25+ Contoh Badan Usaha Milik Negara & Daftar BUMN di Indonesia, LENGKAP!

Contoh BUMN – Tahukah Anda, terdapat dua jenis perusahaan berdasarkan asas kepemilikannya yang ikut andil pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jenis perusahaan yang pertama disebut sebagai Badan Usaha Milik Swasta. Sementara, jenis lainnya disebut dengan Badan Usaha  Milik Negara (BUMN).

Badan Usaha Milik Swasta sendiri masih terbagi menjadi dua macam, yaitu Badan Usaha Milik Swasta Nasional dan Badan Usaha Milik Swasta Asing. Badan Usaha Milik Swasta Nasional dimiliki oleh pengusaha Indonesia, sedangkan Badan Usaha Milik Swasta Asing dimiliki oleh pengusaha asing.

Jadi, bisa Anda bayangkan apa yang akan terjadi semisal kegiatan ekonomi di Indonesia banyak dikuasai oleh pihak swasta, terlebih swasta ansing? Apabila hal itu terjadi, pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan ada di bawah kendali pihak swasta.

Hal lebih parah yang kemudian bisa terjadi, pemerintah akan kehilangan kemampuannya untuk mengendalikan harga barang dan jasa. Akibatnya, masyarakat akan mengalami kesulitan ekonomi.

Untuk mencegah hal itu terjadi, pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya. Salah satu upaya itu adalah dengan pendirian BUMN. Sesuai dengan namanya, BUMN merupakan perusahaan yang sebagian besar saham kepemilikannya berada di tangan pemerintah.

Tujuan dari BUMN adalah untuk ikut andil dalam memajukan negara sekaligus memberikan pelayanan dan bantuan untuk masyarakat. Oleh karena itu, BUMN tersebar dalam berbagai macam sektor, seperti industri pertambangan, konstruksi, transportasi, keuangan dan perbankan, asuransi, dan lain sebagainya.

Salah satu fungsi BUMN adalah untuk mengelola potensi sumber daya alam (SDA). Dengan dikelola oleh BUMN, SDA tidak hanya dapat dinikmati oleh perseorangan saja, tetapi juga dinikmati oleh masyarakat luas melalui negara.

Contoh Perusahaan BUMN

Pada dasarnya, setiap BUMN menjalankan fungsi yang sesuai dengan bidang atau sektor yang diggelutinya masing-masing. Berikut ini adalah 25 contoh perusahaan BUMN di Indonesia beserta dengan pengertian dan penjelasannya masing-masing.

1. PT Pertamina

contoh bumn
mapio.net

PT Pertamina merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi dan petrokimia. BUMN ini mengemban misi dalam hal penyedian sumber energi minyak dan gas. Selain itu, PT Pertamina juga terus mengupayakan dan mengelola sumber energi baru dan terbarukan.

PT Pertamina memiliki dua kegiatan besar yang disebut kegiatan hulu dan hilir. Kegiatan hulu meliputi kegiatan eksplorasi, eksploitasi, serta produksi minyak, gas bumi, dan gas metana batu bara. Sementara itu, kegiatan hilir meliputi pengolahan, pemasaran dan niaga, serta pendistribusian produk-produk PT Pertamina.

2. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Di kalangan masyarakat, PT Perusahaan Listrik Negara lebih dikenal dengan singkatan PLN. Selain sebagai BUMN, PLN juga dikenal sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK). Dengan predikat tersebut PLN  bertugas untuk menyediakan listrik bagi kepentingan umum.

PLN mengemban misi untuk menjadikan tenaga listrik sebagai media memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, PLN terus berupaya mendistribusikan listrik hingga merata ke seluruh pelosok negeri.

3. PT Telekomunikasi Indonesia

cakapinterview.com

PT Telekomunikasi (Telkom) merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa teknologi informasi komunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Oleh sebab itu, di era yang serba modern ini, PT Telkom menjadi sangat berperan dalam penyediaan jaringan internet.

4. PT Kereta Api Indonesia (KAI)

PT KAI merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa transportasi nasional, khususnya dengan moda transportasi kereta api. Jasa pelayanan transportasi BUMN ini tidak hanya berlaku untuk transportasi penumpang, melainkan juga untuk angkutan barang.

5. PT Angkasa Pura

angkasapura2.co.id

PT Angkasa Pura merupakan BUMN yang juga bergerak di bidang transportasi, khususnya dalam hal lalu lintas penerbangan dan fasilitas bandara. Karena berkaitan dengan bandara, maka BUMN ini juga menjalin kerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan.

PT Angkasa Pura terbagi dalam dua perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II. PT Angkasa Pura I membawahi bandara-bandara di wilayah Indonesia bagian barat. Sementara, PT Angkasa Pura II membawahi bandara-bandara di wilayah Indonesia bagian Timur.

6. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo)

PT Pelabuhan Indonesia atau yang sering disebut Pelindo, merupakan BUMN yang bergerak di bidang transportasi laut, khususnya terkait pelabuhan. Dikarenakan luasnya wilayah dan banyaknya pelabuhan di Indonesia, PT Pelindo dibagi menjadi empat, yaitu Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV.

7. PT Garuda Indonesia

infopenerbangan.com

PT Garuda Indonesia adalah BUMN yang bergerak di bidang jasa transportasi udara. BUMN ini juga merupakan sebuah maskapai penerbangan, yang tidak hanya melayani rute domestik, melainkan juga internasional. Maskapai Garuda Indonesia dikenal sebagai  salah satu maskapai dengan pelayanan terbaik di dunia.

8. PT Pos Indonesia

PT Pos merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di sektor jasa pengiriman surat atau dokumen, barang, dan bahkan uang. Karena berkaitan dengan jasa pengiriman, PT Pos mempunyai banyak kantor pos yang tersebar hingga ke pelosok Indonesia.

9. PT Biofarma

PT Biofarma merupakan BUMN yang bergerak di bidang kesehatan, khususnya dalam hal memproduksi vaksin di Indonesia. Oleh karena itu, perusahaan BUMN ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pencegahan persebaran berbagai penyakit di Indonesia.

10. PT Kimia Farma

kimiafarma.co.id

PT Kimia Farma merupakan BUMN yang bergerak di bidang farmasi atau penyediaan obat. Selain itu, BUMN merupakan perusahaan farmasi pertama di Indonesia didirikan sejak 1817. Sebagai distributor obat, BUMN ini mempunyai cabang yangtersebar di seluruh Indonesia.

11. PT Bank Negara Indonesia (BNI)

PT Bank Negara Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Bank BNI, merupakan salah satu bank nasional di Indonesia yang termasuk dalam BUMN. Selain itu, Bank BNI merupakan bank pertama yang beroperasi secara komersial di Indonesia

12. PT Bank Mandiri

PT Bank Mandiri juga merupakan BUMN yang bergerak di bidang keuangan dan perbankan. Bank Mandiri pertama kali didirikan pada 1998. Saat ini Bank Mandiri diketahui sebagai bak terbesar di Indonesia jika ditinjau dari jumlah aset, besar peminjaman, dan besaran deposit.

13. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)

marketeers.com

Perusahaan perbankan yang termasuk dalam BUMN yang ketiga adalah PT Bank Rakyat Indonesia atau lebih sering disebut Bank BRI. Sesuai dengan predikatnya sebagai bank rakyat, Bank BRI memiliki target nasabah khusus yaitu segmen mikro, kecil, dan menengah.

14. PT Bank Tabungan Negara (BTN)

PT Bank Tabungan Negara merupakan BUMN perbankan yang fokus memberikan pelayanan pembiayaan perumahan rakyat. PT Bank Tabungan Negara memberikan pelayanan tersebut melalui tiga produk di antaranya perbankan peseorangan, bisnis, dan juga syariah.

15. PT Dirgantara Indonesia

pewartaberita.id

PT Dirgantara Indonesia adalah BUMN yang bergerak di industri dirgantara dan pertahanan, khususnya dalam produksi pesawat terbang. BUMN ini telah memproduksi berbagai pesawat baik untuk penerbangan sipil, militer, maupun pesawat untuk misi tertentu.

16. PT PAL Indonesia

PT PAL Indonesia merupakan BUMN yang bergerak di industri dan pertahanan laut. BUMN ini mengerjakan berbagai hal, seperti pembuatan galangan kapal, memproduksi kapal perang dan kapal niaga, serta menyediakan jasa perbaikan dan permeliharaan  kapal.

17. PT Jasa Raharja

suarainvestor.com

PT Jasa Raharja merupakan BUMN yang bergerak di bidang pelayanan asuransi untuk masyarakat. Asuransi PT Jasa Raharja diberikan dalam bentuk santunan bagi masyarakat yang sedang mengalami musibah kecelakaan, khususnya kecelakaan lalu lintas.

18. Perum Pegadaian

Perum pegadaian adalah BUMN yang bergerak di sektor keuangan. Perum Pegadaian  mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat kecil. Untuk itu, perum pegadaian menyediakan berbagai pelayanan jasa seperti, gadai, investasi, penitipan barang berharga, dan sebagainya.

19. PT Jasa Marga

PT Jasa Marga merupakan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi transportasi, khususnya jalan tol. Selain membangun, PT Jasa Marga juga mengemban bertugas dalam hal pelayanan atau operasional dari jalan tol, termasuk memastikan  kondisi jalan tol yang prima dan nyaman.

20. PT Adhi Karya

okezone.com

PT Adhi Karya merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. PT Adhi Karya tergabung dalam grup perusahaan yang terafiliasi. Anggota grup perusahaan tersebut, anta lain Ardhi Persada Properti,  Adhi Commuter Properti, Dumai Tirta Persada, Adhi Persada Beton, dan Adhi Persada Gedung.

21. PT Wijaya Karya

PT Wijaya Karya atau yang lebih familier dengan sebutan WIKA merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pembangunan konstruksi. PT Wiijaya Karya mempunyai spesialisasi membangun konstruksi sipil dan pembangunan gedung. PT Wijaya Karya berkomitmen untuk selalu mendukung pertumbuhan pembangunan.

22. PT Waskita Karya

PT Waskita Karya juga merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Dalam dunia konstruksi, PTWaskita Karya mempunyai cakupan yang sangat luas, termasuk di dalamnya pembangunan jallan tol, jembatan, pelabuhan, bandara, hingga saluran air.

23. Perum Damri

traveloka.com

Damri merupakan singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia. Damri merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi.

Asal mula Damri sudah ada sejak pada masa kependudukan Jepang tahun 1943. Tapi, baru pada 2002 secara resmi Damri mendapatkan wewenang untuk menyelenggarakan jasa angkutan umum untuk penumpang dan barang.

24. PT Aneka Tambang

PT Aneka Tambang atau sering juga disebut PT Antam merupakan perusahaan tambang BUMN. PT Antam sudah terdiversitifikasi dan terintegrasi berorientasi pada ekspor. PT Antam mempunyai konsumen di kawasan Eropa dan Asia.

Kegiatan pertambangan PT Antam tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Komoditas tambang PT Antam, meliputi bijih nikel, emas, perak, bauksit, dan batu bara.

25. Perum Bulog

cdn.era.id

Perum Bulog adalah perusahaan BUMN yang meliputi bidang logistik pangan. Tujuan utama Perum Bulog adalah untuk melakukan manajemen logistik yang diwujudkan dengan pengelolaan persediaan, pendistribusian, serta menjaga harga beras agar tetap stabil.

Selain itu, Perum Bulog juga berwenang menetapkan Harga Dasar Pembelian gabah di masyarakat. Tujuannya, tentu agar harga pokok beras bisa stabil. Di samping itu, Perum Bulog juga mempunyai program menyalurkan bantuan beras raskin untuk masyarakat miskin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *