MICROSOFT WORD: Pengertian, Sejarah & Fungsi Ms Word

By | Februari 1, 2020

Pengertian Microsoft Word – Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap orang adalah penggunaan program Microsoft Office. Terutama penggunaan Microsoft Word yang saat ini menjadi salah satu hal penting dalam melakukan sejumlah aktivitas terkait.

Kendati kerap diidentikan sebagai program untuk mengetik saja, nyatanya penggunaan program yang juga sering disingkat dengan Word ini memiliki banyak fungsi. Bahkan, Anda dapat melakukan beragam hal melalui program ini.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai program satu ini, tidak ada salahnya untuk mengulik lebih lanjut mengenai program yang dikeluarkan oleh Microsoft berikut:

Pengertian Microsoft Word

pengertian microsoft word

via pcworld.com

Pengertian Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, teks atau tulisan. Contohnya seperti pembuatan laporan, buku, makalah, jurnal dll.

Dalam definisi lain, Microsoft word adalah software yang berfungsi untuk membuat, mengedit dan memformat data dalam bentuk dokumen yang hasilnya bisa disimpan dalam bentuk softcopy (file) ataupun hardcopy (hasil print).

Microsoft word mempunyai beragam fitur yang dapat membantu kebutuhan para penggunanya. selain masukan huruf dan angka, word juga mendukung penggunaan gambar, tabel, word art, penomoran halaman dan format keluaran file yang beragam mulai dar .txt sampai format pdf.

Kesimpulan

Pengertian Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata yang berfungsi untuk membuat, mengedit atau memformat data dalam bentuk dokumen teks atau tulisan yang hasilnya bisa disimpan dalam bentuk softcopy (file) ataupun hardcopy (hasil cetakan printer)

Fungsi Microsoft Word

fungsi microsoft word

pixabay.com

Setidaknya microsoft word mempunyai 3 fungsi utama, disamping fungsi-fungsi lainnya yang juga tak kalah penting. Diantaranya adalah:

  • Untuk Pembuatan Dokumen
  • Untuk Pengeditan Dokumen
  • Untuk Alat Keluaran Dokumen (output)

Dengan menggunakan ms word kita dapat membuat dokumen baik itu dalam bentuk teks, tabel ataupun gambar, entah itu untuk keperluan pembuatan surat, makalah, laporan, jurnal ataupun teks lainnya.

Kita juga dapat mengubah isi dokumen tersebut seandainya terdapat kesalahan penulisan ataupun kelalaian. Ms. Word mendukung pengguna dalam hal perataan artikel, numbering ataupun spelling (pengejaan)

Hasil dari pembuatan dan pengeditan dokumen pun selanjutnya dapat kita simpan dalam bentuk file elektronik ataupun bentuk fisik berupa hasil cetakan mesin printer.

Manfaat Microsoft Word

manfaat microsoft word

pexels.com

Selain fungsi, microsoft word juga memiliki beragam manfaat, terutama untuk para pekerja kantoran, guru, pelajar ataupun mahasiswa. Berikut beberapa manfaat dari aplikasi ms, Word.

 

1. Memudahkan Pengguna untuk Mengolah Data Kata

Microsoft Word menjadi salah satu program pengolah data paling banyak dan mudah untuk ditemui. Bahkan, program satu ini dapat di-install baik di PC atau pun perangkat ponsel pintar.

Tidak heran jika Anda akan lebih mudah dalam mengolah data atau menyimpan data yang mengandung kata-kata di mana saja. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi berbasis Microsoft Word yang sudah dikembangkan untuk pengguna Android mau pun iOS.

2. Dapat Meminimalisir Kesalahan Penulisan

Sebelum penggunaan aplikasi pengolah kata, manusia menggunakan mesin tik atau tulisan tangan sebagai media penulisan. Hal yang sulit adalah ketika kita salah dalam satu ejaan tulisan dan mau tidak mau kita harus menghapus atau menulis ulang tulisan tersebut.

Hal ini berbeda dengan aplikasi pengolah kata seperti word, jika ada kata yang salah kita dapat langsung menghapusnya sebelum nantinya dicetak dalam bentuk hardcopy atau kertas print-nan.

3. Penggunaan Lebih Flexibel

Hal ini tentu saja akan memudahkan Anda dalam mengolah data kata menjadi data dengan format yang berbeda-beda. Tentu saja, salah satu manfaat dari penggunaan Microsoft Word ini akan sangat memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu.

Selain lebih praktis, penggunaan MS Word juga dinilai lebih efisien bagi banyak orang. Tidak heran jika hampir 90% orang lebih suka menggunakan MS Word untuk mengolah data kata.
Meminimalisasi Kesalahan pada Penulisan Kata

Dilansir dari laman Techwalla, MS Word memastikan setiap kata yang diketikkan merupakan kata yang benar. Jika kata yang diketikkan tidak sesuai dengan kata baku yang seharusnya, MS Word akan menggaris bawahi kata tersebut dengan garis berwarna merah. Tentu saja fitur satu ini akan sangat membantu bagi yang kerap mengetikkan kata dalam bahasa Inggris.

Apalagi, MS Word juga membantu mengoreksi pilihan kata dan grammar dari kalimat yang diketikkan. Anda pun tidak perlu lagi mengunduh atau membuka aplikasi pengecek grammar lain untuk menghemat waktu.

4. Memiliki Panel Navigasi yang Mudah Digunakan

Anda dapat melihat representasi dari setiap fungsi yang ditawarkan oleh MS Word.
Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memilih ikon yang sesuai dengan perintah yang diinginkan.

Bagi yang baru pertama kali atau bingung dengan setiap fungsi dari setiap panel navigasi, arahkan saja kursor pada ikon yang akan dipilih.

Penjelasan singkat mengenai fungsi ikon tersebut akan muncul secara otomatis. Anda bahkan dapat membuat tampilan data di MS Word menjadi lebih menarik dengan mamanfaatkan fitur-fitur yang ada.

Microsoft Word menjadi program pengolah data paling banyak digunakan. Program satu ini dapat di-install baik di PC atau pun perangkat ponsel pintar.

Sejarah Microsoft Word

microsoft word

techcrunch.com

Microsoft Word atau Microsoft Office Word pertama kali diluncurkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain selanjutkan dikembangkan untuk berbagai operation system (OS).

Versi-versi tersebut, misalnya adalah DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO Unix, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System versi 2003 dan 2007, perangkat lunak ini kemudian diberi nama Microsoft Office Word.

1. Tahun 1981-1990

Konsep dan ide Microsoft Word banyak diadaptasi dari Bravo, program pengolah kata pertama berbasis grafik yang diciptakan oleh Charles Simonyi. Bravo dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

Simonyi kemudian menggandeng Richard Brodie dan bersama-sama meninggalkan Xerox PARC untuk bergabung dengan Microsoft tahun 1981. Tanggal 1 Februari dua tahun kemudian, dimulailah pengembangan Multi-Tool Word.

Multi-Tool Word dirilis untuk IBM PC pada tanggal 25 Oktober 1983 dengan nama barunya, Microsoft Word. Pada saat itu, perangkat lunak yang menguasai dunia pengolah kata adalah WordStar dan WordPerfect.

Yang membuat Word berbeda dengan dua program pengolah kata pendahulunya tersebut adalah pengaplikasian konsep WYSIWYG (what you see is what you get), tampilan cetak tebal dan cetak miring, serta penggunaan tetikus atau mouse yang kala itu belum lazim digunakan.

Sementara, WordStar dan WordPerfect baru berhasil mengembangkan tampilan teks dengan penggunaan kode warna dan markup sebagai tanda cetak miring, tebal, dan sebagainya.

Setelah itu, di tahun 1985, dirilislah program Word for Macintosh dengan tampilan yang berbeda dari versi DOS. Word for Macintosh diprogram oleh Ken Shapiro dengan menambahkan konsep WYSIWYG di dalamnya. Program tersebut mendapat banyak perhatian dari para pengguna komputer.

Tahun 1987, versi Word for Macintosh selanjutnya pun dirilis. Diberi nama Word 3.0, versi ini memiliki banyak peningkatan dan fitur-fitur baru, tetapi ­bug-nya juga banyak. Sehingga, beberapa bulan kemudian, Microsoft mengganti Word 3.0 menjadi Word 3.01 yang lebih stabil.

Microsoft mengirim sebuah surat untuk semua user Word 3.0 terdaftar yang berisi salinan Word 3.01 secara cuma-cuma. Peristiwa ini menjadi kekeliruan termahal yang harus ditebus pada waktu itu. Di tahun 1989, versi Word 4.0 diluncurkan. Versi ini terkenal sangat sukses dan stabil digunakan.

2. Tahun 1981-1990

Word for Windows diluncurkan pada rentang waktu ini. Versi pertamanya (Word for Windows 1.0) diterbitkan tahun 1989 seharga $500. Namun, versi pertama dari Word ini tidak kompatibel jika digunakan pada versi OS Windows saat itu, sehingga penjualannya pun biasa saja.

Baru kemudian di tahun berikutnya, dirilislah Microsoft Windows 3.0 yang membuat penjualan Word for Windows 1.0 meningkat pesat karena memang didesain untuk digunakan pada Microsoft Windows 3.0. Dengan demikian, resmilah Microsoft Word sebagai pemimpin dunia pengolah kata.

3. Microsoft Word 2010

Versi ini merupakan versi terbaru yang dirilis oleh Microsoft untuk Office pada Windows dengan dukungan untuk Microsoft Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan bahkan Windows 8. Beberapa keunggulan Microsoft Word 2010, antara lain:

  • lebih ringan karena fitur-fitur yang tidak dibutuhkan sudah dihilangkan,
  • memiliki grafis 3D yang lebih baik,
  • mendukung standar format .odf (Open Document Format),
  • lebih mudah menyimpan format .pdf dan .xps,
  • dapat menyimpan dokumen di Cloud karena terintegrasi dengan Windows Live,
  • tersedia versi 32 bit dan 64 bit, serta
  • tampilan ribbon lebih sederhana dan mudah digunakan.

Demikian artikel singkat tentang microsoft office mulai dari pengertian atau definisi ms word, sejarah dan juga fungsi salah satu aplikasi office 365 ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress