LEMBAGA SOSIAL : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Lembaga Sosial, TERLENGKAP!

Pengertian Lembaga Sosial  adalah lembaga yang anggotanya terdiri dari masyarakat yang berkumpul menjadi satu kesatuan karena adanya satu kesamaan visi dan misi. Lembaga Sosial sering disebut juga sebagai lembaga kemasyarakatan.

Selain visi dan misi, dalam Lembaga Sosial juga terdapat nilai-nilai, norma, adat dan unsur kemasyarakatan yang dianut oleh masyarakat yang sama. Dalam Lembaga Sosial tersebut nantinya juga terdapat aturan yang disepakati bersama sehingga ia dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.

Setiap anggota yang masuk kedalam suatu lembaga sosal akan terikat dengan peraturan yang dibuat dan harus dipatuhi.  Selain aturan, biasanya juga terdapat satu tradisi yang hanya diketahui oleh para anggota di dalamnya dan meski tradisi tersebut tidak tertulis, namun tetap dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan dalam Lembaga Sosial.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli

Menurut Koentjaraningrat – Lembaga sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia

Menurut Peter L. Berger – Lembaga sosial adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

Menururt Soerjono Soekanto – Lembaga sosial adalah himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat

 

Fungsi Lembaga Sosial

Lembaga sosial tentu saja memiliki beragam fungsi dan beberapa diantaranya adalah;

  1. Memberi pedoman pada anggota masyarakat. bagaimana mereka harus bertingkah laku atau bersikap dalam menghadapi masalah yang berkembang atau muncul di lingkungan masyarakat.
  2. Menjaga keutuhan masyarakat.
  3. Memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial.

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

pengertian lembaga sosial
kbknews.id

Tentunya sebagai suatu lembaga yang ada dalam masyarakat maka Lembaga Sosial ini juga memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • Lembaga Keluarga

Bisa dikatakan bahwa Lembaga Sosial yang paling dasar adalah lembaga keluarga yang terdiri dari keluarga inti dengan anggotanya ayah, ibu dan anak-anak. Ayah dalam hal ini bertugas sebagai kepala dari lembaga keluarga tersebut. Sedangkan ibu merangkap tugas sebagai sekretaris, bendahara dan wakil kepala, dengan anak-anak sebagai anggotanya. Lembaga keluarga adalah lembaga sosial pertama yang akan dimasuki setiap orang sejak lahir. Oleh karena itu suksesnya seseorang itu juga dilihat dari lembaga keluarganya.

  • Lembaga Pendidikan

Lembaga ini adalah lembaga yang berorientasi pada pendidikan, tempat belajar dan mengajar, dimana anggotanya bisa belajar untuk menjadi lebih baik lagi dalam satu bidang. Dengan adanya interaksi dari para anggotanya juga kemudian membuat anggota yang tergabung dalam lembaga pendidikan itu bisa menjadi lebih baik lagi.

  • Lembaga Agama

Lembaga ini adalah lembaga yang berkaitan dengan agama tertentu dan anggotanya memiliki keyakinan terhadap agama yang sama. Di dalamnya para anggotanya bisa berbagi ilmu dan melakukan kegiatan bersama yang bermanfaat atas nama keyakinannya. Dengan adanya Lembaga agama ini juga bertujuan untuk mempererat persatuan bagi umat beragama.

  • Lembaga Kesehatan

Lembaga ini berorientasi pada pelayanan kesehatan dan tujuannya untuk menjadikan seluruh masyarakat bisa selalu sehat secara mental maupun fisik. Terkadang ada banyak kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan yang akan dilaksanakan oleh lembaga kesehatan ini secara Cuma-Cuma untuk masyarakat yang tentunya sangat direspons dengan baik oleh masyarakat.

 

  • Lembaga Politik

Lembaga politik biasanya adalah lembaga di dalam masyarakat yang berkaitan dalam menangani masalah yang berkaitan dengan tata tertib, aturan dan administrasi tertentu. Lembaga politik juga membantu masyarakat dalam berbagai hal dan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama dalam hal politik.

 

  • Lembaga Budaya

Lembaga ini di masyarakat termasuk lembaga yang penting karena membantu masyarakat untuk mengembangkan dan melestarikan budaya yang ada, seni serta lingkungan yang ada di sekitarnya. Lembaga budaya adalah lembaga yang juga membantu Anda untuk mengenal berbagai macam adat yang ada dalam masyarakat.

Di Indonesia yang memiliki ragam budaya yang sangat banyak ini tentu lembaga budaya yang ada juga sangat banyak untuk dapat menjaga semua keutuhan budaya yang ada.

 

  • Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah lembaga dalam masyarakat yang berkaitan dengan masalah ekonomi dan memiliki tujuan agar kebutuhan ekonomi dalam masyarakat bisa terpenuhi dengan baik. Lembaga ekonomi ini juga tentunya menjadi pedoman dan solusi untuk menjaga kehidupan ekonomi masyarakat tetap stabil.

  • Lembaga Hukum

Lembaga hukum adalah lembaga yang mengatur tentang tata tertib dalam masyarakat dan memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena tidak semua anggota masyarakat mengerti tentang hukum dan ketika berhubungan dengan hukum lalu mengalami kesulitan maka lembaga hukum yang ada siap membantu.

 


Contoh Lembaga Sosial


Ada banyak sekali Lembaga Sosial yang tersebar di masyarakat saat ini. Adanya Lembaga Sosial ini membagi masyarakat menjadi beberapa kelompok karena tiap kelompok masyarakat memang memiliki pemahaman berbeda terhadap suatu hal.

Contoh dari Lembaga Sosial yang bisa diberikan adalah Yayasan Pendidikan, ini adalah contoh Lembaga Sosial dalam bidang pendidikan atau disebut juga sebagai lembaga pendidikan.

Ada banyak Yayasan Pendidikan yang ada saat ini, setiap yayasan itu biasanya memiliki visi misi berbeda yang dianutnya, kemudian Yayasan Pendidikan biasanya juga akan mendirikan sekolah yang semua tata tertib dan cara mengajarnya ditentukan berdasarkan visi misi yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan tersebut.

Contoh Lembaga Agama

  • Islam = Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  • Kristen = Persekutuan Gereja-Gereje Indonesia (PGI)
  • Katolik = Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI)
  • Buddha = Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI)
  • Hindu = Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)

Nah, itu tadi artikel singkat mengenai pengertian lembaga sosial, fungsi, jenis, macam dan ciri ciri lembaga sosial dan contoh lembaga sosial. Semoga bermanfaat .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *