10+ Contoh Iklan Lowongan Kerja Singkat & Menarik

By | Juli 7, 2020

Contoh Iklan Lowongan Kerja – Membuat teks iklan lowongan pekerjaan, entah itu untuk dipasang di koran, brosur, media sosial ataupun lainnya memang susah susah gampang.

Tak ada aturan baku tentang cara penulisan iklan lowongan kerja, hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita membuat iklan loker agar orang-orang tertarik dengan apa yang ditawarkan.

Semakin banyak orang yang melamar, maka, semakin banyak opsi yang dapat kita pilih untuk menentukan para pegawai sesuai dengan kriteria-kriteria yang kita harapkan.

Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja

contoh iklan lowongan kerja

pixabay.com

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan membuat iklan lowongan pekerjaan. Diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Buatlah Desain Iklan yang Menarik

Jika anda bergelut di bidang jasa kreatif dan membutuhkan para pelamar berusia muda, gunakanlah desain yang menarik. Anda bisa mendelegasikan tugas seperti ini pada freelancer atau menyuruh rekan untuk membuatkannya.

Selain desain, sertakan juga identitas perusahaan, deskripsi yang menarik dan juga benefit yang bisa calon pekerja dapatkan ketika berhasil gabung di perusahaan mereka.

2. Sebutkan Posisi yang Dicari dan Requirementnya

Anda harus menyebutkan posisi yang dicari, seperti misalnya, programmer, admin, costumer service, digital marketing. Sebutkan juga kualifikasi pelamar yang harus dipenuhi seperti lulusan pendidikan, usia, keahlian, sifat dan sebagainya.

3. Sertakan Alamat Pengiriman Lamaran dan Juga Deadline Penerimaan

Anda bisa menyertakan alamat dalam bentuk fisik ataupun alamat pengiriman dalam bentuk digital, seperti misalnya email, website dsb. Jangan lupa juga untuk menyertakan tanggal terakhir penyerahan berkas agar pelamar tidak salah menerima informasi.

Itu adalah tips untuk membuat lamaran kerja secara umum. Ini tentunya tidak berlaku jika anda membuka lowongan di koran dengan menggunakan iklan jenis baris.

 


CONTOH IKLAN LOWONGAN KERJA


Berikut ini adalah beberapa contoh iklan lowongan kerja baik itu yang dibuat dalam bentuk teks ataupun bentuk poster.

1. Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan di Koran (Iklan Kolom)

Iklan lowongan kerja biasanya dibuat dalam format kolom (iklan kolom atau display) atau pun format baris (iklan baris). Nah, berikut ini adalah contoh iklan lowongan kerja di koran menggunakan tipe kolom dan baris.

contoh-iklan-lowongan-kerja-di-koran

Gambar di atas adalah iklan display di koran, Iklan display cocok untuk media promosi lowongan kerja karena dapat memuat banyak informasi dan juga gambar pendukung. Tidak hanya hitam putih, kita bisa memesan iklan jenis ini dengan full colour agar lebih menarik pencari kerja.

Secara umum, biaya untuk pemasangan iklan ini dihitung dari:

  • Pemilihan warna, hitam putih atau full colour.
  • Lama pemasangan, ingin tampil di 2 edisi koran saja, atau 10 edisi koran.
  • Ukuran iklan dalam satuan mmk (milimeter kolom).

Oleh karena itu kita sebagai pemasang iklan, kita harus bisa memberi informasi terkait lowongan kerja secara jelas, lengkap dan padat dalam ukuran kolom yang telah kita tentukan sebelumnya.

Sebelum finalisasi dengan pihak koran, review dulu iklan yang telah didesain. Tempatkan diri kita sebagai pencari kerja saat membaca iklan. Jika terasa ada yang kurang segera perbaiki.

Contoh Iklan Lowongan Kerja di Koran

Iklan Lowongan Kerja I

Kami Perusahaan PT. Sinar Alam Raya unit Bandung, menerima lowongan kerja sebagai Office Boy dan Cleaning Service. (pria/wanita)

Persyaratan
1. Surat Lamaran Kerja
2. Foto Copy Ijazah Terakhir (minimal SD)
3. Photo Warna 3×4 3 lembar
4. Daftar Riwayat Hiodup
5. Foto Copy Ktp & KK
6. Surat Keterangan Berkelakuan Baik yang Masih Berlaku

Surat lamaran diantar langsung ke kantor kami, paling lambat tanggal 21 Mei 2021.
Alamat. Jalan Buah Batu No 12 C, Bandung – Jawa Barat (022-1939301).

Iklan Lowongan Kerja II

Dibutuhkan segera karyawan/karyawati untuk ditempatkan pada posisi kasir di Swalayan Indogrosir 22 Bogor Dengan persyaratan:

  1. Pria/wanita umur maks 30 tahun
  2. Minimal lulusan SMA/setara
  3. Jujur, Disiplin dan Rajin Shalat
  4. Mampu mengoperasikan komputer
  5. Belum menikah

Bagi yang memenuhi syarat, silahkan mengirimkan lamaran beserta data diri anda ke Alamat kami di Jalan Kahuripan No 13 Bogor (seberang Masjid Baiturrahman) atau email [email protected] paling lambat tanggal 20 Oktober 2022.

2. Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja di Koran

iklan-baris-lowongan-kerja

Iklan baris berbeda dengan iklan lowongan kerja berjenis display. Tampilannya sangat terbatas dan tak dapat memuat gambar pendukung. Selain itu hanya tersedia dalam format hitam putih dalam pemilihan warnanya.

Penghitungan biaya juga berbeda, karena dihitung dari banyaknya baris dalam iklan. Tiap baris pun ada batasan jumlah karakter yang bisa digunakan. Oleh karena itu penggunaan singkatan-singkatan sudah lumrah dalam iklan baris ini.

Meskipun wajar, sebaiknya kita gunakan singkatan yang memang sudah umum digunakan. Seperti Cr = dicari, gp = gaji pokok, hub = hubungi, dll. Usahakan semua informasi terkait kriteria, fasilitas, kontak semua tercantum dalam baris yang terbatas ini.

 

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

Cr:ADM Wnt,Max 27th,Blm Nikah,Min SMA,Jujur,Supel,TanggungJwb, Bisa Excel,Word hub:0817555757

Dicr:1.Admin (Bs B.Inggris) 2.ART Wnt, Hub Ibu Lola,Grand River Blok A No.144 T:082389765667

Dicari Adm.gudang, pria, max usia 35,min.Pengalaman 1 thn.Punya kendaraan sndr Hub.083345679876 lmrn dkrim ke jl anyelir no 23

Teller/ADM Toko(Wnt)Min.SMA Max30th,Area Sawojajar.Lmrnke: KRR PoBox1971MLG mlg

InginJadiGuruPAUD/TK.Ikuti Pendidikan&Plthn Lsg Disalurkan. Wnt,max35,hub:085476576321

Bth:Krywn/ti Max29th.MinSMA u/Resto di Sby.Lmr ke Email:[email protected]

3. Contoh Iklan Lowongan Kerja yang Menarik

lowongan-kerja-menarik

Lowongan di atas sangat menarik karena mempunya konsep berbeda dibandingkan dengan iklan lowongan pekerjaan seperti pada umumnya, terutama di bidang kesehatan yang dominan dengan nuansa formal.

Pemilihan warna yang cerah, ditambah ilustrasi kartun yang lucu, serta pemilihan font seperti di komik-komik membuat iklan sangat unik. Cocok dengan targetnya yaitu tenaga-tenaga kesehatan muda.

Iklan lowongan di atas juga memberi kesan bahwa dunia kesehatan gigi itu menyenangkan dan tidak kaku seperti yang dipikirkan banyak orang.

Memang diperlukan keberanian untuk menampilkan lowongan kerja dengan desain yang berbeda. Namun hasilnya lowongan kita akan mudah diingat dan mudah menarik calon pelamar kerja.

4. Brosur / Pamflet Lowongan Kerja

pamflet-lowongan-kerja

Pamflet adalah media cetak yang sering digunakan untuk promosi lowongan pekerjaan. Pada umumnya distribusi pamflet dilakukan di job fair atau tempat keramaian lainnya. Dengan ukurannya yang ringkas, media ini disukai baik oleh pencari kerja maupun penyedia lowongan.

Aspek desain adalah kunci supaya pamflet yang disebar dapat menarik calon pelamar kerja. Sesuaikan tema desain dengan lowongan yang ingin kita promosikan. Misalnya untuk industri kreatif, kita bisa menggunakan ilustrasi karakter dan perpaduan warna terang namun tidak norak.

Untuk bidang kesehatan, kita bisa gunakan foto tenaga kesehatan yang diambil secara profesional. Perpaduan warnanya tidak perlu gonjreng, warna-warna sejuk sangat cocok untuk bidang ini

Selain desain, kita harus perhatikan jenis kertas yang digunakan untuk mencetak pamflet. Kertas jenis Art paper cocok untuk memberi kesan profesional. Selain itu jenis kertas ini mengkilap dan tidak mudah lusuh.

Ukuran brosur juga harus dipertimbangkan. Sebaiknya tidak lebih dari A4 ukurannya, karena tujuan pamflet memang sebagai media promosi lowongan kerja yang ringkas dan mudah dibawa.

5. Poster Lowongan Kerja

poster-lowongan-kerja

Poster lowongan kerja sering kita jumpai di mading kampus dan acara job fair. Berbeda dari pamflet yang disebarkan, poster biasanya ditempel di tempat-tempat strategis yang ramai guna menarik calon pencari kerja.

Aspek yang harus diperhatikan dalam media ini sama dengan yang ada di pamflet, yaitu desain, jenis kertas dan ukuran. Untuk ukuran poster biasanya paling kecil A4 dan sering lebih besar. Tujuannya tentu agar mudah dilihat oleh calon pelamar kerja.

Jika ingin menggunakan media ini dalam promosi lowongan kerja, pastikan memilih tempat yang sesuai. Jangan sampai menempel sembarang atau menempel di properti orang lain tanpa ijin. Hal tersebut hanya akan menjatuhkan citra perusahaan kita.

6. Contoh Iklan Lowongan Kerja Administrasi

lowongan-kerja-admin

Di tiap perusahaan dalam bidang apapun selalu membutuhkan admin. Tugas admin antara lain merekap dan entry data, arsip data, membuat agenda, pengurusan dokumen-dokumen perusahaan, dll.

Dengan kata lain kemampuan menggunakan Word dan Excel adalah wajib bagi calon pelamar. Meskipun pihak perusahaan sering tidak mencantumkan kedua hal tersebut di kolom kualifikasi dalam lowongan yang mereka terbitkan.

7. Contoh Iklan Lowongan Kerja Sales & Marketing

lowongan-sales

Sales adalah bagian penting dalam perusahaan karena merupakan garda terdepan untuk memasarkan produk. Tidak heran bila hampir tiap hari lowongan kerja di bidang sales dan marketing terus bermunculan.

Untuk menarik calon sales, tentu kita harus membuat iklan lowongan kerja yang menarik seperti gambar di atas. Beberapa poin penting yang bisa kita ambil dari contoh iklan sales di atas adalah:

  • Desain yang profesional
  • Pemilihan warna yang pas, tidak terlalu ramai
  • Highlight posisi yang ditawarkan
  • Persyaratan lengkap
  • Tercantumnya tanggung jawab pekerjaan
  • Tercantumnya benefit seperti gaji dan tunjangan (hal penting yang membuat calon pelamar tertarik)
  • Jam kerja (hal sepele yang sering dilupakan perusahaan ketika membuat iklan lowongan)
  • Kontak dan alamat perusahaan tercantum jelas
  • Ilustrasi yang selaras dengan desain iklan

Tentu sangat baik jika bisa mengaplikasikan poin-poin tersebut dalam iklan lowongan sales yang kita buat.

8. Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

lowongan-kerja-bahasa-inggris

Perusahaan mutinasional, perusahaan nasional, startup, usaha lokal yang pasarnya internasional, sering menggunakan bahasa inggris dalam lowongan pekerjaan yang mereka buka. Tujuannya untuk mencari karyawan terampil dibidangnya namun juga mengusai bahasa inggris.

Memiliki karyawan dengan skill bahasa inggris yang bagus sangat penting untuk perusahaan. Terutama bila perusahaan tersebut bekerja sama dengan perusahaan asing, atau memiliki cabang di negara lain, atau membidik pasar internasional.

Dalam membuat iklan lowongan dalam bahasa inggris, tentu kita harus mengutamakan grammar yang benar. Jangan sampai ada salah kata atau grammar yang keliru, karena dapat menganggu image perusahaan.

Sebaiknya sebelum iklan diterbitkan, pihak perusahaan melakukan proof reading baik dari tim internal kantor atau menyewa jasa proof reader.

9. Iklan Lowongan Pekerjaan di Messaging App (Telegram, Whatsapp, Line, dll)

lowongan-kerja-telegram

Group-group lowongan kerja di Telegram, Whatsapp, Line, dll sangat banyak. Tiap hari puluhan lowongan kerja baru tersedia, dan ribuan calon pelamar melihat iklan lowongan yang kita posting.

Informasi yang kita posting harus lengkap dan sertai dengan nomor kontak untuk memudahkan pelamar yang ingin menghubungi.

Rutin lah untuk posting lowongan yang kita sediakan, karena postingan kita bisa dengan cepat tenggelam oleh iklan-iklan baru lainnya (asal jangan spam berlebihan).

Messaging app atau chat ini prospeknya sangat bagus sebagai media promosi lowongan pekerjaan karena gratis dan jangkauannya luas.

10. Contoh Iklan Lowongan Kerja di Media Sosial (Instagram, Facebook, Twitter, dll)

lowongan-kerja-instagram

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll bisa menjadi solusi untuk mempromosikan lowongan pekerjaan yang kita miliki. Tiap media sosial memiliki style nya masing-masing, jadi kita harus menyesuaikan iklan lowongan dengan platformnya.

Contoh di atas adalah iklan lowongan pekerjaan di Instagram. Sehingga desain iklan dibuat persegi (1:1) karena menyesuaikan dengan ukuran paling populer di Instagram. Tentu ukuran gambar di Facebook dan Twitter berbeda, jadi harus disesuaikan.

Agar lebih maksimal bisa bekerja sama dengan akun-akun khusus lowongan kerja yang sudah memiliki puluhan ribu follower. Sehingga iklan lowongan pekerjaan yang kita buat bisa dilihat oleh banyak orang.

11. Iklan Lowongan Kerja di Job Portal

iklan-job-portal

Keuntungan terbesar mempromosikan lowongan pekerjaan melalui job portal adalah iklan kita ditampilkan kepada calon pelamar yang sesuai.

Contoh:

Perusahaan kita bergerak di bidang digital marketing. Kita membutuhkan digital marketer dengan minimal 2 tahun pengalaman untuk area Jakarta. Maka iklan kita akan terkirim ke email para pencari pekerja yang:

  • Tertarik dengan digital marketer dan/atau
  • Memiliki pengalaman bekerja di digital marketing dan/atau
  • Berada di area jakarta

Kesesuaian iklan juga bisa sampai pada bagian umur, besar gaji yang diinginkan, dll. Hal ini tentu menguntungkan pemilik usaha karena bakal mendapat calon pekerja yang sesuai kriteria.


Demikian artikel singkat berkaitan dengan contoh iklan lowongan kerja, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress