orang yang tepat.

Cara Kerja Faximile

faxauthority.com

Untuk menggunakan faximile penerima dan pengirim harus memiliki mesin Fax. Namun, pada perkembangannya mengirim fax bisa dilakukan melalui Email, aplikasi tertentu atau layanan pihak ke-3 seperti cocofax, halofax dll.

Proses pengiriman fax melalui mesin faximile. Pertama pengirim perlu memasukan dokumen pada feeder mesin. Kemudian menekan nomor tujuan mesin fax.

Setelah itu mesin fax akan melakukan scanning pada dokumen dan mengubahnya menjadi sinyal listrik dengan bilangan biner 0 dan 1. Setelah itu sinyal akan ditransmisikan/dikirimkan melalui saluran kabel telepon pada mesin penerima fax.

Mesin fax penerima kemudian akan menerjemahkan sinyal atau bahasa mesin yang telah terkirim tadi menjadi suatu dokumen yang sama persis seperti apa yang dikirimkan. Setelah itu mesin faximile akan mencetaknya secara langsung.

Gambar Faximile

 

© Piyaphun Juntraverot

ouinolanguages.com

Demikian artikel mengenai apa itu definisi, fungsi dan cara kerja faximile, faksimili atau faksimile. Penggunaan fax memang jarang ditemukan dalam kehidupan masyarakat.

Penggunaannya hanya menyasar pada perusahaan-perusahan bisnis atau industri tertentu dimana keamanan dan kecepatan pengiriman data sangat diperlukan.

Sebelum email booming, penggunaan mesin fax gampang ditemui, sama seperti misalnya telepon umum. beberapa wartel juga menyediakan layanan pengiriman data via fax.

Di era internet seperti sekarang pengiriman data lebih mudah karena kita bisa mengirimkannya melalui berbagai aplikasi yang bertebaran. Menggunakan jasa pengiriman pun lebih cepat.

Ini berbeda dengan jaman dahulu dimana pengiriman logistik tidak secepat sekarang. Selain karena infrastruktur, layanannya pun sangat berbeda dari masa sekarang yang lebih baik dan juga cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress