PENGERTIAN INTERNET: Sejarah, Fungsi, Manfaat & Dampak Positif Negatif

Pengertian Internet – Secara umum, internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain dalam sebuah jaringan global. Setiap perangkat yang terhubung dapat saling berkomunikasi tanpa batasan wilayah atau geografis.

Internet tercipta pada tahun 1969, walaupun baru berkembang pesat pada tahun 1993-1994 terlebih ketika berhasil diciptakan/ditemukannya web, web browser dan layanan-layanan lain yang memungkinkan pengguna dapat saling bertukar data, baik dalam bentuk teks ataupun dokumen.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu definisi internet, beserta dengan fungsi, sejarah dan juga dampak positif dan negatif dari penggunaan internet.

Pengertian Internet

pengertian internet
pixabay.com

Internet adalah kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan protokol standar TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). yang mengatur data agar dapat dikirim dan diterima dengan baik.

Secara sederhana, protokol TCP/IP memberi alamat (address) dan identitas (id) yang unik dan berbeda pada setiap komputer di seluruh dunia. Dan dengan segala proses lainnya, kita dapat terhindar dari kesalahan pengiriman informasi/data ketika terhubung dalam jaringan internet.

Dalam pengertian lain, Internet adalah sarana yang dapat menghubungkan perangkat 1 dengan perangkat lain sehingga user dapat saling melihat, mendengar, berbicara melalui media-media komunikasi penunjang, seperti komputer, smartphone dsb.

Internet terhubung melalui jaringan serat optik yang membentang dan terhubung diseluruh dunia bahkan melalui dasar laut. Selanjutnya melalui Router ataupun menara bts sebagai pemancar sinyal-lah kita bisa terhubung dan terkoneksi tanpa batasan apapun ke seluruh penjuru dunia.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

  • Menurut Harjono (2009) internet adalah kumpulan dari beberapa komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dan yang lainnya. Agar komputer dapat saling terhubung dan berinteraksi, diperlukan suatu media untuk melakukan hal tersebut. Media yang digunakan dapat berupa kabel atau serat optik, satelit, atau sambungan telepon.
  • Menurut Oetomo (2002) Internet merupakan singkatan dari international network, yaitu suatu jaringan komputer raksasa yang terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung antara satu dengan lainnya.

 

Kesimpulan

Pengertian internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dengan jaringan-jaringan komputer lainnya di seluruh dunia melalui media komunikasi dan memakai protokol TCP/IP.

Sejarah Perkembangan Internet

pixabay.com

Perkembangan internet dimulai pada tahun 1969 di mana tercipta suatu kata “Login” yang merupakan proyek dari Universitas California. Proyek tersebut adalah tentang proses pengiriman data antara dua komputer dengan menggunakan kode biner.

Keberhasilan proyek tersebut kemudian menjadi pencetus awal proyek pengembangan internet di bawah naungan ARPANET (Advanced Reasearch Project Agency Network).

Pada awalnya, proyek ini ditujukan untuk kebutuhan militer, yaitu untuk mengendalikan serangan ancaman nuklir, meningkatkan taktik militer, serta mengelola dan mengambil keputusan melalui komputer.

Pada tahun 1986, National Science Foundation Network (NSFNET) berdiri menggantikan ARPANET untuk melakukan riset lebih lanjut terhadap internet.

Pada tahun 1990, Berners-Lee bersama timnya dari CERN menciptakan World Wide Web yang disingkat menjadi www yang digunakan untuk menelusuri situs website.
Robert Cailliau dari Belgia turut membantu mengembangkan temuan Berners-Lee tersebut sehingga tercipta bahasa pemrograman HTML, yang memungkinkan keberadaan website.

Cailliau juga menciptakan protokol pertukaran hypertext HTTP, yang memungkinkan pengguna untuk meminta serta menerima laman yang diinginkan. 

Manfaat Internet

manfaat internet
pixabay.com

Para pakar teknologi terus mengembangkan internet karena internet memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut adalah manfaat internet.

1. Manfaat Internet dalam Dunia Bisnis

Dengan adanya internet, peluang bisnis bagi setiap kalangan masyarakat terbuka semakin lebar. Bahkan, semakin banyak toko daring yang memungkinkan seseorang untuk menjual suatu barang atau jasa tanpa modal sedikit pun.

Yang perlu dilakukan hanya mengunggah foto produk yang dijual yang dilengkapi dengan kiat-kiat jitu dalam bidang pemasaran.

Toko daring ini pun memudahkan para pelanggan untuk melakukan transaksi. Kini dengan internet, Anda bisa mendapatkan barang yang ingin dibeli tanpa harus pergi ke suatu tempat.

2. Manfaat Internet untuk Belajar

Ilmu pengetahuan di era internet ini semakin mudah untuk diakses. Bahkan, Anda dapat mempelajari bahasa apa saja yang diinginkan tanpa mengikuti kursus.

Hanya bermodalkan ponsel pintar atau laptop dan media sosial, Anda sudah dapat mempelajari berbagai hal.

Apabila Anda ingin mendapatkan bimbingan belajar tanpa harus pergi keluar rumah, cobalah untuk mendaftar kelas belajar secara daring.

3. Manfaat Internet sebagai Hiburan

Ternyata, internet tidak hanya dapat digunakan untuk berbisnis dan belajar, tetapi juga untuk sarana hiburan.

Ada banyak sekali situs yang dapat Anda kunjungi untuk menonton film atau video favorit, seperti YouTube dan Netflix. Anda juga dapat berinteraksi dengan sesama pengguna internet di berbagai belahan dunia melalui Facebook, Instagram, dan Twitter.

Ketika merasa bosan, Anda juga dapat mengunduh aplikasi permainan daring. Permainan ini memungkinkan Anda untuk bermain sambil berinteraksi dengan sesama pemain lainnya.

Dampak Internet

dampak internet
pixabay.com

Perkembangan internet yang cepat dan penggunaannya yang masif tentu membawa dampak tersendiri baik dalam segi ekonomi, sosial, dan budaya. Berikut adalah dampak dari penggunaan internet.

1. Dampak Positif Internet

Internet mempunyai beragam manfaat positif diantaranya adalah:

  • Internet seperti sebuah perpustakaan tanpa batas. Segala informasi yang ingin Anda dapatkan tersedia di internet dan dapat diakses dengan mudah.
  • Informasi yang tersedia pun beraneka ragam, mulai dari berita terkini, resep masakan, informasi seputar kesehatan, berita olahraga, dan masih banyak lagi. Semua hak tersebut berada dalam genggaman Anda.
  • Di kurikulum yang baru ini, pelajar dituntut untuk dapat aktif mencari informasi terkait tugas yang diberikan oleh guru. Internet sangat membantu para pelajar tersebut dalam menyelesaikan tugas.
  • Jika Anda merasa bosan, tetapi tidak dapat pergi ke suatu tempat rekreasi atau pusat perbelanjaan, internet dapat menyediakan berbagai macam hiburan yang dapat mengusir rasa jenuh.
  • Melalui aplikasi tertentu yang dapat diunduh secara gratis, Anda dapat menonton film, mendengarkan musik, bahkan membaca novel. Untuk mendapatkan semua hal tersebut, koneksi internet Anda harus stabil.
  • Penggunaan internet, terutama sosial media dapat membantu Anda untuk berbisnis dengan lebih efektif. Bahkan, Anda tidak perlu repot untuk menyewa ruko untuk menjajakan dagangan.
  • Cukup dengan memasang foto produk yang Anda jual, konsumen akan datang dengan sendirinya.
  • Internet dapat memudahkan komunikasi seolah-olah jarak bukanlah suatu masalah yang besar. Contohnya, Anda dapat mengirim surat elektronik kepada kerabat yang sedang berada di luar negeri dalam hitungan detik.
  • Beberapa aplikasi bahkan memfasilitasi Anda untuk mengirim pesan secara instan seolah-olah sedang berbincang secara langsung.

2. Dampak Negatif Internet

Selain dampak positif, internet juga dapat memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Berikut adalah dampak negatif dari internet.

  • Internet yang mudah diakses oleh siapa saja dengan latar belakang sosial apa saja mengakibatkan timbulnya cyber bullying.
  • Pengguna internet yang tidak bertanggung jawab dengan mudahnya mendiskreditkan pihak tertentu tanpa memikirkan akibatnya.
  • Internet tidak hanya menyediakan informasi yang bermanfaat tetapi juga konten negatif, seperti tayangan yang menunjukkan kekerasan dan pornografi. Ironisnya, hal negatif seperti ini dapat diakses oleh siapa saja, termasuk anak-anak.
  • Hoax atau berita palsu mudah beredar di jejaring sosial. Dan, dengan fasilitas tombol “share” yang memungkinkan suatu konten dapat dibagikan membuat berita palsu ini semakin tersebar luas.
  • Apakah Anda gemar berbelanja secara daring? Anda perlu berhati-hati karena bisa saja menjadi korban penipuan. Hal ini terjadi karena data diri seseorang dapat dicuri atau dipalsukan oleh seorang hacker.
  • Selain itu, melakukan transaksi secara daring membuat Anda tidak dapat bertemu secara langsung dengan pihak penjual serta melihat kualitas barang sehingga berpotensi terhadap terjadinya tindak penipuan.
  • Kecanggihan internet dapat menghipnotis siapa saja, sehingga Anda mungkin akan lupa waktu dan bahkan menjadi seorang yang antisosial. Mata Anda hanya akan terpaku pada layar ponsel tanpa mempedulikan lingkungan sekitar.

Tips Menggunakan Internet dengan Cerdas

pengertian internet
pixabay.com

Dampak positif dari internet memang memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, Anda juga harus mewaspadai dampak buruknya dengan cara menggunakan internet secara cerdas.

Berikut beberapa tips menggunakan internet secara cerdas.

  • Jangan pernah memperlihatkan data diri Anda yang bersifat pribadi di media sosial karena dapat mengundang orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyalahgunakan data tersebut.
  • Karena internet adalah sumber ilmu pengetahuan, gunakanlah internet untuk mencari informasi yang mencerdaskan dengan semaksimal mungkin.
  • Jangan mudah percaya kepada orang yang baru saja Anda kenal di internet, karena bisa saja orang tersebut memiliki maksud jahat. Mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan tentu jauh lebih baik, bukan?
  • Jejaring social, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya bermanfaat untuk mempererat tali silaturahim serta berdiskusi tentang hal-hal yang positif.
  • Layanan perbankan kini dapat diakses melalui ponsel pintar. Anda bisa mendapatkan informasi saldo serta bertransaksi jual-beli. Namun, Anda juga harus tetap berhati-hati agar tidak terjadi tindak penipuan atau pencurian. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan cara tetap menjaga kerahasiaan PIN ATM atau e-banking.
  • Selalu ingat untuk log out setelah log in di suatu aplikasi ataupun setelah melakukan transaksi apa pun terutama jika Anda melakukannya di warung internet (warnet) karena berisiko digunakan oleh pihak lain yang akan menyalah gunakannya.
  • Bahasa tulis berbeda dengan bahasa lisan yang terkadang dapat membawa pada suatu kesalahpahaman. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak menimbulkan salah paham pada pihak lain.
  • Gunakanlah internet seperlunya saja karena akses internet berbayar. Hal ini dapat membantu Anda untuk terhindar dari pembengkakan biaya akibat pemakaian internet yang berlebihan.

Kini Anda telah mengetahui pengertian internet dan dampaknya. Jadi, gunakanlah internet secara bijak demi kenyamanan dan keamanan Anda serta pengguna internet lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *