PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN : Proses, Ciri-Ciri & Sifat Wirausaha

By | Desember 24, 2018

Pengertian Kewirausahaan (entrepreneurship) Di era ekonomi digital seperti sekarang ini, kewirausaahaan atau enterpreneuship adalah salah satu kata yang sering kita dengar. Secara sederhana kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, inovasi dan melihat suatu peluang di masa datang.

Dalam bahasa yang lebih sederhana lagi anda akan menemukan istilah wirausahawan atau pengusaha. Mereka adalah orang-orang yang menjalankan praktek kewirausahan.

Jadi, Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan secara lengkap? Bagaimana prosesnya, cirinya dan bagaimana kita agar dapat sukses dalam menjalaninya? Berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

Pengertian Kewirausahaan

galinesia.com

Mengenai pengertiannya, pengertian kewirausahaan ada banyak sekali pengertian dari kewirausahaan ini. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Menurut Suparman Sumahamijaya

Kewirausahaan adalah sebuah kemampuan dalam berpikir secara kreatif dan melakukan inovasi. Pikiran kreatif dan inovasi ini merupakan dasar dan juga sumber penggerak sehingga dapat digunakan sebagai tumpuan dalam menghadapi tantangan di depan.

2. Menurut S Wijandi

Menurut beliau ke merupakan sebuah sifat. Sifat berani dalam mengambil resiko.

Kedua pengertian ini merupakan dasar dari pengertian dari kewirausahaan itu sendiri. Jika digabung, kewirausahaan merupakan sebuah pikiran dan juga sifat. Pikiran dimana seorang wirausahawan dapat mencari inovasi dengan pikiran kreatifnya serta sikap berani dalam mengambil keputusan dan juga memulai.

Jika sebuah pikiran kreatif tidak dibarengi dengan adanya keberanian untuk mengambil tindakan untuk memulai sebuah kewirausahaan, maka kewirausahaan juga tidak akan terjadi, begitu juga dengan sebaliknya.

Proses Wirausaha

pixabay.com

Untuk menjadi seorang wirausahawan, maka ada proses yang perlu anda ikuti. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kewirausahaan merupakan pikiran yang kreatif dan juga sikap berani dalam mengambil tindakan.

Meski kedua hal ini saling bergantung, tapi yang penting pertama harus dilakukan adalah cara untuk mendapatkan ide kreatif. Mendapatkan ide kreatif merupakan proses pertama dalam berjalannya kewirausahaan. Untuk mendapatkan ide kreatif ini, maka berikut ini adalah proses yang perlu dilakukan.


1. Mencari Masalah dan Peluang

Sebuah ide kreatif dan inovatif hanya bisa mendapatkan perhatian jika ada sebuah masalah yang mendasar dalam masyarakat. Masalah mendasar inilah yang nantinya akan menjadi sebuah peluang.

Jika ada masalah pastinya banyak orang yang ingin mencari penyelesaiannya. Jika anda menawarkan penyelesaian untuk masalah ini, maka peluang besar untuk kemajuan kewirausahaan anda akan terbuka lebar.

Oleh karena itu jika anda ingin memulai kewirausahaan mulai cari masalah dalam masyarakat yang mendasar sesuai dengan bidang yang anda tekuni lalu cari solusi dari masalah tersebut. Karena terkadang peluang itu tidak datang dengan sendirinya tapi harus dibuat.

2. Tentukan Besar Kecilnya Peluang

Agar kewirausahaan sukses, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai besar kecilnya peluang yang anda miliki. Ketika anda menemukan masalah, maka hal penting yang perlu dilakukan adalah mengetahui seberapa dalam masalah tersebut dan seberapa banyak orang yang merugi karena masalah tersebut.

Makin banyak yang mengalami masalah, maka makin besar peluang yang anda miliki. Selain itu untuk mengetahui besar kecilnya peluang ini anda juga perlu membuka diri pada komunitas karena mereka bisa memberikan pandangan baik terhadap masalah yang ingin anda selesaikan

3. Perencanaan

Ketika peluang sudah terbentuk, maka hal lain yang perlu dilakukan adalah melakukan perencanaan. Perencanaan ini digunakan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai usaha anda. Mulai segmen pasar, syarat produksi, rencana keuangan, organisasi dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan kebutuhan modal.

4. Mulai Mencari Sumber Daya

Setelah melakukan perencanaan dasar dalam usaha, maka anda perlu mulai melakukan pencarian sumber daya. Pencarian sumber daya ini dilakukan untuk mendapatkan sumber daya yang termurah guna produksi produk anda. Jika produk anda adalah jasa, carilah sumber daya manusia yang belum terampil dan bisa anda didik untuk mendapatkan modal yang lebih kecil.

5. Mulai Usaha

Jika semuanya sudah beres, maka mulailah melakukan usaha anda. Disinilah keberanian diperlukan. Keberanian dalam mengambil sikap dan resiko untung dan rugi di masa depan.

Ciri Ciri Kewirausahaan

pixabay.com

Kewirausahaan juga memiliki ciri-ciri yang menyebabkannya berhasil apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Keyakinan

Salah satu ciri kewirausahaan yang berhasil adalah mengenai keyakinan. Seorang wirausahawan yang sukses akan yakin dengan produk yang dimilikinya. Hal ini disebabkan karena dalam pengambilan ide wirausahawan yang sukses sudah yakin betul bahwa produk yang dimilikinya akan laris di pasaran karena memberikan ide dan solusi untuk masalah dalam masyarakat.

2. Dekat dengan kompetitor

Salah satu ciri kewirausahaan yang berhasil lainnya adalah mengenai kompetitor. Sebuah kewirausahaan yang baik adalah kewirausahaan yang mengetahui bagaimana kondisi dan apa yang ditawarkan oleh kompetitornya. Ia tidak meniru kompetitornya tapi mencari apa yang kurang darinya.

Oleh karena itu seorang pelaku kewirausahaan yang sukses pasti memiliki wawasan yang luas terlebih dalam bidang yang ia geluti karena ia perlu mengenal banyak produk kompetitor setelah mengamatinya.

3. Orientasi masa depan

Satu lagi ciri kewirausahaan yang sukses adalah mengenai orientasinya. Sebuah kewirausahaan yang sukses memiliki orientasi ke masa depan bukan hanya apa yang akan laku dijual saat ini.

Bisnis dalam kewirausahaan yang sukses mempertimbangkan bagaimana popularitas produknya di masa depan dan juga kegunaan produknya di masa depan. Jadi jangan harap untuk berjualan es kepal milo untuk waktu yang lama dan menjadi wirausahawan yang sukses. Sebaliknya ciptakan produk yang menguntungkan dan memiliki nafas bisnis yang panjang.

Sifat-Sifat Wirausaha

pixabay.com

Berbeda dengan ciri, sifat wirausahawan ini menunjukkan mengenai sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan agar kewirausahaan dapat terus maju. Lalu apa saja sifat yang harus dimiliki oleh wirausahawan agar bisnisnya terus maju? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Sifat berani

Kembali lagi ke pengertian dari kewirausahaan. Kewirausahaan memasukkan sifat berani dalam pengertiannya. Artinya seorang wirausahawan harus memiliki keberanian dalam mengambil keputusan dan juga resiko untuk perusahaannya.

2. Sifat kepemimpinan

Seorang wirausahawan yang sukses tentu memiliki sifat kepemimpinan yang baik. Tidak hanya memimpin agar perusahaannya dapat berjalan dengan sukses tapi juga memimpin untuk menciptakan pemimpin yang baik.

Jika sebuah perusahaan dipimpin oleh seorang pemimpin yang baik dan bisa menjadi teladan, maka ia akan mendapatkan rasa hormat dari anak buahnya. Hal ini akan membuat perusahaannya berjalan dengan lebih baik.

3. Sifat rendah hati

Banyak orang merasa sombong karena usahanya sukses. Orang yang merasa sombong karena usahanya berjalan dengan baik tidak akan bertahan lama. Pasalnya orang yang sombong tidak akan berpikir jauh. Berbeda dengan orang yang rendah hati. Mereka lebih bersiap dengan kemungkinan apapun yang terjadi pada bisnisnya.

Tahapan pertumbuhan dalam Wirausaha

Tahapan pertumbuhan dalam wirausaha ada beberapa langkah berikut ini adalah ulasannya.

1. Tahapan Imitasi

Tahapan ini adalah tahapan permulaan dimana wirausahawan hanya mencari barang yang bagus dan melakukan duplikasi karena sudah terbukti banyak orang menyukainya. Biasanya dalam tahap ini wirausahawan akan menggunakan strategi barang lebih murah untuk mendapatkan perhatian pasar.

2. Tahap Duplikasi dan Pengembangan

Dalam tahapan ini wirausahawan sudah mulai melakukan pengembangan ide-ide. Masih memiliki unsur duplikat tapi karena sudah mengetahui bagaimana reaksi pasar wirausahawan akan lebih berani dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan produk.

3. Tahap Creating

Tahap ini adalah tahap ketika sebuah kewirausahaan sudah benar-benar bisa berdiri dengan kakinya. Ia sudah banyak dipercaya sehingga berani melakukan resiko lebih besar untuk menciptakan barang miliknya sendiri. Disini biasanya inovasi mulai dilakukan.

Faktor Penyebab Kesuksesan dan Kegagalan Wirausaha

Selain memiliki sifat dan juga ciri di atas, ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya sebuah kegiatan kewirausahaan. Apa saja?

  • Faktor managerial
  • Faktor sumber daya manusia
  • Faktor pengalaman
  • Perencanaan yang kurang
  • Pengendalian modal yang kurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress