√ PENGERTIAN TRANSPORTASI: Fungsi, Manfaat & Jenis Alat Transporasi

Pengertian Transportasi – Secara sederhana, transportasi adalah perpindahan barang atau manusia dari tempat satu ke tempat lainnya dengan menggunakan alat transportasi.

Alat transportasi sendiri adalah sarana transportasi yang digerakan oleh mesin, hewan ataupun manusia. Ia terbagi menjadi alat transportasi tradisional dan modern yang dapat digunakan di darat, laut dan udara.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang transportasi, mulai dari apa itu definisi transportasi, fungsi, manfaat serta macam macam jenis transportasi yang ada di Indonesia dan dunia.

Pengertian Transportasi

pengertian transportasi
pixabay.com

Pengertian Tansportasi adalah proses pemindahan manusia, binatang, ataupun barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin.

Secara bahasa, transportasi diserap dari kata transportation dalam bahasa Inggris yang berarti angkutan atau alat untuk melakukan pekerjaan pemindahan.

Transportation juga diartikan sebagai proses pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain menggunakan alat bantu kendaraan darat, laut, udara, baik umum maupun pribadi, menggunakan mesin atau tidak.

Sedangkan, Alat transportasi adalah alat yang digunakan untuk bertransportasi, ia terdiri dari mobil, motor, kereta api, pesawat, kapal laut dan lain sebagainya.

 

Pengertian Transportasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Salim (2000), Pengertian transportasi adalah kegiatan pemindahan barang (muatan) dan penumpang dari suatu tempat ke tempat lain.
  • Menurut Adisasminta (2011), Pengertian transportasi adalah sarana penghubung antara daerah produksi dan pasar, atau jembatan antara produsen dan konsumen. Transportasi menghubungkan, mendekatkan dan menjebatani pihak pihak yang saling membutuhkan.
  • Menurut Miro (2005), Transportasi dapat diartikan sebagai usaha memindahkan menggerakan, mengangkut atau mengalihkan objek dari suatu tempat lke tempat lain untuk tujuan-tujuan tertentu.
  • Menurut Steenbrink (1974), Definisi transportasi ialah perpindahan orang atau barang menggunakan alat atau kendaraan dari dan menuju ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis.

Fungsi Transportasi

pixabay.com

Transportasi mempunyai banyak fungsi bagi kehidupan manusia. Beberapa Fungsi transportasi meliputi;

  • Membantu pertumbuhan ekonomi dan perkembangan pembangunan suatu daerah/negara.
  • Meningkatkan pelayanan mobilitas penduduk dan sumber daya yang lain untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat.
  • Sarana masyarakat untuk saling berinteraksi.
  • Transportasi dapat menghindarkan adanya isolasi dan merangsang perkembangan pada semua bidang kehidupan, baik perdagangan, industri, maupun pertanian.

Dengan adanya sarana transportasi yang memadai, ekonomi masyarakat semakin berkembang, baik di perkotaan maupun pedesaan. Pelayanan terhadap masyarakat juga semakin maksimal dengan adanya transportasi.

Manfaat Transportasi

pixabay.com

Manfaat transportasi secara umum terbagi menjadi 4 yaitu;

1. Manfaat Bagi Ekonomi

Bagi perekonomian, transportasi memiliki manfaat yang sangat besar. Dalam aktivitas perpindahan manusia, hewan, dan barang memerlukan transportasi. Artinya transportasi dapat membantu transaksi ekonomi yang berlangsung dengan bantuan jasa angkutan.

Manfaat Transportasi Bagi Perekonomian, antara lain;

  • Transportasi dapat memperluas pasar dalam pemindahan bahan baku dan barang jadi. Dengan adanya transportasi akan memungkinkan perpindahan barang dari tempat produksi kepada konsumen.
  • Membantu mobilitas tenaga kerja dan modal. Layanan transportasi mempermudah perpindahan tenaga kerja dan faktor produksi lain dari satu tempat ke tempat lain.
  • Transportasi mampu menjaga stabilitas harga, mencegah kenaikan harga karena sulitnya penyebaran barang. Dengan transportasi yang lancar, ketersediaan barang terjaga sehingga harganya pun stabil.
  • Pergerakan roda perokonomian yang saling berkesinambungan antara sektor 1 dan sektor lainnya. 

2. Manfaat Bagi Sosial

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu berinteraksi dengan sesamanya. Transportasi membantu mempertemukan satu orang dengan yang lain dari satu tempat menuju tempat lainnya.

Manfaat Transportasi Dari Sisi Sosial antara lain:

  • Membantu pemenuhan kebutuhan hidup manusia disuatu lingkungan, mulai dari makanan, minuman serta berbagai alat kebutuhan lainnya.
  • Membantu proses interaksi manusia antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.
  • Mempercepat perpindahan manusia, memudahkan pertukaran informasi antar daerah, dan mempermudah mobilisasi masyarakat dalam jumlah banyak.
  • Transportasi membantu meningkatkan standar hidup masyarakat. Karena transportasi membantu meningkatkan produksi sehingga standar hidup pun meningkat.
  • Transportasi juga meningkatkan penyebaran ilmu pengetahuan dengan kemudahan berpindah untuk belajar dan pengiriman tenaga pengajar.
  • Transportasi membantu penanganan bencana alam dalam kondisi darurat, transportasi berperan penting dalam menyalurkan bantuan.

3. Manfaat Untuk Kewilayahan

Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau memerlukan alat transportasi yang mampu menjangkau setiap daerah.

Oleh sebab itu, sarana transportasi sangat penting untuk menghubungkan daerah dengan pusat, sehingga pemenuhan kebutuhan masyarakat dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Dengan sistem transportasi yang baik akan tercipta pemerataaan harga. Misalnya harga semen di Papua akan sama atau setidaknya tidak jauh berbeda dengan harga di pulau jawa.

4. Manfaat Secara Politis

Secara politis transportasi juga mempunyai manfaat, yaitu mempersatukan setiap wilayah Indonesia, meningkatkan keamanan negara, memudahkan pelayanan masyarakat, dan memudahkan akses ke wilayah tertentu ketika terjadi bencana.

Manfaat transportasi di sisi politik antara lain:

  • Transportasi mampu menjaga perdamaian di dalam negara dan mempermudah hubungan bilateral, regional, dan internasional dengan negara lain.
  • Transportasi dapat memperkuat pertahanan nasional dengan pengangkutan personil pengamanan dan pertahanan, material, dan peralatan dengan cepat.
  • Transportasi dapat membantu meningkatkan kekayaan dan pendapatan nasional yang merupakan sumber pendapatan negara.

Selain Manfaat, tentu saja ada dampak yang ditimbulkan oleh transportasi. Terutama dari sisi lingkungan. Kegiatan transportasi yang dilakukan oleh kendaraan mesin, menyumbang gas gas rumah kaca terbesar yang menimbulkan Pemanasan global atau global warming.

Jenis Jenis Transportasi dan Contohnya

Transportasi terbagi kedalam beberapa jenis, diantaranya adalah transportasi laut, darat dan udara. Berikut ini adalah jenis jenis transportasi dan juga contoh lengkapnya.

1. Transportasi Darat

pxhere.com

Transportasi darat adalah proses perpidahan manusia atau barang melalui jalur darat. Alat tranportasi yang biasa digunakan di jalur darat adalah mobil, motor, kereta api, sepeda, becak, bajaj dan sebagainya.

Sedangkan prasarana yang dipakai adalah jalan raya atau rel kereta api. Transportasi darat sering digunakan karena beberapa faktor, diantaranya adalah faktor jarak, biaya, kemudahan, keselamatan dan fleksibilitas.

2. Transportasi Udara

pxhere.com

Transportasi udara adalah proses perpindahan barang atau manusia melalui alat transportasi udara, seperti Pesawat terbang dan Helikopter. Prasarana pendukung alat transportasi udara adalah landasan pacu untuk tempat penerbangan – pendaratan pesawat atau juga bandara.

Perjalanan melalui tranportasi udara lebih mahal, lebih cepat dan beresiko lebih besar dibanding moda transportasi lainnya.

3. Transportasi Laut/Air

pxhere.com

Transportasi air adalah proses perpindahan manusia melalui jalur air, entah itu lautan ataupun sungai. Moda tranportasi laut yang biasa digunakan adalah kapal laut, kapal feri, perahu, rakit dan juga kapal selam.

Alat transportasi ini digunakan sebagai penghubung pulau satu dengan pulau lainnya. Atau biasa juga beroperasi pada wilayah belantara hutan yang tidak mempunyai akses jalan raya.

Contoh Transportasi Masa Depan

pxhere.com

Kendaraan yang kita anggap biasa dimasa kini, di puluhan tahun lalu adalah gagasan dan bahkan dianggap khayalan, imajinasi orang kurang waras. 

Sama seperti kita sekarang, ketika melihat misalnya mobil terbang, mobil yang bisa dilipat di film-film dsb, kita menggangap itu fiksi yang tidak mungkin terjadi. Padahal dengan teknologi dan segala kemajuannya, bukan tidak mungkin semuanya itu dapat diwujudkan.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh alat alat transportasi yang diprediksi muncul beberapa tahun mendatang. Alat ini ada yang sudah teruji coba, ada pula yang masih berupa prototype.

1. Mobil Tanpa Sopir

Mobil tanpa supir atau mobil otonom bukanlah hal aneh di negara-negara, Terutama Amerika Serikat, ia sudah digunakan dijalanan sejak beberapa tahun terakhir, diantaranya oleh layanan transportasi online, Uber.

Mobil ini menggabungkan beberapa sensor, seperti GPR, rada, sonar dan sistem kontrol canggih untuk mengidentifikasi jalur navigasi tepat. beberapa produsen otomotif yang memproduksi jenis mobil ini diantarnya, Tesla, Nissan, Nutomy, General Motors, Waymo dll.

2. Pesawat Bertenaga Listrik

Kalau sepeda listrik, motor listrik dan mobil listrik mungkin kita sudah tahu, tapi bagaimana dengan pesawat listrik? apakah anda pernah mendengarnya.

Pada tanggal 28 Mei 2020, pesawat eCaravan berhasil mengudara di Washington dengan menggunakan mesin bertenaga listrik. Meskipun hanya berkapasitas 9 kursi penumpang, namun ini menjadi tonggak sejarah penting keberhasilan penerbangan pesawat listrik.

Bisa jadi pesawat jenis ini akan diaplikasikan pada pesawat komersil berkapasitas besar. Jika ini berhasil dilakukan, maka biaya penerbangan bisa murah dan lebih ramah lingkungan.

 

3. Kereta Super Cepat

Kereta super cepat sedang dikembangkan oleh perusahaan Tesla dengan nama Hyperloop.

Berbeda dengan kereta api, kendaraan masa depan ini menggunakan tabung untuk menggantikan rel. Kecepatannya pun dapat mencapai 1.000 km per jam. Jika berjalan dengan lancar, kereta super cepat ini dapat beroperasi pada tahun 2020.

4. E-Palette

e-Palette merupakan kendaraan yang diprediksi mampu memenuhi kebutuhan kendaraan di masa depan. Minibus yang diproduksi oleh Toyota ini akan dioperasikan pada ajang Olympic dan Paralympic Tokyo 2020.

Tampilan luar kendaraan ini unik dengan bentuk bodi kotak dan roda di keempat ujungnya, menjadikan kabin lebih lapang, tinggi, dan rata.

Daya tampung minibus ini mencapai 20 orang dalam keadaan normal. Selain itu, e-Palette juga dapat menampung 4 kursi roda dan 7 penumpang sekaligus. Di arena Olimpiade, kendaraan ini nantinya akan digunakan oleh staf dan para atlet untuk berpindah venue.


Demikian artikel singkat kami mengenai pengertian transportasi, mulai dari apa itu definisi transportasi, fungsi, manfaat dan juga contoh jenis jenis transportasi darat laut dan udara. Semoga bermanfaat . 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *