FAX Adalah : Apa Itu Nomor Fax Toko, Npwp & Contohnya

Fax Adalah kependekan dari faximile (faksimile), fax adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat.

Mesin fax digunakan oleh kantor-kantor pemerintahan ataupun swasta. Setiap kantor umumnya memiliki mesin faximile karena kegunaannya cukup penting, terutama untuk hal-hal yang berhubungan dengan dokumen.

Dengan mesin fax, seseorang dapat mengirimkan dokumen dengan cepat tanpa harus mengirimkan dokumen tersebut melalui kantor pos ataupun jasa pengiriman lainnya.

Fax Adalah

nomor fax
pixabay.com

Seperti dijelaskan sebelumnya, fax adalah sebuah alat komunikasi berupa mesin yang bisa mengirim dan menerima pesan dalam bentuk dokumen melalui jaringan telepon.

Dengan mesin fax, dokumen yang nantinya dimasukan ke mesin fax pengirim akan di scan dan diubah kedalam sinyal listrik. Setelah itu sinyal listrik tersebut akan dikirimkan ke mesin fax penerima melalui kabel listrik.

Pada mesin fax penerima, sinyal listrik akan diterjemahkan kedalam bahasa mesin sehingga menjadi bentuk file yang sama seperti dokumen yang dikirim. Setelah itu mesin fax akan mencetak salinan dokumen tadi kedalam bentuk kertas atau hardcopy.

Jadi, bisa dibilang mesin faximile atau faksimile adalah mesin yang bisa menteleportasikan atau memfoto copy dokumen dari satu tempat ke tempat lain. Maka dari itu, mesin fax juga dinamai dengan mesin telecopy.

Nomor Fax Adalah

Nomor fax adalah deretan angka yang digunakan sebagai pengenal antara mesin fax 1 dengan mesin fax lainnya. Nomor faksimile berfungsi untuk identitas pengirim & penerima pesan.

Angka pada nomor faximile sendiri sama seperti nomor pada telepon rumah. Ia biasanya diawali kode wilayah kemudian diikuti beberapa digit nomor dibelakangnya.

Contoh nomor fax misalnya (021) 3851193, (022) 4203450. Dimana tiga digit nomor diawal adalah nomor kode wilayah, 021 untuk wilayah Jakarta, 022 wilayah Bandung dst. Sedangkan nomor dibelakangnya adalah nomor faksimile.

No fax biasanya muncul ketika kita ingin mendaftar sesuatu entah itu untuk NPWP atau ketika ingin mendaftar toko di tokopedia.

Jika anda menemui kolom nomor faximile di sebuah formulir pendaftaran, sebetulnya anda bisa mengosongkan kolom tersebut karena biasanya ia hanya bersifat optional (bisa diisi & bisa dikosongkan).

Apakah Mesin Fax Masih Digunakan?

Sebelum munculnya era internet. Mesin fax menjadi primadona untuk hal kirim mengirim dokumen. Bukan hanya diperkantoran, masyarakat umum pun banyak yang memiliki mesin fax di rumahnya.

Namun, seiring berkembangnya jaman, mesin fax sudah dilupakan, terlebih setelah munculnya era email yang membuat aktivitas kirim mengirim pesan dapat dilakukan dengan mudah.

Adapun, di jaman sekarang, mesin faksimile masih banyak digunakan di perkantoran. Meskipun ada fasilitas email dan lain sebagainya, bagi dunia perkantoran mesin fax memiliki keunggulan tersendiri karena bisa mencetak dokumen secara otomatis.

Selain itu, berkirim dokumen dengan mesin fax juga dirasa lebih aman. Ini dikarenakan umumnya proses kirim mengirim pesan fax dilakukan melalui jaringan kabel telepon. Dengan seperti itu dokumen lebih aman dari aktivitas peretasan.

Bagaimanapun, bagi sebagian pihak, keamanan dokumen menjadi hal yang sangat penting, terutama dokumen yang bersifat rahasia, seperti misalnya dokumen keuangan, perjanjian dsb.

Nah, itulah tadi kurang lebih artikel singkat mengenai apa itu fax atau faximile dan juga nomor fax. Umumnya orang yang mencari informasi tentang ini adalah mereka yang mendapati kolom fax di formulir pendaftaran online, entah itu untuk mendaftar legalitas perusahaan, toko online dan lain sebagainya.

Adapun, biasanya dalam sebuah formulir, kolom fax adalah kolom yang bisa diisi atau dilewati. Anda bisa mengosongkannya jika memang anda tidak memiliki nomor faksimile.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.