PENGERTIAN BLOG: Fungsi, Sejarah, Manfaat, Jenis Jenis & Contoh Blog

Pengertian Blog – Istilah blog umumnya merujuk pada aktivitas dunia tulis menulis secara online, baik melalui website buatan pribadi, atau melalui cms semacam wordpress ataupun blogger.

Blog adalah bagian dari website, ia biasanya berisi konten-konten artikel yang tampilan nya berurutan, mulai dari postingan terbaru sampai terlama. 

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu definisi blog, sejarah, serta apa perbedaan antara blog dan website.

Pengertian Blog

pengertian blog
pxhere.com

Blog adalah sebuah website berbentuk unggahan dalam bentuk teks yang terkadang ditambahi gambar, link dan video yang ditulis oleh satu atau beberapa penulis dengan tujuan tertentu. Jadi, secara sederhana blog adalah website yang berisi konten tulisan.

Blog tidak hanya mengacu pada platform blogger.com, melainkan pada platform lain seperti medium, wordpress, typepad dsb yang menyediakan kemudahan ketika user ingin membuat sebuah halaman web yang akan diisi konten artikel.

Aktivitas menulis di blog disebut dengan Blogging, sedangkan penulisnya disebut blogger.  Umumnya blog berisi jurnal pribadi, seperti catatan harian, keluh kesah, karya, opini terhadap suatu permasalahan hingga hal-hal sepele.

Namun, ada juga blog yang berisi konten tertarget. Misalnya blog yang membahas tentang SEO, teknologi, pertanian, kesehatan, pendidikan atau campuran dari beberapa niche.

Pada kesimpulannya, seorang blogger menulis di blog dengan 2 tujuan. Pertama hanya hobi atau iseng saja, kedua, tujuannya adalah membuat konten tertarget yang bisa mendatangkan uang baik dari periklanan, penjualan ataupun afiliasi.

Fungsi Blog

fungsi blog
pxhere.com

Blog adalah web sederhana yang dapat dibuat oleh banyak orang. Blog sendiri didesain sangat mudah yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh banyak orang. Blog memiliki fungsi seperti:

1. Sarana Untuk Berbagi Inspirasi, Catatan Hidup atau Pengalaman

Di dalam blog kita bebas untuk menuliskan apapun, baik itu tentang curhatan pribadi, keluh kesah, catatan-catatan kecil, pengalaman pribadi atau pun hal-hal lain yang bersifat personal sepanjang itu tidak melanggar aturan norma atau hukum di negara masing-masing.

2. Sarana Bertukar Informasi

Di jaman sekarang, ilmu tidak hanya bisa dicari melalui buku, melainkan bisa juga dicari secara online melalui e-book atau blog yang menyajikan informasi yang dibutuhkan.

Jika kita mempunyai keahlian dalam satu bidang, tidak ada salahnya untuk membagikan ilmu tersebut melalui media blog, Agar apa yang anda miliki dapat dilihat dan menginspirasi banyak orang.

3. Sarana Berbisnis

Dengan blog kita bisa membuat sebuah halaman penjualan, atau meng-generate trafik-trafik yang masuk melalui media periklanan semacam google adsense.

Selain itu kita bisa mempromosikan produk kita dengan halaman penawaran semenarik mungkin agar orang tertarik hingga melakukan pembelian.

4. Sarana Untuk Personal Branding

Biasanya, blog juga dimanfaatkan penulisnya untuk melakukan personal branding. Dengan menulis informasi-informasi menarik tentang hal yang digelutinya nama seseorang akan lebih mudah dikenal. Setelah terkenal penulis pun dapat memanfaatkannya untuk tujuan-tujuan lain yang positif.

Jenis Jenis blog

Jenis-Jenis blog

Masih baru dalam dunia blogging? Di sini, Anda bisa mengetahui beberapa jenis blog yang ada. Berikut beberapa jenis blog yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan:

1. Blog Pribadi

Jenis blog ini merupakan jenis blog perseorangan. Blog pribadi biasanya dibuat oleh seseorang berdasarkan kepentingan pribadinya.

Biasanya blog pribadi berisi tentang pengalaman pribadi seseorang ataupun tentang hal-hal keseharian yang terjadi dalam hidup si penulis tersebut.

Blog pribadi sifatnya santai dan intim. Tidak mengherankan banyak orang tertarik dengan blog jenis ini.

2. Blog Niche

Blog jenis ini biasanya digunakan oleh kebanyakan orang untuk mempromosikan ataupun melakukan kampanye terhadap sesuatu di media sosial.

Blog satu ini mengandalkan keywords agar memudahkan banyak orang mengakses blog ini sesuai dengan pencarian mereka serta menambah pundi-pundi uang melalui adsense.

Anda bisa mempromosikan produk ataupun bisnis Anda menggunakan blog ini dengan memasukkan keywords yang penting dan familiar agar dapat terdeteksi di mesin pencarian Google.

3. Blog Otoritas

Blog ini merupakan salah satu blog yang sedikit resmi dengan mengangkat suatu tema yang dianggap penting oleh kebanyakan orang dan juga penulis.

Blog otoritas memiliki sifat tematik. Contohnya, blog tentang otomotif, sastra, dan sebagainya. Bahasa yang ditulis di dalamnya sama sekali tidak asal-asalan apalagi penuh dengan spam keywords.

Dari blog otoritas, seseorang bisa dianggap ahli di dalam bidang tertentu dan hal ini bisa mendatangkan keuntungan.

4. Blog Spam

Persis dengan namanya, blog ini lebih menjuru kepada blog sampah yang dibuat dengan asal-asalan oleh penulis.

Jika Anda ingin segera mendapatkan uang dari blog, Anda lebih cocok membuat blog model ini. Sebab, isi blog ini merupakan salinan dari blog lain yang dispin sedemikian rupa sehingga tak terlihat proses salin-tempelnya.

Blog ini tidak bisa bertahan lama, sebab jika ada pembersihan dari Google, blog model ini berisiko terhapus.

5. Blog Citizen

Blog jenis satu ini bisa dikatakan blog resmi, sebab pembuatan blog ini tidak asal-asalan. Blog ini biasanya dikelola oleh banyak orang dalam satu kelompok yang khususnya membahas sebuah topik yang penting dan diharapkan dapat dinikmati oleh para pembacanya.

Blog ini merupakan salah satu blog yang berkualitas sebab topik dari tulisan ini lebih berkualitas dan tertata dengan rapi.

Anda bisa membuat jenis blog ini jika Anda merupakan seseorang yang pandai menangkap berita ataupun isu dengan cepat dan langsung menuliskannya ke dalam sebuah wadah.

6. Blog Resmi

Blog jenis ini merupakan jenis blog yang jarang ditemukan dan terbatas dalam pembuatannya, sebab blog ini merupakan sebuah blog yang ddibuat oleh sebuah perusahaan tertentu yan.

Tujuannya tidak mencari uang melalui Adsense, melainkan untuk memberikan informasi tambahan mengenai produk yang mereka jual.

Sejarah Singkat Blog

pxhere.com

Blog sendiri berasal dari kata Weblog yang pertama kali digunakan Jorn Barger pada tahun 1990-an. Pada waktu itu hanya terdapat sedikit pembuat weblog yang terkenal. Hingga pada akhirnya, weblog lama-kelamaan dikenal dengan sebutan blog.

Situs sederhana dari web ini dimiliki oleh Pyra Labs yang selanjutnya pada tahun 2002 diambil Google. Dari situ lah, blog mulai mengalami perkembangan dengan menambahkan berbagai aplikasi lain.

Aplikasi-aplikasi ini dapat didesain sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah halaman yang unik dan menarik untuk dikunjungi dan dibaca.

Perbedaan Blogspot dan WordPress

pxhere.com

Blogspot dan WordPress sama-sama merupakan sebuah blog dengan hosting gratis yang dibuat oleh seseorang maupun perusahaan dengan kepentingan yang berbeda.

Untuk mendaftar Blogspot yang notabene merupakan milik Google, Anda tidak perlu membuat akun Blogspot.

Anda hanya perlu memasukkan akun email Anda untuk memulai menulis blog. Sedangkan untuk WordPress Anda diharuskan untuk membuat akun WordPress terlebih dahulu sebelum Anda mulai menulis konten.

Untuk Blogspot sendiri merupakan sebuah konten milik Google dan kepemilikannya sepenuhnya milik Google. Anda tidak memiliki hak penuh terhadap blog Anda, sehingga jika sewaktu-waktu blog Anda terdeteksi melanggar ketentuan, maka Google akan menghapus blog Anda tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu.

Sedangkan untuk WordPress, Anda memiliki hak kepemilikan penuh, Anda dapat mengatur konten sesuka Anda, karena kepemilikan konten tersebut sepenuhnya adalah otoritas Anda.

Untuk tampilannya sendiri, Blogspot memiliki tampilan yang sangat sederhana dan hanya dapat memuat tulisan yang pokok saja, template dari blog sendiri sangat sedikit dan juga terbatas.

Sedangkan, WordPress memiliki tampilan dan juga template yang lebih menarik dari blog, untuk pemilihan template WordPress lebih banyak dibandingkan dengan Blogspot.

Dengan WordPress, Anda akan lebih dengan leluasa dalam menambahkan berbagai macam aplikasi ataupun tambahan berbagai gaya yang akan menambah nilai menarik dari tulisan Anda tersebut.

Untuk keamanannya sendiri, WordPress akan lebih aman dibandingkan dengan Blogspot. Sebab, seperti halnya sudah dijelaskan diatas, Blogspot merupakan situs web yang dimiliki penuh oleh Google.

Jadi, saat Anda menuliskan sebuah konten yang menyalahi aturan, maka blog Anda otomatis akan dihapus oleh pihak Google tanpa sepengetahuan Anda terlebih dahulu.

Sedangkan untuk WordPress, situs yang Anda buat sepenuhnya milik Anda, sehingga jika Anda yang menjalankannya, situs tersebut akan tetap aman.

Manfaat Blog

pxhere.com

Blog dibuat dan diciptakan untuk dapat digunakan oleh banyak orang sebagai ajang menulis bagi mereka yang gemar menulis.

Bahkan, blog sendiri tidak hanya bermanfaat bagi penulis, melainkan bermanfaat pula bagi banyak orang khususnya bagi pembaca. Berikut beberapa manfaat dari blog :

1. Sebagai ajang dalam mengasah kemampuan menulis

Blog dapat bermanfaat bagi Anda sebagai ajang maupun wadah untuk mengasah kemampuan menulis Anda. Dengan belajar menulis melalui blog, Anda akan lebih mudah dalam memperbaiki tulisan Anda.

 Sebab, Anda tahu bahwa tulisan di blog akan dibaca oleh banyak orang, berbeda dengan jika   Anda menulis di buku harian ataupun catatan word  yang sangat jarang bahkan tidak akan dibaca orang lain..

2. Sebagai media ataupun perantara dalam bertukar informasi

Blog dapat bermanfaat sebagai media bertukar informasi.

Di sana, Anda dapat menuliskan sebuah informasi di blog Anda yang bertujuan agar banyak orang membaca informasi dari Anda dan sebaliknya, Anda akan dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi dari blog lain.

3. Sebagai ladang dalam belajar menghasilkan uang

Blog merupakan salah satu situs web yang dapat menghasilkan uang. Dengan belajar menulis dalam blog, Anda juga belajar dalam menghasilkan uang lewat adsense.

4. Sebagai media untuk promosi maupun beriklan

Blog merupakan salah satu platform yang dapat Anda gunakan sebagai media promosi ataupun mengiklankan sebuah produk ataupun jasa yang Anda miliki agar dapat dikenal dan dijangkau oleh banyak orang.

5. Sebagai media penjualan produk

Anda dapat memanfaatkan blog sebagai tempat menjual produk Anda. Sebab blog sendiri akan lebih banyak dijangkau oleh masyarakat daripada media sosial lainnya.

6. Dapat membantu Anda menambah jaringan kerja ataupun relasi kerja

Dengan menuliskan blog, Anda dapat bertukar informasi dengan banyak orang sehingga Anda juga dapat menambah jaringan kerja melalui platform ini.

7. Sebagai media bertukar cerita dan hal-hal tentang keseharian

Melalui blog, Anda akan dapat dengan mudah menuliskan pengalaman pribadi Anda ataupun hal-hal yang Anda alami pada platform ini sehingga diharapkan banyak orang yang mengerti akan pengalaman pribadi Anda, dan sebaliknya.

8. Sebagai media untuk berbisnis

Anda dapat memulai berbisnis ataupun mengenalkan bisnis Anda melalui blog, sebab dengan menulis di blog bisnis Anda akan lebih banyak dikunjungi orang dengan menambahkan kata kunci yang tentunya banyak dicari di mesin pencarian Google.

9. Sebagai media untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik

Sebuah perusahaan tentu menginginkan karyawan dengan latar belakang yang baik.

Dengan menuliskan pengalaman ataupun tulisan dengan konten yang berkualitas diharapkan perusahaan dapat membaca tulisan Anda dan mempertimbangkan Anda untuk diterima di perusahaan mereka. Ini penting khususnya apabila Anda menginginkan profesi seperti wartawan atau penulis konten.

Itulah beberapa informasi mengenai blog yang perlu Anda ketahui. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membuat blog dan menjadi seorang blogger terkenal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *