7 Objek Wisata Menarik di Purwakarta

Purwakarta adalah nama sebuah kabupaten di provinsi jawa barat, letaknya hanya berjarak puluhan kilometer dari dua kota besar, Bandung dan Jakarta, Purwakarta merupakan pecahan dari kabupaten Karawang dan kadang orang tidak tahu dimana letak Purwakarta dan malah menyamakannya dengan Purwekerto

Purwakarta bisa dijadikan alternatif menarik untuk mengisi liburan anda, terutama masyarakat kota Jakarta yang kebanyakan mengisi liburan di wilayah bogor dan kota Bandung.

Banyak destinasi liburan di kota ini yang sangat sayang untuk anda lewatkan bersama keluarga dengan jarak yang tidak begitu jauh dari ibukota, berikut beberapa diantaranya;

 


1. Curug Cipurut


detik.com

Lokasi tempat yang satu ini sekitar satu jam dari kota Purwakarta dan berada di kaki gunung burangrang di daerah Wanayasa, pengelolaan curug ini dilakukan balai konservasi sumber daya alam Jabar 1, karena masuk dalam kawasan cagar alam gunung burangrang.

 


2. Waduk Jatiluhur


reisha.net

Waduk ini merupakan waduk terbesar di Indonesia yang fungsi utamanya adalah untuk produksi tenaga listrik, air irigasi sawah, bahan baku air minum, pengendali banjir dan tempat budidaya perikanan.

Selain itu waduk Jatiluhur juga memiliki beberapa fasilitas rekreasi, selain juga ada kolam renang, water slide, restoran, hotel, bungalow dan beberapa sarana olahraga air, dayung, selancar air, ski air dan boating, tempat ini sangat cocok juga untuk anda yang hobi memancing ikan.

 


3. Situ Wanayasa


jejakpinknik.com

Tempat ini terletak di daerah Wanayasa, Beberapa objek wisata yang ada di sekitar Situ Wanayasa adalah sumber air panas Ciracas dan air terjun curug cipurut seperti yang telah disebutkan di poin pertama, situ ini adalah salah satu tempat wisata terbaik karena lokasi yang strategis.

 


4. Situ Buleud


wisatamu.com

Lokasinya berada di pusat kota dan dekat dengan alun-alun Purwakarta, buleud kalau dalam bahasa Indonesia artinya adalah bulat, karena memang bentuknya yang bulat dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang untuk jogging.

Ada juga air mancur di tempat ini yang dilengkapi dengan unsur light effect, jika anda ingin melihat keindahan tempat ini sebaiknya berkunjung pada hari malam minggu di jam delapan sampai sepuluh malam.

 


5. Cirata


Tempat ini cocok untuk anda yang suka ketenangan dan jauh dari kebisingan, tempat ini terkenal di kalangan warga lokal dan di beberapa sudut di Cirata juga ada beberapa warung yang menyediakan nasi liwet dan Ikan yang dibakar dadakan.

 


6. Sate Maranggi Cibungur


Salah satu kuliner khas Purwakarta adalah sate maranggi, banyak sekali tempat makan yang menyediakan jajanan ini, terutama di daerah Wanayasa, tapi, ada satu warung sate besar yang terkenal di Purwakarta, yaitu sate Maranggi Haji Rasta Cibungur atau orang-orang biasa memanggilnya sate maranggi Cibungur saja.

Lokasinya yang berdekatan dengan gerbang tol kopo dan gerbang tol sadang membuat tempat ini laris manis dijajaki orang-orang yang kebanyakan berasal dari luar kota.


7. Desa Sejuta Batu


Desa ini menawarkan beragam Tempat wisata di Indonesia dan kebudayaan lokal, mulai dari kuliner sampai rekreasi, terletak di kecamatan Tegalwaru, tempat ini terdengar asing juga untuk warga lokal apalagi warga luar, namun tak ada salahnya anda mencoba untuk datang kesana.

Purwakarta hanyalah sebuah kabupaten kecil, namun siapa tahu anda tertarik untuk mengunjunginya dan bila anda berwisata ke Purwakarta, tempat oleh-oleh juga banyak tersedia di sepanjang jalan di beberapa kawasan tertentu, ada simping, peyeum dan makanan khas lokal dan sunda lainnya untuk anda beli dan bagikan pada teman-teman anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *