KAMPUNG INGGRIS : Lokasi, Sejarah, Biaya dan Daftar Lembaga Kursus di Pare

Kampung Inggris Pare – Kampung inggris adalah sebutan untuk desa Pelem dan Tulungrejo yang dimana di kedua desa tersebut terdapat banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris. Totalnya, ada lebih dari 100 lembaga kursusan bahasa Inggris dan beberapa kursusan bahasa Arab, Jepang, Korea, Spanyol, Prancis dan Mandarin.

Kedua desa tersebut (Pelem dan Tulungrejo) terletak di Kecamatan Pare, sehingga nama kampung Inggris sering juga diidentikan dengan nama “Pare”. Letak kampung Inggris ada di Kediri, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya sekitar 20 Kilometer dari pusat kota Kediri.

Kampung Inggris didirikan oleh Kalend Osein (Mr. Kalend). Awalnya beliau mendirikan sebuah kursusan bernama Basic English Course (BEC) pada 25 Juni 1977 di dusun Singgahan – Desa Pelem. 10 tahun lebih Kalend muda membangun kursusannya sendirian, hingga pada akhirnya, lambat laun para pencari ilmu yang datang ke BEC pun semakin membludak di tahun 90-an.

Karena animo masyarakat yang ingin belajar bahasa Inggris begitu tinggi, maka, dimasa tersebut Mr. Kalend mendorong para alumninya di BEC untuk membuka kursusan-kursusan serupa agar pembelajaran tidak hanya terpusat pada BEC saja.

Lembaga-lembaga kursusan bahasa Inggris lain pun mulai berdiri. Sampai akhirnya memunculkan istilah yang kita kenal sekarang ini, yakni “Kampung Inggris”.

Lokasi Kampung Inggris

Pare, Kediri, Jawa Timur. Letaknya kurang lebih

  • 20 Km dari Pusat kota Kediri.
  • 20 Km dari Jombang
  • 55 Km dari kota Malang.
  • 85 Km dari Kota Surabaya.

Rute ke Kampung Inggris bisa melalui Stasiun Kediri (19 km), Terminal Kediri (20 km), Stasiun Jombang (22 km), Bandara Juanda (79 km),  Tanjung Perak (87 km).

 

Tentang Lembaga Kursusan di Kampung Inggris Pare

kampung inggris
elfast-pare.com

Kampung Inggris bukan nama sebuah kursusan, melainkan sebuah “Julukan”. Kampung Inggris tidak dimiliki oleh perseorangan ataupun perusahaan. Jadi, pada umumnya, antara lembaga satu dan lembaga lainnya tidak mempunyai keterikatan bisnis.

Mayoritas pendiri lembaga-lembaga kursusan di Kampung Inggris adalah Alumni-alumni dari program BEC yang menerapkan metode-metode pembelajaran yang mereka dapatkan disana kemudian mengembangkannya.

Selain Alumni BEC, beberapa lembaga lainnya juga didirikan oleh mereka yang mengenyam pendidikan formal perkuliahan atau masyarakat umum yang sengaja datang ke Kampung Inggris untuk mendirikan kursusan.

Seperti dijelaskan sebelumny. DI kampung Inggris Pare ada lebih dari sekitar 100 kursusan bahasa Inggris. yang mempunyai kekurangan, kelebihan dan ciri khas masing- masing. Entah itu dari sisi biaya, program yang disediakan, fasilitas kelas dan lain sebagainya.

Kamu bebas memilih mau kursus di Lembaga manapun. tidak ada keharusan untuk hanya memilih belajar di satu lembaga saja. sebagai panduan dalam memilih kursusan di kampung Inggris kami telah menuliskannya dalam sub bagian tersendiri. 

Sebagian panduan awal dalam memahami apa itu Kampung Inggris, berikut adalah daftar beberapa lembaga kursusan yang ada di kampung inggris. 

Daftar Lembaga Kursusan di Kampung Inggris Pare

NONAMA LEMBAGANONAMA LEMBAGA
1Basic English Course (BEC)26Webster
2Happy English Course 1 (HEC 1)27Access-ES
3Happy English Course 2 (HEC 2 )28Einstein
4The Daffodils29R&B
5Elfast30Bhisma
6Global English31SEED
7Nebraska32Fabelia
8Smart 33Twenty Second
9Kresna34Jawara
10FEE Center35Mr. Pepsi
11Mr, Bob36Al-Azhar (Arab)
12New York37Logico
13Peace38AEC
14Harvard39The Onthel
15Brilliant40Melbourne
16Manggala41Ar- Rahman
17TEST42The Bees
18Titik Nol43Kunci
19English Studio44The Key
20Britain45
21Bule House46
22Zooper47
23Language Center48
24Liberty


Tipe – Tipe Lembaga Kursusan


brilliant pare

Calon pelajar yang datang ke Kampung Inggris pare kadang kebingunan perihal program atau lembaga mana yang harus mereka pilih karena terlalu banyaknya pilihan. Kami akan sedikit memberi penjelasan tentang perbedaan-perbedaan antara kursusan satu dengan lainnya.

Nah, agar lebih mudah memahaminya, kamu bisa menganalogikan kursusan–kursusan di Pare dengan sekolah-sekolah misalnya SMA di kota kamu. Sekarang hitung berapa banyak sekolah SMA dan SMK yang ada dikotamu itu.

Anggaplah misalnya ada 10 SMA dan 10 SMK Swasta. dari ke 20 sekolah tersebut. Walaupun levelnya sama-sama SMA, pasti dong ada perbedaannya? Entah itu dari biayanya, gedung, fasilitas belajar mengajarnya, akses, reputasi sekolah, pengajar dan juga lulusan- lulusannya.

Begitupun dengan lembaga-lembaga di kampung Inggris. mereka punya kelebihan kekurangan tesendiri. Secara pribadi, kami membagi lembaga-lembaga kursusan Bahasa Inggris kedalam 3 kelas, yakni Grade A, Grade B dan Grade C.

 

1. Lembaga Kursusan Grade A

Lembaga kursusan yang termasuk dalam kategori ini adalah lembaga dengan jumlah member yang stabil setiap bulannya. Umumnya mereka sudah eksis cukup lama di Pare dan banyak dikenal meskipun hanya dari mulut ke mulut. Lembaga kategori A umumnya memiliki ciri- ciri:

  • Jumlah pendaftar setiap bulannya >50 
  • Manajemen Bisnis kelembagaan yang baik
  • Manajemen kelas yang Baik
  • Materi Pembelajaran Terstruktur dan berbobot
  • Tutor- tutor yang berpengalaman
  • Mampu menciptakan lingkungan kelas yang Kondusif 
  • Mampu menciptakan tenaga pengajar baru melalui program-program unggulannya (regenerasi).
  • Stabil Dalam Segala Hal

Keuntungan Memilih Lembaga Tipe A

  • Kurikulum atau Materi Pelajaran yang diberikan lebih terstruktur karena dihasilkan dari proses pengembangan selama bertahun- tahun.
  • Memiliki tutor- tutor yang berpengalaman.
  • Biaya pendaftaran di beberapa Kursusan tipe biasanya sedikit Mahal.

2. Lembaga Kursusan Grade B

Lembaga kursusan tipe ini adalah lembaga kursusan yang dalam proses perkembangan atau kadang stuck dalam urusan pemasaran. Ciri- ciri lembaga tipe B diantaranya:

  • Jumlah pendaftar setiap bulannya berkisar 10-50 peserta
  • Manajemen bisnis cukup baik
  • Memiliki tutor- tutor yang masih fresh (baru) dan belum berpengalaman 
  • Kurikulum masih berubah- ubah
  • Bangunan kursusan berupa rumah- rumah atau ruko yang dimodifikasi.
  • Kelas- kelas yang ditawaran terbatas dan umumnya menawarkan program Paketan.

Keuntungan Memilih Lembaga Tipe B

  • Karena jumlah pesertanya sedikit, Hubungan antara pelajar dan pengajar bisa lebih insentif, pelajar bisa menggali lebih banyak ilmu kepada tutor- tutor di luar jam pelajaran resmi.

 

3. Lembaga Kursusan Grade C

Lembaga kursusan yang kami kategorikan sebagai kursusan tipe C adalah lembaga-lembaga yang biasanya hanya muncul pada program Holiday atau masa liburan sekolah. Mereka biasanya membuka kelas dadakan dengan membawa rombongan- rombongan SD, SMP atau SMA dari luar kota.

Satu hal yang harus diperhatikan untuk Bapak-Ibu guru sekalian yang ditawari paket belajar Holiday ke Kampung Inggris adalah mengkroscek terlebih dahulu eksistensi lembaga tersebut.

Dalam beberapa kasus ada rombongan-rombongan siswa yang ditelantarkan ketika sampai di kampung Inggris pare karena ulah oknun-oknum tak bertanggung jawab yang membawa embel-embel nama Kampung Inggris tersebut.

 


Apa Yang Membedakan Lembaga Kursusan Satu Dengan yang Lainnya?


bec pare

Berikut ini adalah beberapa hal yang membedakan antara kursusan 1 dengan kursusan lainnya. Selain ukuran Grade yang ditulis pada bab sebelumnya.

1. Pilihan Program

Pilihan program atau kelas yang dapat kamu ambil di Kampung inggris pare diantaranya, kelas speaking, grammar, vocabulary, pronounciation, TOEFL, IELTS, listening, reading, writing, Public Speaking dan Job Interview. yang kesemuanya memiliki level- level mulai dari basic sampai mahir.

Kadang ada lembaga yang hanya mengkhususkan hanya membuka program untuk kelas TOEFL saja atau IELTS saja. Namun ada juga kursusan yang membuka kelas untuk semua program yang disebutkan diatas.

  • Kelas Speaking adalah kelas untuk kamu yang ingin jago berbicara dalam bahasa Inggris. Di pare ada level- level untuk kelas ini mulai dari level yang paling dasar khusus untuk kamu yang belum bisa sama sekali ngomong bahasa Inggris sampai kelas mahir.
  • Kelas Grammar adalah kelas untuk kamu yang ingin paham tentang Grammar bahasa Inggris, biasanya diambil oleh orang-orang yang ingin menguasai keahlian Writing Bahasa Inggris, tes TOEFL dll
  • Kelas Pronunciation atau pengucapan bertujuan agar lidah kita terbiasa mengucapkan susunan kata perkata dalam bahasa Inggris sama seperti para native atau orang bule mengucapkannya. Bagaimana letupan dalam setiap huruf dan sebagainya.
  • Kelas Vocabulary adalah kelas yang khusus untuk menambah kosakata bahasa Inggris kita. Kelasi ini juga berjenjang mulai dari mempelajari vocab- vocab dasar seperti kata kerja bahasa Inggris sampai kosakata kosakata yang paling rumit.
  • Kelas TOEFL/IELTS – Untuk mengambil kelas TOEFL biasanya kamu harus mengambil program satu paket langsung. dengan 4-5 pertemuan setiap hari.
  • Paket Program umumnya adalah gabungan dari pembelajaran speaking, grammar, vocab dan Pronounciation. Artinya dalam satu hari kamu akan belajar 4-5 pertemuan dengan materi-materi tersebut.
  • Di kampung Inggris pare juga ada program untuk Job Interview, public speaking, listening, reading Writing dan lain sebagainya. Namun urutan 1-4 adalah program program dasar yang harus kita kuasai terlebih dahulu.

 

2. Reputasi Kursusan

Ada kursusan- kursusan tertentu yang memiliki reputasi baik di suatu satu bidang, Misalnya kursusan A terkenal dengan program Speakingnya, lembaga B dengan Grammarnya dll.

Contoh lembaga kursusan yang terkenal dengan Grammarnya adalah Kresna, Smart dan Elfast. semua orang yang pernah ke pare tahu hal itu dan pasti menjawab kata yang sama jika ditanya tentang tempat kursusan grammar terbagus.  

Begitupun untuk kelas TOEFL, speaking dan lain sebagainya. Ada lembaga- lembaga lain yang menyandang predikat tersebut. 

Bersambung .. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *