30+ Macam-Macam Olahraga & Penjelasannya Serta Gambarnya (A-Z)

By | Juni 24, 2019

Macam Macam Olahraga – Ada begitu banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan. Setiap jenis olahraga tersebut mempunyai tantangan dan aturan tersendiri dalam permainan. Semuanya bisa anda pilih sendiri sesuai hobi dan tujuan masing-masing.

Diantara olahraga-olahraga tersebut, ada yang sangat menantang untuk dilakukan. Olahraga semacam skydiving, bungee jumping ataupun arum jeram. Sangat cocok dilakukan oleh anda yang menyukai tantangan.

Secara umum, selain bermanfaat untuk kesehatan olahraga juga bisa dijadikan sumber penghasilan atau pekerjaan. Kamu bisa menjadi atlit olahraga dan tentu saja bila kamu bisa menjuarai kejuaraan tertentu ada hadiah dan bonus yang melimpah.

Cabang-Cabang Olahraga

Jenis olahraga itu banyak sekali. Namun, beberapa diantara jenis olahraga memiliki cabang-cabang tersendiri dan biasa dipertandingkan dalam event semisal sea games, asian games ataupun olimpiade. Berikut ini diantara cabang-cabang olahraga tersebut:

a. Macam Macam Cabang Olahraga Resmi

  • Cabang Akuatik (lompat indah, renang, renang indah dan polo air)
  • Cabang Panahan
  • Cabang Atletik (Tolak peluru, lempar lembing, lompat jauh, lari dsb)
  • Cabang Bulu Tangkis
  • Cabang Bola Basket
  • Cabang Tinju
  • Cabang Kano
  • Cabang Sepeda
  • Cabang Berkuda
  • Cabang Anggar
  • Cabang Hoki Lapangan
  • Cabang Golf
  • Cabang Senam
  • Cabang Sepak Bola
  • Cabang Bola Tangan
  • Cabang Judo
  • Pentathlon Modern
  • Cabang Dayung
  • Rugbi Servan
  • Layar
  • Cabang Menembak
  • Cabang Tenis Meja
  • Cabang Taekwondo
  • Cabang Tenis
  • Triathlon
  • Cabang Bola Voli (Voli Indoor, Voli Pantai)
  • Cabang Angkat Besi
  • Cabang Gulat

b. Daftar Olahraga-Olahraga Lain

  • Arum Jeram
  • Parkour
  • Jetski
  • Airsoft Gun
  • Skydiving
  • Hiking
  • Panjat Tebing
  • Bungee Jumping
  • Zorbing dan lain sebagainya

Macam Macam Olahraga dan Penjelasannya

Berikut ini adalah macam macam olahraga yang biasa dilakukan. beberapa diantara olahraga ini mungkin kamu telah mengetahuinya. Namun mungkin sebagian lainnya kamu belum tahu atau belum pernah mendengarnya.

1. Arum Jeram

olahraga ekstrim

pixabay.com

Sebenarnya arung jeram adalah jenis olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan meskipun lebih banyak dikenal untuk bersenang-senang. Olahraga ini masuk ke dalam jenis olahraga mendayung di arus yang cukup deras sehingga melatih kekuatan tubuh anda secara keseluruhan.

Apalagi di Indonesia sendiri cukup banyak tempat rekreasi yang menyediakan fasilitas olahraga ini, sambil berolahraga juga sekaligus menikmati pemandangan alam di sekitar.

2. Badminton

pixabay.com

Menjadi salah satu cabang olahraga yang menggunakan raket dan sangat terkenal di seluruh dunia. Permainan ini menggunakan shuttlecock sebagai bola yang harus dipukul menggunakan raket melewati net yang sudah dipasang.

Ada lima partai dalam permainan ini yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran. Pemain akan dinyatakan menang ketika mampu memenangkan pertandingan dalam 2 set permainan, jika didapatkan hasil seri maka akan ada set tambahan sebagai penentuannya.

3. Bungee Jumping

cnn.com

Olahraga ini memang menjadi salah satu dari kelompok olahraga ekstrim dan menarik. Anda harus melakukan lompatan dari ketinggian tertentu bahkan hingga puluhan meter, tentunya dilengkapi dengan tali dan set pengaman di tubuh.

Sehingga ketika lompat anda akan merasakan seperti sedang terbang dan ada sensasi yang mampu meningkatkan adrenalin. Ada begitu banyak tempat yang menyediakan fasilitas bungee jumping untuk anda coba tentunya dengan pengawasan ahlinya.

4. Jet Ski

Untuk yang senang olahraga berhubungan dengan air dan basah-basahan pastinya akan suka olahraga jet ski. Anda akan menggunakan boat yang dijalankan dengan tenaga motor dan mengendarainya dengan kecepatan tinggi di atas air.

Tentunya ada kesulitan tersendiri ketika harus mengendarai semacam motor di atas air dengan gelombang yang ada di sana, sehingga anda harus benar-benar menjaga keseimbangan dan melakukan kontrol secara optimal.

5. Mendaki Gunung (Hiking)

bermanzi.co.za

Mendaki gunung memang menjadi hobi dari begitu banyak orang yang selain melakukannya untuk olahraga juga sekaligus dapat menikmati alam di pegunungan yang sangat luar biasa. Saat bisa mencapai ke puncak tentu saja akan menjadi kepuasan tersendiri untuk anda rasakan.

Apalagi setiap gunung akan memiliki tantangan dari track yang harus dilalui masing-masing. Sehingga bisa juga dijadikan sebagai sarana untuk menenangkan diri dari tuntutan pekerjaan sehari-hari.

6. Panahan

cabang olahraga

pixabay.com

Mungkin jika dilihat sekilas melakukan olahraga panahan ini cukup mudah, tetapi sebenarnya ada berbagai teknik yang harus dipelajari dengan baik. Apalagi anda harus mengarahkan busur panah ke sasaran yang tepat.

Kekuatan tangan saat menarik tali busur dan fokus untuk mencapai titik target tentunya dibutuhkan latihan yang cukup. Bahkan olahraga ini juga sudah mulai banyak digemari oleh wanita hingga ke jenjang yang profesional.

7. Selancar

pixabay.com

Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya memiliki begitu banyak laut dengan ombak yang menyenangkan untuk digunakan sebagai tempat olahraga selancar. Maka olahraga ini juga cukup populer di Indonesia, bahkan banyak orang dari luar negeri yang sengaja datang ke sini untuk menikmati ombak di lautan Indonesia untuk berselancar.

Olahraga air ini mengharuskan anda menyeimbangkan tubuh di atas papan selancar dan melalui ombak yang datang. Sehingga memang tidak hanya kekuatan kaki tetapi juga fisik lainnya penting untuk bisa menopang tubuh di atas papan saat ombak sedang menggulung.

8. Anggar

macam macam olahraga

pixabay.com

Anggar masuk dalam salah satu jenis olahraga bela diri yang memiliki keunikan tersendiri. Selain pakaian yang digunakan juga ada pedang khusus yang harus dimainkan selama melakukan olahraga ini.

Dalam olahraga ini kelengkapan pedang bisa digunakan untuk menusuk, menangkis dan berbagai teknik gerakan lainnya. Tentunya sudah dijamin aman karena pedang tersebut cukup lentur dan tidak akan melukai.

9. Airsoft Gun

pixabay.com

Anda bisa merasakan menggunakan senjata dengan olahraga airsoft ini. Menggunakan replika dari senjata api namun menggunakan peluru khusus yang tidak berbahaya. Kemudian untuk melakukan olahraga ini harus dilakukan dalam tim dan dibuat seperti simulasi peperangan.

Sehingga hampir sama dengan olahraga permainan namun ada unsur ketegangan yang lebih untuk anda rasakan selama melakukan olahraga ini.

10. Basket

pixabay.com

Basket tentu saja sudah menjadi salah satu olahraga paling terkenal di dunia. Salah satu jenis olahraga permainan yang menggunakan bola ini memang dilakukan secara tim dengan berusaha memasukkan bola ke ring lawan sebanyak mungkin.

Tentu saja ada berbagai teknik melempar bola yang harus dikuasai untuk bisa menyelesaikan olahraga permainan ini dengan baik. Biasanya olahraga ini dilakukan di lapangan yang tertutup untuk pertandingan profesional.

11. Renang

jenis jenis cabang olahraga

pixabay.com

Olahraga air satu ini memang cukup menyenangkan tetapi jika anda tidak menguasai tekniknya maka akan berujung fatal ketika terjadi kram di dalam kolam. Ada berbagai gaya renang yang bisa dicoba dan tentunya memiliki tantangannya sendiri-sendiri.

Jenis olahraga ini banyak juga disarankan untuk orang yang ingin menambah tinggi badan atau sedang menurunkan berat badan karena bukan jenis olahraga terlalu berat tetapi mampu membakar cukup banyak kalori.

12. Sepak Bola

pixabay.com

Olahraga sepak bola ini seakan sudah menjadi jenis olahraga permainan yang bisa menyatukan hingga membuat geger seluruh dunia. Dalam satu tim akan dimainkan oleh 11 orang dan olahraga ini bahkan sudah dimainkan hingga 200 negara serta lebih dari 250 juta orang di seluruh dunia.

Konsep permainannya adalah siapa yang paling banyak mencetak gol di gawang lawan dengan menggiring bola sepak akan menjadi pemenangnya. Kerjasama tim yang baik adalah kunci dari kemenangan dalam olahraga permainan ini.

Selain itu ada aturan dasar yang harus dipahami oleh para pemain yaitu sama sekali tidak boleh menyentuh bola menggunakan tangan kecuali pada saat tertentu sesuai peraturan permainan.

13. Voli

cabang olahraga bola voli

pixabay.com

Olahraga bola voli dimainkan dengan satu tim terdiri dari 6 orang dengan tujuan memukul bola untuk bisa melalui net dan masuk ke area permainan lawan sehingga bisa mencetak angka.

Ada dua variasi permainan bola voli ini yaitu lapangan dan pantai, perbedaannya hanya lokasi permainannya yang menggunakan lapangan serta pantai yang memang berpasir sehingga memberikan tantangan tersendiri untuk pemainnya.

14. Tenis

pixabay.com

Pada dasarnya ada dua jenis olahraga ini yaitu tenis lapangan dan tenis meja namun dengan konsep yang hampir sama. Pemain akan memukul bola menggunakan raket untuk melalui net dan masuk le area permainan lawan.

Tenis meja tentunya akan dilakukan di meja khusus dengan bola yang kecil dan ringan, sedangkan untuk tenis lapangan raketnya lebih besar dan tebal dilengkapi bola khusus.

15. Berkuda

olahraga berkuda

cnn indonesia.com

Dalam olahraga ini akan dibutuhkan kerjasama yang baik antara anda dan kuda pacuan sehingga bisa melalui semua rintangan yang ada.

Bagi anda sebagai penunggang kudanya maka perlu memiliki kebugaran fisik, keterampilan serta mengetahui berbagai teknik untuk mengendalikan kuda yang digunakan agar bisa melewati setiap rintangan dengan baik dan benar.

Memang tidak sepenuhnya keberhasilan di olahraga ini ditekankan pada anda tetapi juga bagaimana performa kuda yang ditunggangi.

16. Catur

jenis jenis cabang olahraga

pixabay.com

Catur menjadi olahraga yang tidak banyak bergerak atau mengeluarkan keringat tetapi sangat memeras otak. Olahraga ini memiliki keunikannya sendiri karena anda harus berpikir keras mengalahkan lawan dengan mengambil langkah tepat pada setiap pion yang dijalankan.

Tentunya permainan ini hanya bisa dilakukan oleh dua orang secara berpasangan dalam waktu yang sudah ditentukan jika dalam sebuah pertandingan.

17. Sepak Takraw

olahraga bola kecil

pixabay.com

Sebenarnya secara konsep olahraga sepak takraw ini hampir sama dengan bola voli karena dengan net yang juga agak tinggi. Namun perbedaannya dalam permainan ini bola dipassing menggunakan tendangan kaki.

Sehingga untuk anda yang ingin melakukan olahraga permainan ini harus memiliki kekuatan kaki yang cukup serta menguasai tekniknya agar tidak sampai terjadi cedera saat olahraga sepak takraw.

18. Tinju

pixabay.com

Dua orang akan bertemu dalam ring dan berusaha saling mengalahkan dengan teknik tinju yang dimiliki. Kelengkapan dalam olahraga beladiri ini adalah sarung tinju dan pelindung gigi.

Setiap pukulan akan memiliki nilai tersendiri sesuai ketentuan yang berlaku, kemudian pemain yang memiliki skor tertinggi adalah pemenangnya.

19. Senam

Anda harus memiliki kecepatan, kelenturan, gerakan fisik yang serasi dan kekuatan pada berbagai bagian tubuh. Ada beberapa model senam yang bisa dicoba seperti senam lantai, palang tak seimbang atau balok keseimbangan.

Bahkan salah satu keuntungan dari olahraga ini adalah bisa dilakukan dimana saja bahkan di rumah anda. Ada begitu banyak gerakan yang bisa dicoba untuk mendapatkan manfaat kebugaran di seluruh bagian tubuh anda.

20. Free Diving

performancefreediving.com

Cukup berbahaya jika dilakukan oleh orang yang belum profesional dan dibutuhkan banyak latihan untuk bisa melakukan freediving ini. Secara pertandingan yang harus dilakukan adalah bagaimana seorang penyelam bisa menyelam ke dalam air tanpa bantuan berbagai jenis alat selam.

Sehingga kekuatan menyelam dan panjangnya nafas mampu ditahan menjadi hal yang dipertimbangkan dalam olahraga ini.

21. Bersepeda

macam macam olahraga

pixabay.com

Kegiatan bersepeda tentu menjadi salah satu olahraga yang sangat menyenangkan apalagi ini adalah hal yang juga biasanya suka dilakukan saat masih kecil.

Anda bisa menantang diri sendiri untuk bersepeda di daerah yang memiliki track menanjak, landai, menurun hingga bersepeda di gunung.

Tentunya dibutuhkan keberanian dan kemampuan untuk menaklukkan setiap tantangan dengan baik, apalagi jika anda bersepeda di alam bebas bisa sekaligus menikmati pemandangan yang ada di sekitar.

22. Muay Thai

Olahraga yang berasal dari Thailand ini memang sedang populer dan banyak digemari di Indonesia, konsepnya hampir sama dengan tinju namun dengan teknik tendangan atau pukulan yang sedikit berbeda.

Dengan melakukan jenis olahraga ini maka anda bisa membakar lebih banyak kalori, menghilangkan timbunan lemak di beberapa bagian tubuh dan tentunya membantu untuk membentuk tubuh menjadi lebih indah.

23. Parasailing

Dengan bantuan alat mirip balon udara maka anda akan diterbangkan dari ketinggian, ada yang hanya memanfaatkan angin secara alami ada yang menggunakan mesin boat untuk mengatur kecepatan dan membuat anda melayang.

Tentunya selain menantang juga ada sensasi tersendiri ketika anda melihat pemandangan sekitar dari ketinggian.

24. Skydiving

pixabay.com

Dibawa menggunakan pesawat ke ketinggian tertentu sebelum akhirnya harus melompat dari pesawat. Tentunya menjadi tantangan yang sangat meningkatkan adrenalin anda saat mencobanya.

Tentu harus tetap diawasi oleh ahlinya ketika anda ingin mencoba olahraga ini karena harus tepat waktu saat akan menarik serta melepaskan sailing yang akan membantu anda untuk bisa mendarat dengan selamat.

25. Autocross

Meskipun menjadi jenis olahraga yang baru berkembang, tetapi autocross sudah sangat banyak digemari terutama oleh anak muda. Anda harus menggunakan sotor sport khusus yang bisa digunakan untuk mencapai garis finish saat balapan dengan kondisi lintasan yang memang sudah penuh dengan tantangan untuk diselesaikan.

26. Ice Climbing

Olahraga ini disebut juga dengan panjat tebing es dengan menggunakan alat bantu khusus untuk bisa melalui medan yang ada dan memanjat sampai ke puncak tanjakan es tersebut. Tentu saja yang tercepat akan menjadi pemenangnya, namun sisi lain dari olahraga ini adalah bagaimana tantangan suhu serta licinnya es yang harus dilalui untuk bisa sampai ke bagian puncak.

27. Parkour

pixabay.com

Parkour adalah olahraga yang sangat membutuhkan keseimbangan dan kelincahan. Anda harus melalui tantangan bahkan olahraga ini bisa dilakukan dimana saja dengan kondisi yang berbeda.

Meloncat melewati pagar, tembok dan lainnya hingga melakukan salto 360 derajat secara penuh tentunya bukanlah hal yang mudah. Setelah menguasai berbagai teknik parkour ini mungkin anda akan merasa seperti ninja yang bisa melalui berbagai rintangan di sekitar.

28. Pool Running

Pool running memang jenis olahraga yang sangat unik karena anda harus melalui lintasan yang ada di dalam kolam dengan cara berlari. Tentunya dorongan dan beban air di dalam kolam menjadi tantangan tersendiri untuk bisa sampai ke ujung lintasan dengan cara tersebut.

Bukanlah hal yang mudah untuk bisa melakukan pool running ini. Anda bisa mencobanya sendiri untuk mengetahui bagaimana beratnya olahraga ini namun tetap menarik sebagai olahraga selingan.

29. Zorbing

30. Golf


Dengan mengetahui berbagai cabang olahraga tidak hanya yang ada di Indonesia tetapi juga berbagai negara lain tentunya akan membantu anda menemukan mana yang cocok untuk dilakukan.

Setidaknya anda mengetahui ada begitu banyak jenis olahraga yang menantang dan menarik untuk dicoba.

Selain mendapatkan manfaat tubuh yang menjadi lebih bugar dan sehat tentu saja anda bisa mendapatkan keuntungan lainnya dari setiap jenis olahraga, apalagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman anda lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress